Posted on

Kenapa Butuh Caption Foto? Inilah 3 Alasan Sederhana namun Penting yang Sering Kita Lupakan Mengenai Caption Foto!

wordpress.com

Sejak sepuluh tahun terakhir, setiap orang dapat dengan mudah menggunggah dan memamerkan foto melalui berbagai platform. Pun bagi pelaku bisnis di era sekarang, dapat dengan mudah menawarkan barang dan jasanya melalui postingan di media sosial. Namun, saking sibuknya menghadirkan foto-foto terbaik yang tampak artistik, pengguna media sosial pun melupakan satu hal yang tidak kalah penting yaitu caption foto.

Meski kerap disepelekan, keberadaan caption mampu membuat foto yang Anda unggah terlihat lebih menarik. Mengapa? Inilah tiga alasan sederhana, tetapi penting untuk Anda ketahui.

Caption Menjelaskan Isi Foto

Caption Menjelaskan Isi Foto - Caption Foto
Caption Menjelaskan Isi Foto – Caption Foto – wordpress.com

Pernahkah Anda melihat postingan foto tanpa caption yang melengkapinya? Bagaimana kesan Anda terhadap unggahan tersebut? Tentu sebagus apa pun fotonya, maknanya menjadi “abu-abu” atau justru tidak berarti sama sekali. Oleh karena itu, caption diperlukan sebagai cutlines yang menjelaskan isi foto, sehingga membantu viewers dalam memahami maknanya.

Terkait penyampaian informasi dalam caption, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, informasinya harus relevan dengan foto dan sesuai dengan fakta yang ada. Hal tersebut dilakukan demi menghindari kesalahpahaman viewers terhadap konten. Kedua, caption tidak ditulis secara bertele-tele agar tidak membingungkan pembaca. Ketiga, sekalian pancing pembaca untuk melihat tautan yang Anda sematkan di caption, seperti tautan website atau blog Anda.

Caption Dapat Membuat Foto Dilihat Lebih Lama

Caption Dapat Membuat Foto Dilihat Lebih Lama - Caption Foto
Caption Dapat Membuat Foto Dilihat Lebih Lama – Caption Foto – tribunnews.com

Anda tentu berharap viewers memperhatikan foto atau ilustrasi yang Anda unggah kan, alih-alih segera menggulirkan layar untuk melewatkan postingan Anda. Di sinilah caption foto berperan.  Berdasarkan riset yang dilakukan oleh National Press Photographers Association, disimpulkan bahwa caption dapat membuat sebuat foto dilihat 30 persen lebih lama. Apalagi jika caption tersebut ditulis dengan baik, viewers pun akan tertarik membacanya dengan cermat dari awal kalimat hingga akhir, bahkan tidak ragu untuk meninggalkan komentar.

Baca juga:

Caption Dapat Memengaruhi Pembaca

Caption Dapat Memengaruhi Pembaca - Caption Foto
Caption Dapat Memengaruhi Pembaca – Caption Foto – wordpress.com

Maksudnya, “memengaruhi” seperti apa? Hal ini tergantung dari tujuan konten Anda. Apabila Anda seorang pemilik toko online yang memasarkan produk lewat media sosial, tentu tujuan Anda adalah mengonversi viewers menjadi pembeli. Caption foto pun dapat memengaruhi pembaca jika mendapat sentuhan copywriting, dengan Call to Action yang dituliskan pada akhir deskripsi. Adapun Call to Action bisa berupa ajakan untuk membeli, seperti kalimat “yuk, beli sekarang” atau “segera dapatkan produk edisi terbatas ini”, dan sebagainya.

Lain lagi jika foto-foto atau ilustrasi yang Anda publikasikan bersifat informatif. Dengan caption, Anda dapat memberikan pemahaman pada warganet melalui data-data dan fakta. Sebaliknya, apabila Anda menjabarkan informasi palsu, Anda dapat menyesatkan pembaca dengan asumsi-asumsi yang salah. Jangan sampai begitu, ya!

Sementara itu, bagi Anda yang fokus membangun personal branding di media sosial—misalnya selaku tokoh masyarakat atau pekerja seni, caption juga memengaruhi cerminan diri Anda lo! Selain lewat foto, deskripsi singkat yang menyertainya pun akan membentuk penilaian orang lain terhadap sosok Anda; apakah Anda memiliki karakter humanis, humoris, dan sebagainya.

Apa pun tujuannya, caption baru dapat berpengaruh jika menggunakan gaya bahasa yang sesuai dengan target market. Jika Anda menargetkan pengguna media sosial yang rata-rata merupakan kawula muda, Anda dapat menggunakan kata-kata santai dan tidak terlalu kaku. Namun, jika target Anda adalah media massa, Anda dapat menggunakan bahasa yang formal.

Nah, sudah yakin kan bahwa kata-kata sama pentingnya dengan foto? Yuk, buat caption foto yang keren mulai dari sekarang. Kalau perlu, amati deh, bagaimana respons viewers terhadap postingan Anda yang disertai caption menarik serta seberapa signifikan dampaknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.