Posted on

Strategi Advertising Berdasar Jenis Iklan

Jenis Iklan

Setiap hal yang berkaitan dengan bisnis pasti membutuhkan strategi yang matang. Begitu pula saat kita membuat berbagai jenis iklan yang dijadikan media untuk mempromosikan suatu produk.

Masalahnya, tidak semua pebisnis menyadari hal ini. Mereka seharusnya paham, bahwa promosi merupakan cara terbaik untuk membuat produk laku di pasaran. Jadi menganggarkan biaya untuk strategi iklan yang tepat, bukanlah hal sia-sia.

Mengingat pentingnya iklan bagi sebuah perusahaan dan produk, berikut merupakan beberapa strategi advertising berdasarkan variasi iklan yang akan dibuat. Mari kita simak ulasannya:

Strategi untuk Variasi Iklan Komersial

Jenis Iklan
harmantry.wordpress.com

Salah satu variasi iklan yang sering kita lihat adalah iklan komersial. Iklan jenis ini biasanya digunakan untuk memperomosikan sebuah produk atau jasa, dengan tujuan utama menjual produk dan mendapat keuntungan.

Iklan komersial sendiri dibagi menjadi 2, yaitu iklan strategis yang bertujuan membangun merek, dan iklan taktis yang biasanya dirancang untuk membuat konsumen tertarik pada sebuah produk dalam waktu cepat.

Nah, untuk membuat jenis iklan komersial yang menarik, dibutuhkan beberapa strategi advertising yang tepat. Yaitu:

Lakukan branding dengan baik

Jenis Iklan
anthillonline.com

Karena tujuan utama iklan komersial adalah untuk menjual sebuah produk, maka dibutuhkan usaha untuk menimbulkan rasa ketertarikan calon konsumen terhadap produk tersebut.

Kemaslah iklan dengan warna, gambar, logo, dan citra yang membuat pelanggan mudah mengingat produk Anda. Jadikan hal tersebut sebagai ciri khas.Jadi setiap saat calon konsumen melihat warna atau gambar pada iklan, mereka akan ingat dengan produk yang kita jual.

Dalam dunia advertising, strategi semacam ini dikenal dengan istilah branding. Misalnya: iklan provider Telkomsel yang identik dengan warna merah. Jadi setiap ada iklan tentang provider ponsel dengan warna serupa, konsumen secara otomatis akan mengingat Telkomsel.

Menarik bukan? Inilah salah satu keuntungan membuat branding yang tepat.

Pilih media promosi yang sesuai

Jenis Iklan
Engadget.com

Untuk membuat sebuah iklan komersial menarik, Anda membutuhkan media promosi yang sesuai. Saat ini ada banyak sekali platform yang bisa kita pilih, mulai dari media cetak, elektronik, hingga internet.

Untuk jangkauan promosi yang lebih luas, platform internet sudah seharusnya menjadi pilihan utama. Terutama promosi melalui media sosial dengan jumlah pengguna yang banyak seperti Facebook atau Instagram.

Meskipun secara teknis bentuk iklan pada media sosial tidak jauh beda dengan iklan lainnya, tapi soal efektivitas dan efisiensi, iklan digital memiliki kualitas callto action lebih baik daripada iklan biasa.

Sebagai referensi, Anda bisa menggunakan jasa iklan Facebook untuk membuat iklan di media sosial lebih efektif dan menarik.

Strategi untuk Variasi Iklan Korporat

Jenis Iklan
Kerjayuk.com

Iklan korporat merupakan salah satu jenis iklan yang bertujuan untuk membangun citra sebuah perusahaan. Jika citra sebuah perusahaan memiliki nilai positif di mata konsumen, bukan tidak mungkin produk dan jasa yang dijual akan memiliki citra positif pula.

Inilah mengapa, untuk membuat iklan korporat yang tepat dibutuhkan strategi advertising yang tepat pula, di antaranya:

Buat iklan sesuai target audiensi

Jenis Iklan
writemyarticle.com

Setiap produk atau jasa pasti memiliki target audiensi berdasarkan jenis kelamin, umur, pekerjaan, atau bahkan suku bangsanya. Nah, agar efektif, sebuah iklan korporat harus dibuat sesuai dengan target audiensi yang diinginkan.

Misalnya: perusahaan Anda dikenal menjual produk untuk remaja, seperti lipgloss, bedak, dan parfum. Maka saat membuat iklan, kemaslah iklan korporat dengan unsur-unsur yang mampu menarik minat anak muda Indonesia.

Seperti menggunakan warna-warna yang ceria, dan melengkapi iklan dengan gambar atau wajah tokoh yang terkenal di kalangan anak muda. Bahkan kalau perlu, gunakan jasa penulis artikel untuk membuat copy writing yang menarik bagi remaja.

Jadi selain dapat mempromosikan citra perusahaan yang identik dengan anak muda, Anda juga dapat meyakinkan calon konsumen bahwa produk yang dijual memang benar-benar dibuat untuk anak muda dan remaja.

Ketahui kapan kita harus membuat iklan

Jenis Iklan
tirto.id

Banyak orang berpendapat melakukan advertising selama satu tahun merupakan strategi yang tepat untuk meningkatkan citra perusahaan. Mereka tidak sadar, bahwa konsumen bisa merasa bosan.

Dengan membuat iklan yang sama selama satu tahun, bukannya mengenalkan produk kita malah membuat konsumen merasa jengah karena hampir setiap saat melihat iklan korporat yang dibuat.

Untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap citra perusahaan dan produk yang dijual, akan lebih bijaksana bila Anda mengetahui waktu yang tepat untuk mempromosikan sebuah iklan.

Sebagai referensi, Anda bisa membuat iklan korporat pada hari-hari besar sehingga konsumen terdoring untuk melakukan pembelian. Seperti saat hari raya Idul Fitri, Natal, atau Tahun Baru.

Strategi Variasi Iklan Layanan Masyarakat

Jenis Iklan
salampapua.com

Berbeda dengan iklan komersial lainnya, iklan layanan masyarakat merupakan bagian dari kampanye sosial untuk mempromosikan gagasan atau ide untuk kepentingan banyak orang.

Iklan semacam ini biasanya berisi imbauan, pernyataan, dan ajakan untuk membuat masyarakat tertarik melakukan suatu tindakan demi kepentingan bersama. Beberapa iklan layanan masyarakat yang sering kita lihat adalah iklan anti narkoba atau kebersihan lingkungan.

Meskipun tidak memiliki tujuan komersial, tetapi kita tetap membutuhkan strategi advertising yang tepat agar iklan layanan masyarakat berhasil dan menimbulkan efek call to action.

Salah satu strategi yang bisa digunakan untuk membuat iklan layanan masyarakat yang tepat adalah dengan menggunakan kalimat copy writing yang menarik. Karena pada akhirnya, yang ingin kita jual dari sebuah iklan layanan masyarakat adalah pesan.

Semakin menarik pesan yang disampaikan, maka semakin tinggi pula minat masyarakat untuk melakukan reaksi. Jadi tujuan utama iklan masyarakat bisa tercapai sesuai dengan keinginan. Menarik bukan?

Itulah beberapa strategi advertising berdasarkan jenis iklan yang mungkin belum banyak diketahui orang. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi, selamat mencoba.

2 thoughts on “Strategi Advertising Berdasar Jenis Iklan

  1. […] saat memilih sasaran iklan, pastikan Anda memilih audiens yang tepat agar iklan yang dihasilkan tampak menarik dan membuat […]

  2. […] beberapa orang tertarik pada sebuah iklan karena gambar tokoh terkenal, beberapa lainnya menganggap bahwa iklan yang menampilkan testimoni […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.