Posted on

Copywriting: Strategi Pemasaran Efektif Untuk Bisnismu

Copywriting: Strategi Pemasaran Efektif Untuk Bisnismu

Berkecimpung dalam dunia bisnis dan usaha pasti memerlukan strategi pemasaran yang efektif agar bisnis atau usahamu dilirik oleh banyak orang. Dalam hal ini, ada beberapa jenis strategi pemasaran; ada yang menggunakan paid promote, memanfaatkan adsense, atau memainkan kata-kata yang dapat memikat audiens.

Nah, memainkan kata tersebut bisa disebut dengan copywriting. Cara ini dinilai cukup efektif berkontribusi dalam pemasaran bisnis. Dalam setiap tulisan yang dipasang di iklan, promosi, media sosial, atau jenis lainnya, terdapat kata-kata yang attractive sehingga mampu membuat audiens tertarik pada suatu produk atau jasa.

Terdapat teknik penulisan lain yang sekilas hampir mirip dengan teknik copywriting. Beberapa dari kamu mungkin pernah mendengar juga tentang content writing. Dua hal tersebut terkesan sama, tetapi sebenarnya memiliki fungsi dan cara penulisan yang berbeda.

Perbedaan Copywriting dan Content Writing

Copywriting: Strategi Pemasaran Efektif Untuk Bisnismu

Dua metode ini merupakan sebuah pekerjaan yang memerlukan keahlian menulis. Namun, keduanya ternyata memiliki fungsi berbeda jika kita menilik beberapa aspek di dalamnya.

Copywriting merupakan teknik menulis konten untuk kebutuhan komersil. Biasanya, metode ini digunakan untuk mengiklankan sebuah produk atau jasa dan membangun branding. Jika kamu sering menemukan slogan sebuah produk atau jasa yang sangat eye catching atau kata-kata yang sering kita dengar dan lihat di televisi, itu semua merupakan hasil dari copywriting.

Sementara itu, content writing lebih berfokus pada pengembangan konten, seperti informasi, tips dan hal-hal lainnya yang relevan dengan produk suatu perusahaan. Teknik content writing lebih bertujuan untuk mengoptimalisasikan artikel agar website perusahan muncul di search engine.

Jadi, dua hal tersebut memiliki tujuan penulisan masing-masing. Copywriting digunakan untuk promosi dan iklan, sedangkan content writing digunakan untuk mengoptimalisasi website.

Teknik Copywriting Sebagai Strategi Pemasaran Efektif

Ada beberapa cara mengoptimalkan bisnismu, salah satunya dengan menerapkan teknik  copywriting pemasaran berikut. Dengan begitu,  banyak orang yang akan melirik dan tertarik untuk membeli produk atau jasa bisnismu.

  1. Membuat Headline yang Memikat

Cara pertama agar produk atau jasa bisnismu dilirik oleh audiens adalah judul atau headline yang menarik. Orang-orang cenderung akan tertarik membaca sebuah konten dengan headline memikat. Dilansir dari niagahoster.com, beberapa hal ini akan membuat judul menarik, antara lain menjelaskan manfaat produk atau jasa, menyusun kata-kata agar audiens ingin segera membeli, dan mencantumkan angka persentase.

2. Jelaskan Keunikan dan Manfaat Sebuah Produk

Copywriting: Strategi Pemasaran Efektif Untuk Bisnismu

Setiap produk atau jasa pasti memiliki keunikan dan manfaatnya masing-masing. Maka, kamu bisa menjelaskan alasan audiens harus membeli produk atau jasamu dengan semua kelebihan yang tidak dapat ditemukan di produk kompetitor. Jelaskan pula elemen-elemen yang menjadi unggulan produkmu.

3. Buat Kesan Mendesak

Copywriting: Strategi Pemasaran Efektif Untuk Bisnismu

Terkadang meski audiens sudah tertarik, mereka masih mempertimbangkan beberapa hal secara matang. Maka dari itu, agar audiens mau segera membeli produk atau jasamu, buatlah kata-kata yang memberikan kesan mendesak. Kata-kata tersebut dapat berupa “diskon hanya hari ini” atau pemberian batasan diskon seperti “hanya untuk 50 orang pertama”. Itu akan menjadikan audiens ingin segera melakukan transaksi dengan penawaran tersebut.

4. Call to Action

Copywriting: Strategi Pemasaran Efektif Untuk Bisnismu

CTA  menjadi hal yang sangat penting sehingga kamu tidak boleh melupakan hal ini di akhir tulisanmu. Berikan informasi dan penawaran terbaik agar audiens segera membeli produk atau jasamu begitu mereka selesai membaca tulisanmu. Kamu juga bisa mencantumkan link terkait agar audiens dapat segera menuju halaman yang kamu tawarkan. Gunakan juga warna yang kontras dan eye catching di setiap link dalam tulisan agar audiens mudah untuk menemukannya.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu ketahui tentang teknik permainan kata dalam copywriting pemasaran bisnis. Beberapa tekniknya dapat kamu terapkan agar penulisan kontenmu lebih efektif untuk pemasaran bisnis.

Jika masih sulit untuk membuat copywriting iklan yang baik, jangan khawatir. Kontenesia bisa lho membuatkannya sesuai dengan permintaan kamu. Kontenesia merupakan jasa penulisan SEO yang dapat membantu mengoptimalisasi traffic websitemu. Soal harga dan kualitas, tidak usah kamu ragukan lagi. Jangan sampai bisnismu terbalap oleh kompetitor karena kamu tak segera menghubungi Kontenesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.