Posted on

10 Contoh Kalimat Deskripsi Produk yang Bisa Memicu Minat Pelanggan

7 Contoh Kalimat Deskripsi Produk yang Bisa Memicu Minat Pelanggan

Seorang pemain bisnis online perlu mencari tahu contoh kalimat deskripsi produk yang menarik. Karena dalam dunia penjualan online, deskripsi produk bisa disebut sebagai ujung tombak penjualan. Kalimat deskripsi produk yang ditulis oleh penjual adalah sarana penjual untuk mengenalkan produk mereka tanpa tatap muka dengan pembeli. Semakin lengkap dan informatif deskripsi suatu produk yang tersaji, pelanggan akan semakin percaya dan yakin untuk membeli produk tersebut.

Selain mampu menciptakan penjualan, deskripsi produk yang menarik dengan menonjolkan fungsi serta manfaat produk yang sesungguhnya juga dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi pelanggan.  Lantas, bagaimana membuat kalimat deskripsi produk yang menarik? Berikut 7 contoh kalimat deskripsi produk yang bisa memicu minat pelanggan Anda:

Buat deskripsi yang fokus pada pembeli ideal Anda

Ketika Anda menulis deskripsi produk dengan target pasar yang terlalu luas, keterangan yang Anda buat akan terlalu umum. Akibatnya, tidak ada orang yang kena sasaran. Deskripsi produk yang baik harus mampu menjangkau audiens secara tertarget dan personal. Buat pertanyaan dan jawab seolah-olah Anda sedang mengobrol langsung dengan mereka. Selain menarik pelanggan, ini akan membuat mereka merasa dekat dengan produk yang ditawarkan. Misalnya:

“Tergelincir atau terjatuh saat sedang hiking memang tak bisa dihindari. Namun Anda bisa meminimalisirnya dengan memilih alas kaki yang tepat. Sandal gunung dari ABC ini dibuat dengan bahan berkualitas dan desain ergonomis anti slip. Bebaskan diri Anda dengan perjalanan yang lebih aman menjelajahi alam.”

Dari deskripsi di atas, Anda secara langsung sudah terhubung dengan target pasar Anda yakni para pendaki. Dengan menyebutkan masalah-masalah yang kerap dihadapi saat hiking atau mendaki, calon pembeli akan merasa lebih dekat dan merasa kalau produk yang Anda tawarkan memang memahami kegiatan yang mereka lakukan dan risikonya.

Sebutkan manfaat produk dengan jelas.

Anda menjual jaket X yang memiliki banyak fungsi. Maka yang harus Anda sebutkan dalam deskripsi adalah:

“Jaket X Multifungsi merupakan jaket yang dapat digunakan sebagai pelindung tubuh dari terpaan angin sekaligus berfungsi sebagai mantel hujan. Cocok digunakan untuk segala aktivitas tanpa mengurangi kenyamanan.”

Banyaknya manfaat jaket tanpa mengurangi kenyamanan tersebut yang menjadi nilai jual dalam deskripsi produk Anda.

Jelaskan mengenai bahan baku yang digunakan serta keunikannya.

“Jaket X Multifungsi terbuat dari bahan taslan yang tahan air dan tidak mudah ditembus angin. Cocok bagi Anda yang banyak beraktivitas di luar ruangan atau pengendara motor.”

Deskripsi di atas merujuk pada bahannya yang tidak tembus air maupun angin dan siapa yang cocok mengenakan produk tersebut.

Gunakan kalimat superlatif dan sertakan bukti

Kalimat yang mengandung kata ‘paling’ atau ‘ter’ memang paling banyak digunakan oleh para penjual untuk memasarkan produknya. Namun ini akan terdengar tidak tulus dan hanya terdengar seperti kata-kata kosong kalau Anda tidak menyertakan bukti-bukti terkait klaim Anda tersebut.

Contoh yang bisa Anda lihat adalah bagaimana Amazon membuat deskripsi produk untun Kindle Paperwhite yang mereka jual. Dalam tulisannya, Amazon mengklaim bahwa produk mereka adalah e-reader paling canggih saat ini. Untuk membuat calon pembeli merasa yakin, dibuatlah tambahan deskripsi sebagai berikut:

“E-reader tercanggih di dunia saat ini. Memiliki resolusi tinggi baterai yang mampu bertahan sampai 8 minggu. Produk ini juga dilengkapi dengan:

  • Sistem pencahayaan yang sudah dipatenkan, menjamin para pembacanya mendapatkan cahaya yang sempurna sesuai dengan kondisi sekeliling
  • Paperwhite memiliki 62% piksel yang lebih banyak sehingga resolusinya lebih tajam
  • Varian terbari ini memiliki 25% kontras yang lebih baik sehingga teks yang dihasilkan tampak lebih gelap dan jelas
  • Meskipun digunakan dalam cahaya terang, Paperwhite tetap mampu menampilkan tulisan dan gambar yang jelas dan bebas silau.”

Buat deskripsi yang mampu memikat imajinasi audiens

Penelitian ilmiah membuktikan bahwa ketika seseorang memegang suatu produk di tangan mereka, keinginna untuk memilikinya akan semakin besar. Sayangnya bagi pedagang online, penjual hanya bisa melihat foto produknya saja. Keberadaan gambar dan video beresolusi tinggi dan jernih memang bisa membantu, tapi ada trik copywriting yang bisa Anda coba untuk meningkatkan keinginan pembaca untuk membeli: biarkan calon konsumen Anda membayangkan seperti apa rasanya memiliki produk Anda. Contohnya:

“Di tengah kesibukan yang tidak ada habisnya, rumah yang berantakan, cucian yang menumpuk hingga piring yang belum tercuci adalah masalah baru yang kerap bikin sumpek. Kalau dulu Anda harus mempekerjakan asisten untuk melakukannya, sekarang Anda dapat memesan jasa bersih-bersih rumah secara online. Unduh aplikasi ABC dan pesan jasa dari mitra kami kapanpun Anda memerlukannya. Kapan lagi bisa merasa nyaman sepulang bekerja dengan rumah yang bersih dan kinclong?”

Teknik untuk membuat copywriting semacam ini adalah dengan memulai kalimat yang mengajak pembaca membayangkan. Selanjutnya tutup paragraf Anda dengan kalimat penjelasannya tentang bagaimana perasaan calon pembeli jika mereka menggunakan produk yang Anda tawarkan.

Sertakan informasi tentang perawatan produk tersebut.

“Rendam Jaket X Multifungsi dengan air hangat selama 30 menit kemudian cuci dengan mild soap. Sebaiknya kucek dengan tangan. Apabila terdapat noda membandel, sikat jaket dengan lembut searah serat untuk menghindari kerusakan pori-pori jaket. Setelah dibilas, keringkan jaket dengan diangin-anginkan. Lapisi jaket dengan handuk atau kain lain saat menyetrika.”

Perawatan ini perlu diinformasikan kepada pembeli agar pembeli tahu cara merawat jaket tersebut dengan benar dan menekan terjadinya komplain kerusakan barang karena perawatan yang salah.

Jika produk yang dijual memiliki banyak variasi warna dan ukuran, cantumkan variasinya dengan jelas.

“Jaket X Multifungsi tersedia dalam ukuran L dengan warna hitam, merah marun, cokelat, dan abu-abu. Warna yang terlihat pada foto sesuai dengan warna aslinya. Apabila terdapat perbedaan warna, disebabkan oleh pengaturan monitor dan efek cahaya pada layar monitor Anda.”

Informasi ini bertujuan agar pembeli dapat langsung memutuskan produk yang dia beli tanpa perlu banyak bertanya pada penjual.

Berikan informasi mengenai fitur produknya.

“Jaket X Multifungsi memiliki 4 kantong untuk menyimpan ponsel, tablet, dompet, dan powerbank. Dilengkapi dengan hoodie dan penutup mata yang dapat dilepas, serta sarung tangan dan tempat untuk menyimpan earphone.”

Deskripsi mengenai fitur ini bertujuan untuk menunjukkan keuntungan yang akan diperoleh pembeli jika membeli produk Anda.

Berikan jaminan produk

“Dapatkan jaminan 100% uang kembali jika produk yang Anda terima tidak sesuai foto dan deskripsi kami.”

Dengan jaminan ini, pembeli akan semakin yakin dan percaya bahwa dia tidak akan dirugikan jika membeli produk Anda.

Berikan potongan harga untuk pembelian tertentu.

“Setiap pembelian Jaket X Multifungsi sebanyak 3 pcs, Anda akan mendapatkan potongan harga sebesar 25%. Dapatkan tambahan gratis biaya kirim dengan pembelian minimal 5 pcs.”

Pemberian promo tersebut bertujuan untuk mendorong pembeli agar melakukan pemesanan dalam jumlah banyak. Tambahkan kata kunci, misal “jaket multifungsi” dalam setiap deskripsi yang Anda buat. Tujuannya agar produk Anda ada di urutan pertama ketika pembeli melakukan pencarian dengan kata kunci tersebut.

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu atau tidak berpengalaman membuat deskripsi produk seperti contoh kalimat deskripsi produk di atas, Anda dapat menggunakan jasa copywriting dari penyedia jasa penulisan deskripsi produk yang profesional dan tepercaya seperti Kontenesia. Selamat mencoba!

 

Jasa Deskrispsi Produk untuk Toko Online dan Marketplace (Taichi)

Harga mulai dari Rp. 17.500/produk

Saat berjualan, deskripsi produk merupakan salah satu hal yang berpengaruh dalam menarik minat pembeli. Bila akhirnya pembeli berkunjung ke dan memutuskan bertransaksi di toko Anda, maka otomatis aktivitas penjualan di toko Anda pun turut meningkat.

Buat Deskripsi Produkmu Sekarang

8 thoughts on “10 Contoh Kalimat Deskripsi Produk yang Bisa Memicu Minat Pelanggan

  1. […] 7 Contoh Kalimat Deskripsi Produk yang Bisa Memicu Minat Pelanggan […]

  2. […] 7 Contoh Kalimat Deskripsi Produk yang Bisa Memicu Minat Pelanggan […]

  3. […] 7 Contoh Kalimat Deskripsi Produk yang Bisa Memicu Minat Pelanggan […]

  4. […] 7 Contoh Kalimat Deskripsi Produk yang Bisa Memicu Minat Pelanggan […]

  5. […] 7 Contoh Kalimat Deskripsi Produk yang Bisa Memicu Minat Pelanggan […]

  6. Kayaknya terakhir yang paling efektif

  7. […] 7 Contoh Kalimat Deskripsi Produk yang Bisa Memicu Minat Pelanggan […]

  8. Terimakasih infonya sangat mencerahkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.