Posted on

Bagaimana Cara Buat Website agar Lebih Menjual?

Cara Bikin Website

Di era digital seperti sekarang, website menjadi media penting untuk mempromosikan sebuah bisnis. Website yang menarik akan membuat pengunjung mendapat kesan yang baik saat membukanya. Apabila Anda menawarkan produk atau jasa, mereka pun pastinya akan lebih yakin untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Lalu, bagaimana cara buat website agar lebih menjual dan menarik pembeli? Berikut adalah beberapa tips yang sebaiknya Anda perharikan saat membuat website bisnis.

1. Buat Website yang Responsive

Cara Bikin Website
itnext.io

Tips pertama yang wajib Anda lakukan agar website bisnis lebih menjual adalah dengan membuat responsive web. Mengapa hal ini diperlukan? Saat ini, pengguna internet lebih sering mengakses web melalui mobile browser daripada web browser. Karenanya, responsive web menjadi suatu keharusan agar website tetap berfungsi dengan baik saat diakses melalui smartphone atau tablet. Dengan mendesain web yang responsive, website secara otomatis akan menyesuaikan ukuran sesuai dengan layar gadget yang digunakan.

2. PerhatikanKomponen Branding (Logo, Font, dan Warna)

Cara Bikin Website
anthillonline.com

Setelah responsive web, hal lainnya yang juga wajib Anda perhatikan agar website terlihat lebih menjual adalah komponen branding seperti logo, font, serta warna. Komponen branding yang menarik dan konsisten akan lebih meyakinkan pengunjung dan membantu memperkuat identitas bisnis atau brand Anda. Selain itu, branding yang menarik juga akan membuat website bisnis Anda terlihat lebih profesional.

3. Gunakan Gambar yang Eye Catching

Cara Bikin Website
directionguru.com

Pemilihan foto juga penting untuk menyempurnakan desain dan layout website. Agar terlihat lebih menarik dan menjual, pilih gambar yang eye catching dan dapat memikat pengunjung untuk melakukan transaksi. Dengan begitu, angka konversi penjualan tentu akan lebih tinggi.

4. Buat Navigasi yang Jelas dan Rapi

Cara Bikin Website
Puskomedia.id

Website dengan navigasi yang jelas dan rapi akan membuat pengunjung lebih mudah dan betah untuk mengeksplorasi isi di dalamnya. Sebaliknya, apabila website memiliki navigasi yang buruk, hal itu akan membuat pengunjung frustasi dan malas untuk mengeksplorasi website lebih jauh. Oleh sebab itu, pastikan navigasi website Anda sudah memenuhi kriteria yang mudah digunakan dan tidak membuat pengunjung bingung.

Perlu Anda ketahui juga, karakteristik pengunjung yang berkunjung ke sebuah website, khusunya website toko online terdiri dari beberapa tipe. Tipe yang pertama adalah mereka yang suka mengeksplorasi produk-produk di suatu toko online. Setelah menemukan barang yang diinginkan, barulah dia membelinya.

Sedangkan tipe yang kedua adalah pengunjung yang masuk ke toko online dan langsung ingin mencari barang yang diinginkan. Tipe pengunjung yang seperti ini perlu mendapat perhatian khusus karena mereka biasanya akan memanfaatkan navigasi web untuk menemukan halaman atau produk yang dicarinya.

Sementara, pengunjung yang ketiga adalah mereka yang tertarik dengan display atau tampilan banner yang mencolok. Biasanya, mereka akan tertarik untuk membeli apabila melihat promo yang menurutnya menarik. Untuk memikat pengunjung yang seperti ini, Anda maka Anda membutuhkan tampilan gambar yang menarik dan persuasif.

5. Pastikan Detail Kontak Jelas

Cara Bikin Website
alphr.com

Menampilkan kontak dengan jelas sangat penting agar pengunjung dapat menghubungi Anda ketika ingin bertanya atau membutuhkan bantuan. Detail kontak bisa berupa nomor telepon, e-mail, serta alamat perusahaan. Selain membantu pengunjung yang menemukan masalah, hal ini juga membuat website lebih friendly, transparan, serta dapat dipercaya.

6. Pilih Headline yang Menarik dan Persuasif

Cara Bikin Website
LanderApp.com

Headline yang persuasif akan membuat pengunjung lebih tertarik dengan apa yang ada di dalam website Anda. Hal ini tentunya sangat membantu untuk meningkatkan nilai konversi penjualan. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat headline yang persuasif adalah pemillihan font, kalimat, serta penempatan kalimat.

7. Tempatkan Informasi Penting di Area Paling Atas

Cara Bikin Website
hostpapa.blog

Ketika membuka website Anda, hal yang pertama kali dilihat pengunjung adalah apa yang muncul di bagian paling atas. Untuk itu, sebaiknya tempatkan informasi penting yang ingin Anda sampaikan di bagian tersebut. Logikanya, pengunjung biasanya akan mudah mengingat dengan informasi yang pertama kali dilihat.

Di samping itu, mereka juga akan lebih teratik untuk menjelajadi website Anda apabila Anda memberikan informasi yang menarik sebagai pembuka. Di bagian depan website, Anda bisa menempatkan gambar yang menarik, headline, sub headline, serta tombol call to action untuk mengajak mereka melakukan konversi.

8. Tampilkan Konten yang Menarik dan SEO Friendly

Cara Bikin Website
allianzetechnologies.com

Konten yang menarik meruapakan salah satu elemen penting dalam sebuah web. Pasalnya, selain dapat memikat pengunjung dengan informasi yang bermanfaat, konten yang baik dan SEO friendly juga akan membuat website Anda lebih dikenali oleh mesin pencari.

Masalahnya, membuat konten yang menarik bukanlah hal yang mudah. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kini ada banyak jasa SEO profesional yang siap membantu Anda menghasilkan konten yang menarik dan tentunya SEO friendly.

9. Buat Call to Action yang Kuat

Cara Bikin Website
csdesignworks.com

Call to action adalah tombol, teks, atau desain grafis yang bertujuan untuk mendorong pengunjung agar mengambil langkah spesifik berikutnya, misalnya untuk melakukan pembelian, share, dan lain sebagainya. Menambahkan call to action yang kuat akan meningkatkan interaksi pengunjung website Anda. Anda sebaiknya juga mendesain tombol call to action dengan desain yang menarik agar pengunjung lebih terpikat untuk melakukan klik.

10. Tampilkan Penghargaan, Jaminan, serta Testimoni Pelanggan

Cara Bikin Website
digitalentrepreneur.id

Ulasan yang positif akan meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap perusahaan atau bisnis Anda. Oleh sebab itu, tampilkan penghargaan, jaminan, serta testimoni dari pelanggan yang sudah pernah membeli produk atau menggunakan jasa Anda agar pengunjung lebih percaya dengan apa yang Anda tawarkan.

Nah, itulah beberapa cara buat website agar lebih menarik dan menjual. Untuk meminimalisir kesalahan saat pembuatan website, sebaiknya buat dulu desain dan tentukan apa saja yang ingin Anda tampilkan di setiap halamannya. Apabila Anda tidak memiliki kemampuan untuk membuat web, Anda bisa meminta orang yang sudah berpengalaman atau mencari agensi yang dapat mewujudkan website impian Anda. Semoga bermanfaat.

One thought on “Bagaimana Cara Buat Website agar Lebih Menjual?

  1. […] terakhir mempelajari SEO untuk pemula adalah melakukan audit performa SEO. Dalam audit, hal pertama yang harus dikerjakan, […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.