content creator

9 Langkah Sederhana Menjadi Content creator yang Kreatif dan Keren

Profesi sebagai seorang content creator kini menjadi jenis pekerjaan yang begitu menjanjikan. Hal tersebut tak terlepas dari fakta mengenai meningkatnya penggunaan metode digital marketing oleh para pebisnis. Menurut survei terbaru yang dilakukan oleh Clutch, sebanyak 83 persen pebisnis merasakan secara langsung efektivitas pemasaran melalui internet.

0. Mengapa Harus Menjadi Content Creator?

Pada era digital, salah satu profesi yang semakin banyak digeluti adalah menjadi seorang content creator. Siapa saja yang dapat disebut content creator?

Klik disini untuk membaca

 

Pola pemasaran digital yang dapat dilakukan oleh para pebisnis sangat beragam. Dari begitu banyaknya metode digital marketing, ada 3 cara yang paling banyak digunakan, yaitu menggunakan website, media sosial, serta email marketing. Penggunaan 3 metode pemasaran digital tersebut tak lepas dari peran pembuat konten. Content creator adalah otak di balik kualitas sebuah konten.

Setiap orang punya kesempatan untuk menjadi seorang content creator. Untuk mewujudkan keinginan sebagai content creator, kamu hanya perlu mengikuti 9 langkah sederhana. Ingin tahu, kan? Simak artikel ini lebih lanjut, ya!

1. Apa Itu Konten

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui definisi konten dalam digital marketing. Konten merupakan material yang kamu buat sebagai sarana untuk melakukan pemasaran lewat internet.

Menciptakan konten adalah salah satu cara untuk membagikan informasi kepada audiens. Konten juga dapat berbentuk promosi produk kepada calon pembeli.

Klik disini untuk membaca

 

Konten bisa berupa gambar, video, artikel website, dan lain-lain. Hal penting yang perlu kamu perhatikan, konten tersebut harus memenuhi tujuan agar bisnis bisa mengedukasi audience dan mendorong interaksi dengan mereka.

2. Memilih Konten Sesuai Passion

Profesi sebagai seorang content creator Indonesia memungkinkan kamu untuk menjalani pekerjaan sesuai dengan passion. Dengan begitu, kamu bisa merasa nyaman dalam membuat konten tersebut. Tanpa passion, kamu bakal menjalani profesi ini dengan nyaman dan tidak membosankan.

Passion yang bisa dikerjakan lewat profesi content creator bisa beragam. Sebagai contoh, ketika kamu memiliki hobi terkait dunia game dan gadget. Kamu dapat memilih untuk memproduksi konten berkaitan dengan keduanya. Pilihan konten yang bisa kamu buat juga bervariasi disesuaikan kemampuan masing-masing.

Kemampuan dalam menjalankan aplikasi edit foto dan video, bisa kamu manfaatkan untuk memproduksi konten berupa gambar menarik ataupun video. Sementara itu, bagi kamu yang punya hobi menulis, tak ada salahnya untuk mengembangkan hobi tersebut sebagai sarana menghasilkan konten artikel.

Kamu perlu tahu bahwa kebutuhan terhadap jasa penulis artikel saat ini begitu tinggi. Apalagi, kamu tidak hanya mampu menghasilkan konten artikel berkualitas, tetapi juga jasa artikel SEO yang memungkinkan sebuah website bisa tampil dalam halaman pertama pencarian Google.

3. Selalu Update

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat konten yang update. Untuk itu, content creator Instagram, YouTube, ataupun website, harus mengikuti tren yang ada di dunia maya. Selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan tren tersebut sebagai landasan untuk membuat konten menarik. Kalau perlu, kamu juga bisa menyesuaikan konten dengan tema yang kekinian.

Sebagai contoh, beberapa hari lagi merupakan momen penting perayaan Hari Pendidikan. Kamu bisa merayakan Hari Pendidikan dengan menghasilkan konten yang menceritakan tentang kisah perjuangan Ki Hajar Dewantara di dunia pendidikan. Kamu juga dapat memilih untuk memuat konten yang berisi kutipan inspiratif dari beliau.

4. Multitasking

content creator
myoptimind.com

Seorang content creator Youtube atau jenis konten lainnya, harus memiliki kemampuan untuk melakukan beberapa aktivitas dalam satu waktu atau multitasking. Proses pembuatan konten memang mendorong kamu untuk memiliki beberapa skill. Sebagai contoh, proses pembuatan konten artikel tak hanya melibatkan kemampuan dalam menulis. Kamu juga perlu menyertainya dengan gambar yang terlihat menarik.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu belajar mengenai cara meningkatkan popularitas konten. Solusi yang bisa kamu coba adalah dengan membagikannya lewat berbagai media sosial. Tidak hanya Facebook, tetapi juga YouTube, Instagram, Twitter, ataupun website. Kalau kamu punya skill yang terbatas, kemungkinan besar kontenmu tidak akan terlalu populer.

5. Riset Dalam Pembuatan Konten

Persaingan dalam memproduksi konten di internet begitu tinggi. Apalagi, jumlah content creator Indonesia saat ini begitu banyak. Belum lagi, kamu juga harus bersaing dengan kreator konten dari luar negeri. Oleh karena itu, kamu harus memastikan bahwa konten yang dibuat memiliki kelebihan tersendiri.

Melakukan riset yang mendalam merupakan salah satu cara agar konten yang kamu hasilkan punya nilai plus dibandingkan konten milik content creator Instagram atau Youtube lain. Riset bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Kamu bisa mencari data di internet dengan berbagai kata kunci. Selain itu, kamu juga dapat memilih untuk menggali informasi secara langsung di dunia nyata.

6. Jangan Putus Asa saat Ada Komentar Negatif

Ketika sudah menjalani profesi sebagai content creator Indonesia, kamu akan menemukan berbagai hal yang bisa menganggu pekerjaan. Satu hal yang kerap muncul dan bahkan mengakibatkan seorang content creator berhenti dalam memproduksi konten baru adalah adanya komentar negatif.

Kamu perlu sadar bahwa konten yang terpublikasi di internet bisa dilihat siapa saja. Oleh karena itu, cukup masuk akal kalau ada seorang warganet yang memiliki pola pandang dan pendapat yang berbeda dibandingkan dengan kontenmu. Namun, kamu juga perlu ingat, bahwa tak sedikit pula audience yang mengapresiasi konten tersebut.

7. Pilih Waktu Publikasi yang Tepat

content creator
gardeninglimited.com

Pemilihan waktu publikasi juga harus dilakukan dengan tepat. Hal ini penting agar kontenmu dibaca dan dilihat oleh banyak orang. Mengenai waktu terbaik yang bisa kamu pilih, bisa disesuaikan dengan audience masing-masing.

Kalau kamu membuat konten yang secara khusus ditujukan untuk para orang tua, maka waktu terbaik untuk melakukan publikasi konten baru adalah di malam hari. Sementara itu, konten untuk anak muda bisa kamu bagikan di media sosial pada pagi hari ataupun waktu istirahat siang.

8. Liburan Perlu untuk Penyegaran dan Mencari Ide Baru

Konten yang kamu produksi dari aktivitas sebagai content creator Instagram sehari-hari mungkin sudah sesuai dengan passion-mu. Namun, tak menutup kemungkinan kalau kamu bisa mengalami kebuntuan ide dalam memproduksi konten baru. Alhasil, konten yang kamu hasilkan terkesan itu-itu saja. Hal ini harus kamu hindari karena bisa membuat audience merasa bosan.

Ketika kamu tengah berada dalam situasi seperti itu, solusinya adalah mencoba untuk break sejenak. Kamu bisa memilih untuk berlibur untuk memperoleh penyegaran. Saat berlibur, kamu harus melupakan sejenak kesibukan terkait aktivitas sebagai content creator. Dengan begitu, pikiranmu akan menjadi lebih segar dan bahkan tak menutup kemungkinan kamu bisa memperoleh ide baru dalam membuat konten.

9. Konsisten Dalam Membuat Konten

Kalau ingin menjadi content creator Youtube yang keren, kamu harus memastikan bahwa aktivitas pembuatan konten harus dilakukan secara konsisten. Bisa dibilang, konsistensi merupakan hal yang paling berat dalam memproduksi konten. Terkadang, kamu memiliki semangat besar untuk membuat konten baru. Namun, ada pula momen ketika kamu merasa sangat malas dalam memproduksi konten.

Oleh karena itu, kamu perlu memiliki jadwal publikasi konten secara teratur. Kamu tak harus mengeluarkan konten baru setiap hari. Kamu bisa memilih untuk memublikasi konten setiap 3 hari sekali. Intinya, jadwal konten baru disesuaikan dengan kemampuan dan tingkat kesulitan.

Selain itu, kamu juga bisa menyusun timeline serta naskah yang dapat membantu dalam menciptakan konten yang terarah. Dengan begitu, kontenmu tidak akan membuat bingung para follower atau subscriber. Mereka bisa memperoleh pengetahuan baru dengan nyaman dari konten yang kamu hadirkan.

Itulah 9 langkah sederhana yang bisa kamu jalankan untuk bisa menjadi content creator yang kreatif dan keren. Kamu bisa memulai langkah tersebut sekarang juga. Modal yang diperlukan juga tak banyak. Kamu dapat memanfaatkan smartphone, kamera, ataupun komputer untuk bisa membuat konten. Yuk!

PANDUAN CONTENT CREATOR

Untuk memahami lebih detail tentang content creator dan cara-cara membuat konten yang berkualitas, silahkan baca masing-masing bab berikut.

BAB 1

Cara Membuat Artikel

Cara membuat artikel sekarang menjadi salah satu kunci penting dalam berpromosi secara digital. Seperti apa cara kerjanya?

BACA BAB 1

BAB 2

Konten Media Sosial Berkualitas

Mau meningkatkan trafik pengunjung blog? Ingin jumlah follower bertambah? Yuk, ciptakan konten media sosial berkualitas! Temukan rahasianya, di sini!

BACA BAB 2

BAB 3

Membuat Deskripsi Produk

Menuliskan deskripsi produk kerap dianggap tidak penting. Padahal, setiap calon pembeli membutuhkan informasi yang mendetail tentang produk yang ingin dibeli.

BACA BAB 3

BAB 4

Mengenal Jenis dan Fungsi Desain

Ada banyak jenis desain yang keberadaannya bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, ketahui lebih lanjut jenis dan fungsi desain tersebut!

BACA BAB 4

BAB 5

Membuat Konten Menarik

Ingin tahu trik mudah membuat konten seperti profesional? Dengan cara yang sederhana, kamu bisa menghasilkan konten berkualitas dan keren!

BACA BAB 5

BAB 6

Apa Itu Copywriting?

Di dalam pemasaran era digital ini, copywriting menjadi sesuatu yang banyak diincar. Lantas, apa sebenarnya copywriting dan apakah cara membuat artikel biasa berbeda dengan cara membuat copywriting?

BACA BAB 6