Posted on

Tertarik Membuka Usaha Konveksi? Ini Tips Memulainya

Usaha konveksi saat ini tengah digandrungi oleh banyak orang. Bagaimana tidak, bisnis yang satu ini memiliki peluang yang besar dan beberapa keuntungan tersendiri. Nah, jika kamu tertarik untuk memulai bisnis ini ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, apa saja?

Pada dasarnya, usaha konveksi merupakan bisnis pakaian yang dibuat dalam jumlah besar atau dapat dikatakan produksi secara massal. Produk yang biasanya dihasilkan dari bisnis ini sendiri dapat meliputi produksi seragam dalam jumlah besar, seperti seragam untuk perusahaan, jaket, celana, kemeja, kaos, polo shirt, dan lain sebagainya.

Melihat peluang bisnis konveksi

bisnis konveksi

Jika kita berbicara mengenai peluang usaha ini, tentunya bisnis yang satu ini memiliki pangsa pasar yang besar. Hal tersebut tidak terlepas dari fakta bahwa permintaan pasar di Indonesia untuk usaha yang satu ini termasuk tinggi.

Pakaian sendiri merupakan kebutuhan pokok. Oleh karena itu, permintaan mengenai produksi sebuah pakaian tidak akan ada habisnya. Terlebih lagi pada momen-momen tertentu, misalnya saja seperti hari lebaran atau acara yang membutuhkan produksi pakaian secara massal, permintaan akan produksi pakaian pun dapat meningkat.

Bisnis konveksi berbeda dengan bisnis garmen. Jika bisnis garmen merupakan bisnis yang lebih luas dan dapat memproduksi hingga lebih dari puluhan ribu potong pakaian setiap bulannya, lain halnya dengan konveksi.

Bisnis konveksi sendiri masuk ke dalam industri kecil sebab produksi pakaian yang dihasilkan hanya berjumlah puluhan hingga ratusan potong pakaian per harinya. Singkatnya, industri konveksi lebih kecil dibandingkan dengan industri garmen.

Tips memulai usaha konveksi

bisnis konveksi

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh dalam menjalankan bisnis yang satu ini, salah satunya adalah usaha ini bisa dijalankan di rumah. Di samping itu, usaha yang satu ini pun tidak membutuhkan modal yang besar. Kamu bisa memulai usaha ini dengan modal seminim mungkin.

Nah, jika kamu tertarik untuk membuka usaha konveksi, ada beberapa tips sukses dalam memulainya, di antaranya adalah:

1. Analisis pasar

usaha konveksi

Sebelum membuka suatu bisnis, penting bagi kamu untuk melakukan analisis pasar secara matang. Hal tersebut termasuk analisis potensi bisnis, peluang, hingga mempersiapkan modal yang dibutuhkan. Dengan begitu, kamu pun dapat menyusun suatu strategi bisnis.

2. Tentukan jenis produk

usaha konveksi

Setelah melakukan analisis pasar, kamu perlu menentukan jenis produk yang akan diproduksi. Sebaiknya, tentukanlah secara spesifik produk apa yang akan kamu buat, apakah itu merupakan seragam perusahaan, pakaian pria atau wanita, pakaian anak-anak, kaos, kemeja, atau bahkan celana.

Berbicara mengenai industri pakaian atau fashion tidak akan ada habisnya, mengapa? Sebab akan banyak tren baru yang akan bermunculan setiap waktu. Maka dari itu, kamu juga harus siap dengan suatu perubahan akan permintaan pasar.

3. Persiapkan modal

usaha konveksi

Jika ingin membuat suatu usaha, hal pertama yang bisanya terpikirkan adalah modal. Ya, bisnis memang tidak dapat dipisahkan dari sebuah modal usaha. Modal dalam bisnis konveksi sangat bergantung pada strategi dan persiapan yang kamu lakukan.

Sebagai contoh, jika kamu ingin memproduksi pakaian secara ready stock atau selalu tersedia, tentunya ini memerlukan modal yang cukup besar. Namun, jika kamu ingin menggunakan sistem pre-order modal yang dibutuhkan tidak sebesar sistem ready stock.

4. Tentukan supplier

usaha konveksi

Dalam memulai bisnis konveksi, tentukanlah supplier, baik itu untuk bahan-bahan yang dibutuhkan, percetakan, label pakaian, hingga penjahit.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika memiliki supplier. Salah satunya adalah memilih supplier yang lokasinya dekat dengan tempat usaha hingga supplier yang menyediakan banyak jasa, sebagai contoh yang bisa menjahit hingga menyediakan bahan-bahan pakaian.

5. Strategi marketing

usaha marketing

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan strategi marketing dan promosi. Dapat dikatakan, saat ini  banyak pebisnis yang mempromosikan jasanya menggunakan media online, mengapa? Sebab media online dapat memudahkan pebisnis dalam melakukan promosi.

Media online tersebut dapat termasuk media sosial ataupun melalui website. Nah, jika kamu berminat untuk melakukan promosi menggunakan website, sangat penting bagi kamu untuk mempersuasi pelanggan. Caranya adalah dengan membuat konten terkait dengan bisnis yang kamu lakukan, baik artikel atau copywriting untuk mengajak konsumen membeli produk.

Kamu dapat membuat suatu website, artikel atau bahkan copywriting secara sendiri. Namun, jika kamu memiliki kendala dalam membuat itu semua, kamu dapat menggunakan suatu jasa. Salah satu jasa yang menyediakan pembuatan website, artikel, dan copywriting adalah Kontenesia.

Dengan dilakukan oleh seorang profesional, Kontenesia dapat membantumu mengembangkan website untuk mempromosikan produk atau jasa yang kamu sediakan.

Langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas bisa kamu terapkan jika kamu berminat untuk membuka usaha konveksi. Bagaimana, tertarik dengan bisnis ini?

Sumber referensi:

Bisnis.com (2021). Diakses pada 10 Januari 2021. 3 Cara Merintis Bisnis Konveksi Antirugi

Jurnal Enterpreneur. Diakses pada 10 Januari 2021. Tips Menjalankan Bisnis Konveksi dengan Mudah

Koin Work. Diakses pada 10 Januari 2021. Usaha Konveksi: Peluang, Cara Memulai dan Perhitungan Modal

Modal Rakyat (2021). Diakses pada 10 Januari 2021. Peluang dan Tips Memulai Usaha Konveksi

P3UD (2020). Diakses pada 10 Januari 2021. 10 Media Online untuk Melakukan Promosi Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.