Posted on

Strategi Ampuh SEO Toko Online untuk Meningkatkan Konversi dan Traffic

Strategi SEO toko online oleh para pebisnis harus bisa memastikan kalau usaha mereka bisa nangkring pada halaman pertama pencarian Google. Menurut perusahaan iklan online Chitika, hasil pencarian pada halaman pertama Google mendominasi hampir 95% seluruh traffic pencarian.

Dengan potensi traffic sebesar itu, tak heran kalau SEO toko online masih menjadi andalan dalam pemasaran digital, bukan? Lalu, bagaimana caranya agar online shop yang dimiliki mampu nangkring di halaman pertama pencarian Google? Ada 15 strategi yang bisa Anda terapkan untuk memperoleh hasil seperti itu, yakni:

1. Riset kata kunci

seo toko online - tampilan google keyword planner

Dalam metode SEO untuk website jenis apapun, riset kata kunci merupakan langkah krusial. Riset dapat dilakukan dengan memanfaatkan Keyword Google Planner. Dari situ, Anda perlu mencari kata kunci yang punya tingkat pencarian tinggi dan disertai adanya commercial intent—yang merupakan indikasi bahwa pencarinya berniat membeli.

2. Konten pedoman pembeli

Strategi selanjutnya adalah dengan menyediakan konten buyer’s guide atau panduan pembeli. Konten ini dapat dijadikan sebagai sumber informasi bagi calon pembeli ketika ingin membeli sebuah produk. Tak lupa, Anda dapat menyertakan tautan menuju ke halaman produk tertentu pada konten tersebut.

3. Review produk

contoh penilaian pembeli

Review produk menjadi bagian yang tak bisa dilepaskan dari teknik SEO toko online. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda menyediakan ruang bagi para pembeli untuk menulis ulasan pada halaman produk. Selain bermanfaat positif untuk SEO, review produk juga bisa meningkatkan konversi.

4. Struktur website toko online

struktur website toko online

Struktur website sebuah toko online juga harus tertata secara rapi. Apalagi, keberadaannya menjadi salah satu faktor penentu penilaian SEO oleh Google. Di samping itu, struktur yang rapi juga memberi rasa nyaman bagi para calon pembeli yang ingin melakukan transaksi.

5. Pengaturan url

Pengaturan url juga menjadi perhatian serius dalam pembangunan SEO toko online. Usahakan untuk membuat url yang pendek, mengandung kata kunci, dan menyamakannya dengan judul halaman.

6. Buat deskripsi produk

Strategi selanjutnya adalah melalui penulisan deskripsi produk. Tidak perlu terlalu panjang. Anda cukup mencantumkan deskripsi sekitar 250 kata untuk setiap produk. Hindari pula deskripsi produk hasil copy-paste. Sebagai gantinya, tulis kalimat yang deskriptif, spesifikasi produk, serta kekurangan dan kelebihan produk.

7. Schema markup

Manfaatkan struktur data markup yang bisa didapatkan dari Schema.org. Bagi para pengguna WordPress, fitur seperti ini bisa diperoleh dari plugin Yoast Woocommerce SEO serta All-in-one Schema.org Rich Snippets. Melalui pemanfaatan struktur data ini, produk Anda bakal memiliki traffic serta konversi tinggi dari hasil pencarian Google.

8. Tampilkan rekomendasi produk sejenis

seo toko online - contoh tampilan produk serupa

Strategi jitu dalam menerapkan SEO untuk toko online selanjutnya adalah lewat upaya menampilkan rekomendasi produk sejenis. Fitur ini bisa sangat membantu calon pembeli ketika ingin mencari sebuah barang. Oleh karena itu, tak heran kalau strategi ini bisa meningkatkan tingkat konversi mencapai 5 kali lipat.

9. SEO Toko Online: Hindari adanya halaman error 404

seo toko online - halaman error 404

Halaman error 404 pada sebuah toko online bisa saja terjadi ketika produk habis atau tidak dijual lagi. Pada situasi seperti itu, jangan hapus halaman produk tersebut. Sebagai gantinya, tawarkan produk sejenis atau informasikan bahwa produk akan dijual kembali ketika stok ada.

10. SEO Toko Online: Bangun blog

contoh struktur website

Konten yang disertai commercial intent memang harus lebih Anda utamakan ketika membangun toko online. Namun, di waktu yang sama Anda tidak harus mengesampingkan keberadaan blog. Kehadiran blog pada sebuah toko online bisa menjadi cara meningkatkan rasa kepercayaan dan sekaligus membantu SEO.

11. SEO Toko Online: Jangan sampai ada duplikasi produk

Dalam praktik SEO untuk website jenis apapun, Anda harus menghindari adanya konten duplikat. Keberadaan konten yang duplikat pada website toko online, bisa menimbulkan penalti dari Google. Sebagai solusi, pastikan untuk memonitor website secara rutin memanfaatkan Webmaster Tools dari Google atau tool seperti ScreamingFrog.

12. SEO Toko Online: Manfaatkan halaman kategori

Tidak hanya halaman produk, Anda juga perlu mencermati adanya halaman kategori produk. Isi halaman ini dengan konten yang ramah SEO. Jenis konten yang bisa Anda tambahkan pada halaman kategori cukup beragam, termasuk di antaranya adalah deskripsi kategori produk, FAQ, review produk, dan sebagainya.

13. Jangan lupa optimasi SEO dasar

hasil yoast seo

Optimasi SEO basic tidak bisa dilupakan ketika membangun sebuah toko online. Oleh karena itu, usahakan untuk menyebar kata kunci secara tepat. Di samping itu, perhatikan pula pengaturan SEO on page, memanfaatkan LSI, tingkat kecepatan website, tampilan website di perangkat mobile, dan lain-lain.

14. SEO Toko Online: Sediakan ruang untuk komunitas

Saat Anda mengamati website toko online besar, bakal terdapat halaman khusus yang memungkinkan para calon pembeli saling berinteraksi atau ruang komunitas. Halaman ini bisa berupa sebuah forum tanya jawab. Adanya forum komunitas dalam toko online memiliki potensi menghadirkan backlink dan konten.

Hanya saja, ketika membangun forum, Anda bakal memerlukan kehadiran staf khusus untuk mengelolanya. Apalagi, tak jarang forum kerap dikotori dengan konten dan komentar spam. Dengan adanya tenaga khusus, Anda dapat memastikan kalau forum tetap terjaga bersih.

15. Link building

Terakhir, Anda perlu melakukan link building yang bermanfaat untuk meningkatkan reputasi website di mata Google. Cara melakukan link building bisa dilakukan dengan berbagai metode. Anda dapat melakukan guest blogging, afiliasi, memanfaatkan influencer, lomba blog, dan lain-lain.

Itulah 15 strategi yang bisa Anda terapkan dalam upaya meraih kesuksesan dengan SEO toko online. Selamat mencoba dan semoga sukses, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.