Posted on

6 Ide Usaha Online yang Lagi Hits Saat Ini

Usaha Online

Pada tahun 2016, Badan Pusat Statistika (BPS) Indonesia menyebutkan saat ini usaha online dan e-commerce di Indonesia mencapai 2,62 juta unit, dengan laju pertumbuhan sekitar 17% selama sepuluh tahun terakhir.

Dengan persaingan yang semakin ketat, nampaknya para pebisnis harus lebih kreatif lagi dalam mencari ide usaha. Nah, belakangan ini, ada beberapa usaha yang sedang tren di perdagangan online. Siapa tahu, salah satunya bisa menginspirasi Anda.

Usaha Kuliner

Usaha Online
Orders2me.me

Usaha kuliner memang tidak ada matinya. Selama Anda bisa memenuhi selera konsumen, produk Anda akan terus dicari walaupun hanya dijual secara online. Bahkan, beberapa selebritas tanah air sudah sukses mendulang rezeki dari usaha kuliner.

Sebut saja Ashanty dengan Dapur Asix, Ruben Onsu dengan Geprek Bensu, dan Laudya Cynthia Bella dengan cake Makuta-nya. Walaupun mereka memiliki toko, penjualannya sendiri lebih tinggi sebagai usaha online.

Terlebih lagi, kini sudah ada penyedia transportasi online yang juga memberikan layanan pemesanan makanan. Tentu saja, semakin mudah pemesanan, maka semakin tertarik pula konsumen untuk mencobanya.

Salah satu elemen terpenting dalam usaha kuliner online ini adalah foto makanan yang Anda jual. Dengan foto yang menggugah selera, Anda akan lebih mudah menggaet konsumen secara online.

Jasa Titip

Usaha Online
ZDNet.com

Jasa titip dikenal juga dengan istilah jastip. Usaha online ini baru saja booming sekitar lima tahun belakangan. Beberapa produk yang sering menjadi sasaran jastip adalah pakaian, aksesori, kosmetik, mainan, dan perlengkapan rumah tangga dari merek terkenal.

Biasanya, pengusaha jastip akan memotret produk langsung di toko brand tertentu lalu mengunggahnya di media sosial. Jika ada yang tertarik, produk akan dibeli lalu dikirimkan kepada pembeli. Usaha jastip semakin ramai ketika sedang ada sale atau diskon tertentu.

Sebenarnya, adanya jasa titip ini menjadi solusi bagi mereka yang ingin berbelanja namun tidak bisa ke luar rumah, atau toko yang dimaksud tidak memiliki cabang di kotanya. Keuntungan pengusaha jastip pun sudah ditentukan saat mengunggah foto.

Meskipun begitu, pengusaha jastip harus rela bolak-balik dan siaga di mal untuk melayani kebutuhan belanja pembeli. Sebelum berbelanja, pelaku jastip juga akan menginfokan tentang peraturan diskon dan merek yang akan dijual pada hari itu. Salah satu risiko dari usaha ini adalah kemungkinan hit and run, yaitu pembeli yang memesan tetapi membatalkannya sebelum membayar. Walaupun barang tetap bisa dijual lagi, tetap harus ada dana cadangan untuk produk  tersebut.

Baju Muslim

Usaha Online
theraysfansshop.com

Baju muslim yang berupa gamis, tunik, rok panjang, dan hijab memang menjadi primadona di dunia usaha online. Penduduk Indonesia adalah salah satu di antara yang melek fashion. Maka dari itu, produk pakaian muslim selalu bisa menemukan pasarnya di Indonesia.
Ada banyak cara untuk memulai usaha pakaian ini. Pertama, Anda bisa mencari supplier yang membuka kesempatan bagi reseller atau dropshipper. Cara ini tergolong paling mudah karena Anda tidak repot memikirkan stok dan pengiriman barang.

Kedua, Anda bisa melakukan sistem preorder atau lebih dikenal dengan PO. Anda cukup membuat satu contoh desain pakaian dan mengunggah fotonya di media sosial atau website e-commerce. Konsumen yang tertarik bisa memesan dan menunggu hingga pakaian jadi.
Dengan sistem PO, modal yang Anda keluarkan lebih sedikit dan kecil kemungkinan barang tidak habis terjual. Keuntungan lain dari berjualan pakaian adalah tidak ada masa kedaluwarsanya.

Kebutuhan Anak-Anak

Usaha Online
toysferry.com

Banyak ibu-ibu masa kini lebih mengandalkan belanja online untuk memenuhi kebutuhan anaknya. Alasannya jelas: lebih praktis. Mengandalkan foto dan ulasan pengguna, kebutuhan anak lebih mudah diterima oleh konsumen yang berasal dari kalangan para ibu.
Beberapa produk kebutuhan anak yang sering dijual online adalah:

  • Pakaian dan aksesori
  • (kereta dorong, bouncer, dan gendongan)
  • Mainan anak
  • Peralatan makan
  • Peralatan mandi
  • Makanan organik

Saat ini, para ibu cenderung rela membeli barang dengan harga yang sedikit lebih mahal namun berkualitas tinggi. Tidak jarang, para penjual online ini juga menjual produk impor yang sudah terkenal kualitasnya.

Perawatan Kulit dan Kosmetik

Usaha Online
YouTube.com

Menurut survey yang dilakukan oleh Snapcart, 65% pengguna fitur belanja online adalah wanita berusia 25 – 34 tahun. Berdasarkan data tersebut, memulai usaha online di bidang perawatan kulit dan kosmetik adalah ide yang cemerlang.
Contohnya saja masker muka dan perawatan kulit ala Korea yang sedang nge-hits. Anda bisa juga menawarkan kosmetik dengan harga di bawah pasar untuk menarik lebih banyak konsumen.

Untuk mengundang minat konsumen, Anda bisa membuat konten seputar tips kecantikan dan perawatan kulit. Agar lebih maksimal, pertimbangkan untuk menyewa jasa penulis artikel profesional yang bisa menuliskan konten untuk Anda. Dalam menjalankan usaha ini, penting untuk menjamin produk Anda sampai di tangan konsumen dengan aman. Manfaatkan kardus dan bubble wrap untuk kemasan dalam pengiriman.

Jasa Foto

Usaha Online
komando.com

Saat ini, hampir semua orang ingin mengabadikan momen terbaiknya. Selain sebagai kenang-kenangan, para pengguna media sosial juga senang mengunggah foto-foto momen tersebut.

Nah, jika Anda memiliki peralatan dan keahlian di bidang fotografi, ada baiknya Anda memanfaatkannya sebagai peluang usaha. Mengunggah hasil karya foto bisa jadi langkah pertama dalam memulai usaha online ini. Anda bisa berafiliasi dengan jasa rias wajah dan penyewaan baju untuk menarik lebih banyak pelanggan. Selain itu, menawarkan jasa foto produk untuk toko online lain juga bisa jadi peluang yang menjanjikan.

 

2 thoughts on “6 Ide Usaha Online yang Lagi Hits Saat Ini

  1. […] panduan cara bisnis online yang benar, konten bukan hanya bermanfaat bagi pelanggan tetapi juga membantu website Anda naik ke […]

  2. […] Anda ingin mendapatkan pemasukan tambahan, salah satu ide usaha yang bisa ditindaklanjuti adalah menjalankan usaha katering sederhana. Usaha ini tidak terbatas […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.