Posted on

Melirik Potensi Startup sebagai Bisnis yang Menjanjikan

bisnis yang menjanjikan

Persaingan startup di Indonesia dan dunia menimbulkan pertanyaan: masihkah startup menjadi bisnis yang menjanjikan? Menteri Riset dan Teknologi, Dikti M. Nasir, menganggap bahwa Indonesia memiliki potensi menjanjikan untuk bisnis startup. Anda hanya harus memilih jenis usaha dan strategi yang tepat untuk terjun ke dalamnya.

Tren Ekonomi Digital dan Bisnis Startup Menjanjikan

bisnis yang menjanjikan
medellinliving.com

Indonesia sedang menjalani Revolusi Industri Keempat, yaitu periode di mana berbagai aspek usaha sudah didukung sistem siber serta digital. Perluasan jaringan internet, peningkatan adopsi sistem pembayaran nontunai, serta semakin tingginya tingkat kepemilikan ponsel juga semakin mendukung meluasnya tren pembukaan bisnis bersistem digital.

Pemerintah Indonesia juga mendukung tren ekonomi digital dengan menciptakan Gerakan Kewirausahaan Nasional sejak 2011. Pemerintah memberi dukungan pada anak muda serta pemilik bisnis kecil untuk semakin meningkatkan penghasilan. Programnya antara lain pemberian pelatihan, pengadaan program-program terkait peningkatan keahlian, kemudahan proses pendirian usaha, dan sebagainya.

Kehadiran unicorn startup seperti Go-Jek dan Tokopedia juga memicu munculnya startup lokal lain. Dengan dukungan sistem digital serta program pemerintah, para pelaku startup di Indonesia mendapat kesempatan yang semakin besar untuk memulai bisnis.

Keuntungan Mendirikan Startup

bisnis yang menjanjikan
TheNextWeb.com

Startup dan bisnis kecil tradisional memiliki keunggulan yang mirip. Pendirinya bisa berasal dari berbagai latar belakang, termasuk tanpa pendidikan formal. Keduanya juga dimulai dengan modal kecil, dan cenderung membidik segmen pasar spesifik. Akan tetapi, ada beberapa alasan spesifik mengapa Anda sebaiknya memilih startup, misalnya:

Bisa mulai dari mana saja

Anda bisa memulai startup bahkan tanpa memiliki kantor atau bengkel khusus, dan cukup berbekal internet, cloud, serta kantor virtual. Hal ini membuka kesempatan bagi siapa saja untuk memulai bisnis.

Mudah mendapat dana investasi

Tren wirausaha masa kini telah membuka banyak saluran investasi khusus pengusaha kecil, terutama pemain dalam bidang digital. Anda bisa menemukan berbagai forum digital untuk mendapat pendanaan startup, dan tidak perlu menjadi selevel bisnis besar dulu sebelum mendapat dana.

Mudah mengembangkan bisnis

Jika Anda memulai bisnis sebagai startup, proses pengembangan akan makin mudah. Hal ini berbeda dengan bisnis kecil konvensional yang hanya bertujuan mendapat laba kecil tetapi reguler.

Mudah beradaptasi dengan zaman

Startup digital (atau yang banyak melibatkan teknologi digital) cenderung mudah beradaptasi dengan perkembangan zaman. Anda bisa menyesuaikan sistem dengan tren baru, sehingga tidak perlu mengadopsi teknologi baru dari awal.

Proses promosi dan publikasi lebih mudah

Jangkauan luas jejaring sosial dan forum memudahkan Anda untuk mempromosikan startup. Anda bahkan bisa menyesuaikan antar target pasar dan produk dengan jaringan promosi yang digunakan. Misalnya, LinkedIn tepat untuk mempromosikan bisnis kepada kaum profesional tertentu.

Pendirian startup kini semakin mudah dengan pengadaan sistem oleh pemerintah Indonesia. Misalnya, kantor pajak dan institusi pemerintah lain kini sudah menyediakan sistem digital untuk memudahkan birokrasi. Anda juga bisa menemukan berbagai aplikasi akuntansi dan perpajakan untuk memudahkan urusan.

7 Bidang Startup Potensial di Indonesia

bisnis yang menjanjikan
vccircle.com

Potensi bisnis startup di Indonesia semakin menanjak, terbukti dengan hadirnya tujuh startup yang masuk ke dalam daftar Under 30 Asia versi Forbes 2018. Berdasarkan daftar tersebut, ada tujuh bidang yang cukup potensial untuk dijadikan usaha baru, yaitu:

Pembayaran Nontunai

bisnis yang menjanjikan
dqindia.com

Gaya hidup masyarakat Indonesia semakin tidak asing dengan sistem pembayaran nontunai. PayAccess mewakili Indonesia dalam daftar Forbes untuk bidang ini. Teknologi pembayaran nontunai yang ideal harus mendukung kegiatan harian masyarakat (sesuai kebutuhan) dan bisa digunakan secara luas.

Transportasi Daring (dan Turunannya)

Kesuksesan Go-Jek telah melahirkan banyak pesaing, namun ada yang mengambil sudut pandang unik dalam mengadopsi bisnis ini. Karta, wakil Indonesia di daftar Forbes, menawarkan jasa iklan berjalan lewat papan reklame yang dibawa pengendara motor.

Mode

Bidang mode masih menjadi primadona, termasuk yang ditunjukkan Sale Stock sebagai wakil Indonesia dalam daftar Forbes. Masyarakat Indonesia tidak lagi bergantung pada merek mahal. Sebagian besar kini mementingkan keunikan desain dan kenyamanan ketimbang harga. Hal ini mendukung pangsa pasar cukup besar.

Sistem Peminjaman untuk UKM

bisnis yang menjanjikan
hebatnyaukm.org

Meningkatnya perkembangan UKM juga menuntut adanya sumber pendanaan lebih banyak. Modalku adalah startup P2P yang sukses menembus daftar Forbes di bidang ini. Jika Anda tertarik, kuncinya adalah menjaga konsistensi, etika, dan kepercayaan dalam mengelola keuangan nasabah.

Aplikasi Pendukung Kegiatan Petani atau Peternak

Petani dan peternak sering harus meminjam dari lintah darat untuk menanam bibit. Anda bisa menguranginya dengan mewujudkan sistem peminjaman dana berbunga kecil. Startup Crowde mengusung ide ini untuk meminjamkan modal pada petani kecil.

Aplikasi jual-beli

bisnis yang menjanjikan
AstroPrint.com

Aplikasi jual-beli masih menjadi salah satu primadona di Indonesia. Pemilik marketplace harus pandai mencari ceruk pasar agar bisa menarik pengguna baru. Pendiri aplikasi Prelo, misalnya, berfokus pada jual-beli barang bekas, lengkap dengan fitur yang sesuai.

Pengadaan terpadu (integrated procurement)

Dunia bisnis yang semakin membutuhkan sistem pengadaan terpadu. Sistem ini memadukan layanan pemesanan berjumlah besar dengan manajemen proyek, sehingga klien tidak perlu menemui beberapa pihak berbeda. Hal ini membuat startup pengadaan seperti Fabelio mampu masuk ke daftar Forbes.

Ketujuh bidang ini bukan satu-satunya pilihan, namun Anda bisa menjadikannya sebagai panduan jika ingin memulai startup baru.
<3>Kesimpulan

Perkembangan tren startup di Indonesia menunjukkan kemajuan yang menjanjikan. Walau persaingan semakin besar, penggagas bisnis baru semakin dimudahkan dengan teknologi dan layanan pendukung yang semakin beragam. Pemerintah Indonesia juga giat mendukung tren wirausaha dengan berbagai program. Melihat semua potensinya, startup jelas merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan di Indonesia.

2 thoughts on “Melirik Potensi Startup sebagai Bisnis yang Menjanjikan

  1. […] alasan mengapa artikel adalah elemen penting bagi website bisnis startup. Masalahnya, menulis konten yang baik dan dapat menarik minat pembaca bukanlah hal yang mudah. Anda […]

  2. […] melakukan semuanya untuk Anda. Anda hanya perlu fokus untuk mengembangkan inovasi-inovasi baru bagi perusahaan startup yang Anda […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.