Posted on

10 Aplikasi Desain Grafis yang Cocok untuk Pemula

aplikasi desain grafis

Bagi Anda yang masih hijau dalam dunia desain, aplikasi desain grafis di smartphone atau tablet dapat berfungsi sebagai sarana belajar. Hitung-hitung untuk menambah jam terbang Anda mengutak-atik gambar tanpa perlu membuka PC atau laptop.

Terlebih ada banyak sekali aplikasi desain grafis di hp yang dapat Anda unduh, baik untuk pengguna Android maupun iOS. Ide kreatif bisa datang kapan saja dan di mana saja, maka Anda perlu aplikasi andalan untuk menciptakannya secepat mungkin.

Nah, berikut 10 aplikasi desain grafis gratis yang cocok untuk pemula seperti Anda.

1. Paperless

aplikasi desain grafis
medium.goodnotes.com

Menyerupai Moleskine versi digital, aplikasi ini cocok untuk mencatatide maupun menciptakan sebuah karya. Anda dapat menambahkan buku virtual agar ide-ide yang pernah dibuat lebih terorganisir.

Beberapa tools yang ditawarkan cukup kompleks. Misalnya, Anda dapat menambahkan tiga layer dan menyesuaikan opacity tiap layer. Kemudian, tersedia beragam jenis brush yang cocok untuk menggambar, melukis, mewarnai, membuat sketsa, maupun menulis.

Opsi ekspor Paperless memang terbatas. Namun, hasil pekerjaan Anda dapat langsung Anda bagikan melalui Facebook, simpan ke galeri foto Anda, atau simpan dengan format PNG.

2. Infinite Design

aplikasi desain grafis
APKPure.com

Aplikasi desain grafis berbasis vektor ini memungkinkan Anda menciptakan desain dengan smartphone atau tablet. Versi gratis aplikasi sudah termasuk kanvas, layer, dan sistem undo &redo.Tersedia mode standar untuk opsi layerdan lima symmetry tools.

Anda juga menjumpai fitur impor gambar pada kanvas dan penambahan efek khusus, serta path editing dan pen tool untuk kontrol lebih akurat. Dalam versi ini Anda hanya dapat menyimpan hasil kerja sebagai JPEG.

3. ArtFlow

aplikasi desain grafis
YouTube.com

Aplikasi dengan rating tinggi ini menawarkan versi gratis yang bisa Anda coba sebelum memutuskan membeli versi pro. Meski gratis, Anda sudah dapat menggunakan 20 tools, dua layer, dan undo enam langkah.

Sementara, untuk versi berbayar, Anda bisa memakai lebih dari 70 brush dan tools, undo/redo tak terbatas, 16 layer, dan kemampuan ekspor file ke format PSD.

4. Sketchbook Express

aplikasi desain grafis
YouTube.com

Merupakan aplikasi yang dikembangkan Autodesk, Sketchbook Express adalah aplikasi desain grafis gratis untuk melukis dan menggambar. Anda akan terbantu dengan kemampuannya melakukan tugas sederhana, seperti membuat sketsa.

Meski tidak selengkap Sketchbook Pro, tetapi fitur yang ditawarkan cukup mampu mengakomodasi kebutuhan dasar desainer untuk segera menuangkan gagasan begitu inspirasi itu hadir.

5. Canva

aplikasi desain grafis
socaldigitalmarketing.com

Canva adalah aplikasi desain grafis online yang lebih dari sekadar software editor gambar. Anda bisa melakukan banyak hal dalam satu aplikasi, mulai dari editor foto, alat palet warna, pembuat kolase foto, hingga memilih kombinasi jenis huruf.

Bahkan, Anda bisa membuat infografis dengan banyak pilihan elemen desain dan font gratis. Bagi pemula, tersedia aneka template menarik yang mudah untuk dipersonalisasi sesuai keinginan Anda.

Untuk pengalaman lebih lengkap, tentu saja Anda dapat membuka Canva melalui browser. Namun, untuk aplikasi mobile di iOS atau Android, fitur-fitur yang ditawarkan sudah cukup lengkap.

6. Pixlr

aplikasi desain grafis
YouTube.com

Mengklaim diri sebagai aplikasi editor foto paling populer di seluruh dunia, Pixlr menawarkan lebih dari 600 efek, overlay, dan bingkai. Fitur paling favorit tentu saja editor foto yang memudahkan Anda dalam cropping atau sekadar touch up secara digital.

Anda yang familier dengan Photoshop akan menemukan kesamaan tampilan muka pada Pixlr. Tersedia gratis di platform Android dan iOS. Namun, untuk versi berbayar, Anda memperoleh keuntungan bebas iklan dan akses penuh stiker atau bingkai foto unik.

7. PicLab

aplikasi desain grafis
apkgk.com

Ini merupakan aplikasi desain grafis favorit para pengguna platform iOS. Dengan PicLab, Anda dapat menyunting foto dengan menyenangkan. Tampilan antarmuka sederhana membuat proses tersebut mudah dilakukan dalam beberapa langkah saja.

Namun, fitur paling populer adalah tipografi. Banyak desainer yang memakai aplikasi ini karena koleksi jenis font yang nyaris tak berbatas. Jangan lupakan akses pada beragam efek foto menarik, serta 20 efek filter yang berbeda untuk mempercantik foto.

8. ArtStudio

aplikasi desain grafis
thedeadpixelssociety.com

Termasuk aplikasi desain yang populer di kalangan pengguna iOS, ArtStudio membuat Anda leluasa menggambar sketsa, melukis, lengkap dengan alat penyuntingan foto.

Meski gratis, Anda bisa menikmati berbagai fitur seru. Mulai dari 16 tools, 150 brush, layer option, dan hingga 40 filter menarik untuk memberikan tampilan unik pada foto. Dijamin Anda tak akan bosan mengulik foto terus menerus dengan aplikasi ini.

9. Adobe Photoshop Express

aplikasi desain grafis
Cnet.com

Waktu menyunting foto lebih menyenangkan, cepat, dan mudah dilakukan dengan Adobe Photoshop Express. Anda dapat memakainya untuk menyatukan beberapa foto dalam satu gambar, mengurangi efek blur pada kamera, dan lain sebagainya.

Tentu saja fitur dasar editor foto sudah tersedia lengkap di sini dan dapat Anda lakukan hanya dengan satu sentuhan saja. Tersedia 20 efek filter menarik yang mampu menambah intensitas foto secara instan.

10. Logo Foundry

aplikasi desain grafis
jonathan-menet.fr

Butuh membuat logo tetapi bingung mulai dari mana? Logo Foundry adalah jawabannya. Di sini Anda dapat membangun konsep dan menciptakan desain logo keren dengan menambahkan atau menyunting bentuk, gambar, maupun teks.

Kreasikan kombinasi huruf, warna, bentuk, dan elemen dasar lainnya pada logo buatan Anda. Hasil yang diperoleh pun tak kalah dengan logo buatan penyedia jasa desain. Aplikasi ini cocok untuk Anda yang mencari aplikasi pembuatan logo versi mobile.

 

Demikian 10 aplikasi desain grafis yang cocok untuk pemula. Anda dapat berlatih membuat sebuah karya untuk melengkapi tulisan yang dipesan melalui jasa penulis artikel. Pasti tampilan artikel Anda terlihat lebih profesional.

Namun, sebelum mengunduh, pastikan masih tersedia cukup ruang pada memori smartphone Anda. Sekarang waktunya Anda memilih aplikasi mana yang tepat sebagai partner belajar desain grafis.

Selamat berlatih!

2 thoughts on “10 Aplikasi Desain Grafis yang Cocok untuk Pemula

  1. […] itu, pameran yang diadakan di Pusat Kebudayaan Belanda Erasmus Huis ini diadakan supaya karya desain grafis dihargai sebagai karya […]

  2. […] desainer profesional merekomendasikan Canva pada pemula atau penggemar desain grafis. Tersedia banyak template dan elemen desain gratis untuk memudahkan pengguna […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.