Posted on

Kupas Tuntas 5 Skill Penting Copywriter Profesional

skill copywriter profesional

Copywriter adalah profesi penting yang sangat dibutuhkan di berbagai bidang. Mulai dari toko online, UKM, start up, hingga agensi perusahaan. Profesi ini akan menjadi prospek pekerjaan bergengsi yang banyak digemari di beberapa tahun ke depan mengingat kondisi pandemi serta budaya teknologi yang makin berkembang. Oleh sebab itu, akan ada banyak perusahaan maupun pebisnis online yang membutuhkan keahlian ini untuk tetap tumbuh di dunia digital.

Ini adalah peluang sekaligus kesempatan yang bagus untuk para milenial yang ingin berkarier di sebuah perusahaan dengan waktu dan tempat kerja yang fleksibel. Terlebih, income yang ditawarkan pun cukup menjanjikan.

Bagi kamu yang penasaran bagaimana cara menjadi copywriter dan skill apa yang harus dipelajari, simak artikel ini sampai akhir.

Skill Penting Copywriter Profesional

1. Memiliki Skill Menulis yang Baik

skill penting copywriter

Untuk menjadi seorang copywriter, tentunya kamu harus memiliki kemampuan menulis yang baik. Selain itu, kamu juga diharapkan mampu beradaptasi dan memiliki beragam gaya penulisan untuk dapat menyesuaikan dengan perusahaan terkait topik yang akan dikerjakan.

Oleh karenanya, tidak semua penulis dapat menulis copywriting sebab dibutuhkan skill khusus, mengingat tujuan utama dari copywriting adalah untuk strategi penjualan. Baik itu berupa ajakan untuk mengambil sebuah tindakan, membeli, mendaftar, atau jenis konversi lainnya. Jadi, penting untuk kamu mengetahui formula penulisan copywriting yang baik dan menarik, serta memahami bagaimana langkah-langkah membuat sebuah tulisan yang menjual.

Sebuah tulisan dapat dikatakan memenuhi kriteria copywriting yang baik apabila mengandung 4 formula berikut ini:

  • Attention: Bagaimana tulisanmu dapat menangkap perhatian audiens.
  • Interest: Membuat audiens tertarik dengan topik yang dibahas dan membacanya hingga akhir.
  • Desire: Bagaimana kata-katamu dapat memainkan emosional audiens.
  • Action: Bagaimana tulisanmu dapat mengajak audiens untuk bertindak atau melakukan yang kamu

Berikut 5 teknik membuat tulisan yang menarik dan persuasif:

  • Menggunakan kata-kata yang akrab digunakan oleh konsumen.
  • Melakukan teknik story telling atau soft selling.
  • Utamakan menonjolkan manfaat produk di samping menjelaskan kelebihan produk.
  • Meyakinkan konsumen dengan testimoni dan ulasan.
  • Menggunakan kata-kata yang spesifik dan detail.

 

2. Memiliki Skill Riset yang Baik

skill penting copywriter

Skill ini adalah fundamental dan salah satu bagian terpenting bagi seorang copywriter. Bahkan, sebelum memulai menulis satu kata pun, kamu harus melakukan penelitian terkait target pasar. Kamu perlu menggali lebih dalam mengenai permasalahan mereka: apa yang menjadi titik keresahannya dan apa keinginan serta harapan mereka yang ingin kamu coba berikan solusinya.

Dengan demikian, kamu akan lebih mudah menyusun tulisan yang sesuai dan relatable dengan permasalahan dan minat dari konsumen.

 

3. Skill Komunikasi

skill copywriter profesional

Kemampuan berkomunikasi juga sangat penting bagi seorang copywriter. Karena pekerjaannya yang akan sering berinteraksi dengan para pelanggan dan klien, dibutuhkan keterampilan komunikasi untuk dapat membangun kedekatan, menghadirkan kepercayaan, menciptakan hubungan, dan meyakinkan orang lain untuk melakukan sebuah tindakan. Yang mana hal ini akan sangat dibutuhkan dalam proses pemasaran.

 

4. Skill Interpersonal

skill copywriter profesional

Selain komunikasi, penting juga untuk memiliki skill interpersonal. Karena dalam merangkai sebuah tulisan, kamu harus memiliki pemahaman tentang audiens. Bagaimana mereka berpikir, apa yang mereka inginkan, dan alasan mengapa mereka menginginkan sebuah barang atau jasa. Oleh karenanya, dengan memahami sudut pandang orang lain, kamu akan dapat menyesuaikan tulisan, dan lebih mudah dalam meyakinkan audiens.

 

5. Memiliki Skill Problem Solving dan Kreativitas Tinggi

skill copywriter profesional

Dalam membuat sebuah tulisan yang menjual, kamu perlu menghadirkan ide-ide baru dan unik untuk dapat menarik perhatian konsumen. Jadi, kamu perlu membiasakan diri berpikir kreatif dengan menitikberatkan pada permasalahan konsumen sebagai landasan untuk menciptakan sebuah copywriting yang berkualitas.

 

Kesimpulannya, untuk menjadi seorang copywriter yang baik, kamu perlu mempelajari skill menulis persuasif yang didasari oleh teknik riset audiens secara mendalam. Selain itu, perlu didukung dengan kreativitas yang tinggi, skill komunikasi, dan kemampuan problem solving untuk dapat menghasilkan  produk copywriting yang berkualitas dan profesional.

Kabar baiknya, untuk kamu yang membutuhkan jasa copywriting produk yang berkualitas dan profesional, Kontenesia menyediakan jasanya untukmu di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.