Posted on

5 Alasan Kenapa Anda Harus Terjun ke Dunia Bisnis Online

Bisnis Online

“Jika bisnis Anda tidak di internet, maka bisnis Anda akan tutup.” Begitulah kata-kata yang pernah keluar tentang bisnis online dari Bill Gates, pengusaha sekaligus penemu Microsoft yang masih menjadi pilar di dunia digital.

Hal tersebut menggambarkan betapa pentingnya internet dalam kemajuan bisnis. Kalau Anda sekarang sedang merintisnya, banyak alasan kenapa Anda harus merambah ke dunia online.

Target Pasar yang Luas

Bisnis Online
Bisnisbisnis.ID

Tanpa menjaring konsumen secara online, target pasar Anda hanya berkutat di sekitar lingkungan tempat usaha Anda berdiri. Mulailah dengan menjual produk di e-commerce atau media sosial.

Terlebih lagi, e-commerce yang saat ini tersedia sudah memiliki sistem yang intuitif dan mudah digunakan. Beberapa bahkan bisa digunakan tanpa biaya sedikit pun. Yang Anda butuhkan pertama kali adalah foto produk yang mumpuni.

Dengan menggunakan e-commerce dan media sosial, Anda membuka kesempatan bagi orang lain untuk mengenal produk Anda. Setelah itu, membangun sebuah website juga bisa menjadi representasi yang baik dari bisnis online Anda.

Saat ini, konsumen cenderung mencari informasi secara online terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu. Buatlah website secara informatif dan semenarik mungkin bagi target pelanggan Anda.

Bukan tidak mungkin, produk Anda nantinya bisa merambah pasar internasional. Dengan jaringan pengiriman kargo yang semakin mudah dijangkau, hal tersebut bisa saja dilakukan.

Pelayanan yang Maksimal untuk Pelanggan

Bisnis Online
technofaq.org

Dengan teknologi internet yang semakin pesat, perilaku konsumen pun ikut berubah. Sekarang, banyak orang mengharapkan pelayanan yang lebih tepat, cepat, dan personal.

Inilah mengapa, banyak bisnis online yang menyediakan chat center atau call center selama 24 jam. Tujuannya adalah agar semua kebutuhan konsumen potensial bisa dilayani dengan maksimal.

Tentu saja, dibutuhkan tenaga atau teknologi ekstra untuk bisa melayani selama 24 jam. Meskipun begitu, konsumen saat ini lebih kritis dan juga suportif. Jadi, layanan harus dilakukan dengan lebih hati-hati dan sesuai dengan harapan konsumen.

Reputasi bisnis bisa dengan mudah jatuh apabila layanan Anda tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Sebaliknya, ketika konsumen merasa puas dengan layanan Anda, hanya butuh waktu sekejap sebelum bisnis Anda menjadi terkenal melalui rekomendasi mereka.

Membangun Citra Perusahaan

Bisnis Online
i4consulting.org

Saat ini, bukan hanya sebuah kantor yang menjadi wajah perusahaan. Website pun kini menjadi representasi dari bisnis online Anda. Tidak sedikit konsumen yang menilai layanan sebuah perusahaan dari website-nya.

Website diharapkan bisa menjadi jembatan perkenalan antara produk yang Anda jual dan pelanggan yang tertarik untuk membeli. Untuk membangun citra perusahaan, ada baiknya Anda menggunakan jasa penulis artikel.

Jasa penulis serupa bisa membantu Anda untuk mengisi website dengan artikel informatif yang berkaitan dengan produk Anda. Dengan adanya artikel yang informatif di website, konsumen akan semakin mantap untuk membeli produk Anda sebagai pilihannya.

Selain itu, Anda pun bisa memasukkan fitur belanja di dalam website. Setelah mendapatkan informasi melalui artikel serta berkonsultasi di chat center, pelanggan bisa langsung memproses transaksi melalui website. Ini artinya, penjualan bisa dilakukan dengan cara yang lebih praktis.

Hemat Biaya Operasional

Bisnis Online
bebetterdomore.com

Dengan cakupan bisnis online yang lebih luas, bayangkan jika Anda harus melakukan promosi dengan cakupan yang sama secara offline. Tentu biaya dan tenaga yang dikeluarkan akan jauh lebih besar.

Biaya operasional sebuah website dalam satu tahun bisa jadi lebih murah dibandingkan jika harus memasang iklan di media cetak. Secara disruptive, iklan dan informasi bisa tersampaikan ke konsumen yang membutuhkan produk Anda.

Biaya yang mungkin Anda keluarkan adalah pemasangan iklan di Google dan media sosial, biaya maintenance situs, serta biaya jasa penulis artikel. Semua hal ini bisa dilakukan secara berkesinambungan dengan langkah yang cukup mudah.

Berperan dalam Pengembangan Perusahaan

Bisnis Online
papilioservices.com

Melalui langkah yang tepat di bisnis online, usaha Anda akan lebih cepat berkembang. Pertama, Anda bisa lebih mudah melakukan analisis pasar jika melakukan penjualan dan promosi secara online. Kedua, Anda juga bisa mengerti kemauan konsumen karena menerima langsung feedback melalui chat, customer service, dan ulasan.

Keuntungan lain dari berbinis online adalah Anda tetap bisa melakukan bisnis secara offline di toko atau tempat usaha. Terjun ke dunia bisnis online bukan berarti Anda meninggalkan cara lama. Sebaliknya, jaringan online akan menambah peluang Anda dalam berbisnis.

Apa Saja yang Dibutuhkan?

Bisnis Online
bombcitymarketing.com

Sering kali, pebisnis ragu untuk menjalani bisnis online karena tidak yakin akan produknya sendiri. Nyatanya, hampir semua produk kini bisa dijual secara online, dari mulai produk berupa barang, makanan, hingga jasa.

Untuk memulai menambah jaringan bisnis menjadi online, terlebih dahulu pilihlah platform apa yang akan Anda gunakan. Penggunaan platform media sosial dan e-commerce gratis bisa menjadi awal yang baik.

Setelah itu, lanjutkan dengan berinvestasi untuk membangun website. Hal tersebut akan berfungsi sebagai basis dari bisnis online Anda. Kalau perlu, gunakan jasa profesional untuk membangun website dan melakukan maintenance.

Sebagai representasi perusahaan, sebuah website harus mudah digunakan serta menawarkan fungsi tertentu bagi konsumen. Tidak perlu khawatir jika Anda memulai dari website yang sederhana. Seiring waktu, perkembangan bisa selalu dilakukan.

Jadi, bagaimana, siap untuk terjun ke dunia online? Banyak informasi yang bisa Anda dapatkan seputar tips menjalani bisnis secara daring. Yang terpenting, sikap optimis dan kreativitas harus terus dijunjung tinggi dalam berusaha.

3 thoughts on “5 Alasan Kenapa Anda Harus Terjun ke Dunia Bisnis Online

  1. […] muslim yang berupa gamis, tunik, rok panjang, dan hijab memang menjadi primadona di dunia usaha online. Penduduk Indonesia adalah salah satu di antara yang melek fashion. Maka dari itu, produk […]

  2. […] usaha rumahan. Salah satunya, Gigi Butler. Wanita yang berasal dari Tenesse, Amerika Serikat ini membangun bisnis cupcake dari modal $33 […]

  3. […] ada pertanyaan, kapan sebaiknya bisnis online dimulai? Jawabnya adalah: sekarang! Mulailah merencanakan produk barang atau jasa apa yang akan Anda […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.