Posted on

Ini yang Dibutuhkan untuk Membuat Iklan Produk Menarik

Iklan Produk

Sebagai seorang pebisnis, membuat iklan produk menarik tentu menjadi sebuah hal yang harus dikuasai. Karena hal tersebut sangat diperlukan, agar produk yang dijual laku di pasaran dan menghasilkan keuntungan.
Tapi sayangnya, tidak semua pebisnis atau pemilik usaha tahu bagaimana cara membuat iklan yang tepat, efektif, dan mampu menarik target audiens yang diinginkan. Inilah mengapa, dibutuhkan strategi dan langkah cerdas. Nah, jika ingin membuat konten promosi produk yang menarik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Di antaranya:

1. Tulislah keunggulan pada promosi produk

Iklan Produk
fiverr.com

Informasi mengenai keunggulan produk pada iklan merupakan salah satu poin utama yang harus diperhatikan. Karena melalui informasi tersebut, calon konsumen tahu di mana letak keunikan dan perbedaan produk Anda dibanding produk serupa.

Agar efektif, gunakan kalimat singkat tetapi menarik. Anda bisa menggunakan jasa penulis artikel untuk membuat kalimat call to actionyang menarik atau narasi copy writing yang tepat. Bahkan kalau perlu, gunakan frasa atautagline yang unik.
Misalnya untuk promosi produk bedak bayi, selain keunggulannya Anda juga bisa menambahkan kalimat yang menarik seperti: “Selembut kasih Ibu” atau “Bedak bayi halal pertama di Indonesia.”
Jadi begitu melihat iklan produk tersebut, konsumen tertarik untuk melihat atau bahkan membeli barang yang Anda jual. Tidak heran jika strategi membuat iklan semacam ini sering sekali digunakan oleh banyak orang.

2. Berikan penawaran yang menarik pada promosi produk

Iklan Produk
hotelsoffia.com

Keunggulan yang kita sertakan pada promosi sebuah produk terkadang kurang menarik tanpa adanya tambahan seperti bonus atau diskon. Nah, jika perusahaan sedang mengadakan promo, hal tersebut bisa ditambahkan pada iklan.
Misalnya: “Gratis Piring Cantik,” “Ekstra Isi 30%,” “Beli 1 Gratis 1,” atau promo menarik lainnya. Karena diakui atau tidak, kata-kata berupa penawaran menarik seperti sebelumnya sangat diminati konsumen di Indonesia.

Jadi Anda tidak perlu ragu untuk menambahkan kata-kata tersebut. Karena selain berfungsi sebagai informasi, kalimat semacam ini juga berperan sebagai call to action yang dapat menarik konsumen untuk menggunakan produk atau mengklik iklan Anda.

3. Pilih media promosi produk yang tepat

Iklan Produk
idgadvertising.com

Selain media cetak dan elektronik, saat ini ada banyak sekali platform yang bisa kita gunakan untuk memasang iklan dan mempromosikan produk. Salah satu yang belakangan populer dan dianggap efektif adalah Facebook Ads.
Facebook Ads sendiri merupakan istilah untuk menyebut iklan yang dipasang di media sosial Facebook dan Instagram. Karena platformnya media sosial, bisa dipastikan jangkauan target audiensinya pun lebih luas dibanding platform lain.
Karena saat ini hampir semua orang menggunakan internet, beriklan di media sosial juga dapat menunjukkan bahwa produk Anda mengikuti perkembangan zaman. Poin tersebut tentu saja akan meningkatkan nilai produk di mata konsumen.

Semakin tinggi nilai, berarti produk kita semakin populer dan keuntungan yang didapat pun tidak bisa diremehkan. Menarik bukan? Untuk bisa beriklan di media sosial, Anda dapat menggunakan jasa iklan Facebook.

4. Perhatikan detail promosi produk sebaik mungkin

Iklan Produk
uvocorp.com

Entah itu dari pemilihan warna, jenis huruf, gambar, hingga konsep yang kita gunakan dalam sebuah iklan, sebaiknya dipertimbangkan sebaik mungkin. Karena disadari atau tidak setiap unsur dan detail yang ada merupakan penentu, apakah sebuah iklan menarik atau tidak.
Karena itulah saat membuat sebuah iklan produk, libatkan beberapa orang yang ahli dalam setiap unsur, mulai dari ahli gambar, desainer grafis, copy writer, hingga ahli strategi promosi.

Untuk membentuk tim semacam ini, Anda bisa melibatkan karyawan perusahaan sendiri, atau melibatkan perusahaan jasa, seperti jasa penulis artikel atau perusahaan advertising.

Sebagai saran, untuk membuat iklan yang menarik dan mampu menjual produk. Gunakan komposisi warna yang mirip dengan kemasan produk. Misal: iklan obat nyamuk Baygon yang identik dengan warna hijau, atau iklan Nutrisari yang sarat dengan warna oranye.

5. Tampilkan tokoh penting dan terkenal pada promosi produk

Iklan Produk
umairica.wordpress.com

Saat ini, banyak sekali perusahaan yang menjadikam selebritas atau tokoh terkenal sebagai “wajah” produk mereka. Karena selain menjual, iklan yang menampilkan wajah orang terkenal biasanya mudah menarik perhatian.
Tapi sebelum menggunakan wajah tokoh penting dan terkenal, pastikan pilihan Anda memiliki karakter yang sesuai dengan produk. Misalnya: untuk menjual produk deterjen Anda tidak bisa menggunakan wajah artis muda seperti Prilly atau Aliando.

Gunakan selebritas dengan persona ibu rumah tangga yang bijaksana, seperti Maudy Kosnaedi atau Ashanty agar produk bisa mencapai target audiensi yang diinginkan. Menarik bukan?

Jadi jika ingin membuat sebuah iklan produk yang menarik, Anda bisa menggunakan jasa para tokoh terkenal dan selebritas untuk menjadi model iklan.

6. Tampilkan testimoni pada promosi produk

Iklan Produk
blog.qontak.com

Jika beberapa orang tertarik pada sebuah iklan karena gambar tokoh terkenal, beberapa lainnya menganggap bahwa iklan yang menampilkan testimoni konsumen jauh lebih menarik dan tepercaya.

Tidak heran jika pada beberapa promosi produk yang ada di media cetak, elektronik, ataupun media sosial, menampilkan testimoni dari pengguna dan konsumen produk tersebut.
Jadi apabila produk yang dijual memiliki beberapa konsumen tetap dan loyal, mintalah mereka untuk memberikan testimoni terhadap kualitas atau layanan, lalu gunakan testimoni tersebut pada iklan yang akan dipromosikan.

Agar lebih efektif, pilih testimoni dengan kata-kata paling menarik dan mudah diingat sehingga calon konsumen tidak hanya tertarik untuk melihat iklan tetapi juga membeli produk yang dipromosikan.

Jadi, sudah siap membuat promosi produk yang menarik? Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Ini yang Dibutuhkan untuk Membuat Iklan Produk Menarik

  1. […] utama pembuatan sebuah iklan adalah menjadikan orang tertarik dengan produk yang dijual. Untuk itu diperlukan kalimat CTA (call to action) untuk meningkatkan awareness dan […]

  2. untuk orang awam seperti saya masih bingung dengan promosi media sosial masih belum terarah :’)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.