Posted on

5 Tips Untuk Meningkatkan Traffic Blog Bagi Pemula

meningkatkan traffic blog

Blog adalah suatu media online yang berisi berbagai konten terkait informasi apa pun. Di era digital ini, semakin banyak orang mencari informasi melalui online. Hal ini menjadi salah satu penyebab blog tidak hanya dijadikan media berekspresi saja, tapi juga bisa dijadikan sumber pendapatan. Lalu, bagaimana cara membuat blog agar banyak mendapatkan pengunjung?

Tujuan Membuat Blog

meningkatkan traffic blog

Sebelum membahas tentang cara membuat blog, ada baiknya untuk menentukan tujuan dari pembuatan blog itu sendiri, apakah digunakan sebagai blog pribadi, bisnis, atau menjadi sebuah blog yang profesional?

Dikatakan blog pribadi apabila hanya dijadikan sebagai media seseorang untuk berekspresi tanpa ada tendensi ingin memiliki pengunjung yang banyak dan tidak terikat oleh aturan apa pun. Berbeda halnya jika dalam membuat blog ada tujuan untuk lebih dikenal masyarakat luas dan dikomersialkan.

Cara Membuat Blog Pribadi agar Traffic Tinggi

Berikut adalah 5 tips agar viewers blog kamu bisa bertambah pesat.

1. Blog Walking

meningkatkan traffic blog

Para blogger biasanya sudah familier dengan nama ini. Bagi para pemula, blog walking adalah kegiatan yang dilakukan oleh blogger dengan mengunjungi situs atau blog lain, lalu meninggalkan komentar di sana.

Mengapa melakukan blog walking? Pertama, karena hal ini termasuk ke dalam media promosi gratis. Dengan rajin mampir di banyak blog milik orang lain dan meninggalkan komentar, secara otomatis sudah mempromosikan blog kamu.

Walaupun terdengar seperti metode tradisional, tetapi kegiatan ini ternyata cukup efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung blogmu. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan ilmu baru dengan cara pastikan kamu membaca terlebih dahulu isi kontennya sebelum berkomentar.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai meninggalkan komentar SPAM, ya. Kamu tidak ingin, ‘kan memiliki cap buruk karena sering meninggalkan komentar-komentar yang ‘kurang bermutu’?

2. Memaksimalkan Keyword

meningkatkan traffic blog

Hal kedua yang bisa dilakukan adalah memaksimalkan penggunaan keyword. Dalam dunia kepenulisan online, kata kunci ini merupakan hal yang sangat penting. Pertanyaannya, keyword seperti apa yang bisa mendongkrak viewers blog?

Pertama, pilihlah topik apa yang ingin dibahas. Dengan adanya topik akan memudahkan kamu menentukan keyword. Sebaiknya pilih topik yang up to date dan berkaitan dengan permasalahan yang sedang booming saat ini.

Lalu, tulis semua kata kunci yang berkaitan dengan topik tersebut. Cara paling sederhana untuk memilih kata kunci adalah dengan melihat fitur people also ask pada mesin pencari seperti Google.

3. Konsistensi dan Niat yang Tinggi

menigkatkan traffic blog

Dari lima cara yang dibahas, poin ini paling penting dimiliki oleh blogger yang ingin blog-nya memiliki banyak pengunjung. Konsistensi dan niat yang besar sangat diperlukan.

Mengapa? Karena, membuat blog menjadi ramai tidak segampang membalikkan telapak tangan. Bahasa kerennya, tidak ada kesuksesan yang didapat dengan kenyamanan dan kemudahan. Kamu harus memiliki niat yang besar untuk mencapai tujuan tersebut.

Diperlukan riset ke blog lain, membuat konten yang menarik dan berisi, belajar optimasi SEO, mengikuti komunitas blogging, dan lain-lain. Dan semua aktivitas itu memerlukan konsistensi yang tinggi.

 

4. Konten Berkualitas

Cara membuat blog agar ramai pengunjung selanjutnya adalah dengan rajin upload konten yang berkualitas. Seberapa rajin? Kalau bisa setiap hari. Jika masih sulit, usahakan untuk membuat konten maksimal dua artikel dalam satu minggu.

Caranya adalah dengan mencari permasalahan yang sedang up to date dan lakukan pembahasan dengan cara unik dan semenarik mungkin. Semakin rutin menulis, viewers kamu akan semakin bertambah.

 

5. Pemanfaatan Media Sosial

meningkatkan traffic blog

Cara terakhir adalah tentu saja dengan memanfaatkan media sosial yang ada, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain. Di era digital ini, media sosial berperan penting dalam strategi pemasaran. Begitu pun jika ingin membuat viewers blog bertambah.

Manfaatkan media sosial yang kamu punya untuk mencari link baru, seperti mengikuti komunitas blogger atau melakukan guest blogging. Kamu akan menambah teman baru dengan mengikuti komunitas blogger sehingga bisa meminta bantuan mereka untuk menyebarkan blog kamu.

Sebenarnya, masih banyak cara membuat blog di wordpress agar memiliki traffic yang tinggi. Salah satunya adalah dengan memesan artikel berkualitas di Kontenesia, salah satu jasa penulisan artikel SEO yang profesional dan tepercaya. Ini berguna buatmu yang kesulitan menulis artikel dengan berbagai topik dalam waktu singkat.

 

Sumber :

https://www.maxmanroe.com/meningkatkan-pengunjung-blog.html#:~:text=Berikut%20ini%20adalah%20beberapa%20cara%20meningkatkan%20pengunjung%20traffic,blog%2F%20website%20secara%20gratis%3A%201.%20Melalui%20Blog%20Walking

https://divedigital.id/cara-meningkatkan-traffic-website-blog/

https://www.dewaweb.com/blog/meningkatkan-traffic-website/

https://www.dewaweb.com/blog/5-cara-meningkatkan-page-views/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.