Posted on

Yuk, Kenali Apa Itu Desain dan Jenis-Jenis Desain

definisi desain menurut para ahli

Untuk membuat interior ruangan tampak menarik dan serasi, jasa seorang desainer interior sangat dibutuhkan. Demikian pula agar tampilan website lebih ramah terhadap pengguna, peran seorang desainer web sangat penting.

Dalam kehidupan sehari-hari, desain bukan lagi hal yang asing. Jika melihat sebuah brosur yang tidak estetik, misalnya, seseorang biasanya akan langsung melontarkan ketidakpuasannya. Ini merupakan pertanda bahwa desain tidak bisa diabaikan.

Apa Itu Desain?

definisi desain menurut para ahli
Qerja.com

Sebelum mendalami tentang desain, ada baiknya mengenali pengertian atau makna “desain” terlebih dahulu. Kata ini bisa digunakan untuk menunjukkan sebuah proses membuat objek, komponen, sistem, atau struktur tertentu.

Secara lebih spesifik, desain berarti perpaduan antara seni terapan dan rekayasa yang selanjutnya diintegrasi dengan teknologi. Dengan sentuhan kreativitas, hasil desain menjadi lebih layak dan menarik untuk dilihat maupun digunakan.

Desain juga bisa dimaknai sebagai hasil yang didapatkan dari proses kreatif yang dilakukan oleh seorang desainer. Hasil yang dimaksud bisa dalam bentuk rencana, yaitu gambar, model, proposal, atau deskripsi.

Hasil ini merupakan terjemahan kepentingan klien, berdasarkan keperluan, serta merupakan jawaban atas masalah yang sedang dihadapi. Desain berkualitas lahir setelah melewati proses riset yang benar maupun diskusi yang efektif.

Definisi Desain Menurut Para Ahli

definisi desain menurut para ahli
BiteBrands.co

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata “desain” didefinisikan sebagai kerangka bentuk atau rancangan. Desain juga berarti motif, pola, dan corak. Sementara itu, mendesain adalah membuat desain atau membuat rancangan pola.

Ada beberapa definisi desain menurut para ahli. Salah satunya, J.B Reswick (Amerika Serikat, 1965), yang mengatakan bahwa desain adalah sebuah aktivitas kreatif untuk membuat sesuatu yang baru dan berguna dari yang belum pernah ada.

Selain itu, ada pula J.K Page (Inggris, 1963) yang mengatakan bahwa desain adalah lompatan imajinatif dari suatu fakta atau kenyataan yang menuju pada kemungkinan yang bisa dicapai pada waktu-waktu yang akan datang.

Walter Gropius juga mengatakan bahwa desain adalah kreasi seniman untuk memenuhi kebutuhan dengan cara tertentu. Sementara itu, Rachel Cooper menyebut desain sebagai seni yang tumbuh dari kebudayaan kontemporer.

Berdasarkan definisi tersebut, secara umum dapat dipahami bahwa desain adalah kegiatan kreatif untuk menghasilkan sebuah rancangan atau hasil yang sudah jadi, berdasarkan keilmuan maupun profesi khusus yang memiliki prinsip yang sama.

Jenis-Jenis Desain

definisi desain menurut para ahli
pixelldesign.com

Desain memiliki cakupan yang sangat luas. Oleh karena itu, desain bisa dibagi dalam beberapa kelompok sesuai fokus yang dikerjakan, yaitu:

1. Fashion Design

definisi desain menurut para ahli
tipsdoktercantik.com

Fashion design adalah seni untuk mengaplikasikan seni, estetika, dan kecantikan alamiah pada sebuah pakaian dan aksesorinya. Fashion design dipengaruhi oleh budaya dan perilaku sosial dan selalu bervariasi tiap tempat atau tiap waktu.

Desain yang dibuat oleh para fashion designer akan digunakan oleh pihak manufaktur untuk membuat produk. Retailer yang memiliki bujet rendah akan membuat produk murah yang sesuai tren, demikian pula sebaliknya.

Lalu, apa saja tugas seorang fashion designer? Mereka harus bisa menggambar konsep pakaian atau yang berhubungan dengan fashion. Mereka juga menggunakan software fashion design, seperti Lectra Kaledo, untuk menciptakan desain.

Bukan hanya itu, fashion designer merancang konsep hingga mengukur dan menjahit pakaian yang didesainnya. Mereka pun mempelajari aspek bisnis dan pemasaran di dunia fesyen yang terus berkembang.

Beberapa fashion designer yang terkenal adalah Donatella Versace, Tom Ford, Valentino Garavani, Poppy Dharsono, Tex Saverio, Peggy Hartanto, dan sebagainya. Jasa desain yang mereka tawarkan tentu dihargai dengan tarif tinggi.

2. Web Design

definisi desain menurut para ahli
tekinside.ma

Web design adalah proses membuat halaman web dengan menggunakan metode komputerisasi dan online. Hasil web design yang baik harus mudah digunakan, efektif, dan rapi. Dengan demikian, tujuan web design lebih mudah tercapai.

Area berbeda dari web design adalah desain grafis web, interface design, authoring, user experience (UX) design, dan search engine optimization (SEO).

Untuk menjadi seorang web designer, skill yang harus dimiliki adalah bahasa pemograman, seperti Coding dan PHP dan software seperti Adobe Photoshop dan Adobe Dreamweaver. Langkah awalnya adalah membuat template blog.

Sebagai web designer, ia juga harus memahami perbedaan model warna RGB dan CMYK. Bagi pengguna awam, keduanya sama saja. Namun, dalam dunia web design, ada perbedaan yang sangat signifikan.

3. Interior Design

definisi desain menurut para ahli
buildsafe.com.au

Desain interior adalah sebuah proses untuk merancang pembangunan atau tata letak ruangan. Dengan desain interior yang tepat, para penghuni rumah akan merasa lebih nyaman dan betah ketika sedang menempati hunian.

Ada beberapa keahlian yang perlu dimiliki oleh seorang desainer interior, yaitu mampu menggambar konsep rumah dan tata letak. Ia juga perlu menguasai beberapa software, seperti Google Sketchup, HomeStyler, dan AutoCAD.

4. Graphic Design

definisi desain menurut para ahli
anthillonline.com

Desain grafis adalah proses menciptakan sebuah komunikasi visual dan pemecahan masalah dengan menggunakan tipografi, fotografi, dan ilustrasi. Seorang desainer grafis mengombinasikan simbol, gambar, atau teks menjadi representasi visual.

Desain grafis biasa digunakan untuk keperluan korporat, yaitu membuat logo dan branding, ketika membuat desain editorial seperti koran dan majalah, atau pada advertising, web design, dan desain komunikasi.

Selain itu, masih ada beberapa jenis desain yang lain, seperti product design, communication design, artwork design, animation graphic, dan sebagainya. Masing-masing jenis desain ini memiliki fokus yang berbeda.

Kesimpulannya, desain adalah proses kreatif untuk menciptakan sebuah produk yang unggul dan lebih mengena. Desain yang tepat akan menjadi solusi atas setiap permasalahan yang sedang ditangani.

One thought on “Yuk, Kenali Apa Itu Desain dan Jenis-Jenis Desain

  1. […] demikian beberapa unsur dalam desain grafis yang perlu Anda ketahui. Semoga […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.