Posted on

Bingung Membuat Caption Instagram Keren? Ikuti Tips yang Sedang Tren Berikut Ini!

i1.wp.com

Sebagai pengguna Instagram aktif, jenis konten apa yang sering Anda unggah? Apakah potret diri Anda yang terlihat fashionable, atau foto-foto produk bila Anda pemilik toko online, atau foto-foto bertema traveling? Apa pun kontennya, tidak akan keren maksimal tanpa adanya caption yang ciamik.

Anda pun perlu membuat caption Instagram keren yang akan membantu meningkatkan like, komentar, bahkan—tidak menutup kemungkinan—jumlah pengikut atau followers. Caranya tidak sesulit yang Anda kira, kok. Cukup ikuti saja tips menulis caption Instagram keren yang sedang tren dalam beberapa tahun ke belakang berikut ini!

Tulis Informasi yang Paling Penting Terlebih Dahulu

Seperti halnya sebuah artikel atau buku, kalimat awal dari caption Instagram Anda menentukan apakah orang akan membaca lanjutannya atau tidak. Instagram sendiri dioptimasi dengan mobile viewing experience. Artinya, audiens hanya bisa melihat 125 karakter pertama dari caption Anda di feed mereka. Untuk bisa melihat lanjutannya, mereka harus meng-klik ‘more’. Tapi, yakinkah Anda orang akan mengklik ‘more’ jika kalimat awal caption sama sekali tidak menarik dan to the point?

Ingat bahwa Anda sedang berkompetisi dengan pemilik akun lain yang juga diikuti oleh follower Anda. Ketika Anda tidak bisa menarik perhatian mereka dalam beberapa kalimat awal, Anda akan kehilangan kesempatan memperoleh engagement. Karena itu, pastikan kalimat awal dari caption Anda adalah bagian yang penting dan menarik dari keseluruhan isinya.

Berikan Identitas pada Caption Anda

Apapun tujuan dari akun Instagram Anda, pastikan Anda memberikan ‘nyawa’ di dalamnya. Caranya adalah dengan menggunakan identitas tertentu sebagai ciri khas. Dari identitas ini, pembaca akan menemukan sesuatu yang mereka anggap berbeda. Membuat caption Instagram keren yang memiliki identitas bisa dimulai dengan membuat niche.

Seperti halnya situs atau blog, miliki benang merah dari keseluruhan postingan Anda. Apakah Anda ingin membagikan pengalaman traveling Anda? Apakah Anda ingin menjual produk perawatan kecantikan untuk para wanita dewasa muda yang mandiri? Dengan menentukan jenis audiens apa yang Anda harapkan, Anda bisa membuat caption Instagram keren yang sesuai dengan target Anda.

Tambahkan Sedikit Humor yang Kekinian

Anda dapat menambahkan humor pada caption dengan cara menyelipkan teka-teki atau jokes tertentu. Hal tersebut akan membuat followers lebih lama membaca caption dan melihat foto yang Anda unggah. Namun, jangan sampai garing ya! Karena itu, Anda harus update istilah atau lelucon tertentu yang sedang hits, atau isu-isu terkini yang kerap diparodikan atau dijadikan meme.

Anda juga dapat menambahkan kutipan dari film yang sedang terkenal dan memelesetkan kata-katanya menjadi lucu sesuai dengan versi Anda. Contoh kasus, pada bulan Januari-Februari 2018, film “Dilan” beserta kutipan-kutipannya sedang viral. Anda pun bisa memelesetkan kutipan-kutipan tersebut sebagai bagian dari caption Instagram keren Anda.

Gunakan Emoji

Anda dapat menyisipkan emoji pada caption yang Anda buat agar tidak terkesan kaku. Apalagi, pengguna Instagram rata-rata merupakan anak muda, sehingga caption yang santai dibutuhkan untuk menarik perhatian mereka. Namun, gunakan emoji dengan bijak ya; cukup satu sampai tiga emoji yang menceminkan emosi Anda dalam caption tersebut. Mengekspresikan caption lewat emoji pun akan membuat Anda seolah berkomunikasi langsung dengan para followers.

Pemilihan Kata yang Tepat

Menggunakan kata-kata dengan baik dan sesuai dengan tata bahasa akan sangat memengaruhi reputasi Anda. Selain itu, pemilihan kata yang tepat dan cenderung ringan akan memudahkan orang memahami serta mengingat apa yang Anda sampaikan. Boleh saja menggunakan kata serapan atau slang. Namun, sebaiknya jangan terlalu banyak agar followers tidak jenuh membacanya dan buru-buru melewatkan postingan Anda.

Berceritalah!

Anda dapat bercerita mengenai foto yang Anda unggah melalui caption. Dengan menceritakan kisah yang relevan atau yang melatarbelakangi pengambilan foto yang Anda unggah, akan menarik perhatian dari pengguna Instagram lain. Anda juga dapat menceritakan segelintir kisah hidup Anda. Selain bisa membangun kedekatan personal dengan para followers, mereka akan tertarik berbincang lebih lanjut di kolom komentar. Pernah membuat caption seperti ini? Selamat! Berarti Anda telah membuat caption Instagram keren!

Bertanya

Selain bercerita, Anda juga dapat membuat caption dengan cara bertanya kepada pengguna Instagram. Ajukanlah sebuah pertanyaan yang menarik dan relevan dengan foto Anda. Berikan timbal balik dari jawaban mereka melalui kolom komentar atau pesan yang ada di dalam Instagram. Buatlah pertanyaan yang dapat menjadi bahan diskusi dan tidak hanya menyediakan jawaban “iya” atau “tidak”. Dengan pertanyaan ini, orang-orang akan merasakan komunikasi dan ikatan yang nyata dengan Anda.

Ada beberapa jenis pertanyaan yang bisa Anda tanyakan, namun ini tetap kembali pada jenis konten seperti apa yang Anda sajikan dalam akun Anda. Pertanyaan-pertanyaan itu antara lain:

  • Meminta feedback. Jika Anda menulis tentang perjalanan Anda, tanyakan kepada mereka lokasi mana lagi yang sebaiknya Anda datangi. Cara ini tidak hanya akan meningkatkan engagement tapi juga memberikan insight yang berharga untuk diri Anda secara pribadi
  • Minta audiens menuliskan kesamaan dengan Anda. Ceritakan pengalaman pribadi Anda dan tanyakan kepada followers Anda apakah mereka juga pernah mengalaminya. Ini tidak hanya akan meningkatkan engagement tapi juga akan membuat pengikut merasa lebih dekat dengan Anda
  • Buat pertanyaan dengan pilihan berganda. Jika pertanyaan dengan jawaban “iya” atau “tidak “terasa monoton untuk Anda, cobalah untuk memberikan pertanyaan berupa pilihan berganda. Pertanyaan semacam ini umumnya akan menarik orang untuk menulis komentar karena sangat mudah untuk direspon (cukup hanya dengan menulis angka 1, 2, 3 atau memilih salah satu dari opsi A, B atau C).

Pertimbangkan Struktur dari Caption Anda

Anda pasti sudah tahu bahwa untuk membaca teks yang berjumlah lebih dari 125 karakter, pengguna harus mengklik ‘more’. Ini sama sekali bukan alasan bagi Anda untuk menghindari penulisan caption yang lebih panjang. Sebab, Instagram sendiri memungkinkan Anda menulis caption hingga 2.300 karakter atau sekitar 400 kata.

Ketika membuat caption Instagram keren dengan teks yang lebih panjang, format penulisan adalah kuncinya. Teks yang sangat padat umumnya akan sulit dibaca, terutama jika audiens menggunakan perangkat seluler yang ukuran layarnya lebih kecil. Lalu, bagaimana caranya membuat pembaca bertahan melihat teksnya sampai akhir.

Selain menggunakan kalimat pembuka yang menarik, pemenggalan masing-masing paragraf sebaiknya juga dilakukan dengan cermat. Jangan terlalu panjang, dan jangan terlalu pendek. Jika ada bagian yang bisa dibuat per poin, tulis setiap poinnya dengan menggunakan bullet number agar audiens tidak merasa lelah saat membacanya.

Yuk, terapkan tips yang sedang tren berikut ini agar berhasil membuat caption Instagram keren. Sebagai saran, lakukan riset kecil-kecilan terhadap caption para influencer di media sosial; bagaimana isi caption mereka, apa yang membuat menarik, dan sebagainya. Jangan lupa cantumkan pula tagar atau hastag di akhir caption, agar postingan Anda ditemukan oleh pengguna Instagram lainnya yang sedang menelusuri tagar tersebut.

One thought on “Bingung Membuat Caption Instagram Keren? Ikuti Tips yang Sedang Tren Berikut Ini!

  1. […] Bingung Membuat Caption Instagram Keren? Ikuti Tips yang Tren di 2018 Ini, Yuk! […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.