Posted on

Hobi Sih Naik Gunung, Tapi Traffic ke Situs Gak Naik-naik. Inilah Tips dan Trik untuk Meningkatkan Traffic ke Situs Anda

Gunakan Desain Blog yang Profesional

Setiap blog harus mempunyai cara untuk mempertinggi traffic, salah satunya adalah dengan memublikasikan konten yang berkualitas. Dengan memublikasikan konten berkualitas secara teratur, berarti Anda sudah menyediakan sumber daya untuk meningkatkan traffic. Konten berkualitas juga akan memperkuat merek Anda, meningkatkan loyalitas pembaca yang sudah ada, maupun pelanggan potensial.

Nah, selain kualitas tulisan, ada beberapa tips dan trik lain untuk meningkatkan traffic ke situs Anda. Simak yuk!

Tips dan Trik untuk Meningkatkan Traffic ke Situs Anda

Gunakan Desain Blog yang Profesional

Gunakan Desain Blog yang Profesional
Gunakan Desain Blog yang Profesional / Kontenesia / www.ip-watch.org

Menyajikan tulisan, gambar, atau video yang berkualitas bagi pembaca adalah keputusan yang tepat. Keuntungannya adalah memperkuat merek Anda, meningkatkan kredibilitas, dan membantu meningkatkan penjualan.
Kesalahan pada kebanyakan blog yaitu menempatkan terlalu banyak iklan. Itu akan membuat pembaca risih dan tidak berkonsentrasi membaca artikel karena harus mengklik tombol. Untuk meningkatkan traffic, pastikan blog Anda indah dengan gambar, bukan iklan.
Pastikan pula desain blog Anda bisa tampak besar pada komputer, laptop, tablet, bahkan handphone. Gunakanlah font yang mudah dibaca. Tempatkan artikel terkait, supaya pembaca tertarik membuka.

Pastikan Web Anda SEO Friendly

Pastikan Web Anda SEO Friendly
Pastikan Web Anda SEO Friendly / Kontenesia / www.fairgoods.com

Website tidak hanya perlu terlihat baik di mata manusia, tetapi perlu juga memiliki kemudahan ditafsirkan oleh mesin pencari. Mudahnya terjaring mesin pencari akan membuat konten Anda merangkak naik ke permukaan Google. Jelas hal itu akan membuat traffic pun meningkat.

Pilihlah Topik Bijak dan Menarik

Pilihlah Topik Bijak dan Menarik
Pilihlah Topik Bijak dan Menarik / Kontenesia / www.tripleseo.com

Topik yang Anda sajikan akan menentukan siapa pengunjung Anda. Memilih topik yang bijak dan menarik adalah strategi jangka panjang untuk meningkatkan lalu lintas.
Pilihlah topik yang sedang populer atau sedang hangat-hangatnya dibicarakan. Pilihlah kata kunci (keyword) yang sesuai dengan topik Anda. Lakukanlah penelitian terhadap pesaing Anda, kata kunci apa yang mereka gunakan untuk meningkatkan traffic.

Menulis Artikel Berkualitas Tinggi

Menulis Artikel Berkualitas Tinggi
Menulis Artikel Berkualitas Tinggi / Kontenesia / www.digitalverge.net

“Konten adalah raja”__Bill Gates
Sampai hari ini, hal itu masih relevan. Artikel berkualitas tinggi akan lebih banyak dibaca oleh pengunjung yang pada gilirannya akan meningkatkan lalu lintas. Fokuslah pada kualitas, bukan banyaknya jumlah kata yang Anda tulis.

Berikut tips untuk membuat artikel Anda berkualitas:

  • Gunakan judul artikel yang baik dan menarik
  • Tingkatkan dan perbaiki tata bahasa yang digunakan
  • Lakukan wawancara
  • Bagilah berita penting
  • Bantu pembaca agar mendapatkan manfaat
  • Gunakanlah daftar untuk mempermudah pemahaman
  • Tambahkan gambar yang sesuai sebagai ilustrasi agar lebih menarik
  • Publikasikan artikel dari waktu ke waktu secara teratur
  • Anda tidak harus menangani artikel sendiri, sekarang sudah banyak penulis-penulis konten profesional yang bersedia membantu Anda.

Konsisten
Sebagian besar blog yang memiliki lalu lintas tinggi adalah yang memublikasikan konten beberapa kali per hari, per minggu, atau per bulan. Rencanakanlah frekuensi penerbitan artikel pada blog Anda. Konsistensi frekuensi penerbitan juga akan membantu meningkatkan traffic.

Berinteraksi dengan Pembaca
Sebenarnya, blog memberi Anda kesempatan untuk mengenal pembacanya. Salah satu tempat terbaik untuk berinteraksi dengan pembaca adalah pada area komentar. Jawablah pertanyaan yang pembaca Anda ajukan. Menonaktifkan komentar, akan memberi kesan buruk bagi pembaca.

Memudahkan Pengunjung untuk Berbagi Konten Anda
Jaringan medial sosial adalah sumber besar lalu lintas. Jika Anda ingin meningkatkan traffic, Anda perlu mempermudah pembaca untuk membagikan konten Anda. Cara terbaik melakukan ini adalah mengintegrasikan berbagai tombol media sosial pada konten Anda.

Kembangkan Eksistensi Blog
Cara yang paling efektif untuk meningkatkan eksistensi blog Anda adalah mendaftar pemasaran email yang ditargetkan. Hal ini lebih efektif daripada RRS, Facebook, Twitter, atau Google+. Oleh sebab itu, Anda harus mengambil kesempatan untuk meyakinkan pengunjung agar mau mendapatkan update dari email. Hal tersebut akan mengonversi pengunjung menjadi pelanggan. Blog Anda pun akan semakin tumbuh pesat.

Analisis Lalu Lintas Anda
Google Analytics dapat memberi tahu banyak tentang blog Anda sendiri. Google Analytics dapat menunjukkan artikel mana yang paling banyak dilihat, apa kata kunci dan kalimat unik yang menarik pengunjung, dan berapa banyak pengunjung blog Anda setiap harinya. Tinjaulah analisis statistik lalu lintas Anda setiap minggu, atau setiap dua minggu, atau setiap bulan. Kemudian targetkan traffic yang Anda inginkan. Jangan berkecil hati jika target tersebut belum tercapai.

Promosikan Blog Anda
Mempromosikan blog adalah hal yang akan membedakan antara blog mati dengan blog yang sukses. Jika Anda memiliki uang untuk diinvestasikan di dalam blog, Anda bisa mengembangkan blog lebih cepat dengan kehadiran media sosial dan iklan. Promosikanlah blog Anda agar mendapatkan traffic yang lebih baik.

Sabar
Kesabaran adalah hal yang paling penting dalam suatu pencapaian. Tetaplah fokus memperbaiki kualitas konten Anda. Jangan sedih jika traffic belum memenuhi target. Teruslah giat.

Semoga tips dan trik untuk meningkatkan traffic ke situs ini menjadi pendorong untuk kemajuan blog Anda. Nikmatilah suka dukanya menjadi blogger, dan selalu optimis dengan hal positif yang Anda lakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *