Posted on Leave a comment

Peran Krusial Penulis SEO untuk Startup, Bukan Sekadar Menulis!

Penulis SEO untuk Startup

Kendati tech winter sempat mengguncang cukup hebat beberapa waktu lalu, nyatanya industri satu ini masih tetap bertahan. Startup baru pun masih bermunculan termasuk di Indonesia sendiri. 

Jika kamu juga pelaku startup, maka ada banyak PR yang harus kamu lakukan untuk menjaga keberlangsungsan bisnis. Salah satunya adalah menemukan dan bekerja sama dengan penulis artikel SEO untuk startup yang tepat.

Tingginya Kebutuhan Startup Terhadap SEO 

Penulis SEO untuk Startup

Startup Ranking, perusahan statistik asal Peru, mengeluarkan data mengenai jumlah startup di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). Per awal 2024, Indonesia tercatat sebagai negara di ASEAN yang menduduki peringkat pertama dengan jumlah startup mencapai 2.562.

Selisihnya pun cukup jauh dengan Singapura yang berada di posisi kedua. Negara dengan ikon Patung Merlion tersebut memiliki 1.179 startup, diikuti Filipina, Malaysia, dan Thailand yang jumlahnya masing-masing hanya berada di angka ratusan.

Angka yang tinggi ini pun berdampak pada ketatnya persaingan. Di samping tiap startup harus memiliki brand positioning, brand values, hingga USP yang baru dan berbeda, strategi marketing yang dilakukan pun harus kuat dan terarah.

SEO menjadi salah satu strategi wajib bagi setiap startup di masa kini terutama untuk mendukung akselerasi brand awareness dan visibility di mata konsumen. Tanpa adanya SEO, sulit startup akan cepat dikenal oleh publik.

Mengapa demikian?

  • SEO adalah tool yang sangat ampuh

Mesin pencari, terutama Google, masih jadi andalan bagi masyarakat pengguna internet untuk mendapat berbagai macam informasi sehari-hari. Menunjukkan eksistensi bisnis dalam direktori mesin pencari pun menjadi touch point yang efektif untuk meningkatkan awareness dan visibility.

Dalam rangka menunjukkan eksistensi di mesin pencari inilah kamu akan membutuhkan strategi SEO. Menggunakan bantuan penulis SEO untuk startup dan teknik pendukung lainnya, kamu telah beberapa langkah lebih maju dibandingkan startup lainnya.

  • SEO mengumpulkan data consumer behavioural yang bernilai

Consumer behavioural alias perilaku konsumen adalah informasi penting yang menunjukkan pola hingga ketertarikan konsumen atas sesuatu. Hal ini menjadi sangat berharga karena akan membantumu menentukan strategi yang tepat untuk melakukan campaign atau rencana pemasaran lainnya.

Seperti contoh, SEO dapat membantumu mengetahui konten seperti apa yang diminati, seberapa lama durasi yang disukai konsumen untuk mencerna sebuah konten, dan masih banyak lainnya.

  • SEO merupakan investasi jangka panjang

Membangun dan menghasilkan SEO yang baik memerlukan waktu yang tidak sebentar. Kamu harus melakukanya secara kontinyu dan disiplin untuk mencapai hasil yang diharapkan.

Karena itu, kamu perlu melakukannya sedini mungkin. Makin lama menunda strategi SEO, makin besar probabilitas kompetitor akan lebih jauh mengungguli bisnis dan bahkan mendominasi target pasarmu.

Fungsi Penulis SEO untuk Startup 

Penulis SEO untuk Startup

Startup dituntut untuk segera menghasilkan value dan growth yang signifikan dalam waktu singkat. Di sisi lain, jumlah sumber daya yang dimiliki biasanya masih relatif terbatas dan fokus pada bidang-bidang yang lebih strategis.

Artikel SEO sendiri merupakan urusan teknis yang krusial, tetapi cukup banyak menyita waktu dan energi. Pasalnya membuat sebuah tulisan yang sesuai standar SEO tidaklah semudah yang terlihat. Tak cuma pilihan sudut pandang yang apik, tetapi kemampuan untuk melakukan riset dan yang lainnya juga harus dikuasai oleh penulis SEO.

Oleh sebab itu, kehadiran penulis SEO akan membantumu menjalankan rencana SEO dengan lebih efektif dan efisien baik dari segi waktu, tenaga, dan biaya. Kamu dapat fokus menjalankan fungsi-fungsi yang lebih strategis untuk mengembangkan bisnis tanpa harus mengorbankan kepentingan SEO yang berkualitas. 

Karakter dan Keterampilan Penting Penulis SEO 

Penulis SEO untuk Startup

Seperti yang disebutkan sebelumnya, seorang penulis SEO bukan sekadar seseorang yang bertanggung jawab membuat dan menyelesaikan sebuah artikel saja. Ditambah lagi, kini mesin pencari terutama Google makin jeli untuk menyaring artikel-artikel yang berkualitas dan memenuhi standar SEO yang baik.

Oleh sebab itu, seorang penulis SEO juga perlu menguasai beberapa hal penting lainnya seperti berikut ini.

  • Riset 

Google sangat memperhatikan mutu dari sebuah tulisan. Apabila sebuah situs memiliki banyak artikel sekalipun, tetapi kualitasnya buruk, maka sulit situs tersebut akan berada di peringkat atas hasil pencarian.

Karena itu, penulis SEO harus mempunyai kemampuan dan kemauan riset yang sangat baik. Riset ini mencakup banyak hal, mulai dari riset keyword yang relevan untuk menunjang sisi teknis tulisan SEO hingga pembahasan mengenai topik yang sedang diangkat dalam artikel.

Makin banyak informasi dengan bahasa yang mudah dipahami sesuai target audiens, makin apik penilaian atas artikel tersebut. 

  • Memahami Konteks 

Sebagai pengguna internet yang pasti pernah mencari informasi di Google, kamu tentu pernah menemukan jenis artikel yang tidak menjawab pertanyaanmu, bukan? Entah dari topik pembahasan yang kurang tepat sasaran, pembahasan yang terkesan ngalor ngidul, bahkan yang ternyata hanya sekadar clickbait.

Pasalnya memang tidak sedikit penulis yang sebetulnya tidak benar-benar memahami konteks  yang dibahas. Hal ini berkaitan dengan kemampuan riset dan menelaah informasi yang disampaikan. 

Tak cuma itu, ada pula beberapa penulis yang kurang cakap dalam menyampaikan maksudnya sehingga audiens pun tidak mendapatkan poin penting dari apa yang coba disampaikan penulis.

  • Mengetahui Hal-Hal Teknis SEO 

Seorang penulis artikel SEO untuk startup dan praktisi SEO adalah dua profesi yang berbeda. Penulis artikel SEO, seperti namanya, secara umum bertanggung jawab untuk menghasilkan sebuah artikel yang memenuhi standar SEO. Sementara itu, praktisi SEO punya tanggung jawab lebih luas, seperti taktik menaikkan trafik, mengendalikan optimalisasi web, dan lain-lain.

Meski begitu seorang penulis SEO perlu tahu hal-hal yang berkaitan dengan kepenulisan artikel SEO. Seperti contoh, seorang penulis SEO perlu tahu bagaimana cara riset dan mengimplementasikan keyword yang sesuai, menemukan link yang tepat untuk mendukung backlink, dan masih banyak lagi.

  • Menulis 

Menulis memerlukan keahlian khusus. Salah satunya adalah kemampuan untuk menyajikan tulisan yang runut dan logis sehingga pembaca tidak harus berulang kali membaca untuk memahami maksud yang disampaikan.

Pemahaman terhadap kaidah penulisan juga penting dimiliki. Seperti contoh, untuk penulisan dalam bahasa Indonesia, seorang penulis SEO perlu berpedoman pada PUEBI dan KBBI. Tak ketinggalan, menulis dalam berbagai gaya penulisan juga harus dipunyai sehingga tulisan yang dihasilkan senada dengan tone of voice maupun personality brand.

  • Kreativitas 

Pada akhirnya, seorang penulis artikel SEO untuk startup wajib memiliki kreativitas. Implementasi sederhananya adalah saat memilih dan merangkai kata sehingga pembaca dapat tertarik dan gampang memahami maksudnya.

Selain itu, mencari sudut pandang yang berbeda juga membutuhkan kreativitas tersendiri. Seperti contoh, topik mengenai investasi adalah topik yang banyak dicari. Namun, jika sudut pandang topik yang disampaikan sama dengan artikel-artikel lainnya, maka tidak ada informasi baru yang bakal diperoleh oleh pembaca, bukan?

Karena itu, pastikan kamu memilih penulis artikel SEO untuk startup yang tepat untuk mendukung rencana strategis bisnismu. Tak perlu khawatir, Kontenesia sebagai agensi penulis artikel SEO berkualitas siap membantumu.

Bersama para penulis profesional baik untuk penulisan dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, Kontenesia menyediakan berbagai pilihan layanan. Tak cuma artikel, kami juga menyediakan keperluan tulisan untuk deskripsi produk hingga press release.

Hubungi kami untuk informasi selanjutnya bagaimana Kontenesia membantu bisnis startup kamu di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.