Posted on Leave a comment

Apa Itu Script Video? Ini Dia Definisinya

Dalam pembuatan konten video—baik konten video untuk YouTube maupun untuk media sosial, script video memiliki peranan yang penting. Bisa dikatakan, video kamu tidak bisa diproduksi dengan baik jika script video-nya tidak ditulis dengan baik juga.

Script video ini mirip seperti ‘planning’ bagaimana sebuah video akan diproduksi. Karenanya, jika plan disusun dengan baik, kualitas video yang akan dihasilkan pun juga bagus.

Nah, jika brand kamu menggunakan video untuk marketing, script video penting dibuat sebelum video tersebut diproduksi. Akan tetapi, bagaimana cara membuat script video? Apakah video script ini sama seperti skenario film?

Artikel ini akan memberimu insight mengenai apa pentingnya membuat script video dan bagaimana kamu membuat script video konten. Yuk, pelajari selengkapnya!

Apa Itu Script?

Script video

Sebelum membahas cara membuat script video, kamu tentu perlu tahu dahulu apa yang dimaksud dengan script itu sendiri.

Script, atau yang bisa disebut sebagai naskah video, merupakan sebuah dokumen yang berisikan kronologi adegan, pengambilan gambar, tindakan-tindakan tokoh utama dalam video, serta dialog apa yang ingin disampaikan di dalam video yang akan diproduksi.

Script video juga merupakan dokumen yang menjelaskan 5W + 1H yang digunakan dalam proses pembuatan video. Jadi, script video merupakan dokumen yang memuat penjelasan mengenai:

  • Video apa yang mau dibuat
  • Siapa saja yang berperan dalam proses pembuatan video tersebut. Proses pembuatan video—apalagi dalam konten video marketing, membutuhkan kerja sama banyak pihak. Pihak yang dimaksud misalnya seperti penulis script, tim marketer, serta editor video. Bahkan tidak jarang, ada pihak lain yang tidak secara langsung terlibat misalnya seperti stakeholder.
  • Mengapa video ini dibuat. Dengan mengetahui alasan dibuatnya video tersebut, Anda bisa menyusun script video dengan lebih baik. Isi konten yang dibuat pun juga bisa Anda sesuaikan dengan tujuan marketing.
  • Di mana video akan dibuat.
  • Kapan dan berapa estimasi durasi video yang akan dibuat.
  • Bagaimana video tersebut akan dibuat. Hal ini mencakup konten apa saja yang akan dibahas di dalam video. Di dalamnya, informasi-informasi lain terkait dengan video misalnya seperti gambar (still image), transisi, dan komponen video lain yang ditambahkan dalam video juga akan dituliskan dalam script.

Pentingnya Script dalam Pembuatan Video

Script video

Mengapa, sih, script video sangat penting untuk disiapkan dalam proses produksi sebuah video? Script video sangat penting untuk dibuat karena dokumen ini akan memberikanmu gambaran seperti apa video yang akan diproduksi.

Sebagaimana disebutkan, script video adalah master plan dari sebuah video. Dengan adanya dokumen ini, video yang dibuat jadi lebih terarah dan tim yang bekerja dalam proses produksi video pun bisa tahu apa yang harus dilakukan untuk membuat video mencapai tujuan marketing yang diharapkan.

Tanpa script video, video marketing yang dibuat bisa jadi ‘acak-acakan’ sehingga tidak dapat digunakan untuk mencapai tujuan marketing yang dibutuhkan. Resources (sumber daya) untuk produksi video pun jadi tidak bisa diberdayakan dengan efektif dan efisien tanpa menggunakan script video.

Apakah script sama dengan skenario?

Script Video

Sekilas, script dan skenario mungkin terdengar memiliki arti yang mirip. Dua dokumen ini sama-sama digunakan dalam proses storytelling. Akan tetapi, keduanya memiliki komponen yang berbeda.

Script video merujuk pada dokumen tertulis yang memuat dialog, stage directions, dan aksi yang diambil oleh karakter-karakter dalam video yang dibuat. Dalam konteks video marketing, script video merupakan dokumen yang memuat isi dari pesan marketing yang ingin disampaikan termasuk di dalamnya bagaimana animasi, still image, grafik, dsb. ditempatkan dalam video.

Di sisi lain, skenario umumnya merujuk pada outline dari sebuah cerita/narasi. Skenario memuat setting, dialog, karakter dan penokohan, serta alur cerita. Tak heran, skenario lebih sering digunakan dalam proses pembuatan sebuah film mengingat ada komponen karakter dan penokohan yang mungkin tidak begitu diperlukan dalam video marketing.

Langkah-langkah Membuat Script Video

Script Video

Bagaimana cara membuat script video? Secara umum, tahapan-tahapan yang perlu dilakukan dalam pembuatan script video adalah sebagai berikut:

  1. Tentukan siapa target audiensmu.
  2. Tentukan tujuan pembuatan video tersebut.
  3. Tentukan siapa main character di video tersebut.
  4. Buatlah brief video.
  5. Gunakan brief tersebut untuk membuat outline video.
  6. Mulai menulis script videomu.
  7. Lakukan editing video script.
  8. Uji coba penggunaan script.


FAQ

Apa itu script video?

Script video adalah dokumen yang berisikan kronologi adegan, pengambilan gambar, tindakan-tindakan tokoh utama dalam video, serta dialog apa yang ingin disampaikan di dalam video yang akan diproduksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.