Posted on

Cara Membuat Iklan yang Efektif

cara membuat iklan

Dalam dunia advertising, ada banyak bentuk iklan yang kita kenal, yaitu: iklan komersial di TV, radio, papan reklame, hingga iklan digital di internet. Apapun medianya pasti melewati proses cara membuat iklan yang panjang.

Karena diakui atau tidak, membuat iklan ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Pada iklan tidak hanya ada unsur mengajak, tetapi juga menarik dan meningkatkan pemahaman konsumen terhadap produk atau jasa yang dijual.

Inilah mengapa, banyak perusahaan yang menyewa jasa perusahaan advertising untuk membuat iklan yang diinginkan. Lalu, bagaimana metode membuat iklan yang tepat agar yang dihasilkan efektif dan menarik?

Mari kita simak ulasan berikut,

Metode membuat iklan dengan menambahkan gambar menarik

cara membuat iklan
webcentremi.com

Manusia merupakan mahluk visual, artinya mereka akan mudah tertarik dengan berbagai warna atau gambar yang mencolok. Teori inilah yang mendasari penggunaan gambar pada iklan digital maupun konvensional.

Nah, agar efek yang dihasilkan iklan cukup efektif, gunakan gambar yang tepat. Tepat artinya, gambar tersebut mampu mencerminkan citra produk dan merek yang dijual secara baik.

Inilah mengapa, banyak perusahaan besar yang menginvestasikan sejumlah dana untuk membuat gambar yang tepat. Mereka mengerti, bahwa gambar yang sesuai akan membuat citra produk semakin melekat sehingga rasa tertarik calon konsumen meningkat.

Untuk membuat atau mencari gambar yang tepat, sebaiknya gunakan jasa perusahaan advertising atau jasa iklan Facebook yang tepat. Hindari mengambil gambar secara bebas di internet karena siapa tahu ada yang telah menggunakan gambar tersebut.

Karena bagaimanapun selain gambar yang menarik, orisinalitas merupakan kualitas utama pada cara membuat iklan yang efektif.

Metode membuat iklan yang merangsang rasa penasaran

cara membuat iklan
fiverr.com

Saat menambahkan gambar yang menarik, Anda berhasil menarik perhatian konsumen selama beberapa detik. Jadi langkah selanjutnya adalah membuat mereka penasaran sehingga tertarik untuk mengklik atau melihat iklan yang dipasang.

Untuk membuat mereka tertarik, manfaatkan sisi kemanusiaan mereka dengan menambahkan kalimat copy writing yang personal dan menyentuh sisi emosional. Tunjukkan pada konsumen, bahwa produk Anda solusinya.

Misalnya, gunakan kalimat “Hilangkan rasa lelah Anda,” “Ubah penampilan lebih baik lagi,” atau “Ingin menjadi sukses?.” Jika konsumen merasa penasaran dengan kalimat tersebut, biasanya mereka akan memperhatikan sebuah iklan secara seksama.

Nah, langkah berikutnya, siapkan narasi singkat dan padat tentang keunggulan dan mengapa mereka harus menggunakan produk atau jasa yang dipromosikan.

Metode membuat iklan dengan efek CTA

cara membuat iklan
infographicdesignteam.com

Setelah merangsang rasa penasaran konsumen, buat mereka tertarik dengan narasi singkat mengenai produk atau jasa yang sedang dijual. Agar iklan efektif, sisipkan kalimat CTA atau call to action.

Kalimat CTA biasanya ditambahkan pada bagian akhir iklan dengan tujuan mengajak konsumen untuk mengklik tautan yang disediakan dan membuat mereka mengetahui keunggulan produk atau jasa secara lebih detail.

Sebaiknya gunakan kalimat singkat, padat, dan menarik agar efek CTA semakin terasa. Misal, “Gabung Yuk!,” “Penasaran? Klik di sini!,” atau “Masih belum yakin? Yuk kunjungi situs kami!,” dan lain sebagainya.

Sebagai referensi, Anda bisa menggunakan jasa penulis artikel untuk membuat copy writing dan kalimat call to action menarik yang efektif.

Metode membuat iklan dengan memaparkan keunggulan

cara membuat iklan
ampersandwriting.co.uk

Mengagungkan produk yang dijual secara ekstrem merupakan hal yang dimaafkan pada cara membuat iklan. Karena dari mana lagi konsumen tahu keunggulan produk, jika tidak memakainya langsung atau membaca melalui iklan.

Karena itulah, selain kalimat call to action tambahkan pula narasi yang sarat dengan keunggulan produk atau jasa. Pakailah bahasa yang mudah dimengerti, menggunakan istilah umum, dan rangkai dengan kalimat yang menarik.

Biasanya, untuk membuat narasi panjang yang menarik dan efektif, kita membutuhkan jasa copy writer. Tidak heran jika sedang membuat iklan, kita juga akan menggunakan jasa penulis artikel.

Jadi, jangan pernah ragu untuk memaparkan keunggulan produk atau jasa yang sedang dipromosikan secara gamblang, Karena diakui atau tidak, masyarakat Indonesia masih banyak yang mempercayai janji manis pada sebuah iklan.

Baik iklan yang ada di media cetak, elektronik, maupun media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Metode membuat iklan dengan memilih platform yang tepat

cara membuat iklan
plusbyems.com

Ada anggapan yang menyebutkan bahwa iklan yang tayang di TV lebih efektif dibanding iklan digital atau pada media cetak. Pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar.

Karena setiap perusahaan memiliki karakter yang berbeda. Sebuah perusahaan bisa menghasilkan iklan yang efektif melalui televisi tetapi belum tentu hal yang sama berlaku pada perusahaan lainnya.

Inilah mengapa, saat menentukan sebuah platform promosi, lakukan dulu beberapa survei dan riset pasar. Dari survei tersebut biasanya kita bisa tahu, mana platform yang tepat dan mana yang tidak.

Nah, beberapa survei menyebutkan, bahwa di antara banyak platform beriklan melalui media sosial dianggap cukup efektif dan mampu menarik minat banyak orang. Salah satu yang sering digunakan adalah platform Facebook Ads.

Menurut survei yang sama, media sosial dianggap efektif karena platform ini memiliki jangkauan lebih luas sehingga hampir semua kalangan bisa mengakses iklan tersebut. Tidak peduli usia, jenis kelamin, bangsa, maupun bahasa yang digunakan.

Jadi, apakah menurut Anda menggunakan media sosial merupakan salah satu cara membuat iklan yang efektif?

Itulah beberapa metode membuat iklan yang efektif sebagai referensi. Menarik bukan? Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.