Posted on

Cari Uang Tambahan Dengan Jadi Animator

animator

Jadi sering Work from Home (WFH) atau School from Home (SFH) gara-gara pandemi? Yuk, manfaatkan waktu luang di rumah untuk mencari cuan tambahan! Bagi Anda penikmat animasi dan suka menggambar, profesi animator tentunya bisa menjadi salah satu peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Namun, Anda belum tahu cara memanfaatkan skill animasi Anda? Jika demikian, mari simak ulasan berikut ini!

Apa Itu Animator?

Merasa punya bakat menggambar, tetapi masih kurang yakin melabeli diri sebagai animator profesional? Sebelum membahas soal animator lebih jauh, mari berkenalan terlebih dahulu dengan profesi tersebut. Sederhananya, profesi ini bisa diartikan sebagai orang yang membuat gambar. Kemudian, gambar-gambar yang sudah dibuat tersebut diolah sehingga tampak bergerak—yang lantas disebut sebagai animasi. Contoh animasi yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah film kartun dan iklan televisi.

Animasi berkualitas tinggi dengan ekspresi yang tepat akan dapat menyampaikan pesan dengan baik. Beberapa pekerjaan yang juga membutuhkan skill menggambar di antaranya adalah penulis script, pembuat story board, dan editor video.

Punya bakat? Ayo Tingkatkan Skill!

Masih bingung untuk memulainya? Nah, untuk mengasah minat dan bakat Anda dalam bidang animasi, coba lakukan beberapa hal berikut ini.

  • Belajar Lewat Software

Pertama, cobalah untuk memfasilitasi minat Anda yang besar terhadap animasi. Caranya? Anda bisa mengikuti serangkaian kursus animasi atau belajar otodidak melalui software yang berkaitan dengan bidang tersebut. Bisa diakses dari mana saja dan tidak berbayar alias gratis, Blender adalah perangkat lunak yang bisa Anda pakai untuk membuat animasi. Meskipun gratis, software tersebut punya fitur yang cukup lengkap dan mumpuni. Animator Blender bisa mendalami pembuatan gambar 3 dimensi tanpa harus membayar mahal. Tidak heran, jika program ini kemudian menjadi sangat populer di kalangan animator.

Kualitas gambar yang dihasilkan software tersebut pun tidak perlu diragukan lagi. Software Blender juga bisa diandalkan untuk mengerjakan modeling sculpt, video editing, sampai membuat game lho. Animasi yang dihasilkan juga tampak halus dan berkualitas. Karena bersifat open source,  Blender dapat digunakan bersama beberapa platform, seperti misalnya Microsoft Words dan Mac OS.

  • Bergabung di Komunitas

Untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang animasi, jangan ragu untuk bergabung dengan komunitasi animator. Dengan demikian, Anda pun bisa ngobrol dengan sesama animator dan berbagi wawasan dengan mereka. Ingat, jangan pernah malu mendaftarkan diri ke suatu komunitas hanya karena Anda merasa masih di tahap pemula. Selain itu, manfaatkan komunitas tersebut sebagai wadah untuk mempromosikan diri.

Bila Anda sudah mulai rutin menerima order dan jam terbang telah meningkat, jangan sungkan berbagi pengalaman dan ilmu pada orang lain, ya. Dengan demikian, ilmu-ilmu yang sudah Anda pelajari sejak awal tidak akan menguap begitu saja.

Promosikan Jasa Anda

animator

Ingin membuat usaha animasi Anda jadi lebih terarah dan terus berkembang? Buatlah promosi di sosial media agar jasa Anda semakin dikenal luas. Bermula dari sekadar status atau story di kalangan teman dekat, Anda tentunya bisa membuat akun bisnis khusus untuk usaha tersebut.

Untuk menampilkan kesan yang lebih profesional, Anda juga sangat dianjurkan untuk membuat website. Kemudian, kelola website usaha itu secara rutin dan atur tampilannya agar mampu menarik perhatian calon customer Anda. Namun, bila pekerjaan menggarap animasi sudah cukup menguras pikiran Anda— sehingga akhirnya kesulitan menulis artikel di web, jangan khawatir!

Anda bisa memanfaatkan layanan jasa artikel SEO dari Kontenesia. Dengan bantuan penulis berpengalaman dari Kontenesia, konten artikel di website Anda bakal dibuat menjadi lebih relevan dengan niche yang ditargetkan. Dengan demikian, peluang usaha Anda untuk tampil di halaman awal mesin pencari akan menjadi lebih besar. Sekarang, jangan ragu lagi untuk mencari uang tambahan dengan menjadi animator. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, kecintaan Anda pada animasi akan dapat diubah menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Untuk urusan konten artikel yang menarik dan ramah SEO, serahkan kepada Kontenesia saja, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.