Posted on

Ini Dia 5 Cara Menawarkan Produk Paling Ampuh ke Konsumen

blogspot.com

 

Memiliki produk yang bagus tetapi belum laku, padahal berbagai upaya sistem pemasaran baik online maupun offline  telah dilakukan? Apabila Anda salah satu penjual yang memiliki masalah dengan hal tersebut, jangan terburu-buru tutup lapak dulu. Di sini, ada 5 cara menawarkan produk paling ampuh yang bisa menarik hati konsumen dan bisa langsung Anda praktikkan.

Apa sajakah itu? Simak penjelasan berikut.

 

Kenali Kebutuhan Konsumen

Kenali Kebutuhan Konsumen - cara menawarkan produk
Kenali Kebutuhan Konsumen – cara menawarkan produk – pricebook.co.id

 

Kebutuhan merupakan alasan dasar seseorang memutuskan membeli sesuatu. Karena itulah, produsen harus pintar menggali potensi dan kebutuhan calon konsumen. Alangkah lebih baik bila Anda mengenali latar belakang calon pembeli sasaran terlebih dahulu.

Namun, apabila calon pembeli sasaran tidak tertarik dengan produk yang Anda tawarkan, maka Anda harus berusaha memunculkan kebutuhan tersebut pada mereka. Caranya adalah dengan memperkenalkan produk yang Anda miliki.

Cantumkan Deskripsi Produk

Cantumkan Deskripsi Produk - cara menawarkan produk
Cantumkan Deskripsi Produk – cara menawarkan produk – kaskus.id

 

Sebagai seseorang yang menawarkan produk, sebisa mungkin Anda harus menguasai produk yang Anda tawarkan. Jelaskan kelebihan dan kekurangan produk Anda dan jangan lupa berikan contoh langsung.

Bila Anda menjual secara online, tampilkan gambar produk dengan resolusi besar, serta jangan lupa cantumkan deskripsi yang informatif, lugas, dan menarik. Apabila Anda kesulitan membuat deskripsi produk karena banyaknya barang yang Anda jual, jangan khawatir karena kini telah ada jasa penulisan deskripsi produk yang profesional dan tepercaya, yaitu Kontenesia.

Berikan Diskon dan Keuntungan

Berikan Diskon dan Keuntungan - cara menawarkan produk
Berikan Diskon dan Keuntungan – cara menawarkan produk – idntimes.com

 

Tak bisa dimungkiri, kebanyakan konsumen sangat antusias dengan harga murah, sekali pun selisihnya tak seberapa. Anda bisa menggunakan taktik tersebut sebagai salah satu cara promosi yang efektif, karena jelas konsumen akan lebih dulu mendatangi area berdiskon dibandingkan produk sejenis dengan harga normal. Akan tetapi harus juga diperhatikan, jangan sampai Anda rugi karena terlalu besar memberikan potongan harga, ya!

Selanjutnya, tawarkan keuntungan bila mereka membeli produk Anda, misalnya garansi. Garansi tersebut sebagai bentuk jaminan jika produk yang dibeli konsumen tidak sesuai yang diharapkan. Semisal, barang yang diorder salah warna atau tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Dengan menggunakan garansi, besar kemungkinan konsumen akan membeli produk Anda.

Apabila terdapat kendala atau masalah di kemudian hari, maka hal tersebut sudah menjadi komitmen Anda sebagai produsen dengan konsumen. Oleh karena itu, Anda  harus selalu siap dan mempertanggungjawabkan segala risiko yang mungkin akan terjadi.

Tawarkan Kemudahan dalam Sistem Pembayaran

Tawarkan Kemudahan dalam Sistem Pembayaran - cara menawarkan produk
Tawarkan Kemudahan dalam Sistem Pembayaran – cara menawarkan produk – blogspot.com

 

Usahakan untuk tidak menyulitkan konsumen dalam pembayaran. Anda bisa menggunakan fasilitas kredit atau cicilan untuk mengantisipasinya. Sebagai penjual, Anda pun harus siap bila konsumen ingin membayar dengan cara mereka sendiri. Jangan sampai menolak pelanggan hanya karena Anda tidak memiliki rekening bank yang dipakai konsumen, karena biaya transfer antar bank nanti dibebankan pada pembeli.

Berikan Pelayanan yang Baik

Berikan Pelayanan yang Baik - cara menawarkan produk
Berikan Pelayanan yang Baik – cara menawarkan produk – saveasbrand.com

 

Siapa sih, yang tidak ingin dilayani dengan baik? Setiap konsumen pastilah menginginkannya. Oleh karena itu, saat menawarkan suatu produk, maka gunakanlah bahasa yang baik. Jangan sampai Anda melukai perasaan konsumen dengan kata-kata kasar atau tidak sopan, kendati Anda kesal karena si calon konsumen terlalu banyak bertanya.

 

Baca juga:

Pakai 7 Rumus Membuat Kata-Kata Mempromosikan Produk Ini, Dijamin Jualan Anda Banjir Pembeli!

Mau Jualan Langsung Ludes, Tiru Contoh Promosi Barang Paling Dahsyat Berikut Ini!

 

Posted on

Kenapa Caption untuk Instagram Itu Vital? Baca Ulasannya di Sini

Disadari atau tidak, keberadaan caption pada Instagram memiliki peran yang vital dalam setiap unggahan. Itu sebabnya, caption untuk Instagram tidak sepatutnya dipandang sebelah mata. Seumpama sayur, caption merupakan garam yang dapat membuat hambar jika tidak ditambahkan.

Mengapa dikatakan vital? Caption memiliki peran untuk menerangkan secara singkat foto atau video yang diunggah. Coba Anda tengok unggahan foto atau video pada Instagram tanpa caption. Rasanya sunyi, dingin, dan tidak bernyawa, bukan? Jadi, keterkaitan antara caption dengan foto atau video sangat erat. Kedua poin utama tersebut dapat memengaruhi ketertarikan follower atau pengikut untuk sering menengok unggahan, termasuk di antaranya ketertarikan calon pengikut baru.

Sebenarnya, apa sih kegunaan caption untuk Instagram sampai-sampai dianggap vital? Simak ulasannya di bawah ini.

Membangun interaksi dengan pengikut

Membangun interaksi dengan pengikut - caption untuk Instagram
Membangun interaksi dengan pengikut – caption untuk Instagram – pixabay.com

 

Interaksi antara pemilik akun dan para pengikut akan berlangsung baik berkat adanya caption. Pasalnya, caption yang menarik dapat menstimulasi pengikut untuk melakukan komunikasi melalui komentar, memberikan love, dan membagikan unggahan.

Mendeskripsikan produk

Mendeskripsikan produk - caption untuk Instagram
Mendeskripsikan produk – caption untuk Instagram – Suka-Suka

 

Bagi toko online, caption pada foto berguna untuk mendeskripsikan produk yang dijual. Begitu pula penyedia jasa, caption menjadi media untuk menjelaskan jasa yang ditawarkannya. Tanpa caption, spesifikasi, harga, dan tempat untuk memperoleh produk tidak dapat tersaji.

Memberikan informasi

Memberikan informasi - caption untuk Instagram
Memberikan informasi – caption untuk Instagram – indowarta.com

Caption juga berguna sebagai pemberi informasi terhadap foto atau video yang diunggah. Misalnya informasi suatu tempat. Selain foto yang keren, Anda dapat menceritakan keindahan tempat yang anda kunjungi menggunakan caption. Begitu pula bagi penggiat sosial. Caption menjadi jembatan untuk menginfokan aktivitas sosial yang akan atau sudah dilakukan.

Memotivasi pengikut

Memotivasi pengikut - caption untuk Instagram
Memotivasi pengikut – caption untuk Instagram – bisnis.com

 

Para pemilik akun Instagram banyak yang sering menggunakan kutipan motivasi sebagai caption pada unggahannya. Kutipan ini bisa berasal dari ide sendiri maupun pemikiran orang-orang besar di Indonesia dan dunia. Tentunya situasi ini bisa jadi memengaruhi kehidupan pengikut. Mereka dapat semakin termotivasi setelah membaca caption yang sesuai dengan kondisi mereka.

Memengaruhi jangkauan

Memengaruhi jangkauan - caption untuk Instagram
Memengaruhi jangkauan – caption untuk Instagram – Piksel

 

Caption yang menarik dapat menimbulkan umpan balik yang bagus. Umpan balik berupa love dan komentar, serta membagikan, dapat memperluas jangkauan unggahan. Semakin banyak umpan balik yang diberikan, semakin luas pula jangkauan unggahan Anda. Dengan kata lain, unggahan dapat dilihat oleh banyak pemilik akun Instagram.

Meningkatkan love dan keterlibatan

Meningkatkan love dan keterlibatan - caption untuk Instagram
Meningkatkan love dan keterlibatan – caption untuk Instagram – assets.rbl.ms

 

Para pengikut akan banyak memberikan love jika caption yang dibuat asyik menurut mereka. Selain itu dapat juga meningkatkan keterlibatan akun di Instagram. Keterlibatan di sini ialah seberapa berpengaruhnya akun yang Anda miliki dalam logaritma Instagram. Pengaruh akun ini dapat dihitung dari love yang ditambah komentar lalu dibagi dengan jumlah pengikut.

Meningkatkan penjualan

Meningkatkan penjualan - caption untuk Instagram
Meningkatkan penjualan – caption untuk Instagram – Alona

 

Jika deskripsi produk telah disajikan, penawaran yang menarik juga sudah diberikan, Anda tinggal menunggu hasil dari kekuatan caption yang telah diunggah. Penjualan produk dapat meningkat dengan caption yang tepat sasaran.

Menjadi wahana beriklan

Menjadi wahana beriklan - caption untuk Instagram
Menjadi wahana beriklan – caption untuk Instagram – Brilio

Beriklan di Instagram juga mengandalkan caption. Ketika beriklan, para selebgram akan mengunggah caption produk secara detail. Ini juga dapat dilakukan oleh para pemilik toko online. Sehingga, selain mendeskripsikan produk dapat juga menjadikan caption sebagai lahan beriklan sebanyak-banyaknya. Tentunya mumpung gratis. Meskipun demikian, ada iklan yang berbayar untuk menambah jangkauan dan frekuensi keterlihatan.

Menambah pengikut

Menambah pengikut - caption untuk Instagram
Menambah pengikut – caption untuk Instagram – blogspot.com

 

Tanpa disadari, caption juga dapat menambah jumlah pengikut. Tentunya Anda harus konsisten dalam membuat caption.

Membangun social branding

Kegunaan caption berikutnya ialah untuk membangun social branding. Anda dapat menentukan brand seperti apa yang akan dibangun. Kemudian, dipaparkan secara teratur melalui caption.

Nah, itulah sepuluh kegunaan caption untuk Instagram. Benar-benar berperan vital pada unggahan Instagram, bukan? Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membuat caption yang keren dan menarik. Yuk, bagikan artikel ini ke teman-teman. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan.

 

Baca juga:

7 Langkah Jitu Membuat Caption Keren Instagram, Biar Postingan Startup Kamu Enggak Gagal Fokus

Startup Kamu Masih Sepi? Cek 8 Kata-Kata untuk Caption Instagram Startup Ini

Posted on

Mau Produk yang Anda Tawarkan Lebih Dilirik Calon Pembeli? Simak Dulu Contoh Deskripsi Produk yang Satu Ini

s.kaskus.id

 

            Saat akan membeli barang di toko online, selain foto barang, Anda pasti melihat deskripsi produk tersebut untuk tahu fitur, kegunaan, serta kelebihannya. Deskripsi produk memegang peran penting untuk merayu calon pembeli untuk memutuskan apakah mereka akan membeli atau tidak. Karenanya, deskripsi produk menjadi peluang untuk menunjukkan sisi terbaik dari produk Anda.

Ada beberapa hal yang harus diketahui untuk mendeskripsikan produk. Tidak hanya menjelaskan barang, kata-kata yang digunakan pun harus bisa menjual. Lantas, bagaimana cara agar dilirik calon pembeli? Yuk, simak contoh deskripsi produk di bawah ini!

Terapkan 5W+1H

Terapkan 5W+1H - contoh deskripsi produk
Terapkan 5W+1H – contoh deskripsi produk – blogspot.com

 

Hal yang paling dasar dalam menjelaskan produk adalah mengulas produk berdasarkan 5W+1H (what, when, who, where, why, dan how). Jika Anda menjual kolam renang plastik, jelaskan apa kegunaan produk ini, siapa target market-nya, kapan pembeli bisa menggunakan produk ini, di mana produk ini cocok untuk dipakai, mengapa pembeli harus beli produk ini, dan bagaimana produk ini bekerja.

Tekankan fitur dan manfaat produk

Tekankan fitur dan manfaat produk - contoh deskripsi produk
Tekankan fitur dan manfaat produk – contoh deskripsi produk – googleusercontent.com

 

Berikutnya, Anda harus menjelaskan fitur dan kegunaan produk tersebut dengan jelas. Dengan kata lain, jelaskan bagaimana produk tersebut bermanfaat bagi kehidupan pembeli dan mengapa produk tersebut penting. Contohnya, tuliskan fitur kolam renang plastik, seperti ukuran dan bahan, dan tuliskan manfaatnya misalnya untuk berendam di cuaca panas atau menjadi tempat belajar renang untuk anak-anak.

Memiliki gaya penulisan tersendiri

Memiliki gaya penulisan tersendiri - contoh deskripsi produk
Memiliki gaya penulisan tersendiri – contoh deskripsi produk – drestha.com

 

Daripada menulis penjelasan yang membosankan, deskripsikan produk dengan kata-kata yang ringan, menarik, atau bahkan lucu. Tentunya gaya penulisan harus cocok dengan produk yang dijual dan target market-nya. Contoh deskripsi produk dengan target market anak muda, Anda bisa menggunakan kata-kata yang modern seperti kekinian, hakiki, faedah, mantap jiwa, atau goals.

Bangun imajinasi pembeli

Bangun imajinasi pembeli - contoh deskripsi produk
Bangun imajinasi pembeli – contoh deskripsi produk – blogspot.com

 

Berjualan di toko online artinya pembeli tidak bisa merasakan atau menyentuh produknya. Oleh karena itu, Anda harus bisa membangun imajinasi pembeli dengan kata-kata. Contohnya, deskripsikan nikmatnya berendam dan mendinginkan tubuh di kolam renang saat hari sedang panas.

Buat penjelasan yang efektif

Buat penjelasan yang efektif - contoh deskripsi produk
Buat penjelasan yang efektif – contoh deskripsi produk – kaskus.id

 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Nilesen Norman Group, hanya 16% orang yang membaca seluruh penjelasan produk di website.  Sisanya 79% lebih suka memindai kata-kata atau kalimat saja. Oleh karena itu, daripada menulis dengan paragraf panjang, gunakan poin untuk menjelaskan fitur utama produk Anda serta kegunaannya. Pakai font yang besar untuk memudahkan pembeli untuk membaca.

Pentingnya menaruh ulasan dari pembeli lain

Pentingnya menaruh ulasan dari pembeli lain - contoh deskripsi produk
Pentingnya menaruh ulasan dari pembeli lain – contoh deskripsi produk – klikmania.net

 

Bukan rahasia lagi bahwa pembeli mencari ulasan atau saran dari orang lain untuk membeli produk. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggaet pembeli dengan cepat, masukkan ulasan produk di toko online Anda.

Optimalisasi search engine

Optimalisasi search engine - contoh deskripsi produk
Optimalisasi search engine – contoh deskripsi produk – ytimg.com

Banyak pembeli menggunakan search engine untuk menemukan produk. Maka dari itu, Anda perlu mengupayakan optimalisasi search engine (search engine optimization). Caranya, gunakan kata kunci produk yang kira-kira akan dicari. Contohnya, Anda bisa menggunakan kata kunci “kolam renang plastik murah” atau “kolam renang plastik bagus”.

Gunakan jasa penulis produk yang berpengalaman

Gunakan jasa penulis produk yang berpengalaman - contoh deskripsi produk
Gunakan jasa penulis produk yang berpengalaman – contoh deskripsi produk – blogspot.com

 

Jika Anda kesulitan menulis deskripsi produk, Anda bisa menggunakan tenaga profesional untuk membuat deskripsi produk untuk toko online dan marketplace. Salah satu contoh perusahaan yang menyediakan jasa ini adalah Kontenesia—jasa penulis artikel profesional. Menggunakan Jasa Deskripsi Produk di Kontenesia akan membantu pekerjaan Anda lebih cepat.

Contoh deskripsi produk yang baik tidak hanya menjelaskan saja, tetapi harus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di benak pembeli sebelum pertanyaan-pertanyaan tersebut dilontarkan. Selain informasi yang akurat, kata-kata yang ditulis juga harus membuat pembeli merasa engage dengan penjual. Dijamin, penjualan Anda akan laris manis!

 

Baca juga:

Omzet Penjualan Menurun? Yuk Dongkrak dengan 5 Contoh Deskripsi Singkat Produk Berikut Ini!

7 Contoh Kalimat Deskripsi Produk yang Bisa Memicu Minat Pelanggan

 

Posted on

Startup Kamu Masih Sepi? Cek 8 Kata-Kata untuk Caption Instagram Startup Ini

Sudah beberapa bulan mencoba mempromosikan startup, tetapi hingga kini masih juga sepi peminat. Jangankan mencapai target pasar, pengikut yang sekadar meninggalkan jejak suka atau komentar jarang Anda temui.

Bisa jadi, postingan Instagram yang Anda bagikan terlalu kaku. Mungkin juga Anda gagal menciptakan kombinasi yang tepat antara foto dan caption. Boleh saja foto yang ditampilkan amat memikat, tetapi pesan bisa ditafsirkan secara keliru jika caption ditulis sembarang.

Agar postingan bisa semakin memikat dan mampu menjerat pengguna, simak kata-kata untuk caption Instagram berikut. Daftar ini akan terbagi ke dalam beberapa tipe yang umum ditemui.

Tipe Mengajak

Tipe Mengajak - Kata-Kata untuk Caption Instagram
Tipe Mengajak – Kata-Kata untuk Caption Instagram – instagram.com

 

Ada banyak trik untuk menciptakan ketertarikan pembaca terhadap postingan Instagram. Salah satunya dengan membuat kata-kata untuk caption Instagram yang memiliki intensi mengajak audiens untuk terlibat aktif. Bisa berkomentar, melakukan tag kepada temannya, membagikan kembali postingan, atau mengunjungi website tertentu.

“Apa resep makanan lokal favorit kamu? Aku sih ini.” Kalimat itu bisa dikombinasikan dengan foto jarak dekat yang menunjukkan makanan tertentu. (Startup Resep Masakan).

“Coba sebut hero favorit kamu hari ini? Ayo laksanakan misi!” (Startup Mobile Game).

Tipe Apresiasi Pelanggan

Tipe Apresiasi Pelanggan - Kata-Kata untuk Caption Instagram
Tipe Apresiasi Pelanggan – Kata-Kata untuk Caption Instagram – jalantikus.com

 

Cara Anda menghargai pelanggan punya dampak signifikan terhadap persepsi konsumen. Ketika Anda mencoba menciptakan kedekatan dengan mengapresiasi orang-orang yang berjasa bagi perkembangan bisnis, poin positif telah terbangun.

“Pelanggan favorit kami, Daniel, setiap bulan menyempatkan waktu berbelanja di toko online kami. Ya, pria sejati mustahil menolak barang berkualitas.” (Startup Toko Pakaian Online).

Tipe Penyemangat

Tipe Penyemangat - Kata-Kata untuk Caption Instagram
Tipe Penyemangat – Kata-Kata untuk Caption Instagram – katamotivasihidup.com

 

Caption bisa juga hadir sebagai sesuatu yang berada di belakang pengguna. Menjadikan mereka tokoh utama dan produk Anda sebagai pemeran pendukung.

“Tidak peduli berapa nilaimu. Tidak peduli seberapa besar bebanmu. Tidak peduli betapa menyakitkan ini. Aku tetap di belakang untuk mendukungmu.” (Aplikasi Personal Trainer).

Tipe Romantis

Tipe Romantis - Kata-Kata untuk Caption Instagram
Tipe Romantis – Kata-Kata untuk Caption Instagram – instagram.com

 

Orang-orang selalu senang dengan sesuatu yang romantis. Hal itu bisa membangkitkan imajinasi dan gairah positif.

“Keindahan itu… ketika berkas mentari pagi mampu membelah sudut-sudut kota. Menyadarkan akan hadirnya orang spesial di samping kita.” (Startup Travel).

Tipe Empati

Tipe Empati - Kata-Kata untuk Caption Instagram
Tipe Empati – Kata-Kata untuk Caption Instagram – i.pinimg.com

 

Menginspirasi pengikut melalui kutipan populer bisa jadi solusi jitu. Sebuah nukilan beberapa novelis berikut bisa Anda gunakan untuk aplikasi musik ataupun situs berbagi dalam komunitas.

“Empati adalah tentang menemukan gema dari orang lain di dalam dirimu” (Mohsin Hamid).

“Ketika orang berbicara, dengarkan sepenuhnya. Kebanyakan orang tidak pernah mendengarkan.” (Ernest Hemingway).

Tipe Puitis

Tipe Puitis - Kata-Kata untuk Caption Instagram
Tipe Puitis – Kata-Kata untuk Caption Instagram – i.pinimg.com

 

Tema puitis merupakan kata-kata untuk caption Instagram yang banyak digemari. Cara ini punya peluang lebih besar untuk menyebar dari satu pengguna ke pengguna lain. Sebagai startup penjualan tiket, Anda bisa memanfaatkan kutipan berikut.

“Apa sesungguhnya tujuan pembuatan pesawat? Untuk melipat ruang, membelah waktu, memperpendak jarak dan mendekatkan kamu yang spesial.”

Tipe Parodi

Tipe Parodi - Kata-Kata untuk Caption Instagram
Tipe Parodi – Kata-Kata untuk Caption Instagram – i.ytimg.com

 

Untuk meminimalisasi kesan kaku, Anda bisa memparodikan kutipan populer. Bisa kutipan bijak, lirik lagu, sampai rumus ilmiah. Contoh ini bisa Anda gunakan untuk startup yang fokus pada penjualan barang-barang kekinian.

“Tekanan sama dengan gaya. Jika tekanan terlalu banyak, semakin banyak juga gayanya. Biar enggak mati gaya, mampir ke sini….”

Tipe Momentum

Tipe Momentum - Kata-Kata untuk Caption Instagram
Tipe Momentum – Kata-Kata untuk Caption Instagram – wordpress.com

 

Bagi pebisnis startup, kepekaan menangkap momentum sangatlah penting. Terdapat waktu-waktu tertentu saat masyarakat memusatkan perhatian secara massal. Dalam hal ini, Anda mesti jeli menyisipkan pesan produk sembari merayakan momen penting. Berikut beberapa ide untuk startup yang menggeluti layanan belajar jarak jauh dalam momen kemerdekaan dan Hari Ibu.

“Merdeka itu bebas menimba ilmu tanpa batasan ruang”.

“Belajarlah dari yang terbaik dan jadilah yang membanggakan. Abraham Lincoln berkata, “untuk siapa diriku saat ini, dan harapanku di masa depan, aku berutang pada Ibu.”

 

Itulah sejumlah kata-kata untuk caption Instagram yang bisa jadi referensi Anda. Yuk, segera praktikkan untuk akun Instagram startup Anda!

 

Baca juga:

7 Langkah Jitu Membuat Caption Keren Instagram, Biar Postingan Startup Kamu Enggak Gagal Fokus

Lebih dari Sekadar Kata-kata, Yuk Kenali Apa Itu Caption, Senjata Kekinian untuk Melejitkan Bisnismu

 

Posted on

Bingung Memulai Usaha? Berikut ini 7 Cara Jualan di Bukalapak yang Bisa Kamu Coba

mozta.com

Banyak orang ingin memulai usaha, tapi beberapa di antaranya bingung bagaimana memulai. Mungkin berjualan di Bukalapak adalah salah satu solusinya. Dengan membuka lapak di marketplace online ini, kamu tidak perlu bingung lagi soal biaya menyewa toko atau tempat berjualan, karena segala sesuatunya dilakukan secara online.

Cara membuka lapak di Bukalapak pun sangat mudah, dan pastinya tidak dipungut biaya alias gratis! Belum tahu caranya? Berikut ini 7 cara Jualan  di Bukalapak:

Membuat akun Bukalapak

Membuat akun Bukalapak - cara Jualan  di Bukalapak
Membuat akun Bukalapak – cara Jualan  di Bukalapak – i.ytimg.com

 

Cara membuat akun sebenarnya cukup sederhana, sama seperti membuat akun media sosial pada umumnya. Cukup isi data diri seperti nama, email, dan username. Setelah itu lakukan verifikasi data.

Siapkan Barang yang Akan Dijual

Siapkan Barang yang Akan Dijual - cara Jualan  di Bukalapak
Siapkan Barang yang Akan Dijual – cara Jualan  di Bukalapak – bukalapak.com

 

Selanjutnya, siapkan barang yang akan dijual. Tapi sebelum itu, cermati beberapa persyaratan dari Bukalapak, salah satunya adalah terkait barang-barang yang dilarang dijual melalui Bukalapak. Untuk mengetahui lebih jelas, kamu bisa melihatnya langsung di daftar barang terlarang yang dikeluarkan oleh Bukalapak.

Setelah paham soal aturan di Bukalapak, selanjutnya siapkan barang untuk dijual. Hal-hal yang harus disiapkan adalah: nama barang yang akan dijual, stock keeping unit (SKU), kondisi barang, harga satuan, gambar, dan label/tag.

Tuliskan Deskripsi Produk yang Informatif

Tuliskan Deskripsi Produk yang Informatif - cara Jualan  di Bukalapak
Tuliskan Deskripsi Produk yang Informatif – cara Jualan  di Bukalapak – blogspot.com

 

Pernahkah kamu menemukan produk yang fotonya sangat menarik di toko online, namun deskripsinya sangat sedikit? Jika tertarik membeli, tentu kamu ingin mengetahui informasi mendetail tentang produk tersebut. Akhirnya, kamu harus menghubungi penjual, dan belum tentu mendapat respons saat itu juga. Sangat merepotkan, ya?

Nah, agar pembeli tidak mengalami kejadian seperti itu di lapakmu, sebaiknya kamu mencantumkan deskripsi yang informatif dan menarik. Misalnya, jika produk yang dijual adalah tas, kamu perlu menuliskan detail mengenai ukuran, variasi warna, bahan, dan kelebihan tas tersebut.

Tidak punya waktu menuliskan deskripsi produk karena banyaknya produk yang dijual di tokomu? Tidak perlu khawatir. Kamu bisa memesan Jasa Deskripsi Produk, misalnya di Kontenesia—jasa penulis artikel profesional. Cukup dengan melakukan order dan menunggu sambil ngopi-ngopi santai, kamu akan mendapatkan deskripsi produk yang informatif dan menarik.

Memantau Transaksi dan Sigap dalam Melayan

Memantau Transaksi dan Sigap dalam Melayan - cara Jualan  di Bukalapak
Memantau Transaksi dan Sigap dalam Melayan – cara Jualan  di Bukalapak – bukalapak.com

 

Pantau terus lapak kamu dengan cara pilih menu My Lapak >> Pengaturan >> Transaksi. Bukan hanya terkait penjualan saja, kamu juga bisa memantau tagihan, pembelian, dan komplain/retur.

Bila ada pembeli yang membeli produkmu, akan ada pemberitahuan melalui dashboard aplikasi yang terinstal di ponselmu, SMS, atau email. Selanjutnya, pesanan yang sudah di bayar harus segera dikirim. Sebaiknya lakukan pengiriman dan pengemasan secepat dan sebaik mungkin. Bagaimanapun, kemasan baik dan proses pengiriman yang cepat akan berpengaruh pada reputasi lapakmu.

Mendapatkan Pembayaran

Mendapatkan Pembayaran - cara Jualan  di Bukalapak
Mendapatkan Pembayaran – cara Jualan  di Bukalapak – bukalapak.com

 

Begitu barang sampai ke pembeli dan dikonfirmasi, pembayaran akan masuk ke saldo BukaDompet pelapak secara otomatis. Di beberapa kejadian, mungkin ada beberapa pembeli yang lupa melakukan konfirmasi, akibatnya dana belum bisa dicairkan. Tapi jangan khawatir, karena Bukalapak memiliki sistem pelacak proses pengiriman sendiri. Jadi, apabila setelah 2×24 jam barang sampai tapi pembeli belum melakukan konfirmasi, maka secara otomatis dana akan tetap diteruskan ke pelapak.

Tingkatkan Reputasimu

Tingkatkan Reputasimu - cara Jualan  di Bukalapak
Tingkatkan Reputasimu – cara Jualan  di Bukalapak – steemit.com

 

Reputasi pelapak sangat penting demi mendapatkan kepercayaan calon pembeli. Memiliki reputasi yang baik akan semakin menarik minat berbelanja dan akan semakin dipercaya oleh pembeli. Dengan semakin banyak orang yang tertarik berbelanja, maka akan semakin besar pula keuntungan yang akan kamu peroleh.

Bergabung di Komunitas Bukalapak

Bergabung di Komunitas Bukalapak - cara Jualan  di Bukalapak
Bergabung di Komunitas Bukalapak – cara Jualan  di Bukalapak – amazonaws.com

 

Pastikan juga untuk bergabung di Komunitas Bukalapak. Dengan bergabung di sini, kamu bisa berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan sesama pelapak. Dari sini juga, kamu bisa mengambil pelajaran dan tips menarik agar lapakmu semakin laris dan berkembang.

Itulah cara jualan di Bukalapak. Sederhana bukan? Dengan adanya marketplace seperti Bukalapak, pengusaha kecil menengah pun dapat tetap berusaha dan berkembang. Jadi, tunggu apalagi, segera memulai usahamu dari Bukalapak.

 

Baca juga:

5 Cara Menjual Barang di Tokopedia Paling Simpel yang Bisa Anda Ikuti

Belanja Tinggal Sentuh, Simak Cara Beli di Tokopedia via Smartphone Berikut ini!

 

Posted on

Kreatifkan Postingan Anda dengan 5 Fitur Caption Facebook yang Tidak Ada di Instagram Ini

www.ai-media.tv

Anda pasti sudah tidak asing dengan Facebook. Jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg dan diluncurkan tahun 2004 ini sudah memiliki miliaran pengguna aktif, yang sebagian besar menggunakan telepon genggam atau smartphone. Semenjak kemunculan Instagram di tahun 2010, peringkat kepopuleran Facebook sempat merosot. Tidak ingin berlama-lama berada di bawah, Facebook semakin gencar mengembangkan fitur-fiturnya untuk memanjakan pengguna setia Facebook.

Salah satunya adalah dengan mengembangkan beragam fitur caption Facebook yang tidak ada di Instagram. Fitur ini juga membedakan Facebook dan Instagram sebagai jejaring sosial yang digemari semua orang. Dengan berbagai fitur ini, Anda bisa mengkreasikan hasil unggahan Anda dan membagikannya ke sesama pengguna Facebook. Apa saja fitur-fitur tersebut? Simak ulasannya berikut ini:

Menulis Caption Tanpa Foto

Menulis Caption Tanpa Foto - caption Facebook
Menulis Caption Tanpa Foto – caption Facebook – assets.kompasiana.com

 

Jika di Instagram Anda diharuskan menggunggah foto kemudian menuliskan caption, di Facebook Anda bisa langsung menulis dan membagikan caption tanpa harus menggunggah foto terlebih dahulu. Kotak caption Facebook atau yang biasa disebut “Status” ini merupakan fitur dasar yang bisa Anda dapatkan di halaman “Home” akun Facebook Anda. Anda juga bisa menambahkan berbagai stiker, keterangan perasaan, dan aktivitas yang sedang dilakukan ke dalam status Anda. Dengan limit 63.206 karakter, tentu Anda bisa menulis caption sepanjang dan sebanyak yang Anda inginkan.

Caption dengan Latar Belakang Warna-warni

Caption dengan Latar Belakang Warna-warni - caption Facebook
Caption dengan Latar Belakang Warna-warni – caption Facebook – 1.bp.blogspot.com

 

Bosan dengan tampilan caption yang polos dan ingin menarik perhatian teman Facebook Anda? Facebook sekarang menyediakan berbagai pilihan latar belakang dengan warna dan motif beragam yang bisa Anda gunakan saat menulis caption. Fitur yang dirilis beberapa waktu lalu ini sempat menjadi tren di kalangan pengguna Facebook. Namun sayangnya, fitur ini hanya dapat digunakan melalui aplikasi di smartphone. Jika Anda menggunakan PC, maka fitur ini tidak akan muncul di pilihan kotak caption.

Menambahkan Caption ke dalam Foto

Menambahkan Caption ke dalam Foto - caption Facebook
Menambahkan Caption ke dalam Foto – caption Facebook – JasaBuatWebMurah

 

Anda ingin menambahkan teks ke dalam foto, tetapi tidak mempunyai aplikasi yang memadai? Di Facebook, Anda bisa langsung menambahkan teks caption saat menggunggah foto. Berbeda dengan Instagram yang hanya memberikan pilihan berbagai filter untuk foto, Facebook menawarkan fitur yang lebih lengkap. Anda bisa menyunting foto dengan memberi filter, menambahkan caption (teks), hingga stiker khas Facebook ke dalam foto yang akan diunggah. Fitur ini tentu membuat Anda tidak perlu membuang-buang ruang memori untuk aplikasi sejenis di smartphone.

Menambahkan Caption ke dalam Video

Menambahkan Caption ke dalam Video - caption Facebook
Menambahkan Caption ke dalam Video – caption Facebook – Ceritaihsan

 

Facebook juga merilis fitur untuk menambahkan caption ke dalam video. Fitur ini dihadirkan untuk membantu para pengguna Facebook yang mengalami masalah pendengaran atau tunarungu.

Ada dua cara untuk menambahkan caption ke dalam video. Cara pertama adalah dengan mengunggah file dengan format SubRip (srt). Bagi Anda yang belum mengerti atau tidak bisa membuat file dengan format ini, Facebook menawarkan cara yang lebih mudah yaitu dengan menambahkan caption secara otomatis ke dalam video. Anda cukup mengunggah video ke Facebook, tunggu beberapa saat agar Facebook dapat menghasilkan caption video, dan simpan. Caption akan muncul dengan sendirinya di dalam video. Anda juga bisa menyunting caption agar sesuai dengan video yang Anda unggah.

Berjualan Menjadi Lebih Mudah

Berjualan Menjadi Lebih Mudah - caption Facebook
Berjualan Menjadi Lebih Mudah – caption Facebook – blogspot.com

 

Anda seorang penjual online dan ingin menjajakan barang dagangan Anda di jejaring sosial? Jika di Instagram semua keterangan harga serta deskripsi produk dijadikan dalam satu caption seperti layaknya unggahan biasa, maka berbeda halnya dengan Facebook yang menawarkan fitur “Sell” dalam grup publik yang Anda ikuti. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk mengunggah foto produk dengan menambahkan deskripsi produk, harga, hingga lokasi dalam kotak caption yang tersedia. Anda juga bisa memantau perkembangan produk yang Anda unggah tersebut dan menandai jika barang sudah terjual.

 

Nah, itu tadi beberapa fitur caption Facebook yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan hasil unggahan Anda di Facebook! Adakah fitur yang sudah pernah Anda coba?

 

Baca juga:

Wow, 4 Artis Indonesia Ini Pernah Posting Caption Instagram Keren Banget

Mau Dapat Uang dari Media Sosial? Contek Caption Instagram Keren Berikut Ini

Posted on

7 Langkah Jitu Membuat Caption Keren Instagram, Biar Postingan Startup Kamu Enggak Gagal Fokus

meamobilereview.com

Sebuah foto memiliki sejuta makna. Kalimat itu memang terdengar puitis, tetapi tidak bagi Anda pelaku startup. Jangan sampai postingan yang Anda buat di Instagram justru dimaknai berbeda oleh calon pelanggan. Alhasil, niat memikat konsumen justru hilang tidak berbekas.

Dalam hal ini, keberadaan caption punya peran signifikan. Deskripsi yang relevan dan keren bisa membangun keterikatan dengan calon klien. Kenapa mesti keren, apa relevan saja tidak cukup?

Noah Kagan, seorang growth hacker kenamaan sekaligus pebisnis online, dalam esainya di Huffington Post mengatakan bahwa konten yang berpotensi viral dan digemari pembaca adalah yang mampu menggugah emosi. Adapun kriteria emosi yang paling disukai adalah “Awe” alias perasaan kagum. Jadi, ketika Anda membuat caption keren Instagram, besar kemungkinan postingan Anda juga disukai.

Masalahnya, sering kali pelaku startup kebingungan menentukan postingan yang tepat. Foto sudah ada, tetapi bagaimana caption-nya? Agar Anda tidak semakin bingung, simak 7 tips berikut:

Kenali Pasar

Kenali Pasar - Caption Keren Instagram
Kenali Pasar – Caption Keren Instagram – blogspot.com

 

Hingga tahun 2017, terdapat 800 juta pengguna bulanan Instagram. Lebih dari 80 persen di antaranya mengikuti satu akun bisnis dan 200 juta dari mereka selalu mengunjungi akun bisnis setiap hari. Menarik, bukan?

Jangan senang dulu, angka-angka itu tidak akan bermakna apa-apa jika Anda kurang piawai memanfaatkannya. Periksa baik-baik pasar yang ingin Anda masuki. Mulai dari rentang usia, jenis kelamin, pendapatan, hingga perilaku belanja mereka. Anda bisa memanfaatkan Instagram Insight yang tersedia gratis dalam Instagram mode bisnis. Jangan lupa, sesuaikan gaya bahasa agar apa yang Anda tampilkan tetap sejalan dengan target pasar.

Padat Memikat

Padat Memikat - Caption Keren Instagram
Padat Memikat – Caption Keren Instagram – i0.wp.com

 

Instagram menyediakan 2.200 karakter atau sekitar 400 kata yang bisa Anda tulis sebagai keterangan. Namun, bukan berarti pembaca ingin melihat cerpen hanya untuk mengetahui maksud foto Anda. Facebook selaku pemilik Instagram merekomendasikan caption iklan sekitar 125 karakter. Jumlah itu cukup ideal agar caption keren Instagram Anda tidak terpotong dan tetap terlihat sepenuhnya.

 

Tetap Kreatif

Tetap Kreatif - Caption Keren Instagram
Tetap Kreatif – Caption Keren Instagram – blogspot.com

 

Padat bukan berarti minim kreativitas. Pengguna Instagram menginginkan sesuatu yang menarik agar mereka mau menyukai, berkomentar, membagikan dan tentunya menyerap pesan yang Anda sampaikan. Sumber inspirasi bisa datang dari mana saja. Baik kutipan buku, film, lagu, maupun lelucon populer.

Selain itu, perhatikan juga karakteristik emosi yang umumnya memicu pengguna media sosial sehingga mereka mau ikut terlibat: Awe (Kekaguman), Laughter (Tawa), Amusement (Hiburan), Joy (Kebahagiaan), dan Empathy (Empati).

 

Keseimbangan

Keseimbangan - Caption Keren Instagram
Keseimbangan – Caption Keren Instagram – i.ytimg.com

 

Ketika foto yang Anda tampilkan mudah dimengerti, jangan membuat caption yang berisi penjelasan panjang lebar. Sebaliknya, jika foto yang Anda buat cenderung tidak mudah dicerna, upayakan menulis caption yang kuat dan mudah diingat. Selain itu, jangan lupa menulis nama produk atau brand milik Anda agar persepsi calon konsumen langsung mengarah ke produk Anda.

 

Jangan Typo

Jangan Typo - Caption Keren Instagram
Jangan Typo – Caption Keren Instagram – diakui.com

 

Satu kata saja keliru bisa meruntuhkan citra yang sedang Anda bangun. Perhatikan baik-baik setiap kata yang Anda tulis. Ketika kesalahan yang Anda buat menjadi viral, butuh waktu lama untuk mendapatkan kembali kepercayaan konsumen.

 

Buat Call to Action

Buat Call to Action - Caption Keren Instagram
Buat Call to Action – Caption Keren Instagram – peluangusahaterkini.com

 

Call to Action atau panggilan aksi adalah instruksi untuk memprovokasi calon konsumen agar mereka segera merespons apa yang Anda sampaikan. Bentuknya bisa beragam, mulai ajakan untuk membeli, mengunduh, berkomentar, membagikan postingan atau membuka situs tertentu. Misal, “lihat profil untuk info pembelian”, “unduh segera biar kamu makin keren”, “jangan lupa tag ke teman kamu ya”, atau yang ringkas “order now”.

 

Jangan Buru-Buru

Jangan Buru-Buru - Caption Keren Instagram
Jangan Buru-Buru – Caption Keren Instagram – pinterest.com

 

Bagi pengguna Instagram pribadi, keinginan untuk mengunggah kiriman sesaat setelah mendapatkan gambar adalah hal yang wajar. Namun, untuk Anda pebisnis startup yang sedang membangun brand dan mempromosikan produk, ketenangan adalah kunci. Ambil jeda beberapa saat sebelum menekan tombol bagikan. Baca berulang-ulang untuk memastikan semua telah sesuai dengan keinginan.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat caption keren Instagram. Dijamin, postingan startup Anda tidak akan bikin gagal fokus!

 

Baca juga:

Ajaibnya, 7 Caption Buat Instagram Ini Bisa Melejitkan Jumlah Klien. Buktikan Sendiri!

Mau Dapat Uang dari Media Sosial? Contek Caption Instagram Keren Berikut Ini!

 

Posted on

Inilah daftar Caption Instagram Cinta yang Bisa Membuat Anda Terlihat Romantis

blogspot.com
blogspot.com

 

Hadirnya media sosial Instagram membuat orang-orang yang suka berfoto ingin selalu membagikan hasil potretnya, tentunya dengan menambahkan berbagai tulisan, mulai dari komentar nyeleneh, kutipan indah, hingga caption Instagram cinta. Saat ini, dengan hanya bermodalkan kamera smartphone, Anda bisa membuat foto dengan hasil yang cukup mengagumkan.

caption Instagram cinta
caption Instagram cinta – Bicara Wanita

 

Salah satu fitur yang sangat melekat pada Instagram adalah caption, Tulisan pendukung gambar yang berisi pesan atau deskripsi ini memang menjadi hal yang seolah wajib ada pada setiap foto yang diunggah.

Di Instagram, Anda mungkin menemukan banyak caption bertemakan cinta dan ungkapan perasaan. Entah itu bahagia, galau, bimbang, sedih, ataupun kecewa. Intinya, semua yang berhubungan dengan cinta.

caption Instagram cinta
caption Instagram cinta – www.pinterest.co.kr

 

Pertanyaannya, bagaimana mereka bisa membuat caption dengan kata-kata yang menarik dan indah seperti itu? Padahal, membuat kata-kata yang biasa saja sulit, apalagi kata-kata tentang cinta dan perasaan yang indah, dan mampu menyentuh hati orang yang membacanya.

Nah, Untuk Anda yang ingin mengungkapkan perasaan yang sedang dirasakan melalui caption tetapi kesulitan untuk memilih kata-kata yang pas, berikut ini ada beberapa caption Instagram cinta yang mungkin bisa mewakili perasaan, sekaligus melengkapi foto Anda di Instagram.

  • Cinta itu mengagumkan. Dia mampu membuatmu berusaha jadi lebih baik tanpa diminta.
  • Carilah pasangan seperti kopi, tak pernah menghianati dan selalu setia menemani.
  • Cinta itu bukan hanya menerima persamaan, tapi juga merayakan perbedaan.
  • Dibalik pahitnya getirnya hubungan, selalu ada manis dan tawa beriringan.
  • Jika memang jodohku ditangan Tuhan, aku ingin kau yang ada ditangan-Nya untuku.
  • Cinta mungkin kadang tak tepat waktu, tapi kuyakin kau selalu tepat untukku.
  • Yang ada di pikiranku setiap hari adalah berusaha menjagamu sampai akhir hayat ini.
  • Seandainya aku harus berhenti mencintaimu, mungkin itu hanya terjadi saat embusan nafas terakhirku.
  • Jika memang kita harus berpisah? Biarkan takdir saja yang menentukan, jangan yang lainnya.
  • Mencintaimu hanya butuh waktu beberapa detik, namun untuk melupakanmu butuh waktu seumur hidupku.
  • Aku ingin mencintaimu dengan sederhana, dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api. (Sapardi Djoko)
  • Kadang kamu harus melepaskan, bukan karena tak cinta, tapi karena kamu lebih mencintai dirimu yang terus terluka.
  • Ketika dia yang pergi memberimu 100 alasan untuk menangis, tunjukkan padanya bahwa kamu punya 1000 alasan untuk tersenyum.
  • Tak peduli seberapa keras kamu mencoba, kamu tak akan pernah bisa menyangkal apa yang kamu rasa.
  • Orang hadir di hidupmu karena sebuah alasan. Mereka memberi bahagia dan kecewa. Ada yg sesaat dan ada yang selamanya.
  • Kalau mencintaimu adalah kesalahan. Ya sudah, biar aku terus salah saja (Dilan 1990)
  • Kenapa masih bertahan jika sebenarnya kau tak diinginkan? Tinggalkan, maka kemudian kau akan menemukan kebahagiaan
  • Tak perlu menunggu ucapan cinta darimu, perhatian dan senyummu sudah cukup membuatku tahu, kau mencintaiku.
  • Bersandarlah di pundakku sampai kau merasakan kenyamanan, karena sudah keharusan bagiku untuk memberikan mu rasa nyaman.
  • Cinta adalah berbagi. Karena walau ada di dua raga, setiap pasangan hanya memiliki satu hati.
  • Ketakutan terbesar dalam hidupku bukan kehilanganmu, tapi melihat dirimu kehilangan kebahagiaanmu.

Itulah beberapa caption Instagram cinta yang mungkin bisa menjadikanmu pribadi-pribadi yang romantis. Semoga menginspirasi, ya.

 

Baca juga:

Lebih dari Sekadar Kata-kata, Yuk Kenali Apa Itu Caption, Senjata Kekinian untuk Melejitkan Bisnismu

Informatif dan Kekinian, Ini dia 4 Caption Keren Instagram dari Para Startup yang Sedang Naik Daun

Posted on

Pakai 7 Rumus Membuat Kata-Kata Mempromosikan Produk Ini, Dijamin Jualan Anda Banjir Pembeli!

i2.wp.com

Saat berjualan di toko online, Anda dituntut bisa menarik minat pembeli tanpa bertatap muka secara langsung. Salah satu senjata yang bisa diandalkan dalam penjualan adalah kekuatan kata. Anda harus memikirkan kata-kata mempromosikan produk yang benar-benar menarik agar pembeli melanjutkan transaksi. Nah, mungkin Anda bisa ikuti 9 tips berikut untuk membuat kalimat promosi.

Sesuaikan gaya bahasa dengan target pasar

Sesuaikan gaya bahasa dengan target pasar - Kata-Kata Mempromosikan Produk
Sesuaikan gaya bahasa dengan target pasar – Kata-Kata Mempromosikan Produk – wordpress.com

 

Pertama, cari tahu segmen pembeli produk Anda berdasarkan usia, pekerjaan, pendidikan, atau yang lainnya. Lalu sesuaikan gaya bahasa yang digunakan untuk promosi. Sama-sama berjualan baju misalnya, tentu akan berbeda antara berjualan jaket distro untuk remaja dengan berjualan kebaya untuk wanita dewasa.

Buat promosi yang singkat, padat dan jelas

Buat promosi yang singkat, padat dan jelas - Kata-Kata Mempromosikan Produk
Buat promosi yang singkat, padat dan jelas – Kata-Kata Mempromosikan Produk – blogspot.com

 

Perhatikan contoh berikut:

“Saya menjual sebuah mobil dengan merek Z yang diproduksi tahun 2010. Mobil warna hitam ini memiliki mesin dan interior yang masih terawat. Apabila Anda berminat untuk membeli mobil ini, silakan menghubungi nomor saya 081234567.”

Bandingkan dengan yang satu ini:

“Dijual! Mobil Z tahun 2010 warna hitam. Mesin dan interior oke. Minat? Hubungi 081234567.”

Terlihat perbedaannya bukan? Konsumen akan malas membaca bila kalimat yang dipakai terlalu bertele-tele.

Tonjolkan keunggulan produk

Tonjolkan keunggulan produk - Kata-Kata Mempromosikan Produk
Tonjolkan keunggulan produk – Kata-Kata Mempromosikan Produk – cdn.hermo.my

 

Deskripsikan secara terperinci mengenai detail produk dalam promosi. Berikan info tambahan keunggulan produk dibanding merek lain. Jelaskan inovasi apa yang berbeda dan mengapa pembeli harus memilih produk Anda.

Pakai headline yang menggoda

Pakai headline yang menggoda - Kata-Kata Mempromosikan Produk
Pakai headline yang menggoda – Kata-Kata Mempromosikan Produk – blogspot.com

 

Kalimat pertama yang Anda tulis bisa memengaruhi pembeli untuk melanjutkan membaca promosi atau tidak. Cobalah kutip kata-kata yang sedang tren saat itu, quote dari film misalnya. Atau awali dengan pertanyaan yang menggambarkan kebutuhan pembeli. Berikut contohnya,

“Jangan bawa ransel, berat. Kamu enggak akan kuat. Bawa barang pakai koper fancy terbaru dari kami saja. Dijamin liburan kamu bakal lebih seru!”

“Anda hobi memasak? Sering kesal karena kotoran yang selalu berkerak di penggorengan? Jangan khawatir, kami memiliki solusi untuk Anda. Gunakan produk teflon antilengket dan buat acara memasak Anda kembali menyenangkan.”

Cari kata-kata unik dan menimbulkan rasa penasaran

Cari kata-kata unik dan menimbulkan rasa penasaran - Kata-Kata Mempromosikan Produk
Cari kata-kata unik dan menimbulkan rasa penasaran – Kata-Kata Mempromosikan Produk – webicdn.com

 

Alih-alih memakai kata yang sudah sering digunakan, cobalah untuk mencari alternatif saat membuat kata-kata mempromosikan produk. Anda bisa mencari sinonim kata yang lebih menggelegar, atau gunakan makna kiasan. Usahakan pula pembeli menjadi penasaran dan ingin membeli produk Anda. Berikut contohnya,

“Ayo datang ke kafe kami. Di sini ada roti isi yang bisa menggigit lho! Kelembutan rotinya akan membuat Anda serasa terbang ke cakrawala. Dan begitu terkecap isinya, hmm, Anda akan menemukan cita rasa unik yang tiada duanya. Awas, jangan sampai tergigit!  ”

Pembeli mungkin akan bertanya-tanya, benarkah ada roti yang benar-benar bisa menggigit? Padahal mungkin maksud ‘menggigit’ di sini adalah karena rasa pedas dari bumbu di dalamnya.

Ajak pembeli berpromosi

Ajak pembeli berpromosi - Kata-Kata Mempromosikan Produk
Ajak pembeli berpromosi – Kata-Kata Mempromosikan Produk – fajartri.com

 

Cara yang satu ini, fungsinya adalah memperluas promosi produk Anda. Mungkin butuh sedikit lebih banyak modal, namun untuk mendapatkan pelanggan baru mengapa tidak? Anda bisa memberikan diskon atau penawaran khusus dengan syarat pembeli harus mempromosikan produk Anda di media sosial. Begini contohnya,

“Dapatkan diskon 15% dengan cara share tulisan ini kepada 5 teman Anda. Ayo sebelum kehabisan!”

Jangan berbohong!

Jangan berbohong! - Kata-Kata Mempromosikan Produk
Jangan berbohong! – Kata-Kata Mempromosikan Produk – ilmudaninfo.com

 

Meskipun kata-kata mempromosikan produk digunakan mengajak pembeli untuk membeli produk kita, jangan pernah menuliskan kebohongan. Jangan tuliskan hal yang tidak ada di produk. Jangan menjanjikan diskon bila tidak sanggup dipenuhi. Sekali ketahuan berbohong, pembeli tidak akan lagi percaya dan menganggap kita tidak profesional.

Nah, itulah beberapa tips membuat kalimat promosi. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membuat kata-kata promosi, Anda bisa mengandalkan jasa penulis profesional untuk deskripsi produk, seperti misalnya Kontenesia.

 

Baca juga:

8 Contoh Kata-Kata Promosi Olshop Ini Dijamin akan Mendongkrak Penjualan Anda. Tidak Percaya?

Mau Jualan Langsung Ludes, Tiru Contoh Promosi Barang Paling Dahsyat Berikut Ini!

 

Posted on

5 Cara Menjual Barang di Tokopedia Paling Simpel yang Bisa Anda Ikuti

www.riaume.com

Di zaman sekarang ini, hampir semua hal bisa dilakukan dengan cara online, termasuk proses jual beli. Salah satunya lewat Tokopedia, market place yang didirikan oleh Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tanggal 6 Februari 2009 dan resmi diluncurkan ke pasar umum pada tanggal 17 Agustus 2009. Pada tahun 2014, Tokopedia juga pernah meraih penghargaan sebagai Marketers of The Years dari lini e-commerce dalam acara Markplus Conference 2015.

Nah, bagaimana? Ingin memulai berjualan di Tokopedia, tapi masih bingung bagaimana mulainya? Jangan khawatir. Di sini, kami akan membeberkan 7 cara menjual barang di Tokopedia paling simpel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Registrasi dan Buka Toko Anda

Registrasi dan Buka Toko Anda - Cara Menjual Barang di Tokopedia
Registrasi dan Buka Toko Anda – Cara Menjual Barang di Tokopedia – blogspot.com

 

Pertama, Anda harus registrasi untuk membuat akun di Tokopedia. Cara membuatnya cukup sederhana, langsung saja masuk ke https://accounts.tokopedia.com/register, lalu isi segala data yang diperlukan. Selanjutnya klik daftar dan Anda telah sukses membuat sebuah akun di Tokopedia.

Setelah masuk halaman awal Tokopedia, langsung klik ikon “Buka Toko” yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu, isi semua data yang diperlukan. Untuk memilih nama toko, sebaiknya pikirkan matang-matang, karena nama yang sudah dibuat tidak bisa diubah lagi.

Cantumkan Foto dan deskripsi produk yang menarik

http://modalblog.com
Cantumkan Foto dan deskripsi produk yang menarik – Cara Menjual Barang di Tokopedia – modalblog.com

 

Saat berjualan secara online, setidaknya ada 2 elemen yang sangat berpengaruh terhadap penjualan, yaitu foto dan deskripsi produk. Foto produk memberi kesan pertama terhadap pembeli. Dari foto inilah pembeli mendapat gambaran dari produk yang Anda jual. Namun, foto saja tidak cukup. Pembeli perlu mengetahui informasi tentang produk ini secara detail. Dari sanalah kemudian pembeli akan memutuskan apakah produk Anda sesuai dengan kriteria yang mereka butuhkan.

Oleh karena itu, Anda tidak bisa sembarangan memasukkan deskripsi produk. Selain informatif, deskripsi produk haruslah menarik dan ditulis dengan rapi. Jika unsur-unsur ini tidak terpenuhi, bisa jadi pembeli salah memahami deskripsi produk dan akhirnya kecewa terhadap pelayanan toko Anda. Karena alasan inilah, diperlukan keterampilan menulis yang mumpuni untuk membuat deskripsi produk. Jika perlu, mintalah bantuan dari penulis berpengalaman, seperti Kontenesia—jasa penulis artikel profesional yang menyediakan Jasa Deskripsi Produk.

Selain foto dan deskripsi produk, Anda juga perlu memasukkan informasi tambahan, seperti jumlah stok tersedia. Hal ini sangat penting, karena pembeli butuh informasi secara detail terkait barang yang akan dibeli.

Tunggu Pesanan dari Pembeli

Tunggu Pesanan dari Pembeli - Cara Menjual Barang di Tokopedia
Tunggu Pesanan dari Pembeli – Cara Menjual Barang di Tokopedia – blogspot.com

 

Sekarang, Anda tinggal menunggu pesanan datang dari calon pembeli. Jika ada pesanan, Tokopedia akan mengirimimu email pemberitahuan. Anda juga sebaiknya harus sering mampir ke toko untuk melayani pertanyaan maupun keluhan. Bagaimanapun juga, respons cepat terhadap pembeli adalah salah satu cara menarik mereka untuk berbelanja.

Tokopedia memberi waktu tiga hari untuk merespons pesanan yang datang, Anda bisa menolak atau menerimanya. Jika menolak, maka Anda harus memberikan alasan yang jelas.

Segera Kirim Pesanan kepada Pembeli

Segera Kirim Pesanan kepada Pembeli - Cara Menjual Barang di Tokopedia
Segera Kirim Pesanan kepada Pembeli – Cara Menjual Barang di Tokopedia – blogspot.com

 

Setelah pembeli melakukan proses pembayaran, Anda harus secepatnya memproses pesanan tersebut. Jangan lupa masukkan nomor resi pengiriman untuk memudahkan pembeli melacak lokasi pesanan.

Terima Dana Hasil Penjuala

Terima Dana Hasil Penjuala - Cara Menjual Barang di Tokopedia
Terima Dana Hasil Penjuala – Cara Menjual Barang di Tokopedia – blogspot.com

 

Paket akan sampai dalam beberapa hari kemudian, tergantung lokasi dari masing-masing pembeli. Setelah sampai, pembeli diharuskan melakukan konfirmasi barang diterima. Secara otomatis dana akan langsung diteruskan ke akun Anda.

Nah, tapi bagaimana jika pelanggan lupa melakukan konfirmasi barang diterima. Jangan khawatir, apabila terjadi kasus seperti itu, secara otomatis dana hasil penjualan akan langsung diteruskan ke saldo Tokopedia Anda.

Nah, begitulah cara menjual barang di Tokopedia. Cukup sederhana, bukan? Yuk, segera buka toko di Tokopedia, dan dapatkan pelanggan pertama Anda!

 

Baca juga:

Belanja Tinggal Sentuh, Simak Cara Beli di Tokopedia via Smartphone Berikut ini!

4 Contoh Deskripsi Tokopedia Ini Bisa Membuat Produkmu Lebih Menarik