Posted on

4 Cara Digital Marketing Membantu Perkembangan Bisnis Anda

Digital Marketing

Internet sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari hidup kita. Semakin lama, rasanya semakin sulit membayangkan bisa hidup tanpa jaringan internet. Coba Anda hitung berapa kali Anda merasa membutuhkan informasi lalu mencarinya di Google? Hal yang sama juga dilakukan oleh para konsumen saat berusaha menemukan informasi tentang produk atau perusahaan yang menarik minat mereka. Inilah yang menjadi faktor terbesar kenapa digital marketing tumbuh semakin besar.

Akses internet yang semakin mudah membuat penggunanya semakin bertambah setiap harinya. Dalam 3 tahun terakhir, data Pew Research menunjukkan bahwa penggunaan internet oleh orang dewasa naik sebanyak 5%. Kenaikan ini juga disusul dengan perubahan pola berbelanja orang-orang. Artinya, promosi secara offline kini sudah bergeser ke iklan online.

Digital marketing sendiri merupakan cara pemasaran produk yang dilakukan dengan menggunakan media elektronik dan internet. Para pebisnis biasanya memanfaatkan saluran digital seperti jasa iklan Facebook, mesin pencari, email dan situs untuk terhubung dengan pelanggan dan calon pelanggan mereka.

Maketing adalah tentang bagaimana Anda terhubung dengan audiens di tempat yang tepat dan waktu yang tepat. Artinya, Anda harus mampu menemukan calon pelanggan di tempat mereka banyak menghabiskan waktunya; internet. Singkatnya, digital marketing adalah segala bentuk promosi yang dilakukan secara online.

Bagaimana Cara Memulai Digital Marketing Strategy yang Tepat?

Digital Marketing
socialreddog.com

Selain untuk menjual barang, tujuan jangka panjang dari pemasaran online adalah untuk memunculkan online presence(kemunculan atau eksistensi di dalam jaringan internet) yang kuat untuk bisnis Anda. Anda perlu strategi yang efektif untuk membantu tercapainya tujuan tersebut dan membawa perusahaan Anda pada kesuksesan. Simak beberapa langkah untuk memulainya berikut ini!

1. Membuat Website

Digital Marketing
sumbermaju.weebly.com

Membuat website adalah langkah pertama yang harus Anda ambil untuk memunculkan online presence dari perusahaan Anda. Dan untuk mendapatkan situs yang berkualitas, Anda perlu dukungan dari hosting provider terbaik agar mudah diakses.

Setelah itu, saatnya Anda mendesain dan membuat konten. Jangan biarkan situs Anda berantakan. Semuanya harus jelas dan pastikan pengunjung bisa mendapatkan semua informasi yang mereka butuhkan di sana.Untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung, pastikan Anda menyediakan konten yang berkualitas. Ini juga untuk memastikan mereka akan datang kembali ke situs Anda.

Membuat website adalah langkah awal terbaik memulai digital marketing dan membantu bisnis Anda tumbuh. Namun ini hanya titik permulaan saja karena masih ada banyak hal yang harus dilakukan untuk membangun online presence Anda di internet.

2. Membuat Blog

Digital Marketing
rfehosting.com

Membuat blog, baik yang berdiri sendiri atau sebagai bagian dari website Anda, bisa menjadi cara yang bagus untuk terhubung dengan calon pelanggan. Ini juga menjadi kunci agar mereka mau membeli atau menggunakan produk Anda. Untuk menghasilkan blog yang bagus, konten adalah kuncinya. Pertimbangkan untuk menggunakan tenaga penulis konten berpengalaman untuk membuat blog Anda terlihat profesional.

Tidak hanya mendatangkan banyak pelanggan, blog juga bisa membantu Anda membangun reputasi. Blog akan menjadi tempat untuk membicarakan bisnis Anda sekaligus membagikan pandangan dengan banyak orang. Blog juga bisa menjadi tempat untuk menerima berbagai masukan dari pelanggan dan menjadi alat komunikasi yang bagus antara Anda dengan konsumen.

3. Menciptakan Social Media Presence

Digital Marketing
SoftLoom.com

Media sosial yang semakin populer membuat platform ini wajib digunakan oleh siapapun yang menginginkan online presence yang kuat. Semua orang yang aktif menggunakan internet memiliki media sosial. Ini merupakan kesempatan bagus bagi Anda untuk memunculkan diri di Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn dan berbagai platform lain.

Aktif di media sosial adalah cara terbaik menunjukkan bisnis Anda kepada jutaan pelanggan potensial di sana. Anda juga bisa mempelajari feedback yang mereka berikan sekaligus menjaga komunikasi dengan pelanggan tetap Anda.

4. Memahami SEO

Digital Marketing
ocdigitalnetwork.com

SEO atau Search Engine Optimization (optimalisasi mesin pencarian) merupakan salah satu cara untuk menaikkan traffic di website Anda. Website yang SEO friendly jelas akan menaikkan jumlah kunjungan dan memperbesar peluang bagi Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Salah satu kunci penting penggunaan SEO yang tepat adalah dengan menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Menggunakan Google Adwords akan membantu Anda menemukan daftar kata kunci dengan tingkat pencarian paling banyak.

Dalam dunia digital marketing, mengikuti perkembangan teknologi secara konsisten serta menerapkan ide-ide baru adalah sebuah keharusan. Dunia digital sangatlah dinamis. Ketinggalan satu tren saja bisa membuat Anda kehilangan kesempatan besar mempromosikan bisnis yang Anda miliki.

Kelebihan Digital Marketing

Digital Marketing
anthillonline.com

Keunggulan terbesar ketika Anda melakukan pemasaran secara online adalah bagaimana Anda bisa menjangkau audiens yang seluas-luasnya dengan biaya murah dan terarah. Kelebihan lainnya adalah Anda akan mendapatkan brand loyalty dari para pelaggan yang pada akhirnya bisa menaikkan penjualan online.

Beberapa manfaat lain yang bisa Anda rasakan dari metode promosi ini antara lain:

  • Jangkauan Global

Dengan investasi yang kecil, sebuah website bisa menjangkau pasar yang luas. Anda bisa menemukan target pasar di manapun di berbagai belahan dunia.

  • Berbiaya Rendah

Anda bisa merencanakan anggaran iklan Anda dengan lebih efektif dan menyesuaikannya berdasarkan kemampuan.

  • Mudah Dilacak dan Hasilnya Lebih Terukur

Website analytics untuk website dan Facebook Pixel yang disediakan jasa iklan Facebook adalah beberapa contoh alat pengukur yang bisa digunakan untuk mengetahui seberapa efektif iklan Anda. Hasil yang berupa angka-angka ini dianggap lebih logis dan terarah dibandingkan dengan iklan offline.

Digital marketing sudah dibuktikan keberhasilannya oleh banyak perusahaan di dunia. Cara baru ini diakui telah mengubah kebiasaan perusahaan dalam berpromosi dan konsumen dalam berbelanja. Yang perlu Anda lakukan sebagai pemilik bisnis adalah memaksimalkan dan terus memantau perkembangan untuk mendapatkan hasil maksimal.

2 thoughts on “4 Cara Digital Marketing Membantu Perkembangan Bisnis Anda

  1. […] pada media sosial tidak jauh beda dengan iklan lainnya, tapi soal efektivitas dan efisiensi, iklan digital memiliki kualitas callto action lebih baik daripada iklan […]

  2. […] anggapan yang menyebutkan bahwa iklan yang tayang di TV lebih efektif dibanding iklan digital atau pada media cetak. Pendapat tersebut tidak sepenuhnya […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.