Posted on

Terbukti Cuan, Ini 7 Situs Freelancer Indonesia dan Global Terbaik

situs freelancer Indonesia

Apa itu freelancer? Freelancer adalah orang yang bekerja secara mandiri kepada klien yang berbeda-beda. Sederhananya, freelancer berarti pekerja lepas.

Di Indonesia sendiri, pekerjaan formal seperti penulis bayangan, konsultan, penerjemah dan pekerjaan nonformal seperti tukang parkir lepas, kuli panggul, dan tenaga serabutan juga dapat disebut sebagai pekerja lepas.

Dalam artikel ini, kita akan fokus membahas freelancer online. Freelancer online bekerja dengan waktu dan tempat yang fleksibel. Mereka bekerja secara jarak jauh (remote) karena kliennya berada di kota atau negara yang berbeda.

Untuk menjadi  pekerja lepas online, kita bisa menggunakan situs freelancer. Berikut 7 situs freelancer Indonesia dan global terbaik yang terbukti menghasilkan.

Situs Freelancer Indonesia dan Global Terbaik

Meski waktunya fleksibel, pekerjaan freelance tetap terikat waktu tergantung kesepakatan dengan klien. Ada yang dibayar per jam dan ada pula yang diberikan deadline yang harus diselesaikan.

Bagi Anda yang tertarik menjajal pekerjaan freelance baik sebagai pekerjaan utama maupun sambilan, berikut ini beberapa platform yang layak dipertimbangkan.

1. Fastwork

situs freelancer Indonesia
Sumber : fastwork.id

Fastwork.co adalah situs freelancer yang berasal dari Thailand. Platform pekerja lepas yang mengklaim dirinya terbesar se-Asia Tenggara ini melebarkan sayapnya ke Indonesia serta membuat situs dan aplikasi versi Indonesia dengan domain fastwork.id.

Fastwork.id kini menjadi platform populer yang mempertemukan pekerja lepas dan klien di Indonesia. Freelancer tidak perlu khawatir klien tidak membayar dan klien tidak perlu khawatir tidak menerima hasil kerja karena fastwork menengahi kedua belah pihak.

2. Sribulancer

situs freelancer Indonesia
Sumber : dailysocial.id

Sribulancer adalah situs freelancer Indonesia yang cukup populer. Di Sribulancer, Anda bisa mendaftar menjadi freelancer dan mendapatkan klien.

Ada banyak kategori pekerjaan freelance yang ditawarkan situs ini seperti penerjemahan, penulisan, pengembangan aplikasi, pengembangan website, bisnis dan pemasaran online, desain, fotografi, serta data entry.

3. Projects.co.id

situs freelancer Indonesia
Sumber : deamerina.com

Projects.co.id mempunyai sistem berbasis proyek dengan klien sebagai owner dan freelancer sebagai worker. Worker aktif mencari dan memilih proyek milik para owner. Setelah itu, owner tinggal menyeleksi tawaran yang masuk.

Selain itu, Projects.co.id juga menawarkan sistem jual beli layanan dan produk digital, dimana klien sebagai buyer dan freelancer sebagai seller.

4. Freelancer

situs freelancer Indonesia
Sumber : seekpng.com

Freelancer.com adalah marketplace pekerja lepas dan crowdsourcing paling besar di dunia berdasarkan banyaknya pengguna dan proyek menurut pengakuan mereka.

Freelancer.com merupakan situs freelancer global tetapi mereka mempunyai banyak sekali akhiran domain berdasarkan regional negara, freelancer.co.id termasuk salah satunya. Freelancer.co.id ini merupakan versi Indonesia dari Freelancer.com.

5. Upwork

situs freelancer Indonesia
Sumber : upwork.com

Upwork adalah platform freelancer global yang sangat populer dan terbukti menghasilkan. Banyak orang Indonesia yang sukses menjadi freelancer di Upwork dan menghasilkan banyak pundi-pundi dolar.

Buat Anda yang masih pemula dan ingin menjadi freelancer di upwork, Anda bisa bergabung dengan komunitas Upworker Indonesia agar bisa belajar dari para senior yang lebih dulu berkecimpung. Komunitas Upworker Indonesia bisa Anda temukan di grup media sosial Facebook.

6. Fiverr

situs freelancer Indonesia
Sumber : 1000logos.net

Fiverr adalah marketplace yang menawarkan layanan freelance dengan jangkauan global. Freelancer bisa menjual jasa layanan dengan membuat gig. Sedangkan klien bisa melihat-lihat berbagai gig yang ditawarkan serta memilih gig mana yang akan mereka beli. Harga setiap gig bervariasi mulai dari $5.

7. Envato Studio

situs freelancer Indonesia
Sumber : pinterest.com

Envato Studio juga termasuk marketplace freelance. Namun, mereka sangat selektif terhadap calon freelancer.

Anda bisa mendaftarkan minat Anda pada suatu pekerjaan yang tersedia di Envato Studio, tetapi itu tidak menjamin Anda akan diterima. Envato Studio hanya mengundang freelancer terbaik untuk bergabung bersama mereka.

Itulah beberapa situs freelancer Indonesia dan global terbaik yang layak Anda pertimbangkan jika ingin mendapatkan pekerjaan freelance.

Bicara soal pekerjaan freelance, penulis artikel adalah salah satu jenis pekerjaan freelance yang sedang ramai. Jika Anda membutuhkan jasa penulis artikel, Kontenesia siap membantu Anda membuatkan artikel dengan kualitas terbaik. Mau artikel bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, tinggal order saja, biar kami yang buatkan.

Pemesanan artikel bisa dilakukan melalui website. Kemudian, proses kerjanya bisa Anda pantau melalui platform komunikasi dengan para penulis. Jika mengalami kendala, tim Business Development kami pun siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.