Posted on

Mau Jualan Langsung Ludes, Tiru Contoh Promosi Barang Online Paling Dahsyat Berikut Ini!

Tiru Contoh Promosi Barang Paling Dahsyat Berikut Ini!

Dalam dunia bisnis online, hal yang cukup penting dilakukan adalah promosi barang. Hal ini dikarenakan modal utama dalam berjualan online yaitu marketing. Tanpa adanya promosi, maka kesempatan menjual produk semakin kecil. Untuk itulah Anda perlu tahu beberapa contoh promosi barang yang dahsyat dan efektif.

Kalimat atau redaksi promosi seharusnya menggunakan kalimat yang singkat dan padat, tetapi tetap menarik. Dalam hal ini, penting juga memilih kalimat yang unik dan mudah diingat karena promosi bertujuan menyampaikan pesan mengenai produk beserta keunggulan yang dimilikinya. Untuk lebih jelasnya mengenai contoh promosi barang yang bisa Anda tiru, simak ulasan berikut.

Harga Minus Satu 

Anda pasti pernah melihat sebuah harga produk yang tanggung, misalnya Rp79.999. Nah, ini merupakan contoh promosi barang menggunakan teknik harga minus satu. Cara ini dinamakan psychological pricing yang memberikan efek pada otak pembeli bahwa produk yang dijual memiliki harga yang lebih murah.

Cara ini dinilai cukup efektif untuk meningkatkan penjualan. Pasalnya, psychological pricing membuat otak fokus pada angka pertama harga produk. Oleh karenanya, meski pengurangan harga hanya satu digit rupiah, nilai harga akan turun banyak dalam benak pembeli. Teknik ini banyak dipakai oleh supermarket atau minimarket dan tentunya bisa juga diaplikasikan pada toko online Anda.

Buy 1 Get 1 FREE 

Contoh promosi dahsyat yang berikutnya yaitu pemberian buy 1 get 1 free. Cara ini kini dianggap lebih menarik bagi pelanggan dibandingkan dengan diskon 50%, meski jika dihitung-hitung, jumlah potongan harga yang diberikan sama saja. Bahkan, cara ini dianggap lebih menguntungkan karena produk yang terjual langsung dua buah.

Untuk semakin meningkatkan penjualan, model promosi ini juga bisa dimodifikasi lagi. Misalnya buy 2 get 3 atau yang lainnya. Cara ini dinilai efektif untuk membuat produk Anda cepat habis alias laris manis.

Tambah X Rupiah Dapat 2 Produk

Contoh promosi barang online lainnya yang bisa Anda terapkan selain program “Buy 1 Get 1 Free” adalah dengan memberikan penawaran “Tambah X Rupiah Dapat 2 Produk”. Ini merupakan langkah cerdas memberikan diskon sembari mengajak konsumen untuk membeli lebih banyak produk.

Misalnya saja, Anda menjual tas dengan harga Rp250.000. Daripada memberikan penawaran berupa diskon yang mungkin hanya akan membuat konsumen membeli satu produk saja, ajak mereka membeli 2 produk hanya dengan harga (misalnya) Rp350.000 saja. Langkah ini tidak hanya jitu untuk penjualan online tapi juga offline.

Baca juga:

Yuk Intip Contoh Kata-Kata Promosi Baju yang Membuat Omzet Penjualan Meroket

8 Contoh Kata-Kata Promosi Olshop Ini Dijamin akan Mendongkrak Penjualan Anda. Tidak Percaya?

Memberikan Voucer atau Kode Promo 

Cara untuk mempromosikan barang berikutnya yaitu dengan kode voucer atau kode promo. Voucer promo ini bentuknya beragam, bisa berupa potongan harga atau bisa juga dengan potongan ongkos kirim atau bahkan free ongkir. Voucer atau kode promo memang sangat cocok untuk penjualan online, khususnya di marketplace.

Cara mendapatkan voucher juga beragam. Anda bisa memberikannya secara cuma-cuma, mensyaratkan pembeli untuk share postingan produk, memasukkan email, dan sebagainya. Voucer juga bisa dikombinasikan dengan jenis promosi lain pada momen-momen spesial seperti hari raya keagamaan, akhir tahun, atau hari besar lainnya.

Khusus untuk promo free ongkir, hal yang harus diperhatikan adalah memastikan bahwa harga jumlah ongkir tidak lebih banyak dibandingkan dengan profit yang didapatkan dari penjualan produk Anda.

Program Membership 

Cara berikutnya untuk membuat produk Anda cepat ludes yaitu dengan program membership atau reseller. Dengan strategi ini, Anda dapat memberikan diskon khusus kepada member atau reseller produk Anda. Member atau reseller ini bisa Anda modifikasi lagi dengan adanya distributor, agen, atau bahkan dropshipper.

Kelebihan program reseller akan membuat pemasaran produk Anda semakin luas. Jadi, tidak hanya mencari pembeli produk, namun juga membuat Anda memiliki kaki tangan untuk memperluas jaringan. Ini merupakan hubungan simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan. Anda mendapat partner yang bisa membuat bisnis semakin berkembang, sedangkan reseller memperoleh keuntungan dari produk yang terjual.

Selain cara promosi barang yang dahsyat dan dianggap ampuh membuat barang jualan cepat ludes, ada satu hal lagi yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu mencantumkan deskripsi produk yang menarik. Bagaimanapun, pembeli akan menilai barang yang dilihatnya secara online dari informasi yang dibaca pada deskripsi atau spesifikasi produk. Dari sanalah kemudian pembeli memutuskan apakah akan membeli produk Anda atau beralih ke toko sebelah.

Gunakan Kode Referral

Selain dengan memberikan voucher diskon, penggunaan kode referral merupakan contoh promosi barang dan jasa yang cukup ampuh dalam meningkatkan penjualan. Kode referral merupakan kode yang diberikan kepada konsumen Anda saat mereka berbelanja. Uniknya, kode ini dapat diberikan lagi oleh konsumen Anda kepada rekannya untuk berbelanja ke toko Anda. Keuntungannya si pemilik kode referral akan mendapatkan komisi karena mengajak temannya dan temannya juga akan mendapatkan diskon karena menggunakan kode tersebut.

Anda bisa membuat kode referral yang sifatnya statis atau membuat kode unik untuk setiap pelanggan. Namun agar lebih memudahkan Anda dalam mendata, gunakan opsi kedua. Pemberian kode referral tidak hanya menguntungkan bagi pelanggan Anda, tapi juga bisa mendatangkan lebih banyak konsumen potensial untuk bisnis Anda.

Diskon Konsumen Setia

Setiap pebisnis tentu saja ingin mendapatkan pelanggan baru setiap harinya. Namun konsumen setia juga tidak kalah pentingnya. Cara untuk memelihara loyalitas mereka adalah dengan memperlakukan pelanggan Anda dengan baik. Salah satunya dengan memberikan diskon khusus pelanggan setia.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengajak first time buyer Anda membeli untuk kedua hingga ke sekian kalinya. Pertama, Anda bisa memberikan diskon untuk pembelian kedua dengan menunjukkan struk pembelian pertama. Bisa juga dengan menerapkan system poin. Misalnya saja, pembeli yang sudah berbelanja 5 kali berhak mendapatkan diskon 20% untuk produk terbaru Anda.

Live atau Siaran Langsung via Facebook

Contoh promosi barang di Facebook yang sedang sangat hits sekarang adalah dengan melakukan live streaming via Facebook. Langkah ini cukup efisien dan mudah dilakukan. Konsepnya kurang lebih mirip dengan home shopping di mana Anda mempromosikan produk Anda secara live dan membiarkan viewers yang menyaksikan siaran langsung Anda untuk langsung memesannya saat itu juga.

Untuk contoh promosi barang dan jasa di Facebook lewat siaran langsung, Anda harus memiliki kemampuan public speaking yang baik. Seperti saat menawarkan barang di toko, Anda harus cukup lihai menyebutkan berbagai kelebihan produk yang dijual agar viewers tertarik membeli.

Endorsement

Endorsement memang bukan cara baru dalam berpromosi produk secara online. Meski begitu, efektivitasnya masih cukup ampuh untuk Anda buktikan. Jika dana yang Anda miliki tersedia cukup besar, Anda bisa menggunakan jasa influencer yang sudah terkenal. Namun apabila alokasi beriklan tidak memadai, gunakan pengikut media sosial Anda. Pilih beberapa akun dengan aktivitas tinggi dan jumlah follower cukup banyak kemudian tawarkan kepada mereka untuk mempromosikan barang yang Anda jual.

Mengadakan Kuis di Media Sosial

Jika Anda aktif di media sosial, Anda bisa melakukan promosi dengan menggunakan kuis. Buat postingan berisi pertanyaan terkait produk Anda kemudian minta mereka yang ingin ikut serta untuk menandai beberapa teman atau memosting ulang kuis Anda di akun mereka. Meski tidak secara langsung membuat orang-orang membeli produk Anda, namun langkah ini cukup ampuh dilakukan untuk meningkatkan brand awareness publik terhadap merek Anda.

Nah, agar tidak kehilangan calon pembeli, tentu Anda membutuhkan deskripsi produk yang lengkap, informatif, sekaligus menarik. Untuk keperluan ini, Anda bisa mempercayakan pada Kontenesia—Jasa Penulis Artikel SEO Profesional yang menyediakan layanan deskripsi produk untuk keperluan toko online.

Cukup dengan memesan Jasa Deskripsi Produk, Anda akan mendapatkan deskripsi terbaik untuk produk yang Anda jual. Sementara itu, Anda bisa menghemat waktu dan menggunakan waktu tersebut untuk semakin mengembangkan toko online Anda. Simpel, kan?

2 thoughts on “Mau Jualan Langsung Ludes, Tiru Contoh Promosi Barang Online Paling Dahsyat Berikut Ini!

  1. […] Mau Jualan Langsung Ludes, Tiru Contoh Promosi Barang Paling Dahsyat Berikut Ini! […]

  2. […] Mau Jualan Langsung Ludes, Tiru Contoh Promosi Barang Paling Dahsyat Berikut Ini! […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.