Posted on

Panduan Membuat Contoh Deskripsi Produk Makanan yang Menggugah Selera

Wisata kuliner adalah hal yang paling digemari saat ini oleh mereka yang senang pelesiran ke berbagai daerah di penjuru dunia. Makanan khas daerah tertentu wajib hukumnya untuk dinikmati saat berkunjung ke daerah tersebut.

Melihat pesatnya industri kuliner saat ini, seorang produsen makanan memerlukan konten yang menarik jika ingin membuat deskripsi produk makanan. Misalnya untuk ditampilkan di brosur, internet, atau bahkan di marketplace atau pasar dunia maya.

Berikut adalah panduan membuat contoh deskripsi produk makanan yang menggugah selera bagi penggiat industri kuliner:

Kenali Produk Anda secara Mendalam.

Kenali Produk Anda secara Mendalam - contoh deskripsi produk makanan
Kenali Produk Anda secara Mendalam – contoh deskripsi produk makanan – cdn.pergidulu.com

 

Bagaimana Anda akan menuliskan betapa enaknya produk makanan Anda kalau tidak mengetahui detail informasi mengenai makanan yang Anda jual? Pastikan Anda tahu sejarah pembuatan makanan yang Anda tawarkan, bahan-bahan pembuatnya, cara produksi serta manfaat kesehatan bagi yang memakannya.

Tentukan Target Konsumen Anda.

Tentukan Target Konsumen Anda - contoh deskripsi produk makanan
Tentukan Target Konsumen Anda – contoh deskripsi produk makanan – uprint.id

 

Setiap target konsumen memiliki kondisi emosional dan kesenangan yang berbeda-beda. Kami sarankan membagi target konsumen sesuai dengan klasifikasi umur karena bahasa yang digunakan dalam contoh deskripsi produk makanan untuk anak muda tentunya berbeda bagi orang yang sudah di atas usia 35 tahun. Gunakan bahasa yang “kekinian” bagi deskripsi produk makanan yang ditujukan kepada anak muda.

Tuliskan Bahan Pembuat Makanan dan Manfaatnya

Tuliskan Bahan Pembuat Makanan dan Manfaatnya - contoh deskripsi produk makanan
Tuliskan Bahan Pembuat Makanan dan Manfaatnya – contoh deskripsi produk makanan – blogspot.com

 

Industri makanan sangat dituntut untuk transparan dalam memberikan informasi kepada konsumennya, terutama bahan-bahan pembuat makanan. Pastikan Anda menggunakan bahan-bahan yang bermutu tinggi dan sesuai dengan aturan kesehatan yang diinstruksikan oleh BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan).

Konsumen pastinya akan lebih bahagia menyantap makanan yang Anda produksi apabila Anda juga menyertakan manfaat yang terkandung dalam makanan tersebut. Misalnya dengan memakan makanan yang Anda buat dapat mendukung kesehatan fungsi organ dalam mereka.

Foto Berwarna yang Menggugah Selera

Foto Berwarna yang Menggugah Selera - contoh deskripsi produk makanan
Foto Berwarna yang Menggugah Selera – contoh deskripsi produk makanan – i0.wp.com

 

Jangan lupa lengkapi deskripsi produk makanan Anda dengan foto makanan, berwarna tentunya, dengan sudut pengambilan yang menggugah selera. Gunakan pencahayaan yang tepat saat mengambil gambar dan pastikan menggunakan kamera dengan resolusi gambar yang tinggi. Anda juga bisa menggunakan model yang menyantap makanan yang terhidang untuk foto produk Anda. Pastikan ekspresi wajah sang model mencerminkan kelezatan makanan tersebut.

 

Baca juga:

 

Pastikan Deskripsi Makanan Anda Singkat, Padat, dan Jelas.

Pastikan Deskripsi Makanan Anda Singkat, Padat, dan Jelas - contoh deskripsi produk makanan
Pastikan Deskripsi Makanan Anda Singkat, Padat, dan Jelas – contoh deskripsi produk makanan – blogspot.com

 

Tulis deskripsi makanan Anda dengan bahasa yang mudah dimengerti serta kalimat yang pendek-pendek. Usahakan deskripsi tersebut juga tidak terlalu panjang karena akan menjadi terlalu membosankan apabila tidak disertai oleh banyak gambar atau video pendukung.

Untuk informasi bahan-bahan pembuat makanan, Anda bisa menggunakan bullets point untuk menjabarkannya sehingga enak dilihat secara visual.

Ramah dengan Mesin Pencari Internet

Ramah dengan Mesin Pencari Internet - contoh deskripsi produk makanan
Ramah dengan Mesin Pencari Internet – contoh deskripsi produk makanan – uprint.id

 

Tidak ada salahnya membuat deskripsi produk makanan yang ramah dengan mesin pencari di Internet. Apalagi para wisatawan kerap menggunakan mesin pencari di internet untuk mengetahui informasi makanan khas di suatu daerah. Anda nantinya perlu menyelipkan kata kunci di deskripsi makanan yang Anda buat.

Apabila Anda membutuhkan bantuan dalam membuat contoh deskripsi produk makanan, Anda bisa menghubungi Kontenesia. Penulis-penulis Kontenesia akan dengan senang hati membantu Anda membuat contoh deskripsi produk makanan yang menarik hati.

Siapkan FAQ (Frequently Asked Question)

Siapkan FAQ (Frequently Asked Question) - contoh deskripsi produk makanan
Siapkan FAQ (Frequently Asked Question) – contoh deskripsi produk makanan – wordpress.com

 

Sebagai antisipasi, ada baiknya Anda juga menyiapkan FAQ bagi produk makanan Anda. FAQ ini sangat memudahkan bagi konsumen untuk menggali lebih jauh mengenai keamanan dan kelezatan makanan Anda. FAQ ini juga bisa Anda gunakan sebagai materi wawancara untuk media apabila produk makanan Anda diliput oleh media massa seperti radio dan televisi.

Demikian panduan membuat contoh deskripsi produk makanan yang baik dan tentunya menarik bagi pembeli. Jangan kaget apabila Anda semakin banjir order makanan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.