Posted on Leave a comment

Masihkah Jasa SEO Relevan untuk Perusahaan Besar?

Jasa SEO

Makin hari tantangan para pelaku bisnis terus makin banyak, tak terkecuali perusahaan besar yang bahkan sudah eksis selama puluhan tahun sekalipun. Teknologi digital menjadi disrupsi tersendiri yang harus segala dikelola dengan bijak agar tak justru menggerus profitabilitas dan eksistensi bisnis.

Layanan jasa penulis artikel SEO untuk perusahaan muncul sebagai salah satu solusi untuk membantu enterprise tetap memenangkan persaingan. Sayangnya, masih banyak pelaku bisnis skala besar yang masih beroperasional secara konvensional sehingga melewatkan kesempatan emas ini.

Tantangan dan Ancaman Era Digital 

Jasa SEO

Bisnis baru di berbagai industri terus bermunculan. Baik lokal maupun internasional, keduanya berasing cukup ketat di Indonesia. Guna mengejar ketertinggalan dengan brand-brand lain yang sudah lebih dulu eksis, mereka pun memanfaatkan berbagai strategi termasuk Search Engine Optimization (SEO).

SEO sendiri adalah sebuah strategi untuk meningkatkan visibilitas sebuah brand di mesin pencari. Seperti contoh, kamu mengetik “tiket pesawat Garuda Indonesia.” Maka biasanya, Google akan menampilkan situs maskapai Garuda Indonesia maupun online travel agent besar  pada peringkat teratas pencarian.

Nah, untuk berada di halaman pertama Google apalagi peringkat di atas itulah, kamu perlu menerapkan SEO yang baik dan berkelanjutan. Makin tinggi situsmu berada di hasil pencarian, makin besar orang akan melihat dan mengunjungi situs webmu. Pun sebaliknya, makin jauh dari halaman pertama, makin kecil orang akan mengetahui keberadaan web dan usahamu.

  • Pesaing yang Terus Mengintai

Pemahaman mengenai hal ini sudah cukup baik di kalangan bisnis baru. Namun sayangnya, masih banyak perusahaan besar yang mengabaikan pentingnya implementasi digital marketing terutama SEO.

Sebagai ilustrasi sederhana, coba bayangkan: jika kamu harus melakukan pemesanan tiket pesawat saat ini juga, maka apa yang akan kamu lakukan? Sebagian besar masyarakat Indonesia akan menjawab sebuah online travel agent yang bahkan aplikasinya sudah mereka miliki di ponsel, alih-alih membuka situs resmi maskapai penerbangan.

Padahal, online travel agent di Indonesia baru ada sekitar 12 tahun terakhir–bandingkan dengan maskapai dan bahkan travel agent konvensional yang sudah ada selama beberapa dekade. Para online travel agent tersebut sejak kemunculannya telah memanfaatkan betul aktivitas digital marketing–termasuk menjalankan prinsip SEO.

Kini, para online travel agent tersebut telah menjadi top of mind kebanyakan masyarakat. Hal ini juga sudah banyak dialami oleh perusahaan-perusahaan lainnya. Di industri kosmetik misalnya, produk-produk lokal yang bahkan baru berusia di bawah 5 tahun pun berhasil mengakuisisi pangsa pasar cukup besar dengan memanfaatkan digital marketing dan SEO.

Ruang Lingkup & Peran Penulis SEO untuk Perusahaan Besar 

Jasa SEO

Banyak yang masih belum dapat membedakan ruang lingkup praktisi SEO dan jasa penulis artikel SEO untuk perusahaan besar. Tak sedikit pula kesalahpahaman ini menimbulkan kinerja yang kurang efektif dan efisien.

Perlu diketahui bahwa SEO adalah bidang yang juga cukup luas. Seorang praktisi SEO atau yang juga biasa disebut SEO specialist mempunyai banyak tugas, seperti:

  • menyusun strategi SEO
  • membuat objective dan key result untuk kebutuhan pengawasan dan evaluasi
  • membuat rekomendasi teknis SEO kepada tim developer
  • dan lain-lain.

Sementara itu, seorang penulis SEO pada dasarnya adalah seseorang yang memiliki kemampuan menulis baik sekaligus memahami dan menerapkan kaidah-kaidah SEO di dalam tulisannya. 

Seorang SEO specialist pun boleh jadi juga merupakan seorang penulis SEO. Namun biasanya untuk keperluan sebuah brand, perusahaan akan mengkhususkan SEO specialist mengurusi hal-hal yang lebih strategis dan menyerahkan urusan penulisan artikel SEO kepada pihak lain.

Mengapa demikian? Sebab penulisan artikel SEO harus dilakukan secara kontinyu. Jika ingin menghasilkan perbaikan peringkat yang baik, maka setidaknya perlu ada konten artikel SEO baru setiap hari yang disajikan.

Padahal, tugas seorang SEO specialist sangatlah banyak sehingga kecil kemungkinan dapat menyelesaikan semuanya sendiri. Oleh sebab itu, menggunakan jasa penulis artikel SEO untuk perusahaan besar akan sangat membantu perusahaan untuk mempercepat perbaikan visibilitas sebelum terlampaui oleh pesaing baru yang tak pernah berhenti mengejar.

Estimasi Bujet untuk Jasa Penulis SEO 

Jasa SEO

Setiap penulis jasa artikel mempunyai harga yang ditawarkan sesuai layanan dan kualitas yang diberikan. Umumnya tiap penulis pun menawarkan artikel dalam bentuk paket.

Di Kontenesia sendiri, kamu bisa memilih jenis tulisan sesuai kebutuhan. Harga artikel bahasa Indonesia ditawarkan mulai sekitar Rp50-an ribu per artikel dengan jumlah kata per artikel minimal 300 kata. Setiap tulisan pun sudah melalui review oleh editor berikut kesempatan revisi mayor maupun minor.

Jika membutuhkan artikel SEO berbahasa Inggris pun, Kontenesia menyediakan layanannya dengan harga mulai Rp70-an ribu. Tulisan tersebut juga akan melalui review oleh tim editor dan kamu mendapat kesempatan pula untuk melakukan revisi baik mayor maupun minor.

Selain jasa penulis artikel SEO, Kontenesia juga menawarkan beberapa layanan penulisan lainnya, seperti press release, copywriting dan deskripsi produk, bahkan hingga data entry. Kolaborasi para penulis profesional berikut editor dan seluruh tim lainnya, Kontenesia bisa jadi pilihan paling tepat untuk membantumu mencapai target SEO yang diharapkan.

Tips Memilih Jasa Penulis SEO 

Jasa SEO

Ada banyak jasa penulis SEO yang bisa kamu temukan saat ini. Namun, pastikan kamu memilih pihak yang tepat untuk mengantisipasi kinerja yang tetap efektif dan efisien. Setidaknya, berikut tiga tips untuk memilih jasa penulis SEO yang bisa kamu terapkan.

  • Cek reputasi dan portofolio

Jangan pertaruhkan reputasi perusahaan besar dengan bekerja sama dengan vendor yang tidak profesional. Salah satu cara menghindarinya adalah dengan mengecek reputasi dan portofolio jasa penulis artikel SEO tersebut.

Kamu bisa mencari siapa saja klien yang sudah mereka layani dan melihat sendiri bagaimana artikel yang dihasilkan pada situs web klien atau platform lainnya. Perhatikan pula testimoni yang diberikan klien atas kinerja yang sudah dilakukan.

  • Jaminan yang diberikan

Hindari hanya memilih layanan berdasarkan harga yang diberikan. Gali lebih dalam jaminan apa saja yang mereka berikan, seperti ketentuan mengenai revisi, waktu pengerjaan, dan sebagainya.

Di samping itu, perhatikan pula bagaimana komunikasi yang akan berlangsung. Jangan sampai memilih vendor yang tiba-tiba akan hilang dan lepas tanggung jawab begitu saja di tengah pengerjaan proyek.

  • Maksimalkan konsultasi awal

Jasa penulisan artikel SEO semestinya menghadirkan layanan konsultasi awal untuk memastikan bahwa apa yang menjadi kebutuhan kamu dapat terpenuhi. Hal ini sebagai langkah win-win solution bagi kedua belah pihak.

Di sesi konsultasi awal ini pula, kamu bisa melihat apakah vendor tersebut cukup potensial sebagai pihak untuk berkolaborasi. Jika memang tidak menemukan kecocokan atau kenyamanan, tak perlu memaksakan dan segeralah mencari opsi lain.

Kebutuhan SEO tidak hanya terjadi untuk bisnis yang baru berkembang, tetapi juga untuk perusahaan besar agar tetap dapat terus bertahan dan bahkan memimpin pasar. Karena itu, mulailah untuk menyiapkan strategi yang tepat dengan memilih jasa penulis artikel SEO untuk perusahaan besar yang berpengalaman seperti Kontenesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.