Posted on

7 Cara Menjadi Influencer Sukses yang Bisa Kamu Ikuti

cara menjadi influencer

Influencer merupakan salah satu profesi yang banyak diminati saat ini, baik bagi remaja maupun orang dewasa. Menjadi terkenal dan mendapatkan pundi-pundi rupiah tentu saja adalah daya tarik tersendiri dari pekerjaan ini. Tak heran, banyak orang yang berminat untuk bergelut pada profesi ini mencari berbagai tips dan cara menjadi influencer.

Menjadi seseorang yang berpengaruh di media sosial alias influencer merupakan hal yang dapat dikatakan susah-susah gampang. Mengapa? Sebab, kamu perlu memiliki keunikan tersendiri untuk menarik orang lain. Eitss tak perlu khawatir. Ada beberapa tips untuk menjadi seorang influencer. Apa saja, ya?

7 Cara Menjadi Influencer di Media Sosial

cara menjadi influencer

Pada dasarnya, influencer merupakan individu yang telah membangun reputasi atau keahlian mengenai suatu hal. Mereka juga memiliki kekuatan untuk memengaruhi keputusan orang lain. Sebagai contoh, influencer media sosial dapat memengaruhi orang lain untuk membeli suatu produk tertentu.

Influencer bisanya memiliki ratusan ribu atau bahkan jutaan pengikut di akun media sosial. Oleh sebab itu, mereka dianggap sebagai orang terkenal di media sosial. Nah, apabila kamu berminat untuk menjadi seorang influencer media sosial, berikut adalah beberapa tips yang wajib kamu ketahui.

1. Temukan passion-mu

cara menjadi influencer

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk menjadi seseorang yang berpengaruh media sosial adalah mencari tahu apa yang benar-benar kamu sukai.

Misalnya saja, kamu menyukai menggambar. Nah, kamu dapat membagikan tutorial menggambar atau hasil karyamu di media sosial. Sama halnya ketika kamu menyukai bermain game atau memasak. Kamu juga dapat membagikan ilmu atau resep di media sosial.

Ingat, sebaiknya selalu ikutilah passion-mu dan fokuslah terhadap kontenmu. Sebab, dengan begitu kamu dapat melakukan hobi yang kamu sukai tanpa merasa seperti bekerja.

2. Merapikan feeds di Instagram

cara menjadi influencer

Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh influencer adalah Instagram. Maka dari itu, merapikan feeds di Instagram menjadi penting sebagai cara menjadi influencer sukses.

Sebagai contoh, kamu dapat merapikan feeds dengan cara mengatur foto dengan warna yang senada. Pilihan lainnya, kamu juga dapat menjadikan feeds di Instagram dengan foto yang disusun seperti layaknya puzzle. Bagaimana, terdengar menarik bukan?

3. Cari konten yang unik

cara menjadi influencer

Poin penting lainnya jika kamu ingin menjadi orang yang berpengaruh di media sosial adalah selalu berpikir secara out of the box. Sebisa mungkin, carilah konten yang unik dan menarik. Sebab, audience lebih tertarik kepada konten yang berbeda dibandingkan dengan konten-konten yang sudah ada sebelumnya.

Tak hanya itu, audience juga biasanya tertarik dengan tren yang sedang booming. Maka dari itu, kamu perlu rajin melakukan riset mengenai tren yang sedang booming, baik di Indonesia maupun mancanegara.

4. Berinteraksi dengan audience

cara menjadi influencer

Senada dengan pengertiannya, tugas utama dari seorang influencer adalah memberikan pengaruh kepada masyarakat—dalam artian positif. Kamu diharuskan untuk membangun kepercayaan dan berinteraksi dengan audience dari konten yang kamu upload di media sosial.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk berinteraksi dengan audience; salah satunya adalah mengajukan pertanyaan atau memulai percakapan mengenai suatu hal tertentu. Ingat, komunikasi dua arah menjadi hal yang tidak boleh diabaikan dan hindarilah mengabaikan audience.

5. Memperluas jejaring pertemanan

cara menjadi influencer

Memperluas networking bisa kamu lakukan dengan banyak cara. Misalnya saja, kamu dapat mengomentari konten milik influencer lain. Alih-alih melakukan spam yang berujung dapat mengganggu, sebaiknya berikanlah komentar positif.

6. Menjadi influencer media sosial harus konsisten

cara menjadi influencer

Menjadi influencer yang sukses kamu juga perlu konsisten. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menyesuaikan frekuensi dan jadwal posting. Misalnya saja, kamu dapat membuat jadwal posting dengan melihat waktu-waktu tertentu saat tingkat engagement meningkat.

Konten yang diposting juga harus memberikan wawasan dan hal-hal positif. Singkatnya, makin konsisten kamu dalam memposting suatu konten yang menarik dan memberikan wawasan, maka makin tertarik pula audience.

7. Buat caption yang menarik

cara menjadi influencer

Last but not least jika kamu ingin menjadi influencer Instagram, kamu juga perlu memperhatikan penggunaan caption. Sangat disayangkan jika kamu memiliki kualitas foto atau video yang bagus, tetapi caption yang digunakan tidak menarik audience.

Caption sendiri merupakan unsur yang bagi sebagian orang mungkin sulit untuk dibuat. Nah, apabila kamu kesulitan untuk membuat caption di media sosial, tak perlu khawatir karena kamu bisa menggunakan jasa penulis untuk membuat caption yang menarik.

Ada banyak jasa penulis yang menyediakan layanan ini, salah satunya adalah Kontenesia. Kontenesia menyediakan jasa penulisan caption agar kualitas kontenmu makin meningkat, lho!

Tips-tips yang sudah dijelaskan di atas bisa kamu lakukan untuk menjadi influencer sukses. Bagaimana, tertarik dengan profesi ini?

 

Sumber referensi:

Glints (2020). Diakses pada 07 Januari 2021. Kamu Tertarik Jadi Influencer? Cek Tipsnya di Sini, yuk!

Glints (2021). Diakses pada 07 Januari 2021. 5 Tips untuk Membuat Caption Instagram yang Bisa Majukan Bisnismu

Influencer Marketing Hub (2021). Diakses pada 07 Januari 2021. How to Become an Influencer: 7 Easy Steps to Becoming a Social Media Influencer Today

NFI. Diakses pada 07 Januari 2021. How To Become An Influencer? – Everything You Need to Know

Permata Bank (2021). Diakses pada 07 Januari 2021. 8 Cara Jadi Influencer di Medsos dengan Ribuan Followers

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.