Posted on

Ini Dia Cara Jualan di Shopee Paling Gampang Buat Pemula!

Perlu diketahui oleh para pebisnis bahwa jumlah peminat berbelanja online di Indonesia terus meningkat. Bahkan tahun 2017 saja, menurut data Waresocial jumlah pembeli online di Indonesia sudah mencapai 24,7 juta orang. Karena itu, kini penjual barang atau jasa sebaiknya mulai membuka mata untuk melihat kesempatan berjualan di lapak online. Diperkirakan, budaya belanja online akan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Dilansir dari GlobalWebIndex, Indonesia berhasil berada di puncak klasemen sebagai negara dengan adopsi e-commerce terbesar di dunia. Sebanyak 90% dari semua pengguna internet yang berumur 16 sampai 64 tahun pernah setidaknya sekali berbelanja secara online.

Salah satu tempat berjualan online cukup laris yaitu marketplace, contohnya Shopee. Marketplace satu ini memang belakangan sedang populer dan disukai banyak orang lantaran menawarkan produk yang lengkap, memberikan banyak kemudahan, serta adanya promo free ongkir. Menurut data dari iPrice terkait Peta Perkembangan E-Commerce Indonesia yang dirilis bulan September 2020 lalu, Shopee bahkan berhasil mendepak posisi Tokopedia sebagai jawara marketplace terbai Indonesia. Cara jualan di Shopee juga termasuk mudah, bahkan bagi pemula sekali pun.

Bagi para penjual online pemula, tak perlu khawatir karena berjualan di Shopee tidak serumit yang dibayangkan. Bahkan untuk membuat akun di marketplace ini juga tanpa biaya alias gratis. Justru dengan berjualan di marketplace ini maka pemasaran produk akan semakin luas. Hal ini dikarenakan jangkauan Shopee tak hanya Indonesia saja namun juga Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, dan Taiwan.

Untuk lebih jelasnya, simak cara jualan di Shopee yang gampang dilakukan pemula berikut ini.

Membuat Akun di Shopee

cara jualan di shopee
businessinsider.com

Tentunya untuk berjualan di marketplace yang sedang populer di Indonesia ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun. Caranya sangat mudah yaitu dengan men-download terlebih dahulu aplikasi Shopee dari App Store. Setelah itu, Anda bisa mendaftar melalui menu pendaftaran menggunakan nomor handphone. Lalu, setelah memverifikasi akun, Anda bisa melengkapi data toko Anda, seperti nama toko, nomor rekening, serta produk-produk yang Anda jual.

Setelah akun Anda jadi, pilih “Saya” kemudian klik di bagian “Jual” kemudian pilih “Tambah Produk Baru”. Jangan lupa untuk mengisi dengan lengkap data terkait produk yang akan Anda jual termasuk jasa pengiriman apa yang ingin digunakan. Pastikan tidak ada produk yang melanggar aturan Shopee untuk menghindari masalah di kemudian hari.

Membuat Foto Produk yang Menarik

cara jualan di shopee

Perlu Anda ketahui bahwa foto produk merupakan salah satu senjata utama dalam berjualan online. Jadi, sebisa mungkin buatlah foto yang menarik. Untuk tips mudah agar foto produk terlihat profesional, Anda bisa menggunakan background berwarna putih dengan pencahayaan yang memadai.

Tentunya Anda tetap harus memperhatikan resolusi dan kualitas foto tersebut. Jangan sampai foto produk Anda gelap atau bahkan blur, karena pasti akan membuat pembeli ragu terhadap kualitas barang. Anda juga bisa menggunakan model untuk menampilkan produk-produk milik Anda, terlebih jika produk tersebut adalah fashion

Membuat Deskripsi Produk Yang Jelas dan Menarik

cara jualan di shopee

Tahukah Anda? Meski ada foto produk yang menarik, pembeli tetap akan membaca deskripsi produk. Melalui deskripsi produk inilah, pembeli akan memutuskan apakah produk tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Dalam hal ini, deskripsi produk berperan besar dalam meyakinkan pembeli untuk akhirnya melakukan pembelian di toko online Anda.

Dalam dunia marketing, deskripsi produk menjadi hal yang sangat vital untuk meningkatkan penjualan. Hal ini dikarenakan deskripsi produk merupakan ajakan pertama untuk membuat pembeli percaya dan membeli produk jualan Anda.

Sayangnya, tidak semua orang bisa membuat deskripsi produk yang jelas dan menarik. Untuk para penjual pemula yang masih bingung bagaimana membuat deskripsi produk yang benar, kini ada solusinya yaitu Kontenesia—jasa pembuatan artikel terpercaya di Indonesia.

Bagi para penjual online yang ingin tahu cara jualan di Shopee dengan deskripsi produk terbaik, bisa membuka laman Jasa Deskripsi Produk di Kontenesia.  Jasa ini bisa dipakai oleh UKM, blogger, publisher, hingga online shop yang berjualan di marketplace seperti Shopee. Dengan deskripsi produk terbaik tentunya Anda bisa meningkatkan penjualan toko online.

Manfaatkan Fitur Khusus Penjual yang Disediakan oleh Shopee

cara jualan di shopee
tirto.id

Tidak seperti akun personal, ketika Anda memutuskan untuk berjualan di Shopee, ada beberapa fitur yang hanya bisa dimanfaatkan oleh penjual saja. Anda harus memaksimalkannya dengan baik agar penjualan meningkat serta follower toko Anda terus bertambah. Fitur-fitur itu antara lain:

  • My Campaign. Sistem kampanye yang disediakan oleh aplikasi ini memungkinkan para pedagang menjangkau pasar yang lebih luas. Anda juga bisa menciptakan peluang yang lebih besar dengan menampilkan produk pada halaman utama Shopee. Untuk dapat menggunakan fitur ini, ada seleksi yang harus dilewati termasuk tingkat akurasi dalam detail produk, ketersediaan diskon dan lain sebagainya
  • Top Pick from Shop. Cara menggunakan fitur ini terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu memilih maksimal 8 buah produk yang ingin ditampilkan di bagian paling atas halaman toko Anda
  • Flash Sale. Flash Sale merupakan salah satu fitur yang sangat populer di aplikasi Shopee. Fitur ini memungkinkan para pedagang memberikan penawaran terbatas kepada pembeli berupa diskon harga. Produk yang Anda tawarkan untuk Flash Sale akan ditampilkan pada halaman depan Shopee. Meskipun diberikan dalam waktu terbatas, tapi karena potongan harga yang besar, banyak pelanggan yang tertarik membelinya
  • My Ads. Ingin produk yang Anda jual tampil di halaman utama pencarian? Sama seperti Google, Anda bisa memanfaatkan keyword atau kata kunci. Anda juga dapat menggunakan Targeting Ads dengan menampilkan produk sejenis yang dicari oleh pengguna Shopee. Untuk fitur My Ads, ada biaya yang dikenakan.
  • My Voucher. Fitur ini memungkinkan Anda sebagai penjual memberikan voucher kepada pembeli dengan syarat dan ketentuan tertentu. Misalnya saja, Anda akan memberikan potongan harga hingga 20% untuk pembelanjaan minimal Rp200.000. Dengan memberikan promo semacam ini, pembeli akan memasukkan lebih banyak item ke dalam keranjang sebelum check out agar bisa menggunakan voucher yang Anda sediakan
  • My Discount Promotion. Fitur ini digunakan ketika penjual ingin memberikan diskon dalam jangka waktu tertentu untuk beberapa kategori item dalam waktu yang sama. Agar tidak mengecewakan pembeli, pastikan Anda memberikan batasan berapa buah item yang bisa dibeli per akun agar semua pembeli kebagian kesempatan menikmati promo yang Anda buat.

Nah, itu dia beberapa tips cara jualan di Shopee yang paling gampang buat pemula. Jadi, tunggu apa lagi? Siapkan toko online Anda dengan foto produk terbaik. Jangan lupa pula untuk mencantumkan deskripsi produk menarik dengan memesan jasa deskripsi produk terbaik dari Kontenesia.

3 thoughts on “Ini Dia Cara Jualan di Shopee Paling Gampang Buat Pemula!

  1. […] Ini Dia Cara Jualan di Shopee Paling Gampang Buat Pemula! […]

  2. […] Ini Dia Cara Jualan di Shopee Paling Gampang Buat Pemula! […]

  3. […] Ini Dia Cara Jualan di Shopee Paling Gampang Buat Pemula! […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.