Posted on

Yuk Belajar Sukses Internet Marketing dari 5 Perusahaan Populer Ini

Internet Marketing

Pertumbuhan media sosial yang sangat pesat belakangan ini menjadikan internet marketing sebagai media promosi yang sangat efektif. Banyaknya iklan yang viral di media sosial membuat agen periklanan semakin kreatif menemukan konsep promosi yang bisa menarik perhatian calon konsumen.

Internet marketing sebenarnya sangat beragam. Mulai dari pembuatan video dan menayangkannya di akun-akun Youtube populer sampai beriklan lewat Google. Sayangnya tidak semua perusahaan punya dana ratusan juta untuk bisa beriklan. Dengan jasa iklan Facebook atau media sosial lain Anda bisa menemukan opsi beriklan yang murah, mudah dan efektif di internet.

Beberapa perusahaan berikut ini berhasil memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan brand awareness sekaligus penjualan di tahun 2018. Yuk belajar dari mereka!

1. Peel

Internet Marketing
Engadget.com

Industri pembuatan casing ponsel sangatlah kompetitif. Anda bisa pergi ke konter dekat rumah atau memesan lusinan casing lewat marketplace dengan harga murah. Lantas bagaimana caranya Peel bisa menarik perhatian calon konsumennya?

Peel menjual casing ponsel yang tipis dengan kelebihan produk yang fungsional namun tetap bergaya. Mereka lantas membuat video tentang apa beda produk mereka dengan produsen lain dan mempostingnya di Facebook. Promosi ini berhasil mendatangkan keuntungan hingga 16 kali lipat lebih besar dan ROI (Return of Investment) 3 kali lipat.

Kesuksesan itu bukan semata-mata karena Facebook Ads yang mereka gunakan. Peel juga menata Instagram feed-nya sedemikian rupa untuk menggambarkan estetika dari produk yang mereka jual.

Komunikasi dengan pelanggan melalui media sosial juga memegang peranan penting. Kebanyakan calon pembeli akan mencari produk dari kompetitor jika mereka merasa diabaikan di media sosial.

2. Wayfair

Internet Marketing
saleshandy.com

Salah satu contoh terbaik pemanfaatan promosi internet dengan fitur media sosial berhasil dilakukan oleh Wayfair. Wayfair merupakan perusahaan ritel yang menjual furniture dengan harga terjangkau dan mereka sukses menggunakan fitur baru Instagram untuk menarik pelanggan.

Selama bertahun-tahun, tantangan terbesar bagi para pengusaha ritel di Instagram adalah bagaimana membuat para pengikut melihat foto produk dan menggiring mereka melakukan pembelian di situs. Namun di tahun 2017 semua berubah dengan kemunculan shopping feature di Instagram.

Dengan fitur baru ini, produsen bisa membuat tag di produk tertentu yang diposting di Instagram sehingga pengikut bisa langsung diarahkan ke landing page untuk membelinya. Wayfair adalah contoh perusahaan yang berhasil memaksimalkan fitur ini.

Beberapa langkah yang bisa kita contoh dari Wayfair adalah bagaimana mereka tidak takut bereksperimen dengan layanan baru media sosial. Bagi perusahaan ritel, penting untuk bisa memberikan pengalaman berbelanja ringkas mulai dari sosial media hingga ke halaman check out saat berbelanja.

3. Wholesome Culture

Internet Marketing
sparkboutik.com

Sama seperti Peel, Wholesome Culture juga bergerak di industri yang sangat kompetitif: fashion. Dengan target pasar penggemar produk berbasis tanaman, perusahaan ini memiliki misi untuk menyebarkan kampanye pentingnya membuat pakaian tanpa kekerasan (seperti membunuh hewan untuk dijadikan pakaian).

Meski mereka bukan yang pertama menggunakan konsep ini, namun internet marketing yang mereka lakukan boleh Anda contoh. Dengan menggunakan akun Instagram, mereka membuat konten yang menarik terinspirasi dari meme yang sedang populer dan tren pop culture yang menarik. Postingan ini ternyata berhasil menarik banyak engangement di halaman mereka.

Perlu diingat bahwa alih-alih sekadar membuat postingan meme, Wholesome Culture berusaha menarik audiens dengan pesan animal friendly. Meme hanya sebagai sarana untuk menarik perhatian pengikut. Setelahnya rasa penasaran untuk mencari tahu lebih jauh mengenai brand mereka pasti akan muncul.

4. Casper

Internet Marketing
cointube.net

Keinginan orang-orang untuk tidur sehat memunculkan banyak produsen matras baru. Setiap harinya, brand baru terus lahir dan Casper hanyalah salah satu di antaranya. Lantas, bagaimana mereka memanfaatkan sosial media untuk tampil menonjol di antara para pesaingnya? Casper berusaha menggunakan humor yang pasti disukai oleh semua orang.

Menciptakan humor terutama bagi perusahaan di media sosial adalah tantangan yang berat. Faktanya hanya sekitar 36% dari konsumen yang tertarik membeli produk hanya karena sebuah brand tampil humoris di akun media sosialnya.

Meski begitu, bukan berarti langkah yang dilakukan Casper gagal. Orang-orang memang tidak setiap hari membeli kasur baru, tapi karena konten yang menghibur, Casper selalu mendapatkan kunjungan ke akun Twitter-nya. Di antara sekian banyak kunjungan, pasti ada salah satu yang berakhir dengan pembelian produk, bukan?

5. Blenders Eyewear

Internet Marketing
tech-news.websawa.com

Perusahaan kaca mata ini merupakan salah satu contoh sukses bagaimana mengkombinasikan Facebook Ads dengan Instagram influencer marketing. Blenders Eyewear menggunakan beragam taktik mulai dari pria-pria biasa yang menjual kaca mata hingga tujuh orang populer untuk mempromosikan produk mereka.

Blenders Eyewear banyak memposting foto-foto bagus dari pelanggan dan menyertakannya dalam Facebook Ads yang mereka pasang. Mereka juga berhasil membangun hubungan baik dengan komunitas lewat penggunaan hashtag di Instagram. Perpaduan ini menjadi kunci bagi brand ini untuk meningkatkan penjualan.

Perbedaan Digital Marketing dan Internet Marketing

Internet Marketing
widigix.com

Karena mirip, banyak orang yang menganggap bahwa digital marketing dengan internet marketing adalah dua hal yang sama. Jawabannya bisa ya dan bisa tidak. Jika kita melihat dari pengertiannya, digital marketing memiliki makna yang lebih luas. Bukan sekadar pemasaran dari internet, pemasaran digital juga mencakup platform non-online lain seperti televisi dan radio.

Marketing lewat internet punya pengertian yang sedikit lebih sempit yakni promosi yang dilakukan melalui internet. Beberapa platform yang digunakan untuk promosi jenis ini antara lain mencakup content marketing, search engine marketing, email marketing, website, mobile marketing, banner advertising hingga social media marketing.

Pemasaran lewat sosial media memang semakin meluas penggunaannya dalam beberapa tahun terakhir. Mulai dari sekadar membuat akun gratis untuk memperkenalkan bisnis hingga menggunakan jasa iklan Facebook berbayar dilakukan oleh banyak perusahaan.

Efektivitas penggunaan media sosial dalam internet marketing sudah dibuktikan oleh banyak orang. Apa yang dilakukan oleh kelima perusahaan di atas bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk mengembangkan bisnis secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.