Posted on

6 Usaha Modal Kecil yang Cocok bagi Anak Muda

usaha modal kecil

Anak muda milenial sudah semakin mandiri. Mereka tidak lagi sepenuhnya tergantung pada orang tua, tetapi bias menghasilkan uang sendiri. Tak heran, ada banyak usaha modal kecil hasil karya anak muda yang bertebaran saat ini.

Membangun usaha sendiri memang tidak mudah. Banyak orang yang enggan untuk memulai bisnis karena khawatir dengan modal yang dibutuhkan. Padahal dengan modal kecil pun sebuah bisnis bias dijalankan.

Nah, berikut 8 usaha modal kecil yang dianggap cocok bagi anak muda.

1. Bisnis Online

usaha modal kecil
bgr.in

Jika Anda adalah tipe orang yang senang berinteraksi dengan banyak orang dan tahu cara-cara yang efektif untuk berjualan, bangunlah tokoo nline.Pasalnya, modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar.Namun, hasilnya bisa di luar dugaan.

Ada banyak pengusaha sukses yang mengawali bisnis nyadari berjualan secara online.Tidak sedikit dari antara mereka yang masih anak muda. Berkat ketekunan dan kreativitas, bisnis online yang awalnya sederhana bias menghasilkan omzet besar.

Ada banyak produk yang laris dijual melalui took online. Sebut saja, kos metik, fesyen wanita dan pria, aksesori, furniture rumah tangga, hingga perlengkapan bayi.Anda bias memilih salah satu produk yang menurut Anda memiliki prospek paling baik.

Kendala yang kerap dialami ketika melakukan bisnis online adalah pada pemasaran yang tepat. Salah satu cara yang paling efektif adalah membangun jaringan di media sosial, seperti Facebook dan Instagram.

Untuk membuat bisnis online semakin dikenal, Anda juga bias memanfaatkan jasa penulis artikel.Dengan teknik SEO, nama took online bias didongkrak hingga kehalaman pertama mesin pencari.

2. Jasa Fotografi

usaha modal kecil
Liveblogspot.com

Saat ini, jasa fotografi masih menjadisalah satu kebutuhan, terutama untuk momen-momen istimewa seperti pernikahan, wisuda, atau acara lainnya. Nah, Anda bias menawarkan jasa tersebut untuk mendapatkan tambahan pemasukan.

Sebelum memulai usaha ini, ada baiknya untuk mengasah keahlian terlebih dahulu.Pastikan Anda dapat memberikan hasil yang terbaik kepada klien.Belajarlah dari para mentor supaya skill yang dimiliki terus meningkat.

Modal awal untuk memulai jasa fotografi adalah kamera yang memadai. Kamera yang dimiliki tidak harus mahal karena hasil foto sebagian besar tergantung pada teknik memotret yang digunakan.Jadi, hal ini tidak perlu menjadi alas an untuk menunda usaha.

Selanjutnya, supaya usaha jasa fotografi semakin berkembang, berikan pelayanan maksimal kepada calon klien.Bukan hanya pada saat pemotretan, tetapi juga pasca acara, yaitu kecepatan mengirimkan berkas foto kepada klien.

3. Les Privat

usaha modal kecil
lesprivatsurabayalbbnewton.wordpress.com

Usaha modal kecil lain yang cocok bagi anak muda adalah membuka jasa les privat. Ada beragam jenis les privat yang bias dilakukan, mulai dari privat pelajaran di sekolah hingga musik.Apa pun yang Anda pilih, pastikan Anda memang mahir menguasainya.

Les privat pelajaran biasanya yang paling umum tersedia. Anda bias memilih satu mata pelajaran khusus untuk diajarkan, seperti matematika atau bahasa Inggris. Selain itu, ada pula opsi menjadi les privat untuk semua mata pelajaran.

Selain pelajaran, Anda juga bias memberikan privat musik, seperti gitar, piano, biola, dan sebagainya. Apa pun keahlian yang dimiliki sebenarnya bias menjadi modal untuk membuat les privat.

Modal yang dibutuhkan untuk melakukan ini sebenarnya tidak terlalu besar.Bahkan, Anda bias jadi tidak perlu mempersiapkan apa pun karena tempat les biasanya bertempat di rumah klien.

Namun, jika ingin membuat bisnis ini semakin besar, adabaiknya Anda mulai mempersiapkan ruang atau lokasi khusus untuk itu.Memiliki tempat sendiri untuk mengadakan les privat tentu akan lebih fleksibel dan praktis.

4. Membuat Craft

usaha modal kecil
Pinterest.com

Bagi Anda yang senang membuat barang kerajinan atau craft, ini bias menjadi salah satu modal bisnis. Saat ini, barang-barang home made memang sedang banyak digemari. Dengan kreativitas tanpa batas, barang kerajinan tangan tak kalah menarik dari buatan pabrik.

Sebelum memulai bisnis craft, hal pertama yang perluAnda persiapkan adalah konsep yang unik. Selain itu, pastikan barang-barang home made yang dibuat juga memiliki manfaat atau bersifat fungsional, bukan hanya pajangan.

Modal awal yang dibutuhkan selain keahlian adalah kreativitas. Pasalnya, para pembeli mencari hal-hal yang baru dan tidak biasa dari benda kerajinan ini. Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan sejumlah modal untuk membeli bahan dasar.

Berbagai jenis kerajinan yang biasa dibuat oleh para crafter adalah tas, perhiasan, maupun dekorasi rumah. Jika ditekuni, bisnis ini bias menjadi semakin besar dan memberikan banyak profit bagi Anda.

5. Bisnis Makanan Ringan

usaha modal kecil
distributor-maicih.business.site

Dengan modal kecil, Anda juga bias membangun sebuah bisnis makanan ringan.Salah satu contohnya, bisnis Maicih yang sangat popular pada beberapa tahun lalu.Makanan ringan yang sebenarnya sederhana, jika dikemas dengan kreatif, dapat menghasilkan untung.

Untuk memulai bisnis ini, hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah formula yang tepat. Lakukan uji coba beberapa kali sebelum melemparkan produk kepasaran.Selain itu, mintalah masukan dari orang-orang yang pernah mencicipi produk.

Untuk membuat bisnis makanan ringan, Anda tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Supaya biaya awal tidak membengkak, lakukan produksi produk secara bertahap. Jangan lupa untuk memaksimalkan promosi sehingga produk lebih mudah terjual.

6. Beternak ayam

usaha modal kecil
nofanj.org

Siapa bilang beternak ayam adalah bisnis yang kampungan? Faktanya, ada banyak keuntungan yang bias didapatkan dari kegiatan ini. Bukan hanya karena ayam menghasilkan telur yang bias dijual, tetapi juga karena harga daging ayam mahal.

Untuk memulai usaha ini, Anda mungkin harus mengeluarkan sejumlah uang untuk menyediakan bibit ayam atau membangun kandang. Awal-awal berbisnis, laba yang didapatkan juga biasanya belum terlalu banyak.

Jadi, demikian sejumlah usaha modal kecil yang menarik untuk dicoba oleh para anak muda. Yuk, tunggu apalagi.

2 thoughts on “6 Usaha Modal Kecil yang Cocok bagi Anak Muda

  1. […] keterbatasan waktu, ide-ide menarik ini tetap bisa dijalankan secara maksimal. Nah, apa jenis usaha yang menurut Anda sangat […]

  2. […] mereka dari bisnis rumahan. Sebagian dari mereka hanya memiliki tekad dan kreativitas untuk membangun usaha. Selanjutnya, dengan ketekunan dan konsistensi, usaha tersebut terus […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.