Posted on

Bagaimana sih Cara Jual Barang di Lazada untuk Pemula? Cek di Sini, ya!

http://3.bp.blogspot.com

Memasarkan produk secara online saat ini menjadi pilihan para penjual, salah satunya dengan cara jual barang di Lazada. Langkah ini bukanlah tanpa alasan. Seperti yang kita tahu, seiring dengan berkembangnya dunia e-commerce, minat konsumen untuk berbelanja secara online juga semakin tinggi sehingga pasar online dinilai lebih menjanjikan daripada pasar offline.

Banyak keuntungan yang bisa diperoleh seorang penjual dengan berjualan secara online, antara lain lebih hemat waktu, hemat pengeluaran untuk sewa tempat, hemat tenaga, dan tentu saja jangkauan pasarnya menjadi lebih luas. Dengan memanfaatkan platform e-commerce seperti Lazada, penjual juga dapat menghemat pengeluaran yang seharusnya digunakan untuk pembuatan website.

 

Bagaimana cara jual barang di Lazada untuk pemula?

Bagaimana cara jual barang di Lazada untuk pemula? - cara jual barang di lazada
Bagaimana cara jual barang di Lazada untuk pemula? – cara jual barang di lazada – nikojulius.com

 

Sebelum mulai berjualan di Lazada, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendaftarkan produk di lazada.co.id. Berikut 3 langkah mudah menjadi penjual di Lazada yang kami kutip dari lazada.co.id:

Langkah 1: Melengkapi dan Memberikan Dokumen yang Diperlukan

Melengkapi dan Memberikan Dokumen yang Diperlukan - cara jual barang di lazada
Melengkapi dan Memberikan Dokumen yang Diperlukan – cara jual barang di lazada – kata.co.id

 

  • Buka website www.lazada.co.id dan klik tombol daftar yang terletak di pojok kanan atas
  • Lengkapi form pendaftaran dan berikan dokumen yang diperlukan, seperti:

Soft copy surat izin bisnis Anda; atau Soft copy KTP Anda

Soft copy dokumen rekening bank Anda (Buku Tabungan/ Rekening Koran)

  • Baca dengan teliti isi Perjanjian Penjual, kemudian setujui dan tandatangani apabila Anda setuju dengan isi perjanjian tersebut.

Langkah 2: Aktifkan Akun Anda

Aktifkan Akun Anda - cara jual barang di lazada
Aktifkan Akun Anda – cara jual barang di lazada – kinerja.com

 

Klik tombol “menjadi seller” dan isi form seller yang tersedia dengan lengkap dan akurat. Setelah Anda melakukan pengisian form seller, ikuti langkah-langkah selanjutnya yang diberikan untuk menyelesaikan proses pendaftaran seller. Lazada juga menyediakan fasilitas seller center yang dapat digunakan penjual untuk memantau keseluruhan proses transaksi (bila terjadi retur, pembatalan, maupun transaksi sukses) dan laporan penjualan harian. Fasilitas ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi.

Langkah 3: Daftarkan Produk Anda dan Mulai Berjualan

Daftarkan Produk Anda dan Mulai Berjualan - cara jual barang di lazada
Daftarkan Produk Anda dan Mulai Berjualan – cara jual barang di lazada – blogspot.com

 

Agar produk bisa live dan mulai terlihat oleh pengunjung Lazada, setidaknya Anda harus mengunggah 5 produk terlebih dahulu. Siapkan foto produk dengan kualitas terbaik dan konten yang menarik untuk diunggah. Ingat, ada banyak pesaing yang mungkin menjual produk serupa dengan Anda.

 

Baca juga:

 

Bagaimana cara jual barang di Lazada agar omzetmu meningkat?

Gunakan foto yang jelas dan deskripsi produk yang menarik.

Gunakan foto yang jelas dan deskripsi produk yang menarik - cara jual barang di lazada
Gunakan foto yang jelas dan deskripsi produk yang menarik – cara jualan di lazada – .wp.com

 

Foto adalah hal pertama yang akan dilihat oleh pembeli. Dengan foto yang jelas, pembeli jadi yakin barang yang dibeli sesuai dengan yang dia inginkan. Keyakinan tersebut ditunjang dengan deskripsi produk yang jelas, seperti: manfaat, bahan yang digunakan, fitur atau spesifikasi, variasi, cara perawatan, keuntungan membeli produk tersebut, dan cara penggunaan jika ada.

Sebutkan kata kunci pencarian pada setiap deskripsi produk Anda. Misal: masukkan kata kunci “sepatu lari murah” pada deskripsi produk, maka ketika orang mencari produk menggunakan kata kunci tersebut, produk Anda yang akan muncul pertama kali. Apabila Anda mengalami kesulitan atau kurang berpengalaman dalam membuat deskripsi produk yang menarik, gunakan jasa penulis deskripsi produk yang profesional dan tepercaya seperti Kontenesia.

Berikan Promo

Berikan Promo - cara jual barang di lazada
Berikan Promo – cara jual barang di lazada – kompasiana.com

 

Potongan harga atau gratis biaya kirim selalu menjadi favorit pembeli. Semakin sering promo diberikan, maka semakin sering pula barang dagangan Anda diburu pembeli.

Review dan rating

Review dan rating - cara jual barang di lazada
Review dan rating – cara jual barang di lazada – blogreview.info

 

Hampir 90% pembeli membaca ulasan pembeli lain terlebih dahulu sebelum memutuskan berbelanja. Oleh karena itu, selalu berikan pelayanan terbaik untuk pelanggan agar toko Anda mendapatkan review dan rating yang bagus.

Fast response

Fast response - cara jual barang di lazada
Fast response – cara jual barang di lazada – kaskus.id

 

Pembeli cenderung menyukai penjual yang aktif dan fast response dalam menjawab pertanyaan mereka atau update status pesanan. Sebaiknya, cantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi untuk memudahkan pelanggan mencari Anda.

 

Demikian cara jual barang di Lazada yang bisa Anda coba. Menurut Florian Holm, CEO Lazada Indonesia, masa depan bisnis E-Commerce Indonesia sangat positif. Jadi, tidak ada salahnya menjadi bagian dari pasar e-commerce Indonesia tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.