Posted on

Mau Produk yang Anda Tawarkan Lebih Dilirik Calon Pembeli? Simak Dulu Contoh Deskripsi Produk yang Satu Ini

Simak Contoh Deskripsi Produk yang Dilirik Calon Pembeli

Saat akan membeli barang di toko online, selain foto barang, Anda pasti melihat deskripsi produk tersebut untuk tahu fitur, kegunaan, serta kelebihannya. Deskripsi produk memegang peran penting untuk merayu calon pembeli untuk memutuskan apakah mereka akan membeli atau tidak. Karenanya, deskripsi produk menjadi peluang untuk menunjukkan sisi terbaik dari produk Anda.

Ada beberapa hal yang harus diketahui untuk mendeskripsikan produk. Tidak hanya menjelaskan barang, kata-kata yang digunakan pun harus bisa menjual. Lantas, bagaimana cara agar dilirik calon pembeli? Yuk, simak contoh deskripsi produk di bawah ini!

Terapkan 5W+1H

Terapkan 5W+1H - contoh deskripsi produk
Terapkan 5W+1H – contoh deskripsi produk – blogspot.com

Hal yang paling dasar dalam menjelaskan produk adalah mengulas produk berdasarkan 5W+1H (what, when, who, where, why, dan how). Jika Anda menjual kolam renang plastik, jelaskan apa kegunaan produk ini, siapa target market-nya, kapan pembeli bisa menggunakan produk ini, di mana produk ini cocok untuk dipakai, mengapa pembeli harus beli produk ini, dan bagaimana produk ini bekerja.

Tekankan fitur dan manfaat produk

Tekankan fitur dan manfaat produk - contoh deskripsi produk
Tekankan fitur dan manfaat produk – contoh deskripsi produk – mediakonsumen.com

 

Berikutnya, Anda harus menjelaskan fitur dan kegunaan produk tersebut dengan jelas. Dengan kata lain, jelaskan bagaimana produk tersebut bermanfaat bagi kehidupan pembeli dan mengapa produk tersebut penting. Contohnya, tuliskan fitur kolam renang plastik, seperti ukuran dan bahan, dan tuliskan manfaatnya misalnya untuk berendam di cuaca panas atau menjadi tempat belajar renang untuk anak-anak.

Memiliki gaya penulisan tersendiri

Memiliki gaya penulisan tersendiri - contoh deskripsi produk
Memiliki gaya penulisan tersendiri – contoh deskripsi produk – drestha.com

Daripada menulis penjelasan yang membosankan, deskripsikan produk dengan kata-kata yang ringan, menarik, atau bahkan lucu. Tentunya gaya penulisan harus cocok dengan produk yang dijual dan target market-nya. Contoh deskripsi produk dengan target market anak muda, Anda bisa menggunakan kata-kata yang modern seperti kekinian, hakiki, faedah, mantap jiwa, atau goals.

Bangun imajinasi pembeli

Bangun imajinasi pembeli - contoh deskripsi produk
Bangun imajinasi pembeli – contoh deskripsi produk – blogspot.com

Berjualan di toko online artinya pembeli tidak bisa merasakan atau menyentuh produknya. Oleh karena itu, Anda harus bisa membangun imajinasi pembeli dengan kata-kata. Contohnya, deskripsikan nikmatnya berendam dan mendinginkan tubuh di kolam renang saat hari sedang panas.

Buat penjelasan yang efektif

Buat penjelasan yang efektif - contoh deskripsi produk
Buat penjelasan yang efektif – contoh deskripsi produk – kaskus.id

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Nilesen Norman Group, hanya 16% orang yang membaca seluruh penjelasan produk di website.  Sisanya 79% lebih suka memindai kata-kata atau kalimat saja. Oleh karena itu, daripada menulis dengan paragraf panjang, gunakan poin untuk menjelaskan fitur utama produk Anda serta kegunaannya. Pakai font yang besar untuk memudahkan pembeli untuk membaca.

Baca juga:

Pentingnya menaruh ulasan dari pembeli lain

Bukan rahasia lagi bahwa pembeli mencari ulasan atau saran dari orang lain untuk membeli produk. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggaet pembeli dengan cepat, masukkan ulasan produk di toko online Anda.

Optimalisasi search engine

Optimalisasi search engine - contoh deskripsi produk
Optimalisasi search engine – contoh deskripsi produk – ytimg.com

Banyak pembeli menggunakan search engine untuk menemukan produk. Maka dari itu, Anda perlu mengupayakan optimalisasi search engine (search engine optimization). Caranya, gunakan kata kunci produk yang kira-kira akan dicari. Contohnya, Anda bisa menggunakan kata kunci “kolam renang plastik murah” atau “kolam renang plastik bagus”.

Gunakan jasa penulis produk yang berpengalaman

Gunakan jasa penulis produk yang berpengalaman - contoh deskripsi produk
Gunakan jasa penulis produk yang berpengalaman – contoh deskripsi produk – blogspot.com

Jika Anda kesulitan menulis deskripsi produk, Anda bisa menggunakan tenaga profesional untuk membuat deskripsi produk untuk toko online dan marketplace. Salah satu contoh perusahaan yang menyediakan jasa ini adalah Kontenesia—jasa penulis artikel profesional. Menggunakan Jasa Deskripsi Produk di Kontenesia akan membantu pekerjaan Anda lebih cepat.

Contoh deskripsi produk yang baik tidak hanya menjelaskan saja, tetapi harus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di benak pembeli sebelum pertanyaan-pertanyaan tersebut dilontarkan. Selain informasi yang akurat, kata-kata yang ditulis juga harus membuat pembeli merasa engage dengan penjual. Dijamin, penjualan Anda akan laris manis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.