Posted on

Ajaibnya, 12 Caption Buat Instagram Ini Bisa Melejitkan Jumlah Klien, Buktikan Sendiri!

Foto yang menarik adalah segalanya untuk sebuah postingan di Instagram, tetapi tanpa adanya caption yang menggoda dan berkesan maka feed akan terasa hambar. Para pelaku bisnis online tentu paham betul mengenai hal ini. Namun, caption buat Instagram yang seperti apakah yang bisa memikat hati klien, bahkan hanya dengan sekali baca? Yuk, perhatikan beberapa hal berikut ini.

Ciptakan Caption Buat Instagram yang Padat, Jelas, dan Tidak Kaku

Di sini Anda perlu menetapkan mindset bahwa tidak semua orang mau menghabiskan waktu membaca caption. Rata-rata mereka hanya perlu beberapa detik untuk setiap foto. Maka dari itu, sebaiknya tulislah caption yang jelas, padat, dan bernilai. Anda juga tidak perlu memaksimalkan 2.200 karakter yang disediakan oleh Instagram. Terakhir, sebaiknya hindari tulisan yang terlalu kaku dan formal karena akan terkesan bahwa Anda kurang membaur. Sedikit bumbu humor akan lebih mengakrabkan Anda dengan calon pelanggan.

Bukalah Caption dengan Kata-Kata yang Penting

Demi menghindari calon klien yang “kabur” sebelum selesai membaca, Anda harus mencoba trik yang satu ini. Dari semua kata yang ingin disampaikan, pilihlah bagian terpenting yang bisa menangkap perhatian pelanggan. Inilah yang akan menentukan apakah follower Anda akan lanjut membaca atau hanya melewatkannya. Kalaupun ternyata mereka tidak ingin mampir terlalu lama, paling tidak mereka telah membaca sekilas. Jadi, kesempatan untuk mendapatkan klien masih tetap terbuka lebar.

Pakailah Quote Sebagai Alternatif Lain

Tidak sedikit orang yang menggunakan kutipan sebagai caption buat Instagram. Anda sendiri bisa memilih quote yang merepresentasikan foto produk yang ingin dijual. Bila perlu, pilihlah kutipan yang anti-mainstream agar menarik perhatian. Alternatif lainnya adalah menggunakan kutipan yang menyampaikan pesan secara tersirat, tetapi masih tetap ada hubungannya dengan konteks yang dimaksud. Anda bisa meletakkan quote ini sebagai pembuka caption sebelum kemudian mengarah ke maksud sebenarnya.

Tinggalkan Klien dengan Beribu Pertanyaan

Rasa penasaran bisa menjadi awal keberuntungan. Oleh karena itu, pancing rasa penasaran calon pelanggan Anda dengan caption yang menimbulkan pertanyaan. Kadang, mereka akan meninggalkan beberapa pertanyaan melalui kolom komentar maupun Direct Message. Semakin banyak komentar yang Anda dapatkan, semakin besar pula peluang akun Anda untuk menjadi viral. Nah, bila Anda berhasil menangkap keingintahuan mereka, maka tinggal selangkah lagi untuk membuat Anda kebanjiran order.

Tuliskan dengan Jelas CTA Anda

Ketika menulis caption buat Instagram, pastikan Anda sudah punya tujuan. Salah satunya adalah tentang CTA atau Call to Action. Dengan menuliskan CTA yang jelas, followers Anda tahu apa yang akan mereka lakukan setelah membaca postingan Anda. Beberapa CTA yang umum dimasukkan antara lain:

  • Ajakan untuk mengunjungi situs Anda
  • Membeli produk tertentu yang ditawarkan
  • Membagikan postingan kepada teman-teman
  • Ajakan mengikuti kontes atau kuis
  • Ajakan meng-klik tautan di bio
  • Ajakan untuk men-tag teman
  • Ajakan me-repost postingan dengan hashtag yang Anda inginkan

Kunci agar CTA Anda berfungsi dengan baik adalah dengan menciptakan caption buat Instagram keren yang terkesan seperti obrolan. Dengan memberikan CTA, Anda bisa meningkatkan engagement sehingga potensi postingan Anda tampil di feed orang lain sebagai recommended account akan semakin besar.

Baca juga:

 

Kejutkan Klien dengan Fakta Menarik yang Edukatif

Caption buat Instagram yang bisa memikat klien yakni berupa informasi yang edukatif. Penuhi rasa ingin tahu mereka dengan menyelipkan beberapa fakta yang unik dan menarik. Sebagai contoh, bila Anda memiliki produk ramah lingkungan, alangkah baiknya jika caption disertai informasi mengenai lingkungan yang bisa membuat klien mengangguk tanda setuju ketika membaca. Nah, dari sini mereka akan membenarkan penjelasan tersebut dan mulai membeli produk yang Anda jual.

Jangan Menulis Seperti Robot

Ketika menulis caption buat Instagram, originalitas adalah hal penting. Daripada sekadar meniru atau bahkan hanya menulis ulang, buatlah caption seolah-olah Anda sedang mengobrol dengan followers Anda. Jangan menulis dengan bahasa yang kaku atau seperti robot karena itu bisa membuat mereka kabur bahkan sebelum mengenal lebih jauh brand Anda.

Gunakan Storytelling

Ketika menulis caption buat Instagram, hindari sikap netral dan datar. Berikan sentuhan personal. Anda bisa melakukannya dengan memberikan deskripsi mengenai rasa, emosi, bahkan suara. Buatlah tulisan yang spesifik. Misalnya, alih-alih hanya sekadar menyebut menu yang Anda jual rasanya enak, Anda bisa menyebut, “Ketika menyentuh lidah, aroma rempah yang menguar serta empuknya daging yang berbumbu akan membuat Anda ketagihan.”

Selain menggunakan storytelling untuk mendeskripsikan produk yang ditawarkan, Anda juga bisa merancang cerita untuk produk Anda. Misalnya saja menceritakan tentang seorang tokoh fiktif bernama A yang kelaparan di tengah jam kantor kemudian memesan menu yang Anda jual. Dengan cerita ini, Anda bisa mengajak orang yang membaca postingan untuk mengikuti langkah yang dilakukan oleh tokoh yang Anda ceritakan.

Gunakan Emoji agar Terkesan Lebih Fun

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghidupkan caption yang ditulis adalah dengan menambahkan emoji. Emoji yang relevan ditempatkan di akhir kalimat atau paragraf juga dapat berfungsi sebagai bookends. Kalau caption yang dibuat terlalu panjang, emoji juga cukup ampuh untuk memecah teks.

Anda juga bisa menggunakan emoji untuk mengajak audiens melakukan tindakan tertentu seperti meng-klik tautan di bio. Namun ingat, ketika menggunakan emoji, pastikan emoji sesuai dengan tone dan branding Anda. Hindari memakai emoji berlebihan, apalagi yang tidak sesuai dengan identitas merek Anda.

Pertimbangkan Panjang Tulisan

Seperti halnya strategi pemasaran lainnya, menciptakan caption buat Instagram harus mengutamakan kualitas ketimbang kuantitasnya. Tidak masalah menulis caption buat Instagram singkat, asal mengena.

Sebenarnya, tidak ada ukuran ideal mengenai seberapa panjang sebaiknya caption yang Anda tulis. Selagi isinya menarik, sepanjang apapun orang-orang pasti akan tetap membacanya. Tapi kalau Anda ragu dan khawatir isinya membosankan, sebaiknya pertimbangkan untuk memotongnya.

Pilih Tema yang Bervariasi

Ketika menulis caption Instagram untuk akun bisnis, tujuan utama Anda tentu ingin berpromosi. Tapi ingat, followers Anda tidak akan mengikuti akun Anda hanya untuk melihat deretan produk dan harganya saja. Karena itu, pastikan Anda memiliki tema yang bervariasi untuk postingan setiap harinya.

Selain materi promosi, berikan konten berupa flash news, kuis atau trivia yang menarik. Kalau perlu, buat jadwal khusus agad Anda tidak bingung mengenai waktu memostingnya.

Sertakan Hashtag di Caption

Cara lain untuk mendapatkan klien melalui caption di Instagram adalah menggunakan tagar atau hashtag. Ini adalah cara sederhana yang mudah diterapkan, tetapi memiliki efek yang signifikan. Melalui hashtag, pelanggan akan lebih mudah menemukan produk maupun akun Instagram Anda. Gunakanlah hashtag yang populer dan sering dikombinasikan dengan hashtag yang spesifik. Bila perlu, Anda bisa membuat tren hashtag sendiri sesuai dengan produk dan undang followers untuk ikut menggunakannya. Maka bisa dipastikan kesempatan viral dan semakin banyaknya klien yang terpikat ada di depan mata.

 

Jadi, itulah beberapa caption buat Instagram yang bisa memikat klien Anda. Hal terpenting adalah bukan tentang seberapa banyak jumlahnya, tetapi seberapa bernilainya caption yang Anda tulis agar bisa menarik orang yang tepat untuk produk yang hebat.

2 thoughts on “Ajaibnya, 12 Caption Buat Instagram Ini Bisa Melejitkan Jumlah Klien, Buktikan Sendiri!

  1. […] Ajaibnya, 7 Caption Buat Instagram Ini Bisa Melejitkan Jumlah Klien. Buktikan Sendiri! […]

  2. […] Ajaibnya, 7 Caption Buat Instagram Ini Bisa Melejitkan Jumlah Klien. Buktikan Sendiri! […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.