Posted on

Omzet Penjualan Menurun? Yuk Dongkrak dengan 11 Contoh Deskripsi Produk Berikut Ini!

contoh deskripsi produk fashion

Sering kali terjadi omzet penjualan menurun hanya karena deskripsi produk tidak menarik, bahkan terkesan bertele-tele. Masalah yang sepele sebenarnya, tapi efeknya begitu besar. Penjualan bisa menurun drastis, bahkan mengakibatkan minus di akhir bulan. Nah, buat Anda yang sedang frustrasi karena omzet penjualan terus menurun, cobalah lima contoh deskripsi produk yang memikat berikut ini.

Apa saja itu? Yuk, simak uraiannya.

Contoh Deskripsi Produk Elektronik

contoh deskripsi

Umumnya, deskripsi produk elektronik hanya seputar spesifikasi dari web produsen tanpa ada keterangan kelebihan atau hal penting yang menarik minat pembeli. Alhasil, pembeli melewatkan begitu saja bagian ini. Padahal, bagian deskripsi bisa dimanfaatkan untuk menggaet konsumen. Mau tahu? Simak saja contoh deskripsi  produk yang mampu memikat pembeli berikut.

Malu unggah foto ke media sosial hasil selfie dengan kualitas buruk? Tenang, kini handphone keluaran terbaru ABC dengan tipe RT4 dapat mewujudkan semua itu. Kamera depan yang berukuran 20 MP akan menghasilkan kualitas foto yang sempurna serta kecepatan perpindahan antar aplikasi tidak akan terasa karena didukung oleh prosesor octa core 2,3 dan RAM 3 GB.

Baca juga:

Contoh Deskripsi Produk Herbal

contoh deskripsi produk herbal

Penjualan produk herbal sangat bergantung kepada deskripsi yang ditulis karena pembeli belum tahu khasiat dari produk tersebut sebelum mereka mencobanya atau mendengar dari orang lain. Supaya produk Anda cepat dilirik dan dipercaya pembeli, tidak ada salahnya meniru contoh deskripsi produk berikut.

Sering lupa di mana menyimpan barang-barang Anda? Yuk, atasi dengan ramuan herbal ABC yang menggunakan bahan utama Ginkgo Biloba. Komponen flavonoids yang terkandung di dalamnya mampu meningkatkan sirkulasi darah di otak, peredaran oksigen dalam tubuh, dan nutrisi ke dalam sistem saraf. Dengan mengonsumsi 1 saset per hari Anda akan merasakan kehebatannya dalam satu minggu.

Contoh Deskripsi Produk Pakaian

contoh deskripsi produk fashion

Ketika membeli pakaian, konsumen tidak terlalu memperhatikan deskripsi produk karena fokus mereka lebih mengarah ke desainnya. Namun, dengan memberikan keterangan singkat tentang produk tersebut, ketertarikan konsumen terhadap produk Anda akan melonjak. Lihat contoh berikut.

Kemeja wanita keluaran ABC tampil dengan gaya trendi. Cocok dipadukan dengan semua jenis celana dan mendukung untuk kegiatan sehari-hari maupun acara formal. Bahan sifon yang melapisinya membuat wanita tampak feminin dan stylish di saat bersamaan.

Contoh Deskripsi Produk Furnitur

deskripsi produk furnitur

Deskripsi produk furnitur hanya menjelaskan bahan yang digunakan serta teknik  pelitur yang dipakai. Namun, tidak ada salahnya Anda menambah keterangan lain untuk menarik minat pembeli. Seperti contoh berikut.

Bufet tapal kuda ukuran 4 meter. Perabot rumah yang dapat menampung barang-barang sekaligus mempercantik interior ruangan. Terbuat dari bahan Jati dengan teknik pelitur melamic clear base, akan membuatnya antirayap dan tahan lama. Untuk memilikinya Anda cukup merogoh kocek sekitar Rp4 juta.

Contoh Deskripsi Produk Sepatu

Deskripsi produk sepatu cenderung hanya berisi info-info tentang ukuran sepatu, bahan, dan warnanya. Meskipun dari desain dan tampilan lewat foto yang diunggah cukup kuat untuk menarik minat pembeli, tidak ada salahnya membuat deskripsi singkat yang dapat membuat pembeli menjadi yakin. Begini salah satu contohnya.

Sneaker ABC, Antilecet dan Ringan Saat Bergerak.

Anda membutuhkan sepatu untuk beraktivitas sehari-hari tapi tetap tampil trendi? Sepatu ABC dengan desain up to date dan ringan saat melangkah membuat Anda lebih percaya diri menjalani aktivitas. Dilapisi bahan PU Leather dan konsep street style, Anda dapat memadukannya dengan gaya pakaian apa pun. Tumit tetap terasa nyaman karena memiliki bantal penahan di bagian belakang.

Contoh Deskripsi Produk Kesehatan

gambar garam himalaya

Saat ini produk kesehatan memiliki peminat yang sangat tinggi. Kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat membuat banyak orang rela mengeluarkan uang demi beragam produk yang bisa meningkatkan kesehatan. Bukan hanya berbentuk vitamin, salah satu contohnya adalah lampu alami dari garam Himalaya. Simak contoh deskripsi produknya berikut ini!

Natural Shaped Himalayan Salt Lamp dari ABCD dibuat dengan menggunakan 100% garam batu Himalaya. Tak hanya memiliki desain yang cantik, lampu ini mampu menyegarkan lingkungan di sekitar Anda. Lampu ini sangat sempurna diletakkan di home office atau di area kerja lainnya karena kemampuannya untuk mengurangi efek polusi elektromagnetik.

Tidak hanya itu, Natural Shaped Himalayan Salt Lamp ini juga bisa menyegarkan udara dengan mengurangi debu dan zat penyebab alergi. Penggunaan lampu ini bisa membantu Anda mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti alergi, asma dan sakit kepala

Deskripsi produk ini menyasar dengan baik orang-orang yang memiliki concern terhadap kesehatan. Sehingga alih-alih hanya membicarakan mengenai desain, deskripsi juga menjelaskan dengan baik manfaat dari produk yang dijual.

Contoh Deskripsi Produk Perlengkapan Bayi

perlengkapan bayi

Ibu-ibu merupakan target utama dari produk-produk yang berhubungan dengan bayi. Karena itu, Anda memerlukan trik khusus untuk bisa menarik perhatian mereka. Salah satu caranya adalah dengan menyertakan contoh kasus. Misalnya untuk menjual produk bib atau celemek bayi berikut ini:

Niatnya sih ingin mengajak si kecil jalan-jalan keliling komplek sambil menyuapinya makan. Tapi karena anak tidak bisa diam, akhirnya bubur yang disuapkan berantakan ke mana-mana. Baju yang tadinya rapi dan bersih kini penuh bercak noda.

Sekarang Moms tidak perlu khawatir karena ABCD Baby Shop sudah menyiapkan celemek cantik untuk si kecil. Selain memiliki desain lucu dan unik, celemek ini dibuat dengan menggunakan bahan yang aman bagi kulit bayi. Dengan celemek dari ABCD Baby Shop, si kecil bisa makan dengan bebas tanpa harus khawatir bajunya akan kotor.

Deskripsi Produk Makanan Delivery

kotak pizza

Pandemi yang sedang berlangsung membuka kesempatan bagi mereka yang ingin berbisnis makanan delivery. Lewat sistem pesan antar, konsumen tidak perlu ribet keluar rumah atau kantor hanya untuk membeli menu makan siang. Jika Anda tertarik untuk terjun ke bisnis sejenis, saatnya mulai menjaring calon konsumen. Caranya adalah dengan membuat deskripsi yang jelas untuk setiap menu yang ditawarkan. Simak contoh deskripsi produk untuk makanan delivery berikut ini!

Hujan-hujan begini, memang enaknya ngelamunin gebetan di depan jendela yang berkabut. Tapi, lebih enak lagi kalau di depan kamu ada semangkuk bakso mercon panas yang super pedas. Minya yang lembut di bibir dan bakso yang dagingnya tumpah-tumpah, bakal menambah tenagamu untuk mengejar si dia.

Jangan repot-repot mikirin keluar dan berbasah-basahan. Bakso Mercon Super ABCD siap mengantarkan pesanan kamu sampai ke depan rumah. Tinggal telepon aja ke nomor 0888-777-666 biar kurir kami yang meluncur ke tempatmu. Cus!

Dalam deskripsi di atas, calon konsumen Anda tidak hanya akan mendapat penjelasan mengenai produk yang dijual, tapi juga mengetahui poin plus lainnya yakni adanya jasa pesan antar/delivery.

Deskripsi Produk Minuman Diet

produk susu almond

Di tengah tren minuman kekinian dengan bahan-bahan yang kurang sehat, menyediakan minuman diet atau minuman sehat adalah opsi yang cukup menarik. Karena menyasar orang-orang yang peduli pada kesehatan, maka dalam poin-poin deskripsi produk Anda harus mampu menarik perhatian mereka. Simak contohnya berikut ini!

Kalau sudah waktunya jam pulang kantor, ada saja teman yang ngajak nongkrong. Kalau sekadar duduk-duduk saja sih tidak masalah. Tapi kalau sampai menghabiskan 2 gelas milkshake ditambah 2 piring kentang goreng ‘kan bisa bahaya. Apa kabar dengan diet yang sudah kamu lakukan selama sebulan terakhir.

Mau menolak, jelas nggak enak. Hmm.. gimana kalau acara nongkrongnya jangan di kafe? Kamu bisa pilih area outdoor seperti taman kota yang lebih luas dan sirkulasi udaranya bagus. Soal minuman, kamu bisa bawa bekal sebotol susu almond rasa kopi dari ABCD Drinks. Dengan rasanya yang enak dan kandungan kalorinya yang rendah, kamu bebas nongkrong tanpa harus merasa bersalah.

Deskripsi Produk Investasi

tumpukan uang koin

Saat ini banyak sekali tersedia beragam opsi produk investasi. Selain memberikan layanan terbaik dan skema keuntungan yang bagus bagi para investor bukan satu-satunya cara mendongkrak omzet penjualan. Anda juga harus mampu ‘menyeret’ mereka yang tadinya tidak peduli menjadi melek investasi. Contohnya bisa disimak dalam deskripsi berikut:

Jadi, bagaimana dengan pekerjaan Anda hari ini? Gaji masih lancar? Tunjangan jalan terus? Kira-kira kalau pensiun nanti, sudah punya tabungan apa?

Banyak orang yang berpikir kalau dana pensiun itu disiapkan 2 atau 3 tahun menjelang pensiun. Padahal, semakin cepat Anda merencanakannya, semakin besar peluang Anda untuk merasakan mapan finansial di hari tua. Caranya bagaimana? Salah satunya adalah dengan investasi emas di ABCD Gold. Kenapa harus emas? Emas merupakan investasi safe haven yang nilainya terus bertambah sepanjang tahun. Kalau Anda mulai mengumpulkan dari sekarang, bayangkan berapa nilainya ketika Anda pensiun nanti?

Deskripsi produk di atas dimulai dengan ‘mengusik’ keresahan calon konsumen agar mereka paham apa yang mereka butuhkan. Selanjutnya, tinggal memberikan penawaran apa yang bisa jadi solusi untuk mengatasi keresahan mereka. Langkah ini sangat jitu membantu Anda mendongkrak penjualan produk investasi milik Anda.

Contoh Deskripsi Produk Kecantikan

produk kosmetik

Saat ini semakin banyak pengguna produk kecantikan yang tidak hanya mementingkan hasil cepat. Mereka umumnya cukup cerdas mencari informasi mengenai produk dengan bahan apa yang memiliki kualitas terbaik tanpa efek samping jangka panjang yang membahayakan. Simak contoh deskripsi produk kecantikan berbahan alami berikut ini!

Mata adalah jendela dunia. Karena itu, merawat kesehatan dan kecantikan kulit di sekitar mata adalah hal penting yang harus kamu lakukan sejak dini. ABCD Cosmetic menghadirkan eye cream dengan formula alami yang akan bantu kamu merawat area di sekitar mata.

Memadukan bahan-bahan alami berupa ekstrak kopi, ekstrak mentimun dan lidah buaya, masalah seperti kantung mata, lingkaran hitam hingga mata lelah bisa diatasi dengan mudah. Aplikasikan tipis-tipis sambil tekan perlahan. Gunakan setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Pada dasarnya, membuat deskripsi produk juga harus menggunakan buyer persona sebagai referensi. Dengan adanya buyer persona, Anda bisa dengan mudah menentukan tone hingga gaya bahasa yang akan digunakan dalam deskripsi produk. Langkah ini akan membantu Anda menjangkau target pasar yang tepat dalam jangka waktu yang lebih cepat.

Bagaimana? Setelah Anda membaca contoh deskripsi produk di atas, tentu Anda menemukan apa yang mesti dilakukan untuk menaikkan omzet penjualan. Jika masih bingung dan kesulitan dalam membuat contoh deskripsi singkat produk, Anda dapat mengunjungi situs Kontenesia.com yang menawarkan jasa deskripsi produk untuk toko online dan marketplace. Buruan order artikelnya agar omzet penjualan Anda berkembang pesat.

3 thoughts on “Omzet Penjualan Menurun? Yuk Dongkrak dengan 11 Contoh Deskripsi Produk Berikut Ini!

  1. […] Omzet Penjualan Menurun? Yuk Dongkrak dengan 5 Contoh Deskripsi Singkat Produk Berikut Ini! […]

  2. […] Omzet Penjualan Menurun? Yuk Dongkrak dengan 5 Contoh Deskripsi Singkat Produk Berikut Ini! […]

  3. […] Omzet Penjualan Menurun? Yuk Dongkrak dengan 5 Contoh Deskripsi Singkat Produk Berikut Ini! […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.