Posted on Leave a comment

Langkah Mudah Menjangkau Target Audiens yang Lebih Luas Untuk Kemajuan Bisnis

Target Audiens

Menjangkau target audiens yang lebih luas akan memberikan banyak manfaat bagi bisnis. Salah satunya adalah peningkatan penjualan yang berdampak pada besaran keuntungan bisnis. Jangkauan target audiens yang makin luas juga menjadi bukti keberhasilan strategi pemasaran bisnis. 

Kendati demikian, tak mudah untuk menetapkan target audiens. Pasalnya, dibutuhkan upaya besar dan waktu yang relatif panjang untuk melakukan riset pasar, analisis, hingga strategi yang akan digunakan. 

Untuk memudahkan proses tersebut, pastikan kamu telah memahami apa itu target audiens, apa manfaatnya bagi bisnis, dan bagaimana cara menjangkaunya. Jika belum, kamu bisa simak penjelasan melalui artikel berikut ini.

Apa Itu Target Audiens? 

Target Audiens

Target audiens merupakan sekelompok orang yang dijadikan sebagai sasaran utama untuk pemasaran produk atau layanan yang ditawarkan oleh suatu bisnis. Target audiens bisa disebut sebagai individu atau kelompok dengan peluang ketertarikan besar dan dinilai paling cocok untuk produk atau layanan yang ditawarkan.

Lantaran memiliki ketertarikan besar, hal ini memungkinkan target audiens tersebut berubah dari calon pelanggan menjadi pelanggan tetap yang potensial. Ketertarikan target audiens terhadap produk atau layanan sangat bervariasi, mulai dari kebutuhan, sesuai bujet, hingga preferensi tertentu.

Menentukan target audiens menjadi hal pertama yang harus kamu lakukan dalam proses pembuatan rencana pemasaran bisnis. Target audiens menjadi panduan dan bahan pertimbangan sebelum memutuskan strategi pemasaran melalui konten iklan, video, hingga platform yang biasa digunakan oleh calon pelanggan.

Target audiens sendiri memiliki jangkauan yang luas dan beragam. Hal inilah yang membuat penyampaian pesan lebih efektif dan terasa lebih personal. Target audiens umumnya didasarkan pada sejumlah informasi berikut:

  • Informasi demografis: usia, gender, dan lokasi. 
  • Informasi psikografis: aspirasi, perhatian, minat, kebutuhan, dan gaya hidup. 
  • Informasi perilaku: kemungkinan target melakukan pembelian. 

Hal penting yang perlu kamu pahami adalah target audiens B2C (produk bisnis ke konsumen) berbeda dengan B2B (produk bisnis ke bisnis). Dalam B2C, pemasaran produk ditujukan pada seseorang dengan usia atau golongan pendapatan tertentu. 

Sementara dalam B2B, produk atau layanan ditawarkan pada manajer pembelian, CEO, atau pebisnis skala kecil. Singkatnya, pendekatan pemasaran B2C dan B2B memiliki kesamaan, tetapi kebutuhan keduanya jelas sangat berbeda.

Mengingat target audiens merupakan fondasi dari strategi pemasaran efektif, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui siapa saja yang cocok dijadikan sasaran bisnis. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah dalam menciptakan produk atau layanan dan merancang strategi kampanye pemasaran yang relevan.

Mengetahui target audiens tak hanya memperbesar peluang produk atau layanan sesuai yang dibutuhkan konsumen, tetapi juga dapat meningkatkan peluang untuk menjangkau dan mempertahankan pelanggan setia.

Manfaat Menjangkau Target Audiens Untuk Bisnis 

Target Audiens

Lantas, apa saja sebenarnya manfaat menjangkau target audiens untuk bisnis? 

  • Efisiensi Anggaran

Fokus pada target audiens memungkinkan kamu memangkas pengeluaran dan mengalokasikan biaya tersebut untuk keperluan lain.

  • Menghemat Waktu 

Mengetahui target audiens yang paling cocok dan tertarik dengan produk atau layananmu efektif menghemat waktu dan sumber daya pemasaran. Hal ini memungkinkan kamu untuk fokus pada strategi pemasaran efektif dengan hasil yang lebih optimal.

  • Meningkatkan Kesadaran Merek 

Target audiens yang luas dan relevan juga berguna untuk meningkatkan kesadaran merek, utamanya di kalangan calon pelanggan potensial. 

  • Memperbesar Peluang Pembelian

Makin luas jangkauan target audiens, makin besar peluang pembelian produk atau layanan. Tentunya hal ini berdampak positif pada pertumbuhan bisnis.

  • Makin Banyak Keuntungan yang Didapat

Asalkan kamu bisa menjangkau target audiens yang lebih luas dan tepat sasaran, kamu bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan. Bukan mustahil jika omzet bulanan akan meningkat pesat.

  • Peningkatan Loyalitas Pelanggan

Jangkauan audiens yang lebih luas juga efektif meningkatkan loyalitas pelanggan. Hal ini tak lepas dari produk atau layanan yang dinilai relevan dengan kebutuhan target audiens. Alhasil, pelanggan merasa puas dan secara tidak langsung akan lebih loyal terhadap bisnismu. 

  • Lebih Memahami Kebutuhan Pelanggan

Menjangkau target audiens dan berinteraksi langsung akan membuat wawasan kamu lebih luas sehingga mudah memahami kebutuhan pelanggan. Kamu juga bisa mengetahui tren terkini dan memanfaatkan hal tersebut untuk memberikan produk atau layanan terbaik pada pelanggan. 

  • Mendorong Inovasi Produk atau Layanan

Lantaran berhasil menjangkau lebih banyak target audiens, kamu akan termotivasi untuk melakukan pengembangan dan inovasi produk atau layanan sesuai kebutuhan dan tren pasar. Dengan begitu, bisnis akan lebih berkembang dan mampu bersaing dengan kompetitor. 

  • Membangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Menjangkau dan menetapkan target audiens juga berguna untuk membantu kamu membangun hubungan baik dengan pelanggan. Kamu bisa menjangkau pelanggan melalui email pemasaran, konten informatif, maupun interaksi di media sosial. Cara ini akan menciptakan ikatan yang kuat antara merek dengan pelanggan.

  • Mendorong Persaingan Sehat

Jangkauan target audiens yang lebih luas memungkinkan kamu untuk berkompetisi secara sehat dengan pesaing lainnya. Tak perlu khawatir, pelanggan akan loyal terhadap merek bisnismu selama kamu mampu memenuhi kebutuhannya dan tetap mempertahankan kualitas.

Strategi Menjangkau Target Audiens yang Lebih Luas

Setelah mengetahui manfaat menjangkau lebih banyak audiens bagi bisnis, berikut strategi yang bisa kamu terapkan untuk memulainya:

  • Segmentasi Target Audiens

Lakukan identifikasi dan segmentasikan audiens berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, minat, gaya hidup, dan perilaku pelanggan. Untuk memudahkan proses ini, kamu bisa menggunakan alat analisis data, seperti Google Analytics.

  • Manfaatkan Iklan Berbayar

Salah satu strategi untuk menjangkau target audiens adalah dengan memanfaatkan iklan berbayar, seperti Google Ads. Layanan iklan ini dilengkapi berbagai fitur yang bisa membantu kamu menargetkan pelanggan berdasarkan informasi demografis, psikografis, dan jenis perangkat yang digunakan. Dengan layanan tersebut, kamu bisa menjangkau pelanggan potensial.

  • Perluas Lokasi Target Audiens

Pertimbangkan untuk memperluas lokasi target audiens melalui iklan di media sosial atau iklan berbayar. Memperluas lokasi memperbesar jangkauan target audiens bisnismu.

  • Jalin Kerja Sama Dengan Influencer

Sebagaimana kamu tahu, influencer banyak dilirik oleh pebisnis lantaran memiliki pengikut yang beragam. Hal tersebut dinilai mampu memberikan dampak positif bagi pertumbuhan bisnis.

Jika kamu ingin menjangkau lebih banyak pelanggan potensial dengan cakupan lebih luas serta mendorong kesadaran merek, kamu bisa bekerja sama dengan influencer di berbagai platform.

  • Buat Konten 

Buatlah berbagai jenis konten, mulai dari artikel blog, infografis, video, hingga podcast, untuk memperluas jangkauan target audiens. Gunakan teknik SEO agar situs web berada di halaman utama mesin pencari. Makin bagus peringkat, makin besar peluang pelanggan mengetahui bisnismu. Manfaatkan juga media sosial untuk menjangkau berbagai kelompok audiens.

  • Gelar Event

Menggelar event offline maupun online juga efektif memperkenalkan merek bisnismu dan memperluas target audiens. 

Dari penjelasan di atas, kamu akan memahami bahwa memperluas jangkauan target audiens memberikan banyak manfaat bagi perkembangan bisnis. Mulai dari efisiensi pengeluaran, loyalitas pelanggan, peningkatan penjualan, hingga keunggulan kompetitif. 

Salah satu cara tercepat untuk menjangkau target audiens yang lebih luas adalah dengan membuat konten berkualitas. Kamu bisa menggunakan layanan pembuatan konten atau jasa media placement berkualitas dari Kontenesia. Tunggu apa lagi? Yuk, klik di sini ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.