Posted on

Begini Cara menjadi dropshipper yang Perlu Diketahui

cara menjadi dropsipper

Indonesia diprediksi bisa menjadi pasar e-commerce terbesar di Asia karena pendapatan dari bisnis online dapat mencapai 20 persen pendapatan negara. Oleh karena itu, bisnis online kini menjadi usaha yang menguntungkan dan dropship adalah salah satu cara berbisnis yang cukup potensial.

Secara umum, bisnis dropship adalah model bisnis saat seseorang menjual produk yang dibuat oleh pihak lain tanpa perlu lagi menstok dan mengirimkannya secara manual. Dengan model bisnis ini, produsenlah yang akan mengirimkannya langsung ke konsumen. Jadi, pekerjaan kamu hanya perlu mengurus administratifnya saja di rumah tanpa perlu repot melakukan packing dan sebagainya.

Lantas, bagaimana sih cara menjadi dropshipper dan meraup banyak keuntungan? Berikut ulasannya!

Cara menjadi dropshipper

Ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi dropshipper:

1. Pastikan Pilih Produk dan Supplier yang Tepat

dropship adalah

Dua hal ini adalah hal yang tidak bisa ditawar lagi karena keduanya adalah kunci sukses bisnis dropship. Dengan memilih produk dan supplier yang tepat akan mengantarkanmu pada banyak konsumen dan keuntungan nantinya.

Sayangnya, menemukan produk dan supplier yang tepat ini memang bukan pekerjaan mudah. Jadi, ada baiknya kamu mencari produk yang unik atau memiliki satu niche. Kamu juga perlu memilih produk yang tahan lama dan tidak mudah rusak, dan pilih barang yang sekiranya akan banyak dibutuhkan dalam waktu lama. Jangan lupa untuk memilih produk yang sedang naik daun di pasaran.

Pastikan juga kamu menjalin hubungan yang baik dengan supplier. Jika tidak ada supplier, tentu saja bisnis kamu tidak akan bisa berjalan.

2. Beri Nilai Jual yang Unik

cara menjadi dropshipper

Jika kamu menjual barang dengan harga murah, ini akan membuat banyak pelanggan datang. Meski begitu, hal ini tidak selamanya bisa membuat bisnis kamu sukses. Oleh karena itu, kamu  perlu cerdas menambahkan nilai jual ke produk yang kamu jual. Beberapa pelanggan mungkin tidak akan keberatan jika harganya agak sedikit mahal tetapi memiliki sesuatu yang khas. Misalnya adalah pelayanan yang baik, pengiriman yang cepat, gratis ongkir, atau sedikit bonus untuk tiap pembelian tertentu.

3. Gunakan Strategi Khusus untuk Meningkatkan Penjualan

dropship adalah

Jika kamu pikir promosi bisa mengurangi keuntungan, sebaiknya kamu membuang pikiran ini jauh-jauh. Promosi adalah cara yang ampuh untuk membuat orang ingin berbelanja. Pelanggan bisa saja membeli barang yang sebenarnya belum mereka butuhkan hanya karena mereka melihat promo yang menarik.

Kamu pun bisa mencoba membuat strategi dengan membuat barang limited edition sehingga orang semakin ingin membeli barang yang kamu jual. Pasalnya, jika produk yang kamu jual tidak ada promo khusus, pelanggan mungkin hanya akan datang melihat-lihat saja.

Kamu bisa menggunakan metode urgensi terlebih dulu, yang seakan memaksa pelanggan untuk berpacu dengan waktu agar mereka bisa mendapatkan diskon atau promosi khusus. Dengan tenggat waktu, pelanggan bisa terpicu untuk segera membeli jualanmu sehingga kamu semakin cepat mendapat keuntungan. Metode seperti flash sale juga bisa menjadi pilihan. Selain itu, jangan lupa gunakan atribut warna merah atau oranye untuk memperbesar sense of urgency dan menarik perhatian.

4. Buatlah Website Khusus

cara menjadi dropshipper

Jika kamu merasa membuat website untuk usaha dropship adalah hal yang berlebihan, kamu salah besar. Website kini menjadi salah satu kunci sukses bisnis online. Kamu bisa meletakkan semua informasi penting soal bisnis, detail produk, konten promosi, dan foto yang dibutuhkan.

Website bisa memaksimalkan brand awareness sebuah bisnis meskipun bisnismu ini adalah bisnis dropship. Sekarang pun banyak website fashion yang model bisnisnya adalah dropship. Mereka membuat keunikan tersendiri melalu website mereka, sehingga ini bisa meningkatkan penjualan.

Nah, jika ingin membuat website untuk bisnis dropship yang sedang dijalankan, kamu juga harus memperhatikan betul informasi produk yang dijual dengan baik. Kamu membutuhkan deskripsi produk atau caption yang menarik dan berkualitas. Untuk mendapatkan caption yang oke, kamu bisa menggunakan jasa Kontenesia. Semua informasi produk akan dirangkum dengan apik oleh penulis-penulis di Kontenesia sehingga akan menarik calon pembeli.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.