Posted on

7 Langkah Jitu Membuat Caption Keren Instagram, Biar Postingan Startup Kamu Enggak Gagal Fokus

7 Langkah Jitu Membuat Caption Keren Instagram, Biar Postingan Startup Kamu Enggak Gagal Fokus

Sebuah foto memiliki sejuta makna. Kalimat itu memang terdengar puitis, tetapi tidak bagi Anda pelaku startup. Jangan sampai postingan yang Anda buat di Instagram justru dimaknai berbeda oleh calon pelanggan. Alhasil, niat memikat konsumen justru hilang tidak berbekas.

Dalam hal ini, keberadaan caption punya peran signifikan. Deskripsi yang relevan dan keren bisa membangun keterikatan dengan calon klien. Kenapa mesti keren, apa relevan saja tidak cukup?

Noah Kagan, seorang growth hacker kenamaan sekaligus pebisnis online, dalam esainya di Huffington Post mengatakan bahwa konten yang berpotensi viral dan digemari pembaca adalah yang mampu menggugah emosi. Adapun kriteria emosi yang paling disukai adalah “Awe” alias perasaan kagum. Jadi, ketika Anda membuat caption keren Instagram, besar kemungkinan postingan Anda juga disukai.

Masalahnya, sering kali pelaku startup kebingungan menentukan postingan yang tepat. Foto sudah ada, tetapi bagaimana caption-nya? Agar Anda tidak semakin bingung, simak 7 tips berikut:

Kenali Pasar

Kenali Pasar - Caption Keren Instagram
Kenali Pasar – Caption Keren Instagram – blogspot.com

Hingga tahun 2017, terdapat 800 juta pengguna bulanan Instagram. Lebih dari 80 persen di antaranya mengikuti satu akun bisnis dan 200 juta dari mereka selalu mengunjungi akun bisnis setiap hari. Menarik, bukan?

Jangan senang dulu, angka-angka itu tidak akan bermakna apa-apa jika Anda kurang piawai memanfaatkannya. Periksa baik-baik pasar yang ingin Anda masuki. Mulai dari rentang usia, jenis kelamin, pendapatan, hingga perilaku belanja mereka. Anda bisa memanfaatkan Instagram Insight yang tersedia gratis dalam Instagram mode bisnis. Jangan lupa, sesuaikan gaya bahasa agar apa yang Anda tampilkan tetap sejalan dengan target pasar.

Padat Memikat

Padat Memikat - Caption Keren Instagram
Padat Memikat – Caption Keren Instagram – i0.wp.com

Instagram menyediakan 2.200 karakter atau sekitar 400 kata yang bisa Anda tulis sebagai keterangan. Namun, bukan berarti pembaca ingin melihat cerpen hanya untuk mengetahui maksud foto Anda. Facebook selaku pemilik Instagram merekomendasikan caption iklan sekitar 125 karakter. Jumlah itu cukup ideal agar caption keren Instagram Anda tidak terpotong dan tetap terlihat sepenuhnya.

 

Tetap Kreatif

Tetap Kreatif - Caption Keren Instagram
Tetap Kreatif – Caption Keren Instagram – blogspot.com

Padat bukan berarti minim kreativitas. Pengguna Instagram menginginkan sesuatu yang menarik agar mereka mau menyukai, berkomentar, membagikan dan tentunya menyerap pesan yang Anda sampaikan. Sumber inspirasi bisa datang dari mana saja. Baik kutipan buku, film, lagu, maupun lelucon populer.

Selain itu, perhatikan juga karakteristik emosi yang umumnya memicu pengguna media sosial sehingga mereka mau ikut terlibat: Awe (Kekaguman), Laughter (Tawa), Amusement (Hiburan), Joy (Kebahagiaan), dan Empathy (Empati).

Keseimbangan

Keseimbangan - 7 Langkah Jitu Membuat Caption Keren Instagram, Biar Postingan Startup Kamu Enggak Gagal Fokus
Keseimbangan – 7 Langkah Jitu Membuat Caption Keren Instagram, Biar Postingan Startup Kamu Enggak Gagal Fokus – LatestGazette

 

Ketika foto yang Anda tampilkan mudah dimengerti, jangan membuat caption yang berisi penjelasan panjang lebar. Sebaliknya, jika foto yang Anda buat cenderung tidak mudah dicerna, upayakan menulis caption yang kuat dan mudah diingat. Selain itu, jangan lupa menulis nama produk atau brand milik Anda agar persepsi calon konsumen langsung mengarah ke produk Anda. 

Baca juga:

Jangan Typo

Jangan Typo - Caption Keren Instagram
Jangan Typo – Caption Keren Instagram – diakui.com

 

Satu kata saja keliru bisa meruntuhkan citra yang sedang Anda bangun. Perhatikan baik-baik setiap kata yang Anda tulis. Ketika kesalahan yang Anda buat menjadi viral, butuh waktu lama untuk mendapatkan kembali kepercayaan konsumen.

Buat Call to Action

Buat Call to Action - Caption Keren Instagram
Buat Call to Action – Caption Keren Instagram – peluangusahaterkini.com

Call to Action atau panggilan aksi adalah instruksi untuk memprovokasi calon konsumen agar mereka segera merespons apa yang Anda sampaikan. Bentuknya bisa beragam, mulai ajakan untuk membeli, mengunduh, berkomentar, membagikan postingan atau membuka situs tertentu. Misal, “lihat profil untuk info pembelian”, “unduh segera biar kamu makin keren”, “jangan lupa tag ke teman kamu ya”, atau yang ringkas “order now”.

 

Jangan Buru-Buru

Jangan Buru-Buru - Caption Keren Instagram
Jangan Buru-Buru – Caption Keren Instagram – pinterest.com

Bagi pengguna Instagram pribadi, keinginan untuk mengunggah kiriman sesaat setelah mendapatkan gambar adalah hal yang wajar. Namun, untuk Anda pebisnis startup yang sedang membangun brand dan mempromosikan produk, ketenangan adalah kunci. Ambil jeda beberapa saat sebelum menekan tombol bagikan. Baca berulang-ulang untuk memastikan semua telah sesuai dengan keinginan.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat caption keren Instagram. Dijamin, postingan startup Anda tidak akan bikin gagal fokus!

3 thoughts on “7 Langkah Jitu Membuat Caption Keren Instagram, Biar Postingan Startup Kamu Enggak Gagal Fokus

  1. […] 7 Langkah Jitu Membuat Caption Keren Instagram, Biar Postingan Startup Kamu Enggak Gagal Fokus […]

  2. […] 7 Langkah Jitu Membuat Caption Keren Instagram, Biar Postingan Startup Kamu Enggak Gagal Fokus […]

  3. […] 7 Langkah Jitu Membuat Caption Keren Instagram, Biar Postingan Startup Kamu Enggak Gagal Fokus […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.