Posted on

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menjadi Game Streamer

game streamer

Adanya berbagai macam game, baik di PC maupun smartphone, merupakan salah satu perkembangan teknologi yang dirasakan oleh masyarakat dunia. Namun saat  , game bukan lagi menjadi bukti perkembangan teknologi saja, tapi juga bisa menjadi sumber penghasilan bagi mereka yang memiliki minat atau passion di bidang tersebut. Salah satu profesi yang berhubungan dengan game dan cukup populer belakangan ini adalah game streamer. Bila kamu tertarik untuk menjadi game streamer, perhatikan hal-hal berikut ini,

Apa Itu Game Streamer?

game streamer

Game streamer adalah orang yang memainkan game sambil melakukan live streaming agar permainannya tersebut dilihat oleh penonton secara online. Awalnya, aktivitas ini ditayangkan melalui aplikasi khusus streaming yang bernama Twitch oleh para gamers di Amerika Serikat. Akan tetapi, dengan adanya perkembangan sosial media saat ini, live streaming kini juga bisa dilakukan di Game.ly, Youtube, atau Facebook.

Sumber Penghasilan

Seorang game streamer bisa mendapat penghasilan dari beberapa sumber. Sumber penghasilan yang paling umum bagi seorang game streamer berasal dari subscriber, donasi, atau iklan. Dalam aplikasi Twitch, umumnya mereka yang melakukan live streaming saat memainkan sebuah game akan mendapat penghasilan dari subscribers. Di aplikasi seperti Youtube dan Facebook, misalnya, para streamers bisa mendapat penghasilan melalui iklan ataupun donasi dari para menonton.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

1. Perangkat

Perangkat menjadi hal mendasar yang perlu diperhatikan oleh seorang game streamer. Bila ingin memainkan game mobile, maka pilihlah smartphone yang didesain untuk bermain game. Hal ini karena biasanya jenis perangkat tersebut memiliki fitur-fitur yang mendukung penggunanya dalam merasakan sensasi bermain game yang lebih mulus dan lancar. Selain itu, perhatikan juga kapasitas baterai smartphone agar bisa melakukan waktu streaming yang lebih lama, tanpa khawatir daya cepat habis di tengah permainan.

Apabila kamu adalah peminat game PC, maka persiapkan komputeratau laptop dengan spesifikasi yang mendukung game yang akan dimainkan. Bila kamubisa menentukan sedari awal apa saja game yang ingin dimainkan, maka kamu tentunya juga bisa memperkirakan spesifikasi PC atau laptop seperti apa yang sesuai bujetmu.

2. Jenis Game

game streamer

Hingga kini, ada banyak sekali genre game seperti MOBA, FPS, arcade, petualangan, survival, dan lain sebagainya. Bagi para pemula, disarankan untuk memainkan satu jenis game yang disukai atau yang dikuasai. Jangan memainkan sebuah game hanya karena ingin ikut-ikutan tren saja, atau hanya karena game tersebut banyak dimainkan oleh gamer profesional.

Memainkan game yang kamu suka dan kuasai akan mempermudah serta mempercepat dalam mempelajari detail dan cara bermainnya. Dengan demikian, kamu akan lebih nyaman saat melakukan streaming, terutama ketika harus menjelaskan hal-hal yang ada di dalam game.

3. Hasil Streaming

game streamer

Sebelum menayangkannyadi depan khalayak ramai, kamu perlu melakukan uji coba dan melihat hasil streaming. Dengan begitu, kamubisa mengetahui kekurangan apa saja yang perlu diperbaiki sehingga para audiens akan merasa nyaman dan selalu tertarik untuk menonton live streaming milikmu.

Parameter terpenting dari live streaming yang perlu diperhatikan adalah gambar dan suara. Pastikan grafis dari game dan setiap pergerakan yang ada dapat terlihat dengan baik. Selain itu, pastikan juga suara kalian jernih dan dapat didengar dengan baik.

4. Waktu

game streamer

Semua hal yang berhubungan dengan view dan audiens tentu membutuhkan konsistensi, termasuk live streaming game. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menentukan waktu melakukan live streaming secara kontinu. Usahakan untuk melakukan live streaming di jam dan hari yang sama. Bila masih dalam tahap pemula, lakukanlah live streaming seminggu sekali dengan jam yang telah ditentukan. Setelah menentukan hari dan waktu, jangan lupa untuk selalu mengingatkan audiens kalian dengan membuat promosi di sosial media seperti story Whatsapp, Snapgram, atau lewat chat bila tergabung dalam sebuah komunitas tertentu.

 

5. Ciri Khas dan Kelebihan

game streamer

Perlu diingat bahwa bukan hanya kalian seorang yang menekuni profesi atau hobi ini. Bahkan, ada ratusan gamers lain yang memainkan game yang sama denganmu. Oleh karena itu, ada baiknya kalian mengenali diri sendiri dan menggali ciri khas serta kelebihan kalian. Kelebihan yang dimaksud bisa berupa kemampuan kalian dalam memain mode atau karakter tertentu dalam game, sedangkan ciri khas dapat berupa sapaan khas, gaya bicara, opening, tulisan, atau logo tertentu. Yang jelas, kedua aspek tersebutharus kamutampilkan saat melakukan live streaming agar para audiens bisa mengenal dan selalu mengingatmu.

Itulah penjelasan mengenai game streamer, mulai dari pengertian, sumber penghasilan, hingga beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggeluti profesi tersebut. Bagi kalian yang membutuhkan artikel seputar game, Kontenesia siap membantu membuatkan berbagai artikel sehubungan dengan topik  .

 

Sumber:

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190216152253-37-55900/bikin-merinding-ini-dia-pendapatan-streamer-video-game

https://dailysocial.id/post/5-tips-singkat-untuk-memulai-live-streaming-game-dari-smartphone

https://urbandigital.id/live-game-streamer/

https://www.acerid.com/tips-trik-live-streaming-game-ala-inayma/

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.