Posted on

Hobi Mengunggah Foto di FB tetapi Belum Tahu Apa Itu Caption Facebook? Yuk, Cari Tahu di Sini!

Dengan miliaran pengguna aktif bulanan, Facebook dengan mudah meraih posisi sebagai salah satu media sosial paling terkenal di dunia. Di Facebook, Anda bisa menemukan pengguna dari berbagai negara dengan beragam rentang usia dan latar belakang. Semua pengguna berlomba-lomba membuat unggahan dengan caption Facebook yang menarik. Apa itu caption Facebook?

Pengertian caption Facebook sendiri sama seperti caption Instagram yakni berupa susunan kalimat yang dibuat sebagai penjelasan untuk unggahan visual. Lewat caption, pengguna tidak hanya bisa menjelaskan maksud unggahannya, tapi juga meraih berbagai tujuan termasuk tujuan pemasaran.

Pesan dalam caption Facebook biasanya disampaikan secara sederhana, dengan kalimat-kalimat singkat, padat, dan jelas. Tulisan-tulisan tersebut bisa ditulis di bawah atau di dalam konten gambar atau video yang diunggah.

Sesuai dengan definisinya, Anda dikatakan menggunakan caption ketika menempatkan gambar atau video secara bersamaan untuk menyampaikan pesan. Dalam hal ini, tulisan dan foto/gambar atau video adalah dua hal yang saling melengkapi, tidak bisa dipisahkan.

Manfaat Caption Facebook

Seperti halnya caption pada postingan Instagram dan media sosial lainnya, caption Facebook juga memiliki berbagai manfaat. Apa saja?

Membuat Orang Lain Memahami Maksud Anda dengan Mudah

Ingin status Facebook Anda bisa menyentuh perasaan atau memengaruhi orang saat dibaca? Caption Facebook adalah jawabanya. Dengan gambar dan rangkaian kata yang senada, pesan Anda lebih cepat dipahami orang. Unggahan foto atau gambar tanpa caption akan mengundang berbagai penafsiran.

Caption dapat menggugah ketertarikan dan membuat orang ingin tahu lebih banyak tentang unggahan-unggahan status Anda yang lain. Selain itu, kata-kata yang unik dan kekinian juga bisa membantu seseorang menemukan foto, gambar, atau video dengan lebih mudah di internet.

Pemasaran Produk dan Jasa Anda Semakin Terbuka Lebar

Bagi pedagang online, calon pembeli bisa melihat foto produk yang dijual beserta deskripsinya dalam bentuk caption dengan mudah dan cepat sehingga memungkinkan untuk mendapat respons lebih baik.

Adapun bagi pengelola organisasi atau komunitas, caption Facebook bisa membantu menyebarkan informasi kepada para anggotanya secara lebih efektif dan efisien. Dalam sekali unggahan, Anda bisa menyebarkan banyak foto dengan caption yang beragam.

Bagaimana Cara Membuat Caption Instagram yang Ideal?

Sebagai salah satu media sosial perintis, Facebook menjadi tempat yang ideal bagi para marketers untuk berpromosi. Namun sekali lagi, apapun tujuan Anda menggunakan Facebook akan sulit tercapai jika Anda tidak memiliki kemampuan menulis caption Facebook yang baik.

Berapa Jumlah Karakter Ideal untuk Caption Facebook?

Facebook merupakan media sosial yang menyediakan beragam pilihan jenis postingan yang bisa dimanfaatkan para penggunanya. Postingan tersebut termasuk status biasa, event post, iklan, foto, video hingga video streaming. Namun untuk urusan caption Facebook, media sosial ini menyediakan jumlah karakter maksimum yang sama untuk setiap jenis pos.

Di tahun 2020, Anda bisa menuliskan caption hingga mencapai 63.206 karakter. Anda juga bebas menggunakan gambar atau video sehingga menciptakan ruang kreasi yang luas.

Tapi sekali lagi, mari berpikir dengan realistis: tidak ada orang yang mau membaca postingan yang jumlah karakternya mencapai batas maksimal. Kebanyakan, orang hanya melihat bagian awal dari tulisan Anda. Apalagi jika mereka menggunakan perangkat seluler. Terlebih kebanyakan orang yang membuka aplikasi Facebook, biasanya melakukannya di waktu senggang dalam perjalanan atau saat jam istirahat makan siang di tempat kerja.

Artinya, Anda tidak perlu menuliskan semua pemikiran Anda menjadi satu buah caption yang panjang. Apalagi jika tujuannya adalah untuk berpromosi. Pastikan Anda menulis caption yang singkat dan tepat sasaran sehingga audiens akan langsung memahami maksud Anda dalam satu kali baca.

Jadi, berapa panjang sebaiknya caption Facebook Anda? Pakar Facebook, Jeff Bullas dan perusahaan pemasaran HubSpot sama-sama berpendapat bahwa panjang tulisan ideal untuk posting Facebook sebaiknya adalah antara 40 sampai 50 karakter saja.

Bullas mengambil contoh kasus dari posting merek ritel Wall Posts. Mereka melakukan eksperimen dengan membuat postingan yang memiliki jumlah karakter beragam. Ternyata, postingan yang memiliki panjang maksimal 40 karakter menerima 86% engagement yang lebih tinggi ketimbang caption yang ditulis panjang.

Bagaimana Cara Menulis Postingan Facebook yang Menarik?

Caption Facebook ditulis dengan berbagai tujuan. Mulai dari sekadar menyampaikan pemikiran, mengabarkan sesuatu hingga berpromosi. Namun, untuk mencapai semua tujuan itu, Anda harus tahu bagaimana cara menulis caption yang menarik.

Meski memiliki jumlah pengguna yang banyak, Facebook bukanlah sebuah platform yang cocok untuk semua orang. Beberapa influencer mungkin lebih suka menggunakan Instagram sebagai media, sementara content creator lain memang lebih suka mengunggah karyanya di Facebook. Agar tujuan Anda tercapai, Anda perlu menguji seberapa banyak engagement yang Anda dapatkan dari audiens yang jadi target Anda.

Untuk memudahkan Anda, simak beberapa langkah membuat caption yang menarik di halaman Facebook Anda berikut ini!

1. Beri Pertanyaan

Memberikan pertanyaan pada caption yang Anda buat adalah salah satu cara untuk memancing lebih banyak komentar dan engagement. Tapi jangan lupa untuk menulis pertanyaan yang sifatnya langsung dan mudah ditanggapi.

Contoh: Setelah pandemi berakhir, apa yang akan kamu lakukan lebih dulu: berkumpul dengan teman-teman dan keluarga yang sudah lama terpisah atau pergi traveling?

Karena hanya ada 2 pilihan, audiens atau teman Anda di Facebook akan lebih mudah memberikan tanggapannya.

2. Buat Caption yang Singkat dan Padat

Semakin banyak teman Facebook dan halaman yang diikuti, beranda akan menjadi semakin ramai. Karena itu, Anda harus pintar-pintar menarik perhatian audiens dengan membuat tulisan yang singkat dan padat. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jumlah karakter yang direkomendasikan berkisar antara 40-50 karakter saja. Jika dirasa kurang panjang, Anda bisa membuat caption dengan panjang 80-160 karakter.

3. Berikan CTA (Call to Action) yang Jelas

Meskipun postingan yang Anda buat bukan untuk tujuan promosi, tapi orang akan lebih suka jika Anda menuliskan apa yang Anda inginkan dengan caption Anda. Beri sedikit dorongan dan arahan kepada orang-orang yang membaca caption Anda agar mereka memberikan sebuah respon.

Misalnya: Pagi-pagi hari Minggu, jangan cuma rebahan. Yuk cari aktivitas lain yang menyenangkan seperti berolahraga. Yang setuju, yuk angkat jempolnya!

Memberi arahan kepada audiens postingan Anda memang bukan hal yang buruk, tapi jangan lakukan cara yang sama untuk setiap status Anda karena itu bisa membuat orang bosan.

4. Sediakan Tautan

Jika dalam postingan yang Anda buat Anda menyertakan CTA, pastikan Anda menyediakan juga tautan di mana audiens Anda bisa melakukan apa yang diminta.

Contohnya: Butuh inspirasi untuk mendesain kamar tidur dengan gaya estetik? Yuk langsung kepoin akun Instagram-ku di (masukkan tautan ke akun Instagram, situs atau Pinterest Anda).

Dengan cara ini, Anda tidak hanya akan berhasil memperoleh tanggapan dari caption yang Anda buat, tapi juga memperoleh kunjungan ke tautan yang Anda sertakan. Jika Anda mengarahkan audiens ke situs pribadi Anda, ini bisa mendatangkan traffic yang menjanjikan.

5. Buat Caption Facebook yang Positif

Orang lebih suka merespon sesuatu yang bernada positif ketimbang yang negatif. Di Facebook sendiri, kebanyakan postingan yang memiliki banyak share adalah konten yang sifatnya positif, menginspirasi atau lucu. Orang mungkin saja setuju dengan sentimen negatif yang Anda tulis. Tapi mereka tidak akan menyukai apalagi menulis komentar karena tidak mau dipandang negatif juga.

Menulis sesuatu yang positif tidak hanya akan membuat caption Anda menarik, tapi juga bisa menjadi inspirasi bagi orang lain.

6. Berikan Audiens Anda Informasi yang Berguna

Kebanyakan orang yang membuat tulisan di Facebook punya tujuan untuk mengarahkan orang yang membacanya menuju situs mereka. Entah sekadar untuk mendapatkan traffic atau untuk berjualan. Karena itu, jangan berikan semua informasi yang Anda punya dalam postingan Anda. Beri sedikit teaser dan biarkan mereka meng-klik tautan yang Anda bagikan.

Contohnya: Inilah awal mula bagaimana aku bisa terjun ke dunia podcast (masukkan tautan setelahnya).

7. Sertakan Gambar atau Video

Meskipun Facebook bukan media sosial yang digunakan khusus untuk berbagi foto atau video, tapi postingan yang menyertakan gambar dan video akan tampak lebih menarik. Secara historis, foto-foro memiliki bobot yang tinggi dalam penilaian algoritma Edgerank di Facebook. Selain itu, orang-orang juga cenderung suka membagikan postingan yang ada foto atau video di dalamnya.

Ada banyak sekali sumber foto dan video yang bisa Anda unggah. Tapi jangan sampai unggahan Anda melanggar aturan Facebook baik dari segi hak cipta maupun kebijakan lainnya.

Contoh-contoh Caption Facebook

Berikut beberapa contoh pesan yang dimasukkan ke dalam sebuah caption Facebook dari berbagai sumber.

Caption kata-kata bijak

Waktu…

Bukan semata-mata tentang uang

Keberadaannya tidak akan pernah bisa didaur ulang.

Pastikan untuk menggunakannya sebaik mungkin.

Caption kata-kata romantis

Cinta adalah komunikasi hati yang siap membangun jaringan yang luas

Bukan hanya kata yang dalam beberapa saat akan hilang tak berbekas.

Caption kata-kata promosi

Dukung pendidikan anak Indonesia lewat 100 rupiah

Sumbangkan Rp100 Anda setiap berbelanja di toko kami.

Donasi yang terkumpul akan hingga 2 Mei 2018 akan digunakan untuk merenovasi sekolah-sekolah yang rusak dan pembangunan beberapa perpustakaan desa.

Nah, sekarang sudah tahu, kan, apa itu caption Facebook, manfaat, dan contoh-contoh dan tips mudah membuat caption yang baik.Jadi, tidak perlu ragu lagi. Ayo, pakai caption Facebook agar status Anda semakin berkualitas dan tepat sasaran.

Tulislah kata-kata atau kalimat yang menarik, mudah dipahami, dan mudah diingat. Caption yang unik dan berisi membuat kegiatan berbagi Anda semakin berdampak positif bagi pengguna yang lain. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat, ya.

Jika Anda masih mengalami kesulitan untuk membuat caption Facebook yang menarik, Anda bisa menyerahkannya pada tenaga profesional. Salah satunya adalah Kontenesia. Bagikan status dan postingan positif dengan caption menarik bersama Kontenesia!

2 thoughts on “Hobi Mengunggah Foto di FB tetapi Belum Tahu Apa Itu Caption Facebook? Yuk, Cari Tahu di Sini!

  1. […] Hobi Mengunggah Foto di FB tetapi Belum Tahu Apa Itu Caption Facebook? Yuk, Cari Tahu di Sini! […]

  2. Nice share admin, liked.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.