Posted on Leave a comment

Bukan Cuma ChatGPT, Ini Dia Tool AI yang Cocok untuk Digital Marketing!

Berbicara tentang AI tentunya tidak lengkap jika tidak mempelajari tooltool apa saja yang populer saat ini. Dari beragam tool AI yang ada di sekitar kita, ada banyak tool AI yang bisa kamu manfaatkan untuk digital marketing.

Tooltool ini pun bisa bermanfaat untuk berbagai hal, mulai dari pembuatan konsep, melakukan riset keyword, membuat konten digital marketing, bahkan hingga melakukan penyuntingan isi konten.

Karena ada banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan tool AI, pekerjaanmu jadi bisa lebih cepat selesai!

Tertarik untuk mengetahui ragam tool AI untuk digital marketing? Yuk, cari tahu informasinya di artikel berikut!

Kategorisasi Tool AI Berdasarkan Fungsinya

Nah, supaya mudah mengenal tool AI untuk digital marketing, mari kita kategorikan tool yang ada berdasarkan fungsinya.

Dalam kaitannya dengan digital marketing, tools yang saat ini sudah beredar di masyarakat bisa digunakan untuk:

  • Melakukan riset keyword
  • Membuat isi konten
  • Mengoptimalkan konten untuk meningkatkan ranking di search engine
  • Membuat gambar
  • Membuat video
  • Mengedit isi konten

Nah, dari ragam kegunaan AI yang sudah disebutkan di atas, mari kenali beberapa tools AI yang bisa kamu manfaatkan!

1. Melakukan Riset Keyword

Tool Ai

Riset keyword merupakan salah satu proses dalam digital marketing yang membutuhkan banyak waktu.

Maka dari itu, kamu bisa menggunakan tool AI untuk mempercepat proses riset keyword. Dengan cara ini, kamu dapat mendapatkan keyword yang baik dengan mudah.

Dilansir dari banyak sumber, berikut ini adalah beberapa tools AI untuk riset keyword yang bisa kamu coba.

ChatGPT

Bisa dibilang, ChatGPT merupakan tool AI yang serba bisa. Bahkan, kamu bisa menggunakan tool ini untuk mencari keyword yang bagus untuk kontenmu.

Jika ingin mencoba menggunakan ChatGPT untuk mencari insight keyword, maka kamu cukup mengetikkan prompt berisikan keyword/ide/judul yang diinginkan.

Sebagai contoh, kamu bisa mengetikkan: “Tolong buat daftar 10 keyword yang relevan dengan ‘X’”.

Keterbatasan: kamu tidak bisa mengetahui berapa trafik untuk masing-masing keyword yang kamu dapatkan dengan menggunakan tool ini.

Selain itu, ChatGPT memiliki fitur yang cukup terbatas dan informasi yang tersedia di database pun hanya sampai tahun 2021.

Kamu bisa menggunakan versi berbayar maupun versi gratis dari AI ini. Tentu, versi berbayar memiliki fitur yang lebih banyak jika dibandingkan dengan versi gratisan.

ContextMinds

Tool AI yang satu ini juga bisa kamu pakai untuk melakukan riset keyword. Bedanya dengan ChatGPT, Context Minds bisa membantumu menemukan keyword sesuai dengan volume pencarian dan difficulty score-nya.

Tool ini berbeda jika dibandingkan dengan tool AI lainnya. Pasalnya, kamu cukup memasukkan 1-2 topik kuncinya. Lalu, AI ContextMinds akan mencarikan keyword relevan yang berkaitan dengan topik yang kamu masukkan. Dengan ContextMinds, kamu bisa menemukan keyword yang relevan sebanyak apa pun.

Sama seperti ChatGPT, ContextMinds juga memiliki versi gratis dan berbayar. Versi berbayar dari tools AI ini dibanderol dengan harga 19 dolar per bulan. Cukup terjangkau, ya!

Rytr

Tidak hanya bisa kamu gunakan untuk menulis konten, kamu juga bisa memanfaatkan Rytr untuk fitur keyword generator-nya.

Keyword generator Rytr termasuk mudah digunakan. Tool AI ini pun bisa memberikan banyak pilihan keyword untuk kamu dalam berbagai variasi.

Tidak seperti Context Minds, sayangnya Rytr tidak mampu menunjukkan keyword difficulty score. Meski begitu, Rytr dapat kamu jadikan salah satu pilihan tool AI untuk digital marketing. Sebab, harga berlangganan layanan Rytr tergolong murah, yaitu mulai dari 9 dolar tiap bulannya.

2. Membuat Isi Konten

Tools Ai

Isi konten yang dimaksud di sini bisa berupa artikel yang SEO-friendly, bisa juga konten copy untuk email marketing, caption media sosial, dsb.

Apa pun kebutuhan konten kamu, berikut ini adalah rekomendasi tools AI yang bisa kamu gunakan.

GrowthBar

Jika kamu mencari tools AI yang menyediakan all-in-one content writing tool, GrowthBar bisa menjadi jawabannya.

GrowthBar merupakan alat digital marketing AI-powered yang memberikan banyak fitur menarik di dalamnya. Misalnya seperti:

  • Content generator, yaitu fitur yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten.
  • Internal Link Suggestion. Ini merupakan fitur yang bisa kamu gunakan untuk mencari internal link yang sesuai dengan isi konten yang kamu tulis.
  • Long-form writing AI feature. Dengan fitur ini, kamu bisa memanfaatkan GrowthBar untuk membuat konten-konten dengan jumlah kata yang panjang seperti artikel blog, press release advertorial, email newsletter, dsb.
  • Audit blog content. Sesuai dengan namanya, fitur ini dapat kamu gunakan untuk mengaudit konten blog menggunakan bantuan AI. Tujuannya adalah untuk mengevaluasi kualitas tulisan blog saat ini sehingga kamu bisa memperbaikinya jika diperlukan.
  • Rewriting. Bingung bagaimana mengolah teks dari referensi? Kamu bisa menggunakan fitur rewriting yang tersedia di GrowthBar. Dengan cara ini, kamu tidak perlu pusing-pusing memparafrase teks!

Karena memberikan fitur yang lebih komplet, wajar jika tools AI ini memiliki biaya subscription yang lebih mahal.

Ada 3 pilihan subscription plan yang bisa kamu jumpai di tool ini, yaitu Standard, Pro, dan Agency. Harga yang ditawarkan adalah mulai 29 dolar tiap bulannya.

CopyAI

CopyAI merupakan tool AI yang paling baik untuk copywriting. Tools ini memiiliki banyak fitur untuk membantumu membuat:

  • Caption Instagram yang menarik
  • Subject line yang menarik
  • Deskripsi produk
  • Sales copy, e-Commerce copy, website copy
  • Bentuk tulisan yang lebih panjang, misalnya artikel blog. Kamu juga bisa menggunakan Copy.ai editor untuk menyunting konten blog.

Menariknya, kamu bisa menemukan 100+ template copy dengan menggunakan tool ini. Dengan template ini, membuat copy jadi lebih mudah.

Selain itu, kelebihan CopyAI adalah  user interface-nya yang ramah, bahkan bagi pemula. Maka dari itulah, siapa pun bisa menggunakan CopyAI.

Kamu bisa menggunakan CopyAI versi gratisan atau versi berbayar. Untuk versi berbayar, pilihan pricing plannya adalah:

  • Pro (mulai 36 dolar/bulan)
  • Team (mulai 186 dolar/bulan)
  • Growth (mulai 1.000 dolar/bulan)
  • Scale (mulai 3.000 dolar/bulan).

Versi gratisan CopyAI sendiri cukup fungsional ketika digunakan. Apalagi, tool AI ini memiliki opsi gratis selamanya. Hanya saja, kamu memiliki batasan jumlah karakter yang digunakan dalam chatbot AI. Alhasil, jumlah hasil copy yang bisa kamu dapatkan pun terbatas.

Outranking

Tidak hanya bisa kamu manfaatkan untuk membuat content strategy, Outranking juga bisa kamu gunakan untuk membuat isi konten itu sendiri.

Beberapa fitur yang bisa kamu jumpai di Outranking adalah sebagai berikut:

  • AI Writing
  • Content strategy. Dengan fitur ini, kamu bisa membuat content calendar untuk campaign marketing yang kamu lakukan.
  • Keyword research. Fitur ini bisa kamu gunakan jika kamu membutuhkan riset keyword.
  • Content optimization. Gunakan fitur ini untuk mengoptimasi on-page SEO pada konten artikelmu. Selain itu, kamu bisa lebih mudah memasukkan internal link paling direkomedasikan dengan tool ini.

3. Mengoptimalkan konten untuk meningkatkan ranking di search engine

Tool Ai

Selain untuk membuat isi konten, kamu juga bisa memanfaatkan tools AI untuk mengoptimalkan isi konten. Tujuan utama mengoptimalkan isi konten ini adalah untuk mempermudah search engine mengindeks website-mu, meningkatkan ranking di hasil pencarian, serta untuk meningkatkan trafik kunjungan di website kamu.

Saat ini sudah banyak tools AI yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan konten. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut.

Surfer SEO

Salah satu tools AI-based yang bisa membantumu mengoptimalkan konten adalah Surfer SEO. Dengan tool ini, kamu bisa mendapatkan key features berikut:

  • Topic discovery, yaitu fitur yang memberikan rekomendasi topik serta keyword target yang sesuai dengan niche.
  • Outline builder. Fitur ini cocok untuk kamu yang bingung membuat kerangka penulisan. Dengan AI, membuat kerangka penulisan dengan lebih mudah.
  • AI writing. Surfer SEO juga menyediakan fitur penulisan konten. Jika kamu perlu membuat konten dalam waktu cepat, tools Surfer SEO ini akan sangat membantu.
  • Grow Flow. Fitur ini akan memberikanmu insight-insight di bidang SEO. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mengetahui topik-topik apa yang sedang populer, keyword apa yang sedang naik trafiknya, serta internal link apa yang bisa kamu hyperlink di konten artikelmu.

Untuk menggunakan tool ini , kamu bisa memilih satu dari lima plan yang tersedia. Plan termurah dari tool ini adalah 19 dolar per bulan dan akan ditagihkan secara tahunan.

Jasper AI

Opsi tool AI selanjutnya adalah Jasper AI. Tool yang satu ini memang tergolong  baru. Akan tetapi, kamu bisa menggunakan tool ini untuk melakukan berbagai hal. Misalnya seperti:

  • Membuat konten tertulis, baik artikel blog maupun copy untuk sales page, caption media sosial, dsb.
  • Mendeteksi tone tulisan
  • Melakukan pengecekan tata bahasa dengan adanya integrasi dengan Grammarly
  • Melakukan pengecekan plagiarisme
  • Melakukan rewriting teks
  • Menerjemahkan teks ke 30+ pilihan bahasa dengan fitur translation, dsb.

Tertarik menggunakan tool ini? Jasper AI menawarkan free trial untuk tujuh hari. Setelah itu, kamu perlu membayar versi premium dengan harga mulai dari 39 dolar per bulan (ditagihkan secara tahunan).

INK

INK pun bisa kamu coba gunakan sebagai tool SEO berbasis AI untuk mengoptimasi konten. Beberapa fitur yang tersedia di tool ini adalah sebagai berikut:

  • Keyword research
  • Membuat kerangka dan isi konten
  • Mengecek ejaan dan tata bahasa
  • Optimasi gambar
  • SEO score dan rekomendasi untuk meningkatkan skor SEO, dsb.

Sama seperti dua tools sebelumnya, INK juga menawarkan free trial untuk kamu yang ingin mencoba fitur-fitur yang tersedia. Setelah masa trial habis, kamu perlu membayar versi premiumnya mulai dari 39 dolar tiap bulan, ditagihkan tahunan.

4. Membuat gambar

Dalam sebuah campaign marketing, gambar merupakan sebuah komponen yang penting. Pasalnya, adanya gambar bisa menjadi penunjang teks yang disertakan.

Menariknya, saat ini kamu pun bisa membuat gambar menggunakan AI. Kamu cukup memasukkan prompt, lalu AI akan membuatkan gambarnya untukmu.

Ada beberapa tools AI yang dapat kamu gunakan untuk membuat gambar. Di antaranya adalah:

DALL.E

Dirilis oleh OpenAI, DALL.E merupakan tool AI yang menjadi ‘saudara’ ChatGPT. Fungsi utamanya adalah untuk menghasilkan gambar sesuai dengan prompt yang dituliskan.

DALL.E merupakan tool untuk membuat gambar yang sangat mudah pengoperasiannya. Hasil gambar yang dihasilkan pun memiliki daya tariknya sendiri, cukup realistis, dan konsisten. Konsisten di sini maksudnya adalah untuk prompt yang serupa, hasil gambar yang dihasilkan mirip satu sama lain.

Tidak seperti ChatGPT yang dapat kamu gunakan secara gratis, DALL.E merupakan tool AI penghasil gambar berbayar. Tidak ada free trial di tool ini, jadi kamu perlu membayar langsung jika ingin menggunakan layanannya. Tarifnya adalah mulai dari 20 dolar/bulan (DALL.E 3). Apabila kamu adalah pengguna ChatGPT premium, maka kamu gratis menggunakan tool ini dengan batasan tertentu.

Midjourney

Banyak pengguna suka menggunakan Midjourney untuk membuat gambar dengan bantuan AI. Dengan tool ini, mereka mengatakan bahwa hasilnya lebih menarik jika dibandingkan dengan hasil gambar dari tool AI lain. Selain itu, Midjourney cukup cepat memahami apa mau pengguna meski dengan prompt yang relatif minimal.

Untuk menggunakan Midjourney, kamu perlu memiliki akun Discord terlebih dahulu. Pasalnya, Midjourney tidak menawarkan opsi lain untuk login atau untuk membuat akun Midjourney sendiri. Selain itu, gambar yang dihasilkan melalui free trial bersifat publik sehingga dapat digunakan oleh siapa saja.

Tool AI penghasil gambar ini tidak menawarkan layanannya secara gratis. Layanan ini menawarkan pricing plan mulai dari 10 dolar per bulan (Basic Plan). Dengan pricing plan ini, kamu bisa menghasilkan hingga 200 gambar/bulan dengan hak penggunaan untuk kebutuhan komersial.

5. Membuat video

Tidak hanya membuat gambar saja yang sudah bisa dilakukan menggunakan AI. Video pun bisa diproduksi menggunakan AI. Kamu pun gak perlu repot-repot take video dan mengeditnya. Cukup sediakan script dan separuh proses pun sudah jadi!

Beberapa tool AI video generator yang bisa kamu gunakan adalah sebagai berikut.

Pictory

Tool AI ini cocok untuk marketer/content creator yang butuh video, tetapi tidak memiliki pengalaman membuat video. Tool ini juga cocok untuk marketer yang tidak memiliki cukup waktu untuk membuat video.

Bagaimana cara memanfaatkan Pictory untuk membuat video dengan mudah? Kamu cukup menyediakan script atau artikel, lalu Pictory akan menambahkan footage, musik, dan voice over sesuai dengan konteks dalam script/artikel tersebut. Menarik, bukan?

Untuk fitur-fitur menarik yang Pictory tawarkan, kamu perlu membayar premium plan mulai dari 19 dolar per bulan.

Synthesia

Selain Pictory, kamu bisa membuat video dengan tool bernama Synthesia. Menariknya, tool ini bisa kamu gunakan untuk membuat video dalam 120 bahasa, aksen, dan nada bicara.

Pengguna Synthesia juga bisa memanfaatkan avatar untuk dijadikan ‘pembicara’ dalam video tersebut.  Ada kurang lebih 150 avatar yang dapat kamu gunakan setelah kamu menggunakan plan premium.

Untuk menggunakan Synthesia secara premium, biaya yang dipatok tidak jauh berbeda dari biaya Pictory. Per bulannya, kamu akan dikenakan tarif mulai dari 22,5 dolar.

6. Mengedit Isi Konten

Mengacu pada konten teks seperti artikel, caption, product description, dan teks email marketing, kamu bisa menggunakan tools AI berikut untuk menyunting isi teks. Terutama jika konten teksmu menggunakan bahasa Inggris.

Grammarly

Jika sering menulis konten dalam bahasa Inggris, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan nama tools ini.

Grammarly adalah tools AI yang bermanfaat dalam penyuntingan konten, khususnya konten dalam bahasa Inggris. Dengan Grammarly, kamu dapat mengecek tata bahasa, ejaan kata, penggunaan tanda baca, hingga efektivitas kalimat.

Grammarly juga bisa kamu manfaatkan untuk mengetahui tone tulisan. Maksudnya, teknologi Artificial Intelligence Grammarly mampu menganalisis gaya tulisan. Misalnya seperti gaya tulisan optimistik, ceria, atau kaku (formal).

Kamu bisa mengakses Grammarly secara gratis. Namun, versi premium tool ini memberikan fitur yang lebih lengkap. Misalnya seperti rekomendasi diksi serta rekomendasi untuk membuat konten teks lebih engaging.

Selain itu, tools AI ini bisa kamu integrasikan dengan berbagai jenis platform. Dengan cara ini, mengedit tulisan di platform apa pun bisa dilakukan dengan mudah.

Yoast SEO

Sering berurusan dengan SEO (Search Engine Optimization)? Jika ya, tools AI yang satu ini mungkin sudah jadi alat ‘wajib’ untuk mengoptimasi laman secara on-page (on-page optimization).

Menariknya, tool SEO ini juga dapat kamu gunakan untuk menyunting konten, lho. Dengan Yoast SEO, kamu dapat mengetahui skor readability sebuah konten dan meningkatkan kualitas struktur konten.

Skor readability dan struktur konten merupakan dua komponen yang penting dalam optimasi on-page.

Dengan readability yang baik, kamu dapat meningkatkan kenyamanan audiens ketika membaca konten. Kenyamanan audiens dalam membaca konten ini juga bisa kamu dapatkan dengan membuat konten jadi lebih terstruktur.

Meski tidak hadir dengan fitur yang sama seperti pada Grammarly, menyunting konten menggunakan tool AI-based ini bisa meningkatkan kualitas kontenmu. Konten jadi lebih SEO-friendly dan alhasil, trafik kunjungan ke website pun berpotensi meningkat.

ProWritingAid

Selain dua tool di atas, rekomendasi tool AI yang dapat kamu gunakan untuk menyunting konten adalah ProWritingAid.

Dengan menggunakan ProWriting Aid, kamu bisa menggunakan beragam fitur seperti:

  • Pengecekan tata bahasa
  • Pengecekan ejaan dan tanda baca
  • Rekomendasi diksi
  • Meningkatkan readability
  • Memperbaiki struktur kalimat, dsb.

Sama seperti Grammarly, ProWriting Aid juga dapat digunakan secara gratis maupun berbayar.

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa contoh tools AI yang bermanfaat dalam digital marketing. Kira-kira, apakah ada dari tools di atas yang sering kamu gunakan?

Sebagai simpulan, tools AI bisa memberikan beragam manfaat untuk kegiatan digital marketing. Tools AI bisa membantu untuk mempercepat proses pembuatan, editing, serta meningkatkan kinerja konten agar bisa mencapai tujuan marketing yang diharapkan.

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk berinvestasi di toolstools tersebut jika memang diperlukan.

Kalau masih ragu menggunakan AI atau belum bisa menggunakannya karena budget terbatas, gunakan opsi lain agar kamu bisa membuat konten digital marketing dengan mudah. Salah satunya adalah dengan bekerja sama dengan Kontenesia.

Sebagai penyedia jasa penulisan artikel, Kontenesia sudah bekerja sama dengan berbagai klien perusahaan multinasional, startup, publisher, maupun UMKM dan blogger individual.

Penulis-penulis Kontenesia berpengalaman mengerjakan artikel dalam berbagai niche dengan hasil yang memuaskan. Tak lupa, Kontenesia juga memiliki tim editor yang siap meningkatkan kualitas artikel.

Selain layanan penulisan artikel, Kontenesia menyediakan layanan copywriting dan penulis outsource.

Untuk kamu yang membutuhkan layanan press release media nasional, kamu juga bisa bekerja sama dengan Kontenesia, lho!

Cari tahu lebih lanjut beragam program yang Kontenesia tawarkan dengan mengklik link berikut.

FAQ

Apa saja kegunaan tool AI dalam digital marketing?

Tool AI dapat digunakan untuk kebutuhan berikut:

  • Melakukan riset keyword
  • Membuat isi konten
  • Mengoptimalkan konten untuk meningkatkan ranking di search engine
  • Membuat gambar
  • Membuat video
  • Mengedit isi konten

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.