Posted on

5 Tips Investasi Saham yang Perlu Diketahui oleh Pemula

Tujuan orang mulai investasi saham adalah untuk mendapatkan keuntungan dari saham yang dibeli. Beberapa orang berpendapat hasil dari investasi ini cukup menguntungkan sehingga mulai banyak yang tertarik dengan saham. Ditambah lagi, makin banyak content creator yang membahas tentang investasi dan saham di sosial media.

Namun, investasi juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan gegabah. Sudah banyak orang yang mengalami kerugian karena tidak mempelajari cara investasi saham dengan benar. Oleh karena itu, bagi yang penasaran dengan saham, ikuti beberapa tips di bawah ini sebelum mulai berinvestasi:

1. Jadikan Investasi Jangka Panjang

Salah satu kesalahan yang sering dialami pemula adalah ingin mendapatkan keuntungan secepatnya. Padahal, salah satu tips untuk membeli saham ini adalah dengan menjadikan saham sebagai investasi jangka panjang.

Bahkan, salah satu investor saham sukses di Indonesia, Lo Kheng Hong, berpendapat kunci dari investasi saham ini adalah bersabar. Pasalnya, harga saham ini cepat mengalami penurunan dan juga kenaikan. Banyak pemula yang langsung menjual saham saat harganya turun.

Hal ini tentu berbeda dengan trading saham yang merupakan kegiatan jual beli saham dalam jangka pendek. Pemula sebaiknya jangan tergesa-gesa saat berinvestasi. Karena dengan menjadikan saham sebagai investasi jangka panjang, Anda tidak perlu khawatir jika ada penurunan harga. Pasalnya, suatu saat harga saham bisa kembali naik dan dijual saat harga sudah kembali normal.

2. Pilih Platform Investasi Tepercaya

investasi

Cara membeli saham bisa menggunakan perantara dari platform jual beli saham. Makin banyak perusahaan terus mengembangkan platform untuk berinvestasi sehingga kegiatan investasi jadi makin mudah. Namun, Anda harus berhati-hati saat memilih platform investasi karena ada banyak platform investasi yang palsu.

Pastikan untuk mencari platform investasi yang terpercaya dan sudah terdaftar di OJK. Oleh karena itu, sebelum memilih platform investasi, cari tahu dulu testimoni dari platform tersebut. Anda bisa mencari di YouTube atau media sosial lainnya karena ada banyak content creator yang sering membagikan pengalaman investasi.

3. Pilih Saham Blue Chip

investasi

Tips selanjutnya adalah membeli saham blue chip. Investor pemula pasti sedikit asing dengan kata blue chip ini. Saham blue chip adalah saham yang berasal dari perusahaan besar yang keuangannya relatif stabil. Dengan begitu, kegiatan investasi jadi lebih aman dengan membeli saham blue chip.

Meskipun masih ada kemungkinan harga saham bisa turun kapan saja, harga saham blue chip akan kembali normal dengan cepat. Dengan begitu, tidak ada kerugian besar yang diterima oleh pemilik saham. Beberapa saham blue chip yang bisa dibeli di Indonesia adalah Unilever, Telkom, PGAS, dan lainnya.

4. Perhatikan Laporan Keuangan Perusahaan Saham

Hal lain yang perlu diperhatikan saat membeli saham adalah laporan keuangannya. Mungkin Anda yang kurang paham dengan aturan keuangan perusahaan akan merasa sedikit kebingungan. Hal ini perlu dilakukan karena dengan mengetahui laporan keuangan perusahaan, Anda jadi bisa mengetahui apakah saham dari perusahaan tersebut layak untuk dibeli.

Anda bisa melihat apakah pendapatan dari perusahaan itu lancar, berapa besaran keuntungannya, berapa hasil penjualannya, dan berapa utang perusahaan. Dari data keuangan tersebut, Anda bisa mengetahui jika laporan keuangannya minus, maka keadaan perusahaan itu sedang tidak baik. Jadi, usahakan untuk menghindari perusahaan seperti ini.

5. Perbanyak Ilmu Investasi Saham dan Perekonomian

investasi

Hal ini cukup berperan penting bagi pemula yang baru memasuki dunia saham karena banyak ilmu tentang saham yang asing dan jarang diketahui. Apa saja yang perlu dipelajari? Pelajarilah cara membaca grafik saham, dividen, trading, cut loss, capital gain, dan jenis-jenis saham.

Selain itu, selalu ikuti berita dan informasi tentang perekonomian. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui keadaan ekonomi yang tentunya akan mempengaruhi harga saham suatu perusahaan. Jika ekonomi sedang baik, kemungkinan harga saham juga akan naik. Namun, jika ekonomi sedang buruk, kemungkinan harga saham juga akan turun.

Itulah lima tips investasi saham yang perlu diketahui oleh pemula sebelum mencoba membeli saham. Yang pasti jangan terlalu gegabah saat membeli saham; pastikan untuk mencari tahu dulu informasi tentang perusahaan tersebut.

Bagi platform investasi yang membutuhkan jasa pembuatan artikel, Kontenesia juga menyediakan jasa pembuatan artikel tentang investasi lainnya.

Sumber referensi:

https://www.qoala.app/id/blog/keuangan/investasi/belajar-saham-untuk-pemula/

https://market.bisnis.com/read/20210727/189/1422423/tips-investasi-saham-untuk-pemula-cocoknya-beli-berapa-saham

https://finansial.bisnis.com/read/20210527/55/1398436/investor-pemula-wajib-tahu-5-tips-investasi-saham-yang-cepat-cuan

https://koinworks.com/blog/pengalokasian-dana-saham-ala-warren-buffett/ https://www.mncsekuritas.id/pages/3-tips-investasi-saham-untuk-pemula

https://investasi.kontan.co.id/news/investor-pemula-wajib-tahu-ini-tips-investasi-saham-ala-lo-kheng-hong

https://www.cnbcindonesia.com/investment/20210128120000-21-219369/main-saham-baiknya-jadi-investor-atau-trader-harian

https://investor.id/investory/277328/belajar-investasi-saham-dari-nol-sampai-jago-begini-caranya

https://money.kompas.com/read/2021/12/11/193416026/tips-memulai-investasi-saham-yang-benar?page=all

https://www.qoala.app/id/blog/keuangan/investasi/cara-investasi-saham/

https://www.qoala.app/id/blog/keuangan/investasi/cara-investasi-saham/

https://rhbtradesmart.co.id/article/8-tips-belajar-saham-pemula/

https://www.most.co.id/tips-investasi/investasi-saham-bagi-pemula-dengan-saham-blue-chip

https://ajaib.co.id/apa-manfaat-memiliki-saham-blue-chip/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.