Posted on

5 Langkah Mudah Memulai Bisnis Online Shop Bagi Pemula

bisnis online shop bagi pemula

Saat ini bisnis online shop sedang menjadi usaha yang banyak diincar oleh banyak orang. Pasalnya, bisnis menjanjikan keuntungan yang cukup menggiurkan bagi pelaku usahanya. Apalagi jika ditekuni dan dilakukan dengan langkah yang benar.

Bagaimana tidak? Saat ini hampir setiap orang lebih suka berbelanja secara online dibandingkan langsung pergi ke toko konvensional. Tentu saja ini menjadi keuntungan besar bagi para pelaku usaha online.

Jika Anda juga tertarik untuk menjalankan bisnis online tetapi tidak tahu bagaimana caranya, tidak usah risau. Di sini kami akan berikan langkah mudah untuk memulainya.

5 Langkah Mengawali Bisnis Online Shop

 

bisnis online shop

Untuk memulai bisnis online dan mendapatkan penghasilan maksimal, tentunya dibutuhkan langkah yang tepat. Selain menentukan nama olshop yang bagus, ada beberapa langkah lain yang harus Anda lakukan. Mari kita bahas bersama langkah-langkah tersebut.

1. Riset Produk

bisnis online shop

Sebelum menentukan akan menjual produk apa, ada baiknya jika melakukan riset terlebih dahulu. Anda bisa mencoba mencari tahu apa yang saat ini sedang tren atau sedang banyak dibutuhkan oleh konsumen.

Hal ini penting dilakukan untuk memastikan produk yang Anda jual akan banyak dibutuhkan di pasaran. Dengan begitu, proses pemasaran bisa berjalan lebih optimal karena produk yang Anda tawarkan banyak dibutuhkan oleh konsumen.

2. Pahami Produk yang Dipasarkan

bisnis online shopee

Setelah berhasil menentukan produk apa yang akan Anda jual di online shop, pastikan Anda memahami produk tersebut. Jangan sampai Anda tidak memahami produk yang dipasarkan. Bagaimanapu juga, pada saat promosi produk, Anda harus bisa menjelaskan detail produk tersebut.

Misalnya, produk yang Anda pilih adalah hijab segi empat. Maka, Anda harus memahami hijab tersebut secara detail. Mulai dari jenis kain yang digunakan, karakter kain yang digunakan, kualitas kainnya, kualitas jahitannya, pilihan warna, dan lain sebagainya.

3. Riset Kompetitor

Riset kompetitor bertujuan untuk mengecek sederas apa arus yang akan Anda lalui. Jika kompetitornya cukup banyak, arus yang akan Anda lalui kemungkinan cukup deras. Jika demikian, Anda bisa memilih mengganti jenis produk yang akan dipasarkan.

Selain itu, riset kompetitor juga berfungsi untuk membedakan produk yang Anda jual dengan produk mereka. Meskipun menjual jenis produk yang sama, Anda bisa menciptakan sesuatu yang baru dan tidak dimiliki oleh para kompetitor.

Misalnya saja salah satu produk teknologi yang sampai saat ini masih menjadi primadona, yaitu produk Apple. Meskipun kompetitornya dalam bidang teknologi sangat banyak, produk besutan Apple tetap menjadi primadona karena perusahaan tersebut memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh kompetitornya.

4. Tentukan Platform Penjualan

 bisnis online shop

Saat ini sudah tersedia banyak platform online shop yang bisa Anda pilih dengan mudah untuk memasarkan produk. Pastikan Anda memilih platform yang tepat dan sesuai dengan target market dari produk tersebut.

Kini Anda bisa memasarkan produk di berbagai platform, mulai dari marketplace, sosial media, atau bahkan website. Semua platform tersebut bisa Anda pilih sesuai dengan target market dari produk.

Jangan lupa untuk menyusun strategi marketing yang sesuai dengan target market dan platform tersebut karena setiap platform memiliki strategi marketing yang berbeda. Dengan begitu, proses pemasaran bisa berjalan lebih optimal.

5. Buat Kemasan Menarik

Membuat kemasan menarik bisa menjadi nilai jual yang sangat baik untuk produk yang Anda pasarkan. Misalnya, pada produk kosmetik. Rata-rata para wanita akan memburu kosmetik dengan kemasan yang menarik sekalipun mereka belum tahu bagaimana kualitas dari produk tersebut.

Anda juga bisa menambahkan nama olshop yang bagus pada kemasan produk. Nama olshop juga bisa dicantumkan dalam bentuk logo pada kemasan agar terlihat lebih simpel dan menarik.

Perlu diingat, agar kemasan produk dibuat dengan desain yang sesuai dengan jenis produk dan target market. Jangan sampai produk yang dijual adalah kaos pria, tetapi dikemas dalam kemasan berwarna pink girly. Tentu saja desain kemasan tersebut kurang tepat.

Ketika membuka sebuah online shop, Anda akan membutuhkan deskripsi produk yang menarik untuk bisa mencuri perhatian pelanggan. Jika Anda butuh jasa penulis deskripsi produk, ke Kontenesia saja. Kami bisa buatkan deskripsi produk yang menarik untuk Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.