Posted on

7 Contoh Deskripsi Tokopedia Ini Bisa Membuat Produkmu Lebih Menarik

Salah satu situs jual beli online yang populer saat ini adalah Tokopedia dengan jumlah penjual mencapai angka ratusan ribu. Bersama dengan beberapa e-commerce populer lain di tanah air, Tokopedia menjadi lapak jualan yang sangat menjanjikan bagi mereka yang ingin berniaga secara online. Banyaknya penjual di Tokopedia tersebut menyebabkan ketatnya persaingan para pedagang mendapatkan pembeli.

Apabila Anda berminat berjualan di Tokopedia, ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk memikat calon pembeli. Contohnya deskripsi yang tertulis di produk-produk Anda. Deskripsi produk bukan sekadar menjadi sumber informasi saja bagi calon pembeli, tapi juga harus memberikan pengaruh kepada mereka untuk membelinya. Berikut contoh deskripsi Tokopedia yang bisa diterapkan untuk membuat produk Anda lebih menarik.

1. Berikan Impresi pada Kalimat Pertama

“Celana olahraga XYZ terbuat dari bahan katun combed yang mudah menyerap keringat sehingga nyaman dipakai untuk lari pagi.”

Pembukaan deskripsi produk merupakan impresi calon pembeli terhadap produk Anda. Perhatian lebih perlu diberikan pada beberapa kalimat pertama tersebut karena apa yang tertulis bisa menentukan apakah calon pembeli tetap tinggal atau berpindah toko lain.

2. Buat Deskripsi yang Persuasif

“Ransel XYZ memungkinkan pengguna tampil trendi di mana Ransel ini dapat memuat beberapa buku sehingga cocok digunakan untuk sekolah maupun kuliah. Terbuat dari bahan parasut yang tahan air memungkinkan ransel tetap awet dan barang yang tersimpan tetap kering.”

Buatlah kalimat-kalimat pertama deskripsi produk Anda sepersuasif mungkin. Beberapa cara dapat dilakukan untuk membuat deskripsi produk Anda persuasif. Pada contoh di atas, manfaat produk dituliskan pada pembukaan deskripsi produk.

3. Tulis Keunggulan Produk

Flash disk merk XYZ memiliki kapasitas penyimpanan 32 GB dan sudah dilengkapi dengan teknologi USB 3.0 sehingga memungkinkan transfer data dengan kecepatan tinggi.”

Keunggulan produk juga bisa dicantumkan agar produk Anda semakin menarik. Setiap keunggulan yang produk Anda punya tentu akan membuat calon pembeli lebih tertarik terhadap produk Anda dibandingkan dengan produk-produk sejenis lainnya. Apabila Anda ingin memuat keunggulan produk di bagian awal deskripsi, jangan lupa untuk memakai kata-kata yang persuasif. Contoh deskripsi produk di atas menunjukkan bagaimana kelebihan produk yang menjadi materi utama yang ditawarkan.

4. Gunakan Kata Kunci

Adanya mesin pencari seperti google.com dan bing.com memungkinkan calon pembeli mengetahui produk Anda dari mesin pencari tersebut. Cara kerja mesin pencari adalah dengan menggunakan kata-kata kunci yang sering dipakai oleh pengguna internet. Mempertimbangkan hal tersebut, ada baiknya Anda menggunakan kata-kata yang umum digunakan pada judul dan deskripsi produk. Hal tersebut dimaksudkan agar peluang produk Anda ditemukan semakin besar.

Pada contoh contoh deskripsi Tokopedia yang ketiga, kata “flash disk” digunakan karena kata tersebut umum digunakan oleh banyak orang untuk menyebut diska lepas USB. Selain nama produk, kata kunci dapat berupa spesifikasi produk. Pada contoh spesifikasi yang dimaksud adalah kapasitas penyimpanan dan teknologi yang dimiliki produk. Penggunaan kata kunci juga perlu Anda batasi karena penggunaan kata-kata yang berurutan tanpa mempertimbangkan makna malah menyebabkan calon pembeli enggan membaca deskripsi produk.

5. Beri Tambahan Penjelasan Namun Jangan Terlalu Detail

T-shirt yang lembut ini didesain untuk kenyamanan penggunaan harian. Dibuat dengan menggunakan campuran katun Pima dengan Lyocell, kaus ini sangat nyaman dan tahan lama.”

Banyak orang yang kebingungan ketika membuat deskripsi produk yang sudah jelas. Contohnya saja pada deskripsi Tokopedia di atas. Penjual ingin menawarkan kaus putih dari bahan katun. Namun karena dari namanya saja orang sudah bisa menebak seperti apa produknya, penjelasan dari materialnya akan menjadi sumber informasi tambahan untuk membuat pembeli memutuskan untuk check out atau tidak.

6. Buat Outline untuk Produk yang Tidak Begitu Populer

1. Mudah digunakan untuk bernapas. Full face mask ini memungkinkan Anda melakukan snorkeling sambil bernapas dari mulut atau dari hidung dengan nyaman. Cocok bagi Anda yang belum berpengalaman.

2. Jangkauan penglihatan yang lebih baik. Dilengkapi dengan lensa khusus yang memungkinkan Anda menyaksikan pemandangan bawah laut dengan view 180 derajat.

3. Tidak berembun. Jangan biarkan aktivitas snorkeling Anda terganggu. Face mask ini didesain agar tidak mengembun sehingga kegiatan Anda di dalam air tetap nyaman tanpa terganggu pandangan yang buram.”

Contoh deskripsi Tokopedia di atas dibuat untuk menjelaskan produk berupa kacamata atau masker snorkeling. Karena produk ini tidak umum dijual, Anda perlu menjelaskan lebih detail. Apalagi jika yang menjadi target pasarnya adalah mereka yang masih baru dalam dunia snorkeling. Deskripsi berupa outline semacam ini akan membantu calon konsumen memahami produk yang akan mereka beli.

7. Posisikan Diri Sebagai Calon Konsumen

Jangan biarkan jenggot Anda rusak karena menggunakan sampo dan conditioner yang salah. Produk perawatan jenggot ini dibuat dengan bahan alami yang lembut dan tidak akan membuat jenggot Anda rontok.

Sampo jenggot. Terbuat dari minyak kelapa

Beard oil. Minyak yang mudah meresap untuk tampilan jenggot yang berkilau dan lembut

Magic beard balm. Memperbaiki kerusakan setiap helai jenggot dan melembapkan kulit yang ditumbuhi jenggot.”

Produk perawatan jenggot bukanlah sebuah produk yang umum. Dengan memposisikan diri sebagai calon pembeli, Anda bisa membuat deskripsi yang tidak hanya bisa dipahami oleh mereka yang sudah lama memelihara jenggot, tapi juga bagi mereka yang awam. Agar lebih mudah, kamu bisa membuat buyer persona calon pembeli. Untuk produk di atas, buyer persona-nya adalah orang yang memelihara jenggot namun tidak tahu bagaimana cara merawatnya atau tidak tahu sama sekali kalau ada produk perawatan khusus untuk jenggot.

8. Jelaskan Secara Ringkas dengan Menggunakan Poin

“Termos XYZ air panas dan air dingin cocok untuk dibawa bepergian dengan spesifikasi:

– Kapasitas 350/500 ml;

– Bahan stainless steel;

– Tutup bisa dipakai sebagai gelas; dst.”

Tidak sedikit deskripsi produk yang terlalu pendek sehingga menyebabkan calon pembeli harus bertanya. Tidak sedikit pula yang terlalu panjang sehingga membuat calon pembeli sungkan lantas memilih produk lain. Deskripsi produk yang baik memiliki panjang yang pas dan memuat informasi penting yang perlu disampaikan. Penggunaan daftar urutan untuk menuliskan spesifikasi bisa membantu membuat deskripsi yang baik.

Masih banyak cara untuk membuat deskripsi produk Anda lebih menarik selain beberapa contoh deskripsi Tokopedia di atas. Seandainya Anda merasa kesulitan untuk menuliskan deskripsi produk, terdapat beberapa penyedia jasa penulisan yang profesional. Salah satu penyedia jasa tersebut adalah Kontenesia yang menyediakan jasa deskripsi produk untuk toko online dan marketplace. Semoga produk Anda semakin laris dan usaha Anda semakin sukses.

 

 

Jasa Deskrispsi Produk untuk Toko Online dan Marketplace (Taichi)

Harga mulai dari Rp. 17.500/produk

Saat berjualan, deskripsi produk merupakan salah satu hal yang berpengaruh dalam menarik minat pembeli. Bila akhirnya pembeli berkunjung ke dan memutuskan bertransaksi di toko Anda, maka otomatis aktivitas penjualan di toko Anda pun turut meningkat.

Buat Deskripsi Produkmu Sekarang

One thought on “7 Contoh Deskripsi Tokopedia Ini Bisa Membuat Produkmu Lebih Menarik

  1. […] 4 Contoh Deskripsi Tokopedia Ini Bisa Membuat Produkmu Lebih Menarik […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.