Posted on

Ingin Bisnis Lebih Menjual? Coba 15 Desain Brosur Unik Ini

Desain brosur

Desain brosur adalah cara jitu membuat bisnis lebih menjual. Namun, banyak pelaku usaha belum paham bagaimana cara buat brosur promosi yang menarik. Terlalu banyak atau minim informasi hingga layout berantakan menjadi masalah terbesar.

Padahal, tidak perlu malu menggunakan jasa desain untuk merancang brosur promosi yang unik.Ini penting untuk meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme Anda di mata klien.

Sekarang, mari simak 15 desain brosur unik yang bisa Anda jadikan inspirasi.

1. Contoh brosur sederhana

Desain brosur
id.kisspng.com

Desain yang sederhana tidak selalu membosankan.Cukup pakai beberapa foto beresolusi tinggi, warna identitas bisnis Anda, dan informasi dasar.Dengan tiga elemen itu saja Anda bisa memperoleh brosur simpel sekaligus informatif.

Permainan dua atau tiga warna juga dapat merepresentasikan brosur yang sederhana.Misalnya, merah, putih, dan hitam.Anda tinggal mengatur komposisi foto dan kata-kata agar semua elemen itu bisa berpadu maksimal, rapi, dan elegan.

2. Bentuk geometris penarik perhatian

desain brosur
vecteezy.com

Bentuk geometris seperti lingkaran, segi lima, segi enam, atau segi delapan bisa jadi penarik perhatian ketika Anda letakkan dalam bentuk callout. Beri warna kontraspada callout untuk membuatnya menonjol dari background.

3. Brosur berbentuk akordion

Desain brosur
Sribu.com

Bosan dengan brosur lipat?Desain brosur kreatif berbentuk akordion bisa jadi ide cemerlang.Begitu direntangkan, Anda bisa melihat isi brosur secara keseluruhan dalam sekali pandang.Jadi, tidak perlu membolak-balik halaman untuk membacanya.

4. Pertimbangkan bahan brosur

Desain brosur
blog.porinto.com

Anda bisa menampilkan nilai perusahaan lewat pemilihan bahan brosur.Misalnya, pakai kertas daur ulang untuk citra ramah lingkungan.Sementara kertas art carton dengan tampilan glossy bisa memberi kesan korporat dan profesional.

5. Brosur bukan hanya berbentuk kotak

Desain brosur
russellshawdesign.com

Coba mengusung halaman brosur berbentuk segitiga, hati, atau bentuk lain yang pas untuk bisnis Anda. Misalnya, tiga halaman bentuk bulat saling melipat satu sama lain. Anda pun penasaran membuka tiap halaman untuk melihat apa yang ada di bawahnya.

6. Lakukan penyesuaian secara halus

Desain brosur
sahabatartikel.com

Format standar seperti brosur lipat atau booklet dapat Anda percantik dengan mengubah sudut halaman menjadi bulat. Langkah ini tepat untuk melembutkan tampilan brosur Anda.

Sekarang, Anda tinggal menambahkan contoh kalimat brosur yang menarik untuk dummy.Apabila menemui kesulitan dalam merangkai kata yang tepat, Anda cukup menyewa jasa penulis artikel untuk mengisi halaman brosur bisnis tersebut.

7. Elemen grafis berupa tekstur

Desain brosur
uangonline.com

Ada kalanya foto kurang dapat menjadi media tepat untuk menyampaikan pesan yang Anda inginkan.Maka, elemen grafis berupa pola bertekstur bisa membantu konsumen memahami misi perusahaan Anda.

Pakai warna gelap sebagai latar, sehingga warna identitas bisnis yang kontras tampak menonjol.Secara keseluruhan, brosur ini pun memiliki dimensi yang beragam dan tidak terkesan monoton.

8. Gabungkan dengan ilustrasi kreatif

Desain brosur
fiverr.com

Siapa bilang Anda tidak bisa menggabungkan ilustrasi kreatif dalam sebuah brosur?Tentu saja bisa.Malah, ini memberi nilai tambah pada promosi Anda karena ilustrasi yang ditampilkan unik, bukan sekadar foto dari situs penyedia gambar.

Misalnya, jenis usaha Anda adalah konsultan psikologi.Gunakan ilustrasi untuk mendeskripsikan layanan yang ada, seperti sesi konseling atau workshop.Hasilnya, brosur Anda akan tampak stand out dan berbeda.

9. Kecil lebih simpel

Desain brosur
Pinterest.co.uk

Ukuran besar tak selalu lebih baik.Jika Anda dapat membuat informasi bisnis sepadat dan sesingkat mungkin, desain brosur berukuran kecil agar lebih simpel.Namun, Anda tidak perlu mengecilkan ukuran gambar atau huruf.

Sebagai contoh, pakai bentuk segitiga sebagai halaman brosur.Masukkan elemen foto dan deskripsi singkat tentang produk/jasa bisnis. Dengan ukuran pas digenggam, brosur pun mudah disimpan dalam tas tanpa takut lecek.

10. Brosur satu halaman

Desain brosur
Freelancer.com

Brosur satu halaman tak akan membosankan jika Anda memberi aksen mirip lipatan atau flap. Pakai lipatan untuk ‘menyembunyikan’ informasi, sehingga orang tertarik untuk membuka lipatan itu dan membaca apa yang ada di dalamnya.

11. Cutting yang menonjol

Desain brosur
Pinterest.ch

Salah satu jenis cutting yang menonjol adalah die cuts. Anda bisa menggunakan teknik ini untuk menciptakan ‘jendela’ agar orang dapat mengintip informasi atau foto pada brosur dengan sekilas pandang.

Teknik demikian justru mengundang rasa penasaran orang untuk membuka dan mencari tahu informasi tersembunyi apa yang ada di balik ‘jendela’ tersebut.

12. Pertimbangkan caramenampilkan brosur

Desain brosur
bukalapak.com

Anda ingin menampilkan brosur dengan cara seperti apa? Diletakkan begitu saja atau ditumpuk di meja?Coba pertimbangkan untuk menyiapkan area khusus sebagai tempat display brosur.

Sebagai contoh, brosur sebuah produsen celana jeans menyiapkan kotak display dengan gambar senada.Ketika diletakkan bersama, keduanya tampak menyatu dan mengesankan tampilan yang profesional sekaligus menarik perhatian.

13. Mainkan sudut halaman

Desain brosur
russellshawdesign.com

Saat dilipat menjadi satu, brosur ini tampak sama seperti standar pada umumnya: panjang dan ramping, serta dilipat dalam beberapa bagian. Namun, dengan cutting sudut halaman yang unik membuat brosur menyerupai amplop saat ditutup.

14. Kreatif dengan tipografi

Desain brosur
design.tutsplus.com

Agar tipografi terlihat lebih dinamis dan tak monoton, Anda bisa membuat susunan huruf dengan gambar atau foto.Caranya dengan menyisipkan foto utuh dalam judul brosur.

Foto yang ‘terpisah’ oleh huruf justru tampak sebagai sebuah foto yang utuh.Hanya dengan melihat foto dan judul brosur, lengkap dengan perbedaan warna dan bentuk, orang sudah mampu menangkap pesan yang ingin Anda sampaikan.

15. Cerdas dalam menyampaikan pesan

Desain brosur
Behance.net

Apabila Anda menemukan cara untuk menyampaikan pesan secara literal, coba saja. Sebagai contoh, sebuah brosur ingin mendengungkan perubahan atau ‘melipat’ masa depan. Pesan itu diterapkan secara harafiah dengan melipat setengah kertas.

Jangan ragu untuk memikirkan kembali pesan yang ingin Anda suarakan lewat brosur.Perubahan sederhana dalam susunan kata justru bisa menelurkan gagasan cemerlang dalam menampilkannya lewat brosur.

 

Bagaimana, apakah Anda sudah menemukan inspirasi dari 15 desain brosur unik tadi?Anda dapat menjadikan daftar ini sebagai bahan diskusi bersama desainer agar pesan yang diinginkan dapat tersampaikan secara tepat melalui brosur.

Selamat mencoba!

One thought on “Ingin Bisnis Lebih Menjual? Coba 15 Desain Brosur Unik Ini

  1. […] alat marketing ini dapat mencapai tujuannya dengan baik dan optimal, desain brosur harus benar-benar menarik dan sesuai dengan citra perusahaan atau ciri khas […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.