Posted on

7 Ide Cemerlang Usaha Sampingan Khusus untuk Karyawan

Usaha Sampingan

Karena harus bekerja dari pagi hingga sore, seorang karyawan biasanya sudah sangat lelah dan kehabisan waktu. Namun, jika ingin menambah pemasukan, masih ada peluang besar untuk menjalankan usaha sampingan.

Salah satu kriteria usaha yang tepat untuk karyawan adalah fleksibel dan dapat dikerjakan kapan saja. Selain itu, bisnis tersebut juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Nah, ada beberapa jenis usaha yang sesuai dengan kriteria yang dimaksud, yaitu:

1. Jual Beli Produk Secara Online

Usaha Sampingan
Steemit.com

Pada zaman digital ini, ada banyak perubahan yang terjadi. Kegiatan jual beli tidak lagi hanya dilakukan secara langsung, tetapi dengan cara online. Berkat kecanggihan teknologi yang semakin berkembang, hal ini semakin mungkin dan mudah untuk dilakukan.

Setiap karyawan dapat memulai bisnis online apa pun. Modalnya adalah kemauan yang keras untuk belajar, baik hal-hal yang bersifat teknis maupun dalam membangun jejaring. Pasalnya, jejaring merupakan salah satu modal penting supaya bisnis kian berkembang.

Ada banyak jenis produk yang dapat diperjualbelikan secara online. Mulai dari produk fashion, aksesori, kosmetik, hingga perlengkapan dapur. Terlebih dahulu, tentukan jenis produk yang paling sesuai dengan minat Anda.

Supaya bisnis online semakin cemerlang, Anda perlu memanfaatkan Jasa Penulis Artikel. Jasa ini akan membantu Anda melambungkan merek produk yang diperjualbelikan di dunia maya sehingga lebih populer dan dikenal.

Jasa Penulis Artikel juga dapat membantu Anda menyampaikan sejumlah keunggulan produk dan layanan yang disediakan. Dengan demikian, calon pembeli menjadi lebih tertarik dan terdorong untuk melakukan transaksi.

2. Menjalankan Katering Sederhana

Usaha Sampingan
takeofffoods.com

Jika Anda ingin mendapatkan pemasukan tambahan, salah satu ide usaha yang bisa ditindaklanjuti adalah menjalankan usaha katering sederhana. Usaha ini tidak terbatas khusus untuk para wanita, tetapi juga laki-laki.

Katering yang ditawarkan pun tidak harus berupa menu makanan lengkap. Supaya mudah laris, Anda bahkan harus kreatif mencari jenis makanan atau minuman yang bisa dijual melalui bisnis katering tersebut.

Bagi seorang karyawan, kendala yang biasanya harus dihadapi adalah pengelolaan waktu. Pasalnya, dengan jam kerja kantoran yang cukup lama, energi bisa saja tidak banyak lagi yang tersisa.

Untuk menyiasatinya, batasilah jumlah orderan yang diambil sesuai kemampuan. Jangan sampai karena terlalu lelah mengurus dua tanggung jawab sekaligus, Anda justru akan jatuh sakit.

3. Membuka Jasa Les Privat

Usaha Sampingan
iWaralaba.Com

Apakah Anda memiliki keahlian tertentu yang bisa dimanfaatkan? Misalnya, bermusik, membuat kue, atau keterampilan berbahasa di atas rata-rata. Keahlian ini dapat menjadi modal bagi Anda untuk membuka usaha sampingan berupa jasa les privat.

Untuk memulainya, cobalah untuk mempromosikan keahlian Anda kepada orang-orang di sekitar. Tunjukkan benefit apa saj yang akan diterima oleh murid les jika menggunakan jasa Anda. Dengan demikian, jasa les privat Anda semakin banyak dilirik.

Anda tidak perlu memiliki banyak modal untuk menjalankan bisnis ini. Namun, jangan lupa untuk membekali diri sendiri dengan kemampuan mengajar. Hal ini akan sangat membantu dalam proses belajar-mengajar selama les privat.

4. Menjual Aneka Kue

Usaha Sampingan
MandarinOriental.com

Apakah Anda hobi membuat kue? Jangan sia-siakan hal tersebut. Dengan hobi ini, Anda bisa mendapatkan pemasukan tambahan. Bahkan, jika semakin berkembang, profit yang didapatkan bisa sangat besar.

Untuk seseorang yang berprofesi sebagai karyawan, usaha sampingan yang satu ini sangat cocok. Pasalnya, proses produksi bisa dilakukan secara fleksibel. Karena kue kering bersifat tahan lama, Anda bisa membuat stok yang cukup banyak sehingga hemat waktu.

Supaya semakin dikenal, promosikan kue-kue buatan Anda melalui media sosial, baik Facebook maupun Instagram. Manfaatkan juga jasa para reviewer untuk memberikan komentar positif bagi usaha kue Anda.

5. Makelar Properti

Usaha Sampingan
ernestbarbaric.com

Bisnis ini akan memberikan untung yang sangat besar jika ditekuni dengan sungguh-sungguh. Pasalnya, properti merupakan lahan basah yang selalu dicari oleh orang. Harganya pun semakin lama akan semakin naik.

Sebagai karyawan, Anda mungkin memiliki keterbatasan waktu untuk menawarkan produk kepada target pemasaran. Namun, dengan manajemen yang tepat, Anda bisa mengatasi masalah ini dengan efektif dan efisien.

Untuk mengembangkan bisnis Anda, jangan lupa untuk membangun jejaring, baik online maupun offline. Perluas pertemanan dan belajarlah untuk bernegosiasi dengan baik. Dengan demikian, Anda bisa meraup untung yang besar sebagai makelar properti.

6. Membuka Jasa Desain

Usaha Sampingan
ezrankings.org

Jika berprofesi sebagai karyawan sekaligus memiliki keahlian khusus di bidang desain, Anda bisa mendapatkan pemasukan tambahan. Ada banyak jenis desain yang dibutuhkan, antara lain desain kartu nama, desain undangan, desain poster, dan sebagainya.

Supaya tarif yang Anda dapatkan lebih besar, tingkatkan terus keahlian dengan belajar dan berlatih. Lakukan yang terbaik untuk setiap proyek yang didapatkan sehingga klien bertambah puas. Jika hasilnya memuaskan, Anda layak untuk mendapatkan promosi gratis.

7. Multi Level Marketing (MLM)

Usaha Sampingan
homebusinesstoday.com.au

Siapa bilang menggeluti bisnis MLM itu susah? Jika tahu cara menjalankannya, bisnis yang satu ini akan memberikan keuntungan besar bagi Anda. Modal yang perlu dipersiapkan pun biasanya tidak terlalu besar.

Ada banyak jenis MLM yang dapat Anda coba. Namun, pertimbangkanlah terlebih dahulu untung rugi yang akan didapatkan sehingga Anda lebih siap menjalankan bisnis. Jika strategi yang tepat diterapkan, usaha MLM pun semakin melejit.

Nah, demikian beberapa ide cemerlang usaha sampingan yang bisa dijalankan oleh karyawan. Meskipun memiliki keterbatasan waktu, ide-ide menarik ini tetap bisa dijalankan secara maksimal. Nah, apa jenis usaha yang menurut Anda sangat menarik?

One thought on “7 Ide Cemerlang Usaha Sampingan Khusus untuk Karyawan

  1. […] juga umum dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga adalah berbisnis laundry atau cuci dan setrika baju. Usaha ini sangat potensial, terutama jika Anda tinggal di daerah kost atau […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.