Posted on

Trik Cerdas Agar Website Nangkring di Halaman Pertama Google

macbook pro di atas meja kayu dengan smartphone di sampingnya

Menurut sebuah survei, sekitar 75% pengguna internet hanya memperhatikan halaman pertama pada hasil pencarian Google. Ini artinya, website yang muncul di halaman pertama memiliki angka kunjungan tinggi dan terkenal. Semakin banyak pengunjung, tentu saja keuntungan yang didapat akan semakin besar pula.

Jadi jangan heran jika beberapa tahun belakangan teknik SEO (search engine optimization) kerap digunakan untuk mendongkrak popularitas sebuah website. SEO sendiri merupakan rangkaian proses sistematis untuk meningkatkan jumlah dan kualitas trafic kunjungan di sebuah website dengan memanfaatkan algoritma tertentu.

Berikut merupakan beberapa trik yang bisa dilakukan agar teknik SEO bisa memberikan hasil maksimal dan website dapat muncul di halaman pertama Google, yaitu:

1. Optimalisasi Kecepatan Website

Kecepatan website dapat di ukur dengan Gtmetrix

Salah satu faktor sebuah situs dapat muncul di halaman pertama mesin pencari adalah kecepatan loading situs tersebut. Untuk mengoptimalisasi kecepatan website, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, di antaranya:

  • Pastikan ukuran file penunjang seperti HTML dan Java Script tidak memperlambat loading
  • Compress ukuran file gambar pada website. Apabila mengalami kesulitan, manfaatkan tools online yang banyak beredar
  • Lakukan cek kecepatan website berkala sehingga ketika loading-nya dianggap terlalu lama, masalahnya bisa segera diatasi agar pengunjung situs merasa nyaman

2. Buatlah Situs yang Mobile-Friendly

tampilan website tokopress dengan mobile friendly

Saat ini hampir semua orang memanfaatkan smartphone untuk berselancar di internet, bahkan sebuah survei menyebutkan sekitar 51% traffic website di dunia berasal dari gadget tersebut. Ini berarti sebuah website harus menyiapkan tampilan dan kecepatan yang sesuai bagi para pengguna smartphone.

Sebab apabila sebuah website cukup mobile friendly dan mudah loading, Google secara otomatis akan menaikkan peringkatnya sehingga bukan tidak mungkin, website akan muncul di halaman pertama Google. Untuk membuat situs yang mobile friendly ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan memanfaatkan fitur CMS untuk website berbasis WordPress.

3. Membuat Sitemap

cara membuat website sitemap

Bagi yang masih asing, sitemap merupakan sebuah file berisi daftar semua halaman pada situs. Selain itu, sitemap juga memuat informasi lain seperti kapan terakhir kali sebuah halaman direvisi, berapa jumlah revisi yang pernah dilakukan, dan jenis konten yang ada di dalamnya.

Setidaknya ada dua jenis sitemap, yaitu HTML dan XML. Untuk optimasi di mesin pencarian Google, sitemap XML wajib kita miliki. Keberadaan sitemap akan membuat situs terdeteksi dan muncul di mesin pencari Google. Sedangkan sitemap HTML dapat meningkatkan kualitas user experience.

Artinya, pengunjung bisa dengan mudah mengakses halaman-halaman yang sukar ditemukan melalui Google dengan mudah. Jadi secara tidak langsung, sitemap juga berpengaruh pada SEO sebuah website.

4. Memasang SSL Certificate

website menggunakan ssl ceritificate

SSL merupakan komponen yang dibutuhkan untuk mengenkripsi perpindahan data dalam suatu website. Nah, sejak tahun 2014 Google menetapkan ada tidaknya SSL certificate sebagai salah satu indikator naik turunnya peringkat sebuah website. Jadi apabila ingin website bertennger di halaman pertama, komponen ini wajib kita miliki.

Selain dapat meningkatkan peringkat, SSL certificate ternyata juga memiliki dampak positif pada keamanan. Hal ini tentu saja penting mengingat banyak browser yang memiliki pendeteksi dan akan memberikan tanda “tidak aman” pada website tanpa SSL certificate.

5. Mengintegrasikan Website dengan Google Analytic

Google analytics adalah tools untuk mengetahui semua sumber trafik

Fungsi utama Google Analytic adalah untuk memfasilitasi oemilik website saat mengamati traffic. Melalui tool ini, kita dapat mengetahui asal-usul, demografi, aktivitas, hingga waktu rata-rata yang dibutuhkan pengunjung ketika mengunjungi website kita.

Secara tidak langsung, hal ini memang tidak berpengaruh pada peringkat di Google. Tapi tool ini dapat digunakan untuk mengevaluasi konten dan menguji user experince website, menarik bukan? Apalagi tool ini bisa didapatkan secara gratis. Jadi jangan ragu untuk mengintegrasikan website dengan Google Analytic untuk memperoleh kesempatan muncul di halaman pertama mesin pencari Google.

6. Gunakan Keyword Jitu Pada Konten

Pencarian keyword organic di tools seo ahref

Kata kunci atau keyword merupakan salah satu alasan mengapa sebuah website ada di halaman pertama mesin pencari Google. Inilah mengapa saat membuat sebuah konten, gunakan kata kunci yang jitu, tepat, dan paling banyak dicari agar kesempatan untuk bertengger di halaman pertama semakin besar.

Untuk memperoleh kata kunci yang sesuai, lakukan riset. Riset diperlukan agar kita tahu seberapa efektif keyword dan apakah konten yang dibuat sesuai dengan kata kunci tersebut. Apabila sudah menemukan kata kunci yang tepat, sisipkan keyword di beberapa bagian artikel.

Idealnya, dalam satu artikel atau konten terdapat 3-4 keyword yang tersebar di judul, meta deskripsi, bagian awal artikel, isi, dan penutup. Pastikan jumlah keyword sesuai dengan banyaknya kata pada konten. Jangan terlalu sedikit jangan pula berlebihan.

Semakin banyak keyword, semakin kecil pula kesempatan untuk berada di halaman pertama. Karena Google akan membaca artikel pada website sebagai spam, dan menurunkan reputasinya.

7. Membuat Konten yang Berkualitas

Analisa konten dengan Yoast worpress seo plugin

Agar website memiliki peringkat dan reputasi baik di mesin pencari Google, buatlah konten yang berkualitas. Selain dari isi, konten yang berkualitas tergantung dari beberapa faktor lainnya (cek gambar analisa Yoast WordPress SEO plugin), yaitu:

  • Ada sisipan kata kunci pada URL dan judul konten
  • Mendapat backlink dari banyak website
  • Memiliki meta description
  • Intensitas dan densitas kata kunci pada konten tepat dan sesuai
  • Menggunakan internal link
  • Memiliki inbound link

Apabila semua faktor di atas terpenuhi, Google akan meningkatkan reputasi website dan kesempatan untuk tampil di halaman pertama pun lebih besar.

Nah, itulah beberapa trik yang bisa kita manfaatkan agar website tampil di halaman pertama Google. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.