Posted on

Begini Cara Jualan di Lazada untuk Pemula, Mudah dan Cepat!

http://3.bp.blogspot.com

Menjalankan bisnis online kini bukan hal asing. Kehadiran berbagai platform e-commerce mampu menciptakan banyak kesempatan bagi siapa saja untuk mulai memasarkan dan menjual produk melalui internet. Salah satunya cara jualan di Lazada yang bisa Anda lakukan dengan hemat dan mudah.

Hemat biaya operasional karena tidak perlu sewa tempat, hemat waktu dan tenaga karena semua bisa dilakukan dari rumah saja, serta mudah menjangkau pasar yang lebih luas. Bahkan, Anda pun bisa mengalihkan pos pengeluaran pembuatan website jika berjualan di e-commerce.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara jualan di Lazada?

Cara Jualan di Lazada Mudah dan Cepat

Menjadi Lazada seller mudah kok. Anda tidak perlu melalui prosedur panjang dan rumit untuk membuka bisnis online di e-commerce ini. Mari simak langkah mudah berjualan di Lazada berikut.

1. Buka web Lazada

Langkah pertama tentu saja Anda harus membuka Lazada.co.id atau buka link lzd.co/menjadi seller.

2. Klik tombol “Menjadi Seller”

Saat halaman web Lazada telah terbuka, di bar bagian atas tercantum menu “Menjadi Seller”. Silakan klik menu tersebut untuk melanjutkan.

3. Tekan tombol “Daftar Sekarang”

Begitu muncul halaman untuk jadi seller Lazada, Anda tinggal mencari dan klik tombol “Daftar Sekarang”. Lazada mengklaim hanya butuh waktu 1 menit untuk bisa terdaftar sebagai seller.

4. Baca dan isi data yang dibutuhkan, serta geser untuk lakukan verifikasi

Lazada akan menampilkan isian data sesuai dengan kategori penjual. Untuk penjual pemula yang umumnya perorangan (individual), Anda perlu menyiapkan data ini.

  1. Kartu identitas berupa KTP
  2. Buku tabungan yang sesuai dengan nama pemilik di KTP

Jangan lupa baca secara cermat dan teliti apa saja yang tercantum dalam isi Perjanjian Penjual. Bubuhi persetujuan dan tanda tangan Anda jika setuju untuk mematuhi isi perjanjian itu.

5. Login untuk aktifkan akun seller

Sampai nomor 4, Anda sudah terdaftar sebagai penjual di Lazada. Lanjutkan proses ini dengan cara mengaktifkan akun seller Lazada. Mudah saja, login ke akun Anda. Kemudian lengkapi data lain terkait toko Anda, seperti alamat dan dokumen lain yang terkait.

Sebagai informasi, Lazada menyediakan Seller Support yang lengkap. Bukan hanya satu, tapi empat Seller Support. Mulai dari Lazada Service Marketplace, Lazada University, Fulfilled by Lazada, hingga Lazada Club.

6. Upload produk yang ingin dijual

Supaya pengunjung bisa menemukan toko Anda, langkah berikut cara jualan di Lazada adalah mengunggah produk yang ingin dijual. Minimal Anda perlu upload lima produk dahulu.

Pastikan foto produk tersebut punya kualitas terbaik dan memiliki berbagai sudut pengambilan gambar yang tampak jelas. Jangan lupa masukkan manfaat produk dalam konten sehingga Anda tidak hanya fokus pada jualan fitur semata.

Ingat bahwa ada banyak penjual yang menjajakan produk serupa. Buat produk Anda tampil berbeda dengan konten visual dan copy menarik sekaligus bermanfaat bagi pengunjung Lazada.

Keuntungan Berjualan di Lazada

Lazada punya tiga keuntungan utama yang menjadi alasan mengapa Anda harus membuka toko online di sini. Ketiga keuntungan tersebut adalah:

1. Proses lebih mudah

Anda dapat memanfaatkan Lazada MOBILE Apps untuk memulai toko online pertama. Dengan begitu siapa pun bisa berjualan kapan saja dan dari mana saja. Cukup unduh aplikasinya di App Store atau Google Play Store.

Setelah aplikasi terpasang, Anda dapat segera mendaftar dengan mudah. Semua proses pendaftaran hanya berlangsung sekitar 1 menit. Pastikan dokumen yang diminta sudah tersedia sehingga Anda tinggal memasukkan data saja.

Bagaimana jika menemui kesulitan? Tenang saja, tim Customer Service Lazada sigap membantu Anda kapan pun. Selain itu, cek juga halaman FAQ seputar cara upload produk di Lazada, cara daftar Lazada lewat HP, hingga cara mengaktifkan akun seller Lazada.

2. Sistem yang menarik

Sebagai portal belanja paling besar di Asia Tenggara, produk yang Anda tawarkan menjangkau banyak calon pembeli. Sistem rating pembeli di Lazada juga mendukung perkembangan toko online Anda dari waktu ke waktu.

Lebih menarik lagi, Anda bisa meraup keuntungan maksimal karena Lazada bebas ongkir, bebas komisi, dan bebas deposit. Plus, ada berbagai Mega Promosi yang berlangsung sepanjang tahun, termasuk Festival Ulang Tahun dan HARBOLNAS.

3. Fitur yang lebih baik

Fitur Unggulan Lazada mempermudah para penjual dalam memantau kemajuan dan perkembangan toko online dari waktu ke waktu. Semua data penjualan disajikan terkini alias real time. Jadi, Anda bisa segera mengambil keputusan penting untuk meningkatkan penjualan.

Lazada University pun hadir sebagai portal khusus seller Lazada. Di portal ini Anda bisa mempelajari banyak tips seputar berjualan online, baik dalam bentuk artikel maupun video tutorial. Lazada juga menyediakan sederet fitur yang dapat meningkatkan tampilan toko dan produk yang Anda tawarkan.

Terakhir, fitur “Chat Now” jadi andalan penjual di Lazada untuk berinteraksi langsung dengan calon pembeli. Kecepatan respons Anda bukan hanya memperbesar peluang barang terjual, tetapi juga meningkatkan kredibilitas toko di mata pembeli.

Cara Jualan di Lazada Supaya Laris Manis

Bagaimana cara jualan di Lazada supaya laris manis diserbu pembeli? Tentu butuh trik khusus untuk mencapai hal tersebut. Beberapa trik berikut dapat memberi pencerahan untuk menambah penjualan produk di toko online milik Anda.

1. Pastikan gambar produk jelas dan menarik

Anda wajib mengunggah minimal satu foto dan maksimal delapan foto untuk setiap produk. Namun, upload tiga foto juga cukup direkomendasikan. Pastikan gambar produk tersebut memiliki resolusi tinggi dan jelas dari berbagai sudut.

Perhatikan panduan umum mengenai kualitas foto produk sebelum Anda tayangkan di toko online.

  1. Sebaiknya foto memiliki latar belakang jelas dan bersih, misalnya warna putih.
  2. Resolusi gambar tinggi jauh lebih bagus, setidaknya 500 x 500 pixel.
  3. Berikan variasi sudut pengambilan gambar produk, yaitu depan, belakang, samping, dan atas.
  4. Pastikan rasio gambar mencapai 1:1.

2. Cek kesesuaian judul dan kategori produk

Tahukah Anda seperti apa syarat judul produk yang bagus di Lazada? Jawabannya adalah jelas dan singkat. Jelas berarti judul memuat informasi komplit tentang tipe, model, dan merek. Singkat berarti judul tersebut maksimal mengandung 15 kata saja.

Pakai rumus ini: merek + model + tipe + ukuran setiap kali Anda membuat judul produk. Dengan demikian hal tersebut akan memperbesar peluang produk Anda muncul pada hasil pencarian yang dilakukan pembeli. Hindari judul produk yang terlalu generik atau umum.

Begini contohnya.

  1. [ABCD] Watercolor Paper 200 gsm A5 isi 12 lembar
  2. [NWM] Kaos Menyusui Cotton Combed 30s All Size
  3. [XYZ] Parfum Impor Aroma White Musk Unisex 150 ml

Demikian pula saat memasukkan kategori produk. Sebaiknya pakai saran kategori yang disarankan algoritma Lazada. Ini akan muncul usai pengisian judul atau nama produk.

3. Buat deskripsi produk yang menarik

Lazada menawarkan fitur deskripsi panjang yang dapat Anda modifikasi dengan membuat infografis simpel layaknya sales letter atau landing page. Bahkan, Anda bisa menambahkan gambar pada deskripsi maupun edit HTML sebagaimana umum ditemui saat Anda punya website toko online sendiri.

Tersedia dua fitur yang dapat Anda gunakan untuk menyajikan deskripsi panjang, yaitu Lorikeet (jika belum punya infografis landing page) dan Text Editor (jika infografis sudah ada). Pastikan deskripsi produk sudah mencantumkan hal-hal berikut.

  1. Kelebihan produk
  2. Benefit atau manfaat produk
  3. Detail material produk
  4. Cara pemakaian produk
  5. Garansi (jika ada)

Bagaimana jika Anda tidak yakin bisa membuat deskripsi produk seperti di atas? Serahkan saja urusan tersebut pada jasa penulis konten seperti Kontenesia. Cukup siapkan data produk, kami akan membuat deskripsi menarik dan menonjolkan manfaat sehingga mampu menggaet lebih banyak calon pembeli.

4. Manfaatkan fitur Promosi Lazada

Begitu konten produk telah Anda optimasi, manfaatkan fitur promosi Lazada untuk menambah penjualan. Lazada menyediakan beberapa fitur promosi gratis dan berbayar yang dapat Anda maksimalkan untuk membuat produk lebih laris.

  1. Naikkan Produk, tersedia gratis, Anda dapat menaikkan produk langsung ke halaman pencarian Lazada.
  2. Afiliasi Bersponsor, promosi berbayar ini memungkinkan produk Anda dipromosikan di Mitra Afiliasi Lazada.
  3. Pencarian Bersponsor atau Pay per Click, yaitu Anda akan membayar jika produk Anda di-klik oleh orang dari halaman pencarian dan sections Saran Produk di Lazada.
  4. Seller Voucher, ini juga berbayar karena Anda bisa memakai promo belanja online untuk meningkatkan pengunjung.
  5. Gratis Ongkir, promosi berbayar ini memungkinkan Anda menarik pembeli dengan menanggung ongkir pembeli.

 

Demikian langkah mudah dan cepat cara jualan di Lazada yang cocok untuk pemula. Yuk, segera buka toko online pertama Anda di Lazada!

 

Jasa Deskrispsi Produk untuk Toko Online dan Marketplace (Taichi)

Harga mulai dari Rp. 17.500/produk

Saat berjualan, deskripsi produk merupakan salah satu hal yang berpengaruh dalam menarik minat pembeli. Bila akhirnya pembeli berkunjung ke dan memutuskan bertransaksi di toko Anda, maka otomatis aktivitas penjualan di toko Anda pun turut meningkat.

Buat Deskripsi Produkmu Sekarang

10 thoughts on “Begini Cara Jualan di Lazada untuk Pemula, Mudah dan Cepat!

  1. Terimakasih telah berbagi ilmunya,,saya jadi lebih paham ,,seoga makin sukses !!

  2. Terima kasih telah berbagi sebagian ilmunya,,sangat bermanfaat sekali ,,semoga makin sukses

  3. Terima kasih lazada panduannya sangat bermanfaat

  4. Terima kasih atas penjelasan nya .. semoga bermanfaat.. aamiin

  5. Bagaimana agar nama penjual muncul saat mengisi form akun lazada?

  6. Sy justru nyari menunya klo cm cara trik yg di atas mah smua org yg sdh prnah jualan dh pd tau,
    Cm di akun lazada sy klik profil AKUN gk muncul yg mana mau unggah ftonya,
    Gk kyak shope,BL,atau tokopedia, smua mudh di cari

  7. Saya sudah pasang produk nya tapi kenapa jadi produk tidak aktif.
    Bagaimana cara mengaktifkan nya kembali, sudah di klik tapi tetep gak bisa..

    1. Langsung tanya ke Lazada aja mba 😉

  8. Sudah beres semua nya sudah terdapat tinggal produk nya supaya terdaptar harus bagaimana

  9. makasih kak info yang sangat bermanfaat sekali buat aku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.